Apa itu Domain Authority dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

domain authority adalah

Di era sekarang ini, mungkin banyak orang yang sering mendengar istilah domain authority dalam sebuah website. Namun, apakah kamu termasuk orang yang benar-benar mengetahui tentang domain authority? Artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap, karena mengetahui domain authority adalah hal yang cukup penting untuk meningkatkan kualitas website.

Apa itu Domain Authority?

Domain authority adalah sebuah metric yang menjadi parameter kepercayaan sebuah situs atau website dari rujukan mesin pencari dan pengguna. Domain tersebut merupakan faktor penting yang dapat kamu gunakan untuk mempengaruhi trafik atau ranking website. Pertanyaan tentang apa itu domain authority juga bisa terjawab dengan sebuah acuan bagaimana Google memberikan sebuah page rank pada situs.

Sebenarnya masih terdapat banyak pro kontra mengenai pengertian domain authority. Namun pemahaman yang paling mudah untuk semua kalangan yaitu jika situs website memiliki page rank yang tinggi, secara otomatis dapat dikatakan bahwa situs tersebut mempunyai nilai domain yang sangat baik. Sehingga memang tepat, domain tersebut menjadi tolak ukur kepercaan search engine kepada website.

Setelah mengetahui pengertian tentang apa itu domain authority, selanjutnya kamu perlu mengerti juga tentang page authority.


Apa itu Page Authority?

Page authority adalah nilai yang berfungsi untuk memprediksi rank dalam situs website pada SERP atau search engine result page. Range penilaian page authority ini mulai dari 1-100. Semakin tinggi nilai, maka semakin besar juga sebuah situs mendapatkan posisi teratas. Hal ini juga menunjukkan sebuah kualitas konten kamu pada website. Karena jika website tidak berisi konten yang berkualitas, maka secara otomatis nilai page authority juga akan rendah.


Manfaat Domain Authority Tinggi

Berikut ini beberapa manfaat DA yang perlu kamu ketahui :

Menjadi Parameter SEO

Kamu bisa mendapatkan data berguna untuk meningkatkan link building saat mencari domain yang berkualitas. Dengan adanya domain authority yang tinggi, kamu bisa semakin mengembangkan SEO dan menghasilkan ranking website yang lebih tinggi.

Menilai Prospek untuk Link Building

Dengan domain authority, kamu bisa mendapatkan banyak informasi penting untuk mengembangkan website. Terutama jika kamu mau rutin mengecek skornya, skor yang kamu dapatkan menunjukkan seberapa banyak pekerjaan situs web yang berfungsi untuk mengejar persaingan atau seberapa besar potensi situs web untuk bersaing dengan situs lain.

Baca Juga:   Apa Itu CMS Website: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Sebagai Dasar Perbandingan yang Baik

Salah satu manfaat dari tingginya DA yaitu bisa memenangkan ranking dari pesaing. Jika mengukur DA, kamu bisa dengan mudah menganalisis perusahaan mana yang juga memiliki nilai tinggi dan bersaing dengan perusahaanmu.


Cara Mengecek Skor Domain Authority

Mengetahui cara untuk mengecak domain authority adalah hal yang penting, karena ini bukanlah sesuatu yang sulit. Berikut ini cara yang bisa kamu ikuti :

  • Cek DA melalui link tool Moz pada https://analytics.moz.com/.
  • Setelah link terbuka, masukkan alamat situs kamu dalam kolom analisis. Kemudian klik button Analyze.
  • Kemudian terdapat kolom overview yang akan berisi skor DA, Inbound Links, Linking Domains, serta Ranking Keywords.
  • Lalu jika ingin melihat skor page authority (PA), kamu hanya cukup klik sekali pada Compare Link Profiles pada menu sidebar sebelah kiri. 
  • Selanjutnya klik pada button Exact Page untuk mengecek DA maupun PA sekaligus.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Agar domain authority dapat memberikan pengaruh yang signifikan tehadap website, terdapat beberapa cara yang perlu kamu ketahui.

Menggunakan Teknik Optimasi SEO yang Tepat

Cara ini merupakan dasar jika kamu ingin meningkatkan nilai DA, karena teknik optimasi SEO yang tepat sudah pasti dapat menghasilkan rank situs menjadi lebih baik. Namun, untuk menerapkan teknik ini, membutuhkan riset mendalam dengan cara trial dan error hingga terbukti SEO yang akan kamu pakai sudah tepat.

Terkadang saat melakukan riset, membutuhkan banyak waktu jika sering menghasilkan error. Oleh karena itu kamu perlu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak menghabiskan energi. Teknik SEO meliputi breadcrumbs, structure, header tags, keywords, struktur website, URL, word count, dan lain-lain. Kamu harus menguasai semuanya sebagai dasar dari tujuan untuk meningkatkan domain authority.

Membuat Konten yang Berkualitas dan Unik

Dalam sebuah website tentu harus berisi konten-konten berkualitas, informatif, serta unik atau bersifat out of the box tetapi masih masuk akal. Karena hal itu juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan DA pada website. Saat akan membuat konten, kamu juga perlu melakukan riset secara mendalam tentang perkembangan zaman yang terjadi, apa saja issue yang sedang hangat, apa saja hal menarik di kalangan pembaca. 

Berikut ini beberapa tips untuk membuat konten berkualitas :

  • Judul Menarik
    Hal pertama yang akan konsumen baca dalam sebuah konten adalah judul. Oleh karena itu kamu harus bisa menarik minat pembaca menggunakan judul untuk membaca konten. Hal tersebut tentu akan meningkatkan skor DA.
  • Optimasi Title Tag dan Meta Desc
    Selanjutnya kamu perlu menghasilkan konten berkualitas dalam sisi SEO. lakukan optimasi pada title tag dan meta desc supaya konten kamu lebih banyak diminati bahkan bisa menjadi bahan referensi.
  • Buat Konten yang Bisa Memberi Solusi
    Alasan orang mencari konten dari internet yaitu salah satunya untuk mencari solusi dalam suatu permasalahan. Jika kamu bisa menciptakan konten berisi solusi yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan audience, tentu semakin banyak yang mengunjungi situs websitemu. Hal ini juga menunjukkan tingkat kepercayaan orang pada website. Oleh karena itu sebelum membuat konten, kamu perlu melakukan riset kata kunci secara mendalam.
  • Konten Harus Engaging
    Konten yang kamu tulis harus menarik dan memiliki kriteria serta alur kepenulisan yang baik pula. Ini bukanlah hal yang mudah, namun kamu perlu secara rutin mempraktikkan menulisa konten agar terbiasa dan menghasilkan tulisan yang berkualitas.
Baca Juga:   Apa itu Search Engine Marketing? Manfaat dan Cara Menerapkannya

Melakukan Promosi Terhadap Konten

Cara lain untuk meningkatkan domain authority adalah mempromosikan hasil konten berkualitas yang sudah kamu buat. Promosi konten dapat kamu lakukan pada berbagai media sosial, baik yang gratis maupun berbayar, kemudian melalui email dari database. Selain itu, kamu bisa mempromosikan konten dalam websitemu sendiri, sehingga saat pembaca membuka situsmu, maka akan secara otomatis melihat promosi konten lain.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang populer dalam semua kalangan karena memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengekspos brand maupun website yang kamu miliki. Menggunakan strategi media sosial juga menjadi cara meningkatkan DA. Kamu hanya cukup memperbaiki profil pada media sosial perusahaanmu, kemudian gunakan desain yang menarik dan menggambarkan kredibilitas bisnis perusahaan. 

Namun, untuk menggunakan media sosial sebagai platform promosi, kamu harus konsisten dalam mempromosikan produk bisnis, misalnya dengan rutin posting feed. Peran media sosial ini sangat penting dan berpengaruh secara signifikan jika kamu tepat dalam memanfaatkannya. Beberapa platform media sosial populer yang dapat kamu manfaatkan yaitu :

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Pinterest

Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat memberi dampak lain sebagai berikut :

  • Mengembangkan pelanggan 
  • Eksposur menjadi luas
  • Meningkatkan penjualan produk
  • Sebagai sarana untuk saling berinteraksi

Melakukan Branding

Branding adalah sebuah pencitraan terhadap suatu produk agar menarik konsumen. Branding sangat penting dalam dunia bisnis. Kamu harus bisa melakukan branding agar target market tertarik dengan produk sehingga membantu mengekspos konten website dan jumlah audiens akan semakin meningkat.

Membuat Backlink pada Konten

Saat ini backlink juga sudah cukup populer dikalangan masyarakat. Membuat banyak backlink dalam website tentu menjadi peluang meningkatnya jumlah pengunjung website. Namun yang perlu kamu perhatikan, dalam membuat backlink harus tetap bersifat natural, tanpa pemaksaan yang dapat mengelabui mesin pencari. Karena jika kamu memanipulasi mesin pencari, maka secara otomatis DA tidak akan meningkat.

Baca Juga:   WordPress VS Blogspot, Manakah yang Lebih Baik untuk Kamu?

Salah satu Beberapa alasan mengapa backlink perlu kamu bangun dengan baik, antara lain :

  • Google melakukan crawling terhadap semua link website yang mengarah ke website kamu.
  • Backlink berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas dan reputasi website.
  • Backlink meningkatkan trafik web sehingga menjadi peluang dalam bisnis jika diimbangi dengan strategi digital marketing yang lebih efektif.

Membangun Internal Link yang Kuat

Jaringan kuat antara pengguna dengan mesin pencari dapat dipengaruhi oleh internal link, sehingga berpengaruh juga pada ranking website kamu. Semakin kuat internal link pada website, semakin kuat pula interkoneksi yang menyebabkan website menjadi unbreakable. Internal link ini dapat bertambah jika kamu rajin menciptakan banyak konten.

Menerapkan SEO Onpage

Cara selanjutnya untuk meningkatkan domain authority adalah dengan menerapkan SEO onpage, mulai dari teknik menciptakan konten, teknik keyword, membuat robot txt serta meta tag pada template website. Kamu harus dapat membuat situs website agar disukai mesin pencari dan DA akan naik secara otomatis.

Menjalin Relasi yang Kuat

Jika kamu sebagai pemilik website menautkan link link didalamnya, maka hal itu dapat meningkatkan DA secara tidak langsung. Karena relasi hubungan link berbanding lurus dengan meningkatnya DA.

Rutin Membersihkan Toxic Link

Sebuah website tentu bisa terindikasi virus, spam, atau hal-hal lain yang mengurangi kualitasnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan website secara rutin dan berkelanjutan untuk meningkatkan nilai DA.

Optimasi Konten Lama dan Ciptakan Konten Evergreen

Kamu harus bisa menciptakan konten yang terupdate dengan cara melakukan optimasi terhadap konten lama agar isinya tidak ketinggalan zaman. Sehingga tidak menurunkan kualitas serta trafik website.

Konsisten dan Sabar

Setelah melakukan semua cara, ada satu cara lagi yang paling penting yaitu konsistensi dan kesabaran dalam upaya meningkatkan DA. Kamu perlu membuat jadwal rutin secara berkala dan berkesinambungan untuk menerapkan berbagai cara. Kemudian terdapat satu hal lagi yang jarang menjadi perhatian yaitu usia domain. Semakin lama usia domain website, belum tentu meningkatkan nilai DA. 

Hal lain yang lebih menentukan yaitu sering atau tidaknya sebuah website kamu perbaiki, baik dari teknik SEO, profil link, maupun konten yang berkualitas. Oleh karena itu kamu harus sabar dalam mengelola website agar membuahkan hasil sesuai harapan.


Kesimpulan

Berbagai cara pada artikel untuk meningkatkan domain authority adalah cara-cara terbaik yang harus kamu lakukan. Namun yang perlu kamu ingat bahwa semua bergantung pada SEO, yaitu pada konten marketing, trafik website, organic search result, ranking, maupun konten berkualitas.

Temukan berbagai informasi seputar influencer, social media influencer dan blogger influencer hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password