Creator Fund TikTok: Cara Baru Hasilkan Banyak Uang di TikTok

Karena kepopulerannya, TikTok akhirnya meluncurkan program Creator Fund TikTok untuk memberikan dukungan finansial bagi kreator konten.

Tidak mengherankan jika banyak content creator berlomba-lomba menarik perhatian penonton dan mencari cara untuk memonetisasi video mereka.

Kalau kamu tertarik, baca terus untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang program ini!

Tentang Creator Fund TikTok

TikTok Creator Fund adalah program pendanaan yang diperuntukan untuk para pembuat konten di TikTok.

Pendanaan ini tidak seperti program bagi hasil iklan seperti AdSense YouTube atau hibah seni. Sebaliknya, pendanaan ini sebagai bentuk penghargaan atas segala video dan kreativitas yang creator berikan.

creatorportal

sproutsocial.com

Setelah pengumuman program pendanaan pada bulan Juni tahun 2020 lalu, akun TikTok resmi yang bernama Creator Portal merilis serangkaian video yang menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan program ini. Berikut adalah jabaran informasinya:

  • Investasi awal TikTok Creator Fund sebesar $200 juta dan harapannya bisa terus bertumbuh hingga mencapai angka $1 miliar dalam kurun waktu tiga tahun sejak tahun 2020.
  • Indikator kelayakan untuk menjadi penerima dana berdasarkan metrik akun creator yang harus memenuhi syarat tertentu, seperti jumlah penonton, interaksi video, dan performa di region khusus.
  • Fokus program pendanaan ini adalah pada konten organik, bukan konten bersponsor. Sehingga, program ini membuka peluang bagi creator yang ingin serius berkarir di TikTok.
  • TikTok mengharapkan terciptanya keberagaman konten yang tidak terbatas hanya di konten kecantikan dan fashion saja.

Dari pemaparan di atas, itu artinya program tersebut sangat mendukung pembuatan konten original yang terus setia pada branding masing-masing creator.

Jadi, dana tersebut dapat mendorong pembuatan konten yang menjunjung tinggi etos keaslian, kekreativitasan, inspiratif, dan semangat yang tinggi.

Tujuan Program Creator Fund TikTok

Pihak TikTok telah memberikan klaimnya sejak awal peluncuran program pendanaan ini. Tujuan utamanya adalah menghargai konten para creator dengan memberikan dukungan finansial. Tidak hanya itu saja, berikut tujuan lain dari adanya program pendanaan ini antara lain:

1. Mendorong Semangat Berkarya Para Creator

Adanya program pendanaan yang menggiurkan ini tentunya membuat para content creator semakin giat membuat konten yang kreatif dan original agar mereka mendapatkan penghasilan dari TikTok. Dengan begitu, penghasilan dari TikTok bisa menjadi peluang untuk kamu berkarya sekaligus menjadi sumber mata pencaharian.

Terbukti, sebanyak 56% pengguna terinspirasi untuk membuat video setelah melihat konten yang menarik dari creator favorit mereka. Maka dari itu, pengguna tidak hanya aktif menjadi pengamat tapi juga aktif menjadi penyaji konten unik lainnya. Di sisi lain, pendanaan menjadi dorongan secara implisit setelah berkarya.

2. Membangun Koneksi dengan Para Creator

Semakin banyak creator yang viral, semakin banyak pula buzz positif yang platform TikTok dapatkan. Sebagai timbal balik dari kerja keras para creator yang mampu menarik dan mengumpulkan komunitas mereka sendiri, TikTok memberikan hadiah berupa dukungan finansial pada mereka.

Pada dasarnya, creator adalah sumber penarik atensi orang-orang yang sefrekuensi dengan mereka, sedangkan TikTok sebagai sumber penyedia promosi dan pendanaan. 

Dengan kata lain, TikTok menginginkan para creatornya agar tidak pindah platform dan berharap para creator yang telah menjadi mitra terus meramaikan TikTok.

Hubungan berkesinambungan inilah yang diharapkan terus terjalin hingga kedua belah pihak meraih tujuan masing-masing. Jadi, TikTok Creator Fund bisa menjadi sarana yang menguntungkan dari sisi manapun.

Baca juga: Cara Melihat Analisis TikTok, Lengkap untuk Pemula!

Syarat Bergabung ke Creator Fund TikTok

Kalau kamu tertarik dengan program ini, simak persyaratan berikut agar bisa bergabung ke program pendanaan tersebut:

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Mempunyai akun TikTok Pro.
  • Mempunyai paling tidak 10.000 followers.
  • Jumlah tayang video telah mencapai 10.000 views selama 30 hari terakhir.
  • Berdomisili di salah satu negara, di mana program ini ditawarkan.

Cara Mendaftar Program Creator Fund TikTok

Cara Mendaftar Program Creator Fund TikTok

sproutsocial.com

Kamu tidak usah khawatir karena pendaftaran program ini tidaklah sulit. Jika kamu sudah memenuhi persyaratannya, ikuti dua cara bergabung ke dalam program pendanaan ini, antara lain:

  1. Kamu mendapat undangan secara langsung melalui notifikasi dari TikTok untuk berpartisipasi.
  2. Kamu bisa mengajukan pendaftaran melalui aplikasi TikTok karena form pendaftaran tidak tersedia di situs websitenya. Caranya, masuk ke akun TikTok Pro kamu → buka “Setting and Privacy” → pilih “Creator Tools” → di bawah “Creator Next”, pilihlah “Creator Fund”.

Perlu kamu perhatikan bahwa sebelum mendaftarkan diri ke program creator fund, kamu harus diterima di platform creator next terlebih dahulu. Selanjutnya, kalau pengajuanmu ditolak, kamu masih bisa mengajukan pengajuan lagi setelah 30 hari.

Kelebihan Creator Fund TikTok

Mungkin kamu masih bimbang antara bergabung dengan program ini atau tidak. Supaya tidak bingung, simak beberapa kelebihan saat bergabung di program creator fund sebelum menetapkan keputusan finalnya:

1. Mendapatkan Uang

Berapapun jumlah nominalnya, setidaknya kamu bisa mendapatkan uang dari kegiatan yang menyenangkan di platform TikTok. 

Bandingkan dengan program kemitraan bagi hasil dari iklan atau endorsement, di TikTok kamu tidak akan terikat dengan aturan-aturan ketat, tetapi kamu hanya melakukan hobi dan mendapatkan uang.

Tambahan lagi, kamu tidak perlu menandatangani kontrak apapun untuk bergabung. Apalagi setelah bergabung, kamu masih bisa melanjutkan kemitraanmu dengan orang lain dan terus mendapatkan pendapatan yang tidak terbatas dari manapun.

2. Memperoleh Pengalaman

Kebebasan berekspresi dalam berkarya sudah cukup membuatmu bahagia, bukan? Apalagi kamu akan selalu belajar bagaimana cara memperkuat hubunganmu dengan followers, menghasilkan karya yang terbaik setiap harinya, serta bertemu dan berkolaborasi dengan creator lain.

Bahkan, kamu juga belajar bagaimana cara menghadapi dunia profesional di dalam dunia yang kamu cintai. Itu semua mengarahkan kamu pada pengalaman-pengalaman hidup yang sangat luar biasa.

Baca juga: Cara Promosi di TikTok Shop Agar Cuan Maksimal, Ini Triknya!

Kekurangan TikTok Creator Fund

Setelah mengetahui kelebihannya, simak kekurangan di bawah ini sebagai pertimbangan mendaftar creator fund TikTok:

1. Cukup Membingungkan

Meskipun TikTok telah menyediakan analitik secara umum, tidak ada yang tahu bagaimana cara mereka melakukan perhitungan pembayarannya. Jadi, pembayaran antara creator satu dengan creator lainnya bisa saja berbeda tergantung kebijakan TikTok yang sangat rahasia.

2. Sulit Berkomitmen

Di luar desas-desus perhitungan rahasia dan informasi yang terkesan kurang jelas, banyak creator yang akhirnya sulit mempertahankan komitmennya untuk tetap berada di program tersebut.

Sebagian orang mungkin sangat mempercayai apapun yang TikTok berikan untuk mereka. Namun, sebagian yang lain merasa tidak ada alasan lagi untuk bertahan karena mereka merasa tertekan untuk menghasilkan uang yang lebih banyak daripada melakukan hobi yang menyenangkan.

Apa Kamu Berminat untuk Bergabung ke Creator Fund TikTok?

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, kamu bebas untuk tetap bergabung atau tidak karena semua keputusan berada di tanganmu. Kalau kamu memang sudah memenuhi persyaratan, tidak ada salahnya mencoba.

Alih-alih menjadikannya sebagai pekerjaan tetap, kamu bisa memulai karir menjadi creator TikTok sebagai kegiatan yang menghasilkan passive income asik di kala santai.

Jadi, kamu tidak akan terbebani dengan isu-isu apapun. Semoga bermanfaat!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password