Digital Marketing Adalah: Ketahui Proses dan Strateginya!

digital marketing adalah

Memahami apa itu digital marketing adalah hal penting bagi seorang content creator, khususnya pemula.

Bagaimana tidak? Perkembangan zaman telah membuat semua aspek kehidupan masyarakat bergerak secara digital. Tak terkecuali dalam hal pemasaran.

Oleh karena itu, mari mengenal apa itu digital marketing lebih jauh lagi.

Apa Itu Digital Marketing?

Pemasaran online atau digital marketing adalah metode untuk menjangkau para konsumen potensial secara digital. Media yang digunakan antara lain melalui website, media sosial, email, atau perangkat online lainnya.

Sedangkan bentuk pesan yang dikirim dapat berupa tulisan, gambar, maupun video. Pemasaran digital pada dasarnya adalah bentuk kampanye sebuah merek atau produk secara online atau daring.

Jenis Digital Marketing

Mengacu pada definisi yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat mengenali beberapa jenis atau bentuk pemasaran digital. Masing-masing jenis tentu memiliki efektivitas yang berbeda tergantung pada tujuan dan target pasar.

Berikut ini beberapa jenis pemasaran digital:

1. Mobile Marketing

Jenis pertama digital marketing adalah mobile marketing. Melalui cara ini, kamu dapat menjangkau calon konsumen potensial melalui pesan singkat pada mobile device mereka.

Contohnya adalah dengan mengirim SMS maupun pesan WhatsApp untuk menginformasikan tentang produk atau merek tertentu. Pola ini biasanya adalah pemasaran digital lanjutan karena kamu perlu memiliki nomor kontak lebih dahulu.

2. Email Marketing

Media berikutnya untuk melancarkan strategi digital marketing adalah melalui email marketing

Kamu mungkin sering menerima email penawaran tentang program promosi yang sedang berlangsung dari merek tertentu. Nah, itu adalah salah satu jenis pemasaran digital. Bedanya dengan sebelumnya, melalui jenis ini kamu dapat menyampaikan informasi yang lebih lengkap. 

Jenis ini biasanya digunakan untuk menyampaikan program promosi yang hanya berlaku untuk konsumen tertentu.

3. Social Media Marketing

Pada jenis pemasaran digital yang satu ini, media sosial menjadi media utama untuk menjangkau para calon konsumen potensial. 

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya di mana pesan dikirim secara privat kepada calon konsumen. Jenis yang satu ini mengunggah informasi ke akun media sosial brand sehingga bisa ditemukan dan dilihat oleh masyarakat umum.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis digital marketing berikutnya adalah SEO. Yaitu, sebuah upaya agar para pelanggan potensial mudah untuk menemukan konten marketing berupa tulisan ketika mencarinya melalui search engine.

Pemasaran digital jenis ini diterapkan pada artikel website yang memuat informasi tentang produk atau merek yang ingin dipromosikan.

5. Affiliate Marketing

Jenis terakhir ini dapat dibilang sebagai strategi digital marketing yang ampuh namun hemat biaya. Affiliate marketing adalah jenis pemasaran digital di mana orang lain mempromosikan produk tertentu dan ikut menerima komisi dari setiap transaksi.

Banyak e-commerce yang belakangan mengadopsi jenis pemasaran digital jenis ini.

Manfaat Digital Marketing

Dari sisi bisnis maupun konsumen sama-sama mendapat manfaat dengan pemasaran melalui media digital. Setelah memahami apa itu digital marketing, berikut ini beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui.

1. Lebih Ramah Lingkungan

Manfaat pertama digital marketing adalah lebih ramah lingkungan daripada metode pemasaran konvensional. Konten pemasaran digital mudah untuk dimusnahkan begitu periode promosi selesai sehingga lebih ramah lingkungan.

2. Mudah Menjangkau Target Pasar

Menurut survei, terdapat 204,7 juta orang Indonesia yang dapat kamu jangkau melalui internet. Jumlah ini mencapai 73,7% total populasi penduduk Indonesia. 

Dengan demikian, metode pemasaran ini memang potensial untuk menjangkau target pasar yang sangat luas. Selain itu, kamu juga mudah untuk menjangkau target spesifik seperti melalui mobile dan email marketing.

3. Informasi Tidak Terbatas

Ketika memasarkan sesuatu secara digital, kamu mudah untuk mengaitkan satu informasi dengan yang lainnya. Misalnya, kamu menyampaikan program promosi melalui email marketing, kamu dapat menyertakan tautan menuju website brand.

Tak hanya itu, jenis marketing tertentu seperti melalui media sosial juga memudahkan bagimu maupun konsumen untuk melakukan komunikasi dua arah. Dengan demikian, informasi dapat tersampaikan dengan lebih komprehensif dan tidak terbatas.

4. Mudah Mengukur Keberhasilan

Manfaat berikutnya ketika menerapkan digital marketing adalah mudah untuk mengukur keberhasilan. Pada dunia yang serba digital ini, kamu dapat merekam jejak klik pada setiap konten marketing.

Oleh karena itu, menjadi mudah bagimu untuk melakukan evaluasi terkait mana konten yang berhasil memperoleh banyak transaksi dan mana yang tidak.

Strategi Digital Marketing

Tak dapat disangkal bahwa strategi pemasaran digital adalah hal yang mendesak untuk diterapkan oleh para pelaku berbagai bidang bisnis saat ini. Berikut ini beberapa langkah dalam menyusun strategi pemasaran digital yang dapat kamu terapkan.

1. Mengidentifikasi Target

Langkah pertama, kamu perlu melakukan identifikasi target. Baik itu target atau tujuan program dan target pasarnya. Pemasaran digital dengan target brand awareness akan berbeda dengan program yang bertujuan meningkatkan penjualan.

Selain itu, perbedaan target pasar juga akan punya pengaruh tersendiri. Konten yang mengena untuk generasi milenial tentu berbeda dengan konten yang tujuannya untuk menjangkau generasi boomers.

Tahapan ini adalah langkah yang sangat penting. Karena, akan menentukan seperti apa konten yang akan dibuat agar tujuan dan targetnya benar-benar bisa tercapai.

2. Menyusun Konten dan Strategi

Konten adalah bagian inti dari apa itu digital marketing. Ini adalah pesan yang disusun sedemikian rupa berdasar identifikasi tujuan dan target pemasaran. Konten juga menyesuaikan dengan jenis pemasaran digital yang akan kamu terapkan.

Contohnya, ingin menjangkau anak muda. Maka konten terbaik saat ini adalah melalui video yang kamu unggah di media sosial TikTok. Pada media ini, pebisnis dan konsumen dapat berinteraksi. Selain itu, sesama konsumen juga dapat saling berinteraksi.

Sementara itu, penerapan strategi digital marketing yang selanjutnya adalah pada pengaturan waktu, mengingat adanya waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram, Facebook, dan sebagainya. 

Selain itu, memanfaatkan momen besar juga dapat kamu lakukan. Misalnya dengan mengadakan program promosi selama bulan Ramadhan.

3. Melakukan Kerjasama

Strategi digital marketing lainnya adalah melakukan kerjasama. Kerjasama dapat kamu lakukan dengan bidang bisnis lain yang terkait atau dengan influencer.

Contoh kerjasama dengan bidang bisnis lain. Misalnya, bisnis coffee shop bekerjasama dengan bisnis makanan ringan dengan menjual paket bundling. Dengan cara ini, kamu dapat meraup pasar dari bisnis yang bekerjasama denganmu.

Sedangkan contoh kerjasama dengan influencer misalnya bisnis katering sehat bekerjasama dengan influencer kesehatan. Melalui strategi ini, kamu berupaya untuk menjadikan para pengikut influencer tersebut menjadi pelanggan bisnismu.

4. Evaluasi

Langkah terakhir dalam menerapkan strategi digital marketing adalah melakukan evaluasi. Pada tahap ini kamu menganalisa apakah strategi yang diterapkan cukup sukses mencapai target atau justru belum.

Di sinilah letak manfaat melancarkan taktik pemasaran melalui media digital. Kamu dapat memeriksa rekam jejak dari setiap klik yang konsumen lakukan baik pada konten di media sosial, email, SMS, maupun website.

Apabila hasil evaluasi menunjukkan tren positif, maka kamu dapat menerapkan strategi serupa selanjutnya. Namun, apabila menunjukkan tren negatif, kamu sebaiknya perlu mengubah strateginya.

Yuk, Terapkan Digital Marketing!

Pemahaman tentang apa itu pemasaran digital hal yang vital saat ini. Sebagai pebisnis, kamu sebaiknya tidak menunda untuk menerapkannya dalam bisnis yang kamu kelola saat ini.

Selain itu, memperkaya ilmu tentang dunia digital dan marketing juga akan membuatmu lebih cerdas lagi dalam mengeksplorasi konten sebagai influencer pemula.

Yuk, belajar bersama!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password