15 Facebook Metrics yang Perlu Kamu Tahu Sebagai Influencer

15 Facebook Metrics yang Perlu Kamu Tahu Sebagai Influencer

Facebook merupakan platform media sosial yang bisa menjadi tempat mendulang rupiah. Caranya adalah melalui Facebook Ads atau iklan Facebook. Facebook Ads adalah metode pemasaran digital dengan tujuan mengiklankan bisnis. Facebook metrics sangat mempengaruhi kesuksesan beriklan di Facebook.

Beriklan di Facebook sangat menjanjikan karena sejak tahun 2018 Facebook menghadirkan algoritma yang menampilkan iklan sesuai dengan minat pengguna dan komentar pengguna yang berkaitan dengan iklan tersebut. Oleh karena itu, beriklan di Facebook menguntungkan pebisnis karena mampu menyasar target pasar yang sesuai. 

15 Facebook Metrics yang Penting untuk Diketahui

Faktor penting yang sangat menentukan performa halaman iklan Facebook adalah metrics. Facebook metrics adalah parameter untuk mengukur performa atau kesuksesan suatu kampanye atau iklan di Facebook. Jika kamu beriklan di Facebook, maka kamu dapat melihat gambaran keberhasilan strategi bisnis yang kamu jalankan. 

Oleh karena Facebook metrics merupakan aspek yang penting dalam digital marketing, maka kamu perlu memahami berbagai metrics yang menentukan kesuksesan iklanmu. Berikut ini  5 metrics yang harus kamu lacak untuk memastikan kesuksesan marketing:

1. Reach 

Metrik ini menunjukkan frekuensi pengguna terpapar iklan Facebook. Metrik ini menghitung jumlah akun pengguna yang unik. Misalnya kamu memiliki iklan A. Jika ada satu akun yang melihat sebanyak 5 kali, maka jangkauannya adalah 1. Apabila ada 5 akun yang berbeda yang melihat iklan A, maka jangkauannya adalah 5. 

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Anti Ribet. Yuk, Simak!

2. Impressions 

Parameter impression ini menginformasikan jumlah penayangan iklan kepada pengguna. Apabila satu akun pengguna melihat iklan selama 10 kali maka jumlah penayangan adalah 10. Jika ada 10 akun yang masing-masing melihat iklan satu kali maka jumlah penayangannya adalah 10. 

Penayangan berulang bisa jadi dikarenakan penggunan melihat beberapa kali di berandanya atau sengaja kembali ke halaman Facebook milikmu untuk melihat iklan tersebut. 

3. Page Likes and Followers

Angka pada metrik ini mengindikasikan seberapa ingin pengguna Facebook keep in touch dengan brand milikmu. Dengan melacak metrik ini, maka kamu dapat memperkirakan  seberapa tertarik para pengguna terhadap perusahaanmu. 

4. Engagement 

Salah satu metrics yang cukup penting adalah engagement. Facebook metrics ini menunjukkan tindakan atau reaksi pengunjung terhadap iklan atau halaman Facebook kamu. Tindakan tersebut dapat berupa like, komentar, atau share pada iklan atau konten di halaman Facebook milikmu. Supaya pengguna merasa terikat, kamu harus membuat konten yang menarik sehingga pengguna menyukainya. 

Metrik ini juga dapat memberikan informasi mengenai waktu aktif pengikut di halaman Facebook kamu sehingga kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk memposting suatu konten. 

5. Traffic 

Metrik lalu lintas menginformasikan tentang jumlah pengunjung yang mengklik link situs web setelah melihat halaman Facebook kamu. Angka metrik ini menunjukkan efektivitas postingan pada Facebook. Metrik ini perlu kamu lacak terutama jika kamu menaruh banyak link produk atau blog di halaman Facebook mu. 

6. When Your Fans are Online 

Bagian ini memberikan informasi tentang kehadiran audiens di halaman Facebook kamu selama satu minggu. Metrik ini dapat ditampilkan dalam bentuk grafik yang merepresentasikan waktu (hari dan jam) serta durasi rata-rata fans halaman Facebook kamu online dalam waktu satu minggu. 

7. Follower Demographics 

Facebook metrics ini memberitahukan tentang demografi pengikut akun Facebook kita, seperti lokasi tempat tinggal, penghasilan rata-rata, rentang usia, dan sebagainya. Dengan memahami demografi pengikut, kamu bisa memproduksi konten iklan yang sesuai dengan karakteristik pengikut. 

Baca Juga:   Highlight Instagram: Pengetian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

8. Share of Voice

Metrik ini adalah bagian dari analisis kompetitif atau kampanye iklan berbayar. Angkanya mengindikasikan jumlah penguasaan online suatu brand dibandingkan brand lain dalam satu industri. 

Misalnya, bisnismu bergerak di industri pakaian jadi. Maka, dengan melihat share of voice kamu dapat melihat dominansi brand pakaian milik kamu dibandingkan brand kompetitor pada industri pakaian jadi. 

9. Top Contributors 

Metrik kontributor terbaik memberi informasi mengenai akun pengguna yang memiliki keterikatan paling besar di halaman Facebook milikmu. Mereka adalah pengguna-pengguna yang paling menikmati atau menyukai kontenmu. 

Dengan mengetahui kontributor terbaik, kamu bisa mengetahui pengguna yang dapat mengendalikan perbincangan dalam grup Facebook dan mempengaruhi pengguna lain.

10. Video Engagement 

Facebook metrics ini mirip dengan keterikatan terhadap suatu postingan. Namun, metrik ini mengukur keterikatan pengguna pada video. Keterikatan dibagi menjadi reactions, shares, dan comments. 

Melacak metrik ini bermanfaat untuk mengetahui reaksi dan perasaan pengguna saat menonton video serta mencocokkan ketepatan perasaan pengguna dengan harapanmu. 

11. Video Retention 

Angka pada metrik ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna untuk menonton video di halaman Facebook kamu. Dengan kata lain, metrik ini memberitahukan durasi video kamu mampu menarik perhatian pengguna. 

Metrik ini sangat berguna bagi digital marketer untuk melihat durasi yang dihabiskan pengguna untuk menonton video dan alasan pengguna berhenti menonton. 

12. Followers Growth 

Halaman Facebook yang tumbuh menandakan banyak pengguna menyukai dan berinteraksi dengan konten di halaman Facebook tersebut. Angka ini penting tidak hanya untuk mengetahui pertumbuhan pengikut di akun bisnismu melainkan juga mengetahui jumlah pengikut yang hilang pada periode tertentu. 

Untuk menumbuhkan pengikut kamu bisa memproduksi lebih banyak konten, mengundang pengguna supaya mengunjungi halaman Facebook, berinteraksi dengan pengguna, atau menciptakan konten yang viral dengan bantuan influencer.  

Baca Juga:   Cara Menyimpan Video Dari Instagram Cepat dan Mudah!

13. Click-Through Rate (CTR)

Metrik ini menunjukkan perbandingan antara jumlah klik pada iklan dengan jumlah tayangan iklan. Dengan mengetahui CTR, kamu bisa menganalisis aksi yang kamu inginkan dari pengguna terhadap iklanmu. 

Apakah kamu berhasil mengarahkan pengguna untuk melakukan aksi tertentu dengan melihat iklanmu, bisa kamu lacak melalui CTR ini. 

14. Cost per Conversion (CPC)

Cost per Conversion merupakan istilah untuk iklan berbayar di mana pengiklan membayar sejumlah uang kepada penerbit iklan untuk setiap klik pada iklan yang tayang.

Untuk mengetahui biaya konversi, kamu bisa menghitungnya dengan cara membagi keseluruhan biaya kampanye di Facebook dengan jumlah konversi yang kamu dapatkan. 

Sebagai contoh, apabila kamu mengeluarkan biaya sebesar Rp1.000.000,00 serta memperoleh 2 konversi, maka CPC yang kamu dapatkan adalah Rp500.000,00. Jika kamu hanya mendapatkan keuntungan Rp300.000,00 maka kamu harus segera mengubah strategi digital marketing yang kamu gunakan. 

15. Cost per Thousand Impressions (CPM)

Metrik ini menginformasikan jumlah biaya yang kamu bayarkan untuk setiap 1000 pengguna yang menggulir iklanmu. Dengan melacak metrik ini kamu bisa mengetahui seberapa sadar pengguna Facebook terhadap brandmu. 

Bagaimana Melacak Facebook Metrics?

Facebook metrics adalah aspek yang benar-benar harus kamu perhatikan sebagai digital marketer di Facebook sehingga kamu harus melacak performa iklan kamu. Melacak metrics untuk melihat performa iklan di Facebook dapat dilakukan dengan menggunakan Facebook Analytics atau Facebook Insights. 

Ini merupakan tool dari Facebook untuk melacak keefektifan akun bisnis di Facebook, terutama melacak performa konten akun bisnis tersebut. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password