Facebook Fan Page, Begini Cara Membuatnya dengan Mudah

Jika dilihat dari segi pengertian, Facebook fan page adalah sebuah akun bisnis, yang nantinya akan merepresentasikan organisasi atau bisnis tersebut. Di dalam halaman fan page juga nantinya kamu akan bisa menggunakan berbagai fitur yang menarik.
Salah satu tujuan dari penggunaan fan page ini adalah memanfaatkan sosial media dengan lebih profesional, terutama untuk kebutuhan bisnis. Hal ini jelas akan membedakan antara penggunaan Facebook fan page dengan penggunaan akun biasa.
Penggunaan Facebook fan page ini sendiri nantinya bisa untuk mengelola Instagram dan filter yang kamu buat pada platform tersebut. Hal lain yang juga membedakan kedua jenis akun ini adalah pada fitur pertemanannya.
Pada fanpage sebutannya bukan lagi Friends melainkan Fans. Sistem pertemanannya juga bukan lagi Add as Friend seperti pada akun biasa namun menjadi Follow.
Keunggulan lainnya adalah kamu bisa membagikan postingan ke semua pengguna Facebook dengan menggunakan fitur iklan. Jika tidak, kamu bisa juga membagikan postingan tersebut hanya pada akun yang memfollow akun fan page bisnis kamu saja.
Daftar Isi
Manfaat Facebook Fan Page
Selain lebih mudah dalam hal pengelolaan, penggunaan fan page juga memiliki beberapa manfaat lain.
Salah satunya adalah profesionalitas, selain itu beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari penggunaan halaman fan page antara lain:
1. Lebih Mudah Terindeks Mesin Pencari
Salah satu alasan banyak orang yang menggunakan fan page pada Facebook adalah karena dengan cara ini bisnis mereka lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Itu artinya, bisnis yang mereka buat juga akan lebih mudah ditemukan.
Terkait hal ini, penggunaan fan page memang lebih ramah terhadap SEO. Hal itu juga yang menjadi alasan mengapa penggunaan fan page bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis yang kamu buat dengan lebih mudah.
2. Menemukan Target Pasar yang Tepat
Salah satu keunggulan Facebook adalah bisa menemukan banyak orang dengan ketertarikan yang sama. Berkat jumlah pengguna yang cukup banyak, Facebook secara umum memang memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Itulah mengapa Facebook bisa menemukan pasar yang tepat untuk bisnis kamu.
Bisa jadi iklan yang kamu buat muncul di halaman Facebook orang yang tertarik dengan apa yang kamu jual. Selain itu, bisa juga orang yang mencari produk jualan kamu akan mendapatkan rekomendasi yang tertuju pada halaman fan page bisnis kamu.
3. Tempat Memasang Iklan yang Baik
Berkat banyaknya pelanggan potensial yang ada di Facebook maka tidak salah jika platform ini merupakan tempat yang baik untuk memasang iklan. Agar iklan yang kamu buat tepat sasaran maka penggunaan fan page ini bisa membantu hal tersebut.
Nantinya, kamu bisa memilih apakah iklan tersebut akan muncul di semua pengguna Facebook atau hanya muncul di pelanggan potensial saja. Kamu juga bisa memilih pelanggan seperti apa yang menurut kamu potensial tersebut.
4. Kredibilitas
Dari segi bisnis, memiliki sebuah halaman yang khusus membahas tentang produk jualanmu merupakan hal penting. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan informasi dengan jelas pada konsumen dan tentu saja membangun kepercayaan.
Hal ini juga menjadi salah satu manfaat dari penggunaan Facebook fan page. Setelah menggunakan cara ini, halaman bisnis kamu akan lebih mudah ditemukan. Selain itu, informasi bisnis kamu juga jadi lebih mudah untuk diketahui.
5. Insight
Hal penting lainnya yang juga bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Facebook fan page adalah bisa mendapatkan insight. Pada dunia digital marketing, insight tentunya menjadi satu hal yang penting. Dari sinilah kamu bisa melihat apakah bisnis kamu berjalan lancar atau tidak.
Dari melihat insight, kamu bisa paham apa saja yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Hal yang lebih penting, kamu juga bisa paham apakah hal yang kamu lakukan selama ini mendapat sambutan positif atau tidak.
6. Massive Marketing
Ketika kamu akan melakukan campaign dalam kuantitas yang cukup besar, maka menggunakan Facebook fan page bisa menjadi pilihan yang tepat. Berkat jumlah pengguna yang cukup banyak, maka kemungkinan persebaran campaign yang kamu buat juga ikut meningkat.
7. Tidak Ada Batasan
Salah satu masalah ketika menggunakan Facebook biasa adalah kamu akan terbentur dengan batasan 5000 jumlah teman. Kamu tidak bisa memiliki jumlah teman lebih dari itu. Masalah ini bisa kamu atasi ketika menggunakan Facebook fan page.
Tidak ada batas jumlah pertemanan ketika kamu menggunakan platform Facebook tersebut. Artinya, semua orang yang tertarik dengan produk yang kamu jual bisa mengikuti halaman fan page yang kamu buat.
Cara Membuat Facebook Fan Page
Setelah mengetahui banyaknya manfaat penggunaan fan page, mungkin kamu juga tertarik untuk memiliki halaman ini. Berikut adalah cara yang kamu perlukan untuk membuat halaman fan page, antara lain:
- Langkah pertama adalah memastikan jika kamu sudah memiliki profil Facebook biasa. Nantinya, kamu bisa memilih untuk membuat halaman fan page baru atau mengkonversi akun lama menjadi halaman fan page.
- Setelah itu, untuk membuat fan page di Facebook maka kamu bisa mengakses facebook.com/pages. Ini merupakan halaman khusus untuk membuat fan page, selanjutnya pilih “Buat Halaman Baru”.
(Foto Pribadi)
- Langkah selanjutnya adalah memasukan informasi dasar tentang bisnis kamu. Mulai dari nama halaman, kategori bisnis, dan juga deskripsi singkat tentang bisnis kamu.
(Foto Pribadi)
- Setelah langkah ini, sebenarnya fan page kamu sudah selesai dibuat. Namun akan lebih lengkap jika kamu juga menambahkan foto dan juga cover untuk halaman fan page kamu. Selanjutnya klik “Save”.
(Foto Pribadi)
- Setelah langkah ini, maka halaman fan page sudah lengkap. Kamu hanya tinggal memasukan informasi-informasi penting lain yang ingin kamu bagikan.
Ukuran Cover Facebook Fan Page yang ideal
Salah satu faktor pendukung ketika membuat halaman Facebook fan page adalah penggunaan foto profil dan juga cover. Selain harus menarik, kamu juga perlu memperhatikan ukuran fotonya. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi tampilan identitas bisnis di mata pengguna Facebook
Maka dari itu, sebisa mungkin buatlah ukuran foto sesuai dengan lebar kolom yang telah tersedia. Ukuran foto yang terlalu kecil akan membuat banyak space kosong terbuang, sementara jika ukuran fotonya terlalu besar maka gambar juga akan terpotong.
Agar foto profil ataupun cover kamu tidak terpotong dan bisa muncul dengan sempurna, maka ukuran yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:
- Untuk foto profil maka kamu bisa menggunakan ukuran 170 x 170 pixel
- Untuk cover maka kamu bisa menggunakan ukuran 820 x 312 pixel
Kedua ukuran tersebut akan muncul sempurna ketika dibuka melalui PC maupun smartphone. Selain itu, kamu juga bisa melihat previewnya terlebih dahulu pada sidebar sebelah kanan, sebelum nantinya kamu save.
Sudah Tahu Tentang Manfaat Facebook Fan Page?
Setelah melihat banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan, maka akan semakin sadar bahwa penggunaan fan page terbilang cukup penting. Setidaknya, ini merupakan salah satu cara mudah untuk bisa memperkenalkan bisnis kamu ke banyak orang.
Mengetahui jumlah pengguna yang sangat banyak, maka besar kemungkinan bisnis kamu akan dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, penggunaan halaman fan page juga memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan baru sesuai dengan target market yang kamu incar.
Semua kemudahan itu tentunya bisa kamu dapatkan dengan menggunakan bantuan dari Facebook fan page. Lebih lanjut, penggunaan fan page ini juga cukup berguna terutama untuk penyebaran informasi terkait bisnis yang kamu bangun.
Selain itu, halaman fan page juga sangat efektif untuk menambah kredibilitas dari bisnis kamu sendiri. Jadi, apakah kamu siap membuat bisnis usahamu jadi lebih terkenal?
Jika iya, yuk buat Facebook fan page sekarang!
Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id