Tutorial Edit Video TikTok dengan Capcut untuk Pemula

edit video tiktok dengan capcut

Apakah kamu seorang content creator di aplikasi TikTok? Kalau kamu seorang pengguna pemula, mau agar video TikTok kamu memiliki kualitas terbaik setelah diedit? Ada banyak program pengeditan video yang bisa kamu gunakan demi menghasilkan video TikTok berkualitas tinggi, salah satunya ialah aplikasi Capcut. Untuk tahu bagaimana cara kamu melakukan edit video TikTok dengan Capcut, bacalah artikel ini hingga selesai.


Mengenal Aplikasi Capcut

Bagi kamu para pengguna baru TikTok, mungkin kamu berpendapat jika urusan pengeditan video bisa langsung kamu lakukan di aplikasi TikTok. Nyatanya, fitur editing di aplikasi tersebut agak terbatas sehingga banyak penggunanya yang men-download aplikasi editing lain untuk membantu mereka.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video TikTok, antara lain PowerDirector, Pelicut, dan VivaVideo. Namun ada pula aplikasi pengeditan bernama Capcut. 

Capcut ini ialah aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOS, dikembangkan secara khusus untuk melengkapi fitur-fitur editing video yang sudah ada dalam TikTok. Apakah kamu tahu jika Capcut ini sifatnya gratis? Betul, karena dia telah di-download oleh lebih dari 100 juta pengguna. 

Agar kamu bisa melakukan edit video TikTok dengan Capcut, kamu akan memerlukan semua fitur yang aplikasi ini sediakan. Salah satu fitur dalam Capcut yaitu fitur New Project. Mengapa namanya New Project? Sebab ini ialah fitur editing bagi mereka yang siap mengedit video TikTok mereka dari nol. 

Jika mau melakukan editing secara manual, maka kamu pilih fitur Template. Dalam fitur ini, kamu akan menemukan berbagai macam template video populer yang siap kamu pakai dan terapkan pada video kamu sesuai selera.

Baca Juga:   Cara Ganti Nama di Tiktok dengan Mudah dan Cepat

Fitur-fitur lainnya yang ada di dalam Capcut adalah resizing (untuk mengubah ukuran video), audio (untuk memasukkan lagu atau efek suara), text (untuk memasukkan tulisan), dan filters (untuk menghilangkan atau memunculkan gambar). Apapun fiturnya, yang penting kamu dapat menggunakan semua yang ada dalam aplikasi Capcut demi membuat video TikTok yang berkualitas.


Tata Cara Edit Video TikTok dengan Capcut

Sekarang kamu akan mempelajari cara mengedit video Tiktok lewat bantuan Capcut. Pelajari baik-baik langkah-langkahnya.

1. Download Aplikasi CapCut

Langkah pertama dalam mengedit video TikTok ialah dengan mengunduh / download aplikasi Capcut tersebut. Kamu bisa menemukannya di Google Play Store jika kamu punya aplikasi Google di gawai kamu. Coba lihat gambar yang tertera di atas; pastikan kamu mengunduhnya hanya dari sumber yang terpercaya!

2. Masuk ke Menu Proyek Baru

Begitu kamu berhasil mengunduh aplikasi Capcut, bukalah aplikasi tersebut dan klik menu Proyek Baru / New Projects. Pada menu ini, kamu dapat melakukan edit video TikTok dengan Capcut menggunakan fitur-fiturnya seperti filters, text, dan audio. Perhatikan simbol-simbolnya agar kamu tahu fitur apa terletak di bagian mana.

3. Tambahkan Suara dan Musik yang Menarik

Dalam tools audio sudah terdapat musik-musik keren yang siap untuk kamu masukkan ke dalam video TikTok kamu. Musik tersebut bisa musik yang sudah ada pada Capcut atau musik unggahan kamu sendiri. 

Boleh juga kamu masukkan suara-suara lucu untuk menambah daya tarik video TikTok tersebut. Jangan lupa atur volumenya supaya tak terlalu keras maupun terlalu pelan.

4. Mau Menempelkan Stiker di Video?

Capcut menyediakan puluhan jenis stiker unik yang dapat mempercantik video TikTok kamu. Kamu hanya tinggal mengklik tools stiker dan pilih stiker seperti apa yang menurut kamu cocok untuk video kamu. Pastikan jika stiker dalam video tersebut tidak sampai menghalangi pandangan audiens.

5. Berikan Efek-Efek yang Cantik pada Video TikTok

Fitur edit video TikTok dengan Capcut yang berikutnya ialah efek. Ada efek timbul dan hilang (fade ini dan fade out) untuk bagian pembuka dan penutup video. Ada pula efek getar yang membuat video serasa bergetar karena gempa. 

Baca Juga:   Kapan Waktu Terbaik Post di Facebook Agar Konten Ramai?

Begitu pula dengan efek mendekatkan dan menjauhkan video atau zoom in dan zoom out. Kamu bisa menerapkan efek apapun pada video TikTok kamu asal penggunaanya benar.

6. Atur Ukuran Video Supaya Jernih dan Terlihat Jelas

Apakah video yang kamu buat memiliki layar portrait atau landscape? Pada aplikasi Capcut juga ada menu tool yang bisa mengatur ukuran layar, baik itu layar portrait maupun layar landscape. Kamu bisa membesarkan atau mengecilkan video TikTok kamu dengan tool ini, serta menambah atau mengurangi resolusi video.

7. Tambahkan Teks-Teks Sebagai Penarik Perhatian

Para audiens di TikTok tentunya menginginkan video TikTok yang menarik mata dan hati mereka. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan teks-teks lucu atau berwarna cerah sebagai penarik perhatian audiens. Kamu bisa mengatur pula letak teks dan kapan teks tersebut muncul dalam video kamu.

8. Tutupi Gambar dengan Tool Filter

Apakah kamu merasa terganggu dengan hal-hal seperti watermark pada video TikTok kamu? Cobalah kamu terapkan filter pada video tersebut menggunakan tool yang terdapat di bagian bawah layar. 

Tool filter tersebut akan membantu kamu dalam mengaburkan atau bahkan menghilangkan apapun yang mengganggu tampilan video kamu.

9. Simpan dan Unggah Videomu di TikTok

Jika semua fitur yang kamu perlukan untuk video tersebut sudah kamu terapkan, saatnya kamu mengunggah video kamu. Caranya ialah dengan menyimpan atau save video TikTok yang telah kamu edit, lalu kamu pilih opsi ekspor / export. Nantinya video editan kamu akan siap diunggah ke aplikasi TikTok.


Keuntungan Edit Video TikTok dengan Capcut 

Sebetulnya aplikasi Capcut kurang lebih sama saja jika kita bandingkan dengan aplikasi pengeditan video TikTok lainnya. Mereka semua mengandung fitur-fitur editing video seperti audio, text, stiker, dan lain-lain yang cenderung sama persis. Namun, jika kamu lihat lebih mendalam, Capcut memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  • Capcut tidak memungut biaya apapun dalam pengunduhannya alias gratis daripada kebanyakan pesaingnya,
  • Aplikasi ini memberi kamu kesempatan mengedit video dari nol sampai selesai,
  • Kualitas aplikasi Capcut telah teruji dan mendapatkan pengakuan dari ratusan juta penggunanya.
Baca Juga:   Pronouns Instagram : Fitur dan Juga Manfaatnya Bagi Bisnis

Kesimpulan

Untuk membantu kamu dalam memahami artikel ini, mari kita susun sebuah rangkuman singkat tentang aplikasi Capcut.

Dalam mengedit sebuah video TikTok, para pengguna TikTok biasanya memakai bantuan aplikasi lain dalam hal editing videonya. Salah satu dari aplikasi pengeditan itu ialah Capcut. Capcut ialah aplikasi editing gratis yang tersedia untuk Android dan iOS, dan dia memiliki dua fitur utama. 

Fitur utama tersebut ialah New Project bagi yang ingin mengedit video TikToknya dari nol, serta fitur Template bagi yang ingin menggunakan template-template populer untuk video TikToknya. Adapun fitur-fitur lainnya seperti resizing, audio, text, dan filters.

Untuk melakukan edit video TikTok dengan Capcut, kamu sebagai pengguna harus mengikuti langkah-langkah berikut. Langkah pertama ialah dengan mengunduh aplikasi Capcut dari internet; bisa melalui Google Play Store jika kamu punya instalasi itu. 

Berikutnya kamu buka Capcut dan masuk ke menu Proyek Baru atau New Projects. Pada bagian ini, kamu dapat menerapkan berbagai macam fitur pada video TikTok sebelum kamu unggah ke TikTok. Ada fitur bernama audio dimana kamu dapat memasukkan suara-suara dan lagu-lagu untuk background video kamu. 

Lalu ada pula fitur stiker jika kamu hendak menempelkan stiker lucu pada video TikTok itu. Apabila kamu menginginkan teks-teks cantik sebagai penarik perhatian, di Capcut ada fitur text yang dapat kamu pakai untuk menambahkannya.

Begitu kamu sudah puas dengan video TikTok yang telah kamu edit, simpan dulu video tersebut. Berikutnya kamu pilih opsi export supaya nanti video TikTok tersebut dapat kamu masukkan ke dalam aplikasi TikTok.

Keuntungan mengunduh Capcut ialah sifat aplikasinya yang gratis, kesempatan mengedit video sampai sedetail-detailnya, serta kualitas aplikasi yang telah diakui para penggunanya.

Itulah artikel yang membahas tentang aplikasi Capcut dan bagaimana cara edit video TikTok dengan Capcut bagi para pengguna pemula. Semoga informasinya bermanfaat, ya!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password