Fitur Collaboration Instagram: Cara Menggunakan dan Manfaat.

Fitur Collaboration Instagram

Sebagai salah satu media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak, maka tidak heran jika instagram selalu memiliki update terbaru tentang fitur yang ada di dalamnya. Salah satu yang terbaru dan saat ini masih menjadi perbincangan adalah fitur collaboration instagram atau collabs. Seperti apa fitur tersebut?


Apa itu Fitur Collaboration Instagram? 

Pada Instagram versi terbaru, maka salah satu update yang cukup menyita perhatian adalah munculnya fitur collaboration Instagram. Secara sederhana, mungkin banyak orang akan mengira fitur ini mirip dengan fitur tag yang sudah ada. Namun ternyata, fitur collaboration Instagram sangatlah berbeda.

Sesuai namanya, maka fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan kolaborasi dengan akun lain. Nantinya, semua data tentang jumlah likes sampai komentar dari postingan tersebut akan terbagi pada kedua akun yang melakukan kolaborasi. Fitur ini bisa dibilang menjadi update dari fitur tag yang sudah ada sebelumnya.

Namun, ketika akan melakukan kolaborasi ini, maka tidak semua orang bisa kamu ajak melakukannya. Yang pertama, kamu perlu memilih siapa yang akan kamu ajak kolaborasi. 

Kedua, orang yang kamu ajak kolaborasi tadi akan mendapatkan notifikasi dan ia perlu untuk menyetujuinya terlebih dahulu. Jika sudah setuju maka  kolaborasi itu akan terjadi. Dan jika tidak, maka kamu gagal melakukan kolaborasi dengan fitur collaboration Instagram


Manfaat Menggunakan Fitur Collaboration Instagram 

Meskipun fitur ini masih bersifat uji coba, namun fitur ini dinilai akan memberikan banyak manfaat dan juga kemudahan. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Memudahkan Konten Kerja Sama

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan dua akun yang saling bekerja sama lalu membuat postingan yang sama. Dengan menggunakan fitur collaboration Instagram ini, maka proses pembuatan postingan ini akan menjadi lebih mudah. 

Cukup satu akun yang membuat, lalu akun lain menyetujui sebagai kolaborator. Dengan cara ini maka tidak semua akun harus membuat postingan. Cara ini dinilai lebih cepat dan tentunya akan lebih memudahkan.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pengikut

Ketika menggunakan fitur collaboration Instagram, maka postingan yang kamu buat akan muncul juga di akun kolaborator. Itu artinya, pengikut dari kolaborator kamu juga akan melihatnya. Ini tentunya menjadi manfaat ketika kamu akan menjangkau dua kelompok yang berbeda.

Nantinya juga akan lebih banyak orang yang melihat postingan tersebut. Dari sisi kerja sama, maka hal ini juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Dengan jangkauan yang lebih luas, dan lebih banyak orang yang melihat maka kemungkinan untuk tercapainya target juga semakin besar.

Baca Juga:   8 Peranan Desain Grafis yang Menarik untuk Konten Instagram

3. Likes dan Komentar yang Menjadi Satu

Hal lain yang juga menjadi manfaat dari fitur collaboration Instagram adalah memungkinkan likes dan komentar pada postingan tersebut juga muncul pada semua akun kolaborator. 

Saat ini terjadi jika tidak menggunakan fitur collabs adalah jumlah likes dan komentar akan berbeda pada tiap akun. Hal ini akan sesuai dengan kemampuan dan jumlah pengikut dari tiap akun tersebut.

Namun dengan menggunakan fitur collaboration Instagram maka hal ini tidak akan lagi terjadi. Postingan tersebut akan menjadi milik dari semua akun yang melakukan kolaborasi tersebut. Sehingga, jumlah komentar dan juga likes akan digabung.

4. Meningkatkan Engagements 

Dengan menggunakan fitur collaboration Instagram ini salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan adalah bisa menaikan engagements kedua akun. Hal ini karena nantinya, kedua akun yang melakukan kolaborasi ini juga akan berbagi interaksi yang sama. 

Artinya, perhitungan engagements juga akan menjadi milik  dari kedua akun. Sehingga, ketika interaksi pada postingan tersebut baik, maka ini juga menjadi cara untuk menaikan engagement rate yang bisa kamu lakukan.


Cara Menggunakan Fitur Collaboration 

Instagram sendiri memang terus melakukan inovasi dalam kontenya. Jika dahulu Instagram hanya berisi foto dan potongan video pendek. Maka saat ini, Instagram juga mulai menjadi tempat untuk berbagi video vertikal atau yang lebih dikenal dengan nama reels

Tidak berhenti sampai disitu, sadar jika banyak orang menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis, maka mereka juga terus memperbarui sisi ini.

Salah satu fitur yang baru muncul adalah fitur collaboration Instagram ini, atau banyak orang menyebut fitur ini dengan nama collabs. Nantinya, dengan menggunakan fitur ini, maka postingan yang kamu buat tidak hanya muncul pada akun kamu, namun muncul juga pada akun yang kamu ajak kolaborasi.

Berikut adalah cara menggunakan fitur collabs Instagram

  • Buka aplikasi Instagram
  • Lakukan langkah seperti biasa kamu akan membuat postingan baru atau reel baru.
    Tutorial Menggunakan Fitur Collaboration Instagram
  • Pilih foto atau video yang akan kamu gunakan untuk kolaborasi. Setelah itu, pilih next dan akan muncul tab tempat kamu bisa melakukan editing atau menambah filter pada foto atau video kamu. Jika sudah lalu pilih next.
    Pilih Foto atau video
  • Selanjutnya, kamu akan masuk ke tab tempat biasa kamu menulis caption dan melakukan tag pada orang. Pilih tag people atau tandai orang
    Masukan Caption
  • Pada tab tag people tersebut akan terdapat dua opsi. Yang pertama adalah add tag, yang biasa kamu gunakan ketika akan menandai orang. Dan yang kedua adalah yang akan kamu gunakan saat ini yaitu invite collaborator. Ini bertujuan untuk memilih akun mana yang akan kamu ajak kolaborasi menggunakan fitur collaboration Instagram.
    Invite Collaborator
  • Pada tab selanjutnya maka kamu akan memasukan nama akun yang akan kamu ajak kolaborasi.
    Pilih Collaborator
  • Pilih akun tersebut lalu pilih Done.
    Pilih Done ketika selesai
  • Setelah itu, kamu bisa menulis caption pada postingan kamu tersebut. Lalu pilih bagikan atau share
    Posting
  • Nantinya, orang yang akan kamu ajak kolaborasi tadi akan menerima notifikasi. Dan jika ia menyetujui maka postingan kamu akan muncul. Orang yang kamu ajak kolaborasi tadi juga akan bertindak sebagai pemilik dari postingan tersebut. Untuk mempercepat proses ini, maka sebaiknya kamu melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan orang yang akan kamu ajak kolaborasi ini.
Baca Juga:   IG Story atau Post: Manakah yang Menghasilkan Engagement Terbaik?

Itulah cara menggunakan fitur collaboration Instagram. Fitur ini masih bersifat uji coba saat ini, sehingga mungkin belum semua akun bisa menggunakannya.


Tips Sukses Fitur Terbaru Instagram (Collabs

Dengan semua manfaat dan keuntungan yang akan kamu dapatkan, maka fitur collaboration Instagram juga ini merupakan salah satu fitur baru yang layak kamu coba. Terutama dalam kebutuhan digital marketing, maka ini juga bisa menjadi salah satu cara baru untuk membuat konten. 

Namun, untuk mendapatkan keuntungan tersebut, tentunya kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Beberapa hal ini akan berkaitan dengan bagaimana kamu memiliki kolaborator. Ketika kamu bisa memilih dengan tepat, maka tujuan dan manfaat yang kamu inginkan bisa tercapai. Namun jika tidak, maka manfaat dari fitur baru ini tidak bisa kamu rasakan.

Beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk berhasil menggunakan fitur collaboration Instagram antara lain:

1. Sesuaikan dengan Target dan Tujuan

Ketika kamu akan menggunakan fitur collaboration Instagram pastinya kamu sudah memiliki target dan tujuan. Maka ketika kamu akan memilih siapa yang akan kamu ajak kamu kolaborasi, kamu bisa menjadikan target dan tujuan tersebut sebagai patokan awal.

Kamu bisa memilih akun yang akan kamu ajak berdasarkan target dan tujuan kamu. Apakah akun tersebut sesuai dengan kriteria atau tidak. Lalu apakah pengikut akun tersebut sesuai dengan target kamu juga atau tidak. Nantinya, dua hal ini akan menjadi hal yang menentukan apakah target kamu bisa tercapai atau tidak.

2. Perhatikan Masalah Engagement

Ketika kamu membuat konten collabs, maka salah satu hal yang ingin kamu raih adalah engagement yang meningkat. Dan untuk mendapatkan hal ini, maka salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah apakah akun yang akan kamu ajak kolaborasi juga memiliki engagement yang baik atau tidak.

Dalam hal ini, maka kamu juga perlu memperhatikan bagaimana tingkat interaksi antara akun tersebut dengan followersnya. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana ia berinteraksi dengan pengikutnya tersebut. Apakah cara tersebut sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau tidak.

Baca Juga:   10+ Rekomendasi Sticker Instagram Populer untuk Story

3. Sesuaikan Konten yang Kamu Buat

Yang tidak kalah pentingnya juga adalah masalah konten yang kamu buat. Ini juga merupakan hal penting yang akan menentukan apakah penggunaan fitur collaboration Instagram kamu berhasil atau tidak. 

Ketika kamu membuat konten yang akan digunakan bersama, maka kamu juga perlu memikirkan apakah konten tersebut sesuai dengan kolaborator kamu atau tidak.

Penyesuaian ini akan berkaitan dengan masalah kredibilitas. Semakin sesuai tentu akan semakin banyak orang yang percaya. Ini juga menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah engagement rate.

4. Selalu Perhatikan dan Analisa Metrik

Hal yang tidak boleh kamu lupakan ketika menggunakan fitur collaboration Instagram adalah memeriksa metrick yang dihasilkan. Nantinya, metrics ini akan menjadi milik semua akun yang menjadi kolaborator juga. 

Dengan memperhatikan dan menganalisis metrik ini, maka kamu akan mendapatkan hasil dan gambaran yang jelas tentang target dan tujuan kamu.

Metric akan memberikan hasil yang pasti apakah tujuan dan target kamu bisa tercapai atau tidak. Selain itu, dengan memperhatikan metrics ini juga kamu bisa menyimpulkan apa yang kamu dapat dengan menggunakan fitur collabs ini. apakah bisa menambah followers kamu, atau menaikan engagement, atau yang lainnya.

5. Sesuaikan dengan Target Pasar

Setiap akun tentunya akan memiliki pasarnya sendiri. Dan jika kamu bertujuan untuk memperluas pasar dengan menggunakan fitur collaboration Instagram, maka hal ini juga perlu menjadi salah satu hal yang kamu perhatikan. 

Ini akan berkaitan dengan seperti apa target pasar yang ingin kamu jangkau. Nantinya, kamu akan memilih akun yang akan kamu ajak kolaborasi yang sesuai dengan target pasar tersebut.


Tertarik Menggunakan Fitur Collaboration Instagram?

Dengan semua keunggulan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan, mungkin kamu sudah tidak sabar untuk menggunakan fitur ini. Namun, fitur collaboration Instagram ini sendiri masih bersifat uji coba. sehingga belum semua akun bisa menggunakannya.

Namun setidaknya, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu tentang cara penggunaan dari fitur terbaru instagram ini. sehingga kamu tidak bingung ketika nanti mencobanya. Dengan menggunakan data yang sama pada semua akun, tentunya ini akan menjadi keuntungan tersendiri.

Terutama untuk kamu yang menggunakan Instagram digital marketing, maka jangkauan kamu akan lebih luas, dan engagement serta followers kamu juga bisa bertambah dengan signifikan.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password