Apa itu CPC? Pengertian dan Cara Mengoptimalkanya!

CPC Adalah - Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Sebagai seseorang yang mempunyai website, blog atau online bisnis, kamu tentunya harus tahu apa-apa saja aspek untuk mengoptimasi dan meningkatkan nya. Jika kamu sudah mengetahui aspek peningkatan yang kamu perlukan, kesempatan websitemu untuk mendapat sebuah adsense akan meningkat pula. Nah, sebagai seseorang yang berkutat pada bidang blog dan website ini, kamu pasti tahu bahwa ada banyak cara untuk mendapat keuntungan. Salah satu caranya adalah adsense. CPC adalah salah satu contoh adsense yang bisa kamu terapkan pada websitemu untuk mendapat keuntungan material. Lalu apa itu CPC adsense? Simak berikut ini.

Apa Itu CPC?

Untuk belajar cara mengoptimalkan CPC Adsense untuk website atau blog yang kamu punya, kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang pengertian CPC. CPC adalah sebuah metode atau teknik yang sering ada pada website atau blog untuk menghitung biaya yang akan pengiklan bayar kepada pemilik website dari seberapa banyak pengunjung website yang mengklik iklan tersebut.

CPC atau singkatan dari Cost Per Click mempunyai nama lain yaitu Pay Per Click. Biaya yang akan kamu dapat setiap hari dari pengunjung yang mengklik iklan pada website tergantung dengan rata-rata yang Google berikan. Satu website dengan website lain mempunyai biaya adsense yang berbeda pula. Maka dari itu, teruslah meningkatkan website yang kamu miliki.

Untuk menyesuaikan biaya tersebut dengan pengiklan, para pemilik website biasanya menggunakan jasa orang ketiga. Tools yang akan mereka pakai untuk menghitung biasanya adalah Google Adwords. 

Tentunya, jika kamu ingin mendapat CPC Adsense ini, kamu harus mempunyai ataupun menyesuaikan websitemu dengan anggaran harian yang menjadi permintaan pengiklan. Selain itu, fungsi selanjutnya CPC adalah sebagai metric menghitung pengembalian dan keberhasilan atas investasi yang kamu dapat untuk iklan berbayar pada websitemu.

Baca Juga:   6 Platform Terbaik untuk Membuat Blog dengan Mudah 

Ada beberapa Istilah yang berhubungan erat dengan CPC. Istilah tersebut adalah sebagai berikut :

  • Maximum Bid

Ini adalah sebuah biaya yang kamu keluarkan untuk satu kali klik dalam iklan yang ada pada websitemu.

  • Ad Rank

Istilah ini kamu gunakan sebagai penilaian akan seberapa optimalnya posisi kamu dalam perbandingan iklan yang sama dengan website yang berbeda.

  • Ad Placement

Berikutnya, istilah CPC yang satu ini adalah istilah CPC yang bersangkut paut erat dengan posisi iklan tersebut pada websitemu.

  • Time Of Day

Istilah yang satu ini mempengaruhi biaya per klik yang kamu butuhkan untuk iklanmu. Time of Day ini akan berubah dan berpengaruh besar dari jumlah pengunjung yang datang atau mengunjungi websitemu pada hari itu.

Cara Menghitung CPC Adsense

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghitung CPC Adsense ini. Cara menghitung CPC adsense adalah sebagai berikut :

CPC = Total Biaya Yang Kamu Butuhkan Untuk Iklan : Total Klik Per Hari

Cara Meningkatkan CPC

Setelah mengetahui pengertian dan jawaban atas pertanyaan Apa Itu CPC? Saatnya kamu mengetahui bagaimana cara meningkatkan CPC untuk website kamu agar website tersebut mendapatkan adsense yang dapat menguntungkanmu. Berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu gunakan.

1. Pilih Niche yang Tepat

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan CPC adalah memilih niche yang sesuai dengan topik pembahasan yang ada pada website atau blog kamu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, CPC ini adalah iklan yang menyesuaikan dengan topik pembahasan yang kamu angkat, maka dari itu, angkatlah topik atau niche yang sedang populer pada mesin pencarian.

Berikut ini adalah beberapa niche yang sedang populer akhir-akhir ini. Niche ini bisa kamu jadikan salah satu contoh konten yang akan kamu bahas pada website dan blog kamu.

  • Niche tentang Domain website seperti Namecheat memiliki adsense CPC tertinggi pada sistem internet.
  • Topik Gadget juga dapat kamu gunakan untuk pemilihan niche yang kamu angkat. Berikanlah konten-konten menarik tentang topik itu seperti perbandingan harga dari gadget satu atau yang lain. Kamu juga bisa memberikan konten tentang apa-apa saja fitur gadget yang sedang tren saat ini.
  • Selanjutnya, kamu dapat menggunakan niche tentang Google. Seperti yang kamu ketahui, Google mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang menguntungkan para pengguna internet. Hal ini menyebabkan Google menjadi topik terhangat.
Baca Juga:   Apa itu Domain Authority dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

2. Jawab Semua Pertanyaan yang Ada Pada Website Kamu

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan CPC adalah dengan menjawab semua pertanyaan yang masuk pada website atau blog. Dengan menjawab pertanyaan tersebut, kamu akan membuat websitemu menjadi website yang aktif dan dapat menaikkan tingkat kepopuleran mu pada para penjelajah internet selanjutnya.

Konten dan pembuat konten yang baik akan sangat disukai oleh banyak orang. Apalagi, jika konten yang kamu buat adalah konten yang ingin dan populer pada kalangan pengunjung. Semakin sering pengunjung datang pada website mu untuk melihat kontenmu, maka akan semakin banyak pula kesempatan kamu mendapat CPC adsense.

3. Atur Iklan dan Adsense

Iklan yang menarik dan diklik oleh para pengunjung memang menjadi suatu keuntungan bagi para pembuat website. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa iklan yang terlalu banyak dan menutupi konten malahan akan membuat para pengunjung kesal. 

Jika kamu pergi ke sebuah website karena penasaran dengan konten yang ada pada website tersebut namun setiap kali kamu ingin mengetuk konten tersebut, kamu akan menemui iklan, kamu akan kesal, bukan? Itulah mengapa penting untukmu agar mengatur posisi iklan yang kamu miliki.

4. Blokir Iklan yang Menampilkan Hoax

Mempunyai banyak iklan pada satu halaman website mungkin akan menguntungkanmu, namun menampilkan iklan yang tidak benar atau hoax akan membuat websitemu mendapat nilai yang buruk. 

Para pengunjung akan menganggap konten yang kamu buat pada websitemu adalah bualan semata. Maka dari itu, mari belajar untuk memilih iklan yang pantas untuk kamu tampilkan pada halaman websitemu. Caranya adalah dengan memblokir iklan yang menampilkan hoax.

5. Buat Iklan yang Responsive pada Perangkat Baca

Cara berikutnya untuk meningkatkan CPC adalah dengan membuat iklan yang responsif terhadap perangkat baca. Tentunya, kamu mengetahui bahwa website atau blog dapat terlihat dengan berbagai macam perangkat baca dari berbagai macam penjuru dunia. Maka dari itu, penting untuk membuat komposisi iklan menjadi responsive atau menyesuaikan perangkat baca para pengunjung.

Baca Juga:   13 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Mudah

Dengan ini, kamu dapat memastikan iklan yang kamu buat tidak kekecilan pada perangkat desktop dan tidak kebesaran dengan perangkat ponsel. Hal ini akan meningkatkan pengalaman membaca para pengunjungmu.

6. Pilih Negara

Memilih Negara yang tepat juga sangat berhubungan dengan CPC adsense yang akan kamu dapat. Hal ini karena CPC adalah sebuah iklan yang membuatmu mendapat keuntungan jika iklanmu terbuka. 

Nah, biasanya, perhitungan CPC ini akan berpengaruh dengan mata uang yang kamu pilih. Jika kamu memilih Negara Indonesia dan membuat konten berbahasa Indonesia, maka kamu akan mendapat sekitar Rp2.000 sampai Rp4.000 per klik.

Sangat murah jika kamu bandingkan dengan CPC bahasa Inggris yang bisa 2 sampai 4 dollar per klik.

7. Format Iklan Milikmu

Tentukan format apa yang ingin kamu pakai pada iklan CPC ini. Jika kamu menyukai membuat iklan dengan format teks, maka kamu dapat membuatnya. Sebaliknya, jika kamu lebih suka bermain dengan kata, maka buatlah dengan target hasil semaksimal mungkin.

8. Tempatkan Iklan pada Posisi Strategis

Cara kedelapan untuk meningkatkan CPC adalah dengan menempatkan iklan pada posisi strategis. Seperti yang kamu ketahui, CPC adsense adalah sebuah iklan yang akan menghitung berapa jumlah per klik yang kamu dapat, maka dari itu, usahakan membuat iklan tersebut visible kepada pengunjung website.

9. Heatmap

Heatmap ini adalah sebuah alat visualisasi yang berupa poin-poin data yang akan kamu masukkan ke blog atau website kamu. Dengan heatmap ini, konten yang akan kamu buat tidak akan melenceng jauh dari yang seharusnya.

10. Trial dan Error

Cara terakhir untuk meningkatkan CPC adalah dengan mencoba terus menerus dengan berbagai strategi yang dapat kamu pikirkan. Belajarlah dari pengalamanmu dan tetapkan mana strategi yang kamu sukai.

Sudah Paham Apa itu CPC?

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang CPC. CPC merupakan salah satu metrics yang cukup penting untuk memantau perkembangan iklanmu dalam digital marketing. Semoga artikel ini dapat membantumu!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password