Seperti Apa Contoh Video Marketing yang Menarik dan Inspiratif?

contoh video marketing

Seperti apa contoh video marketing yang inspiratif dan mampu menarik para pelanggan? Setiap perusahaan serta brand sudah pasti memerlukan video pemasaran untuk memperkenalkan produknya. 

Perusahaan berharap melalui video tersebut, produknya bisa semakin berkembang dan terkenal sehingga mampu bersaing dengan produk lain.

Pemasaran Melalui Video Marketing

Penerapan strategi pemasaran melalui video memang bukan hal yang baru. Namun hal baru tersebut yaitu bagaimana video jualanmu mampu mendapatkan banyak respon positif di seluruh saluran atau platform. Untuk membuat produkmu terkenal, maka video pemasaran ini bisa menjadi langkah yang efektif.

Pada kenyataannya, strategi marketing bukan lagi menjadi sebuah bagian dari trik dengan tujuan membuat penjualan bisnis meningkat. Video marketing mempunyai peran utama untuk bisa menjangkau pelanggan potensial serta melakukan kampanye branding

Sebelum membahas contoh video marketing, kamu perlu mengenal lebih jauh tentang apa itu video marketing

Seperti yang telah kamu baca di awal, ini adalah satu di antara beberapa strategi marketing online dengan memanfaatkan media berupa video. Strategi ini menjadi salah satu yang terbaik di zaman digital seperti sekarang.

Mengapa? Ketika kamu mampu membuat video marketing dengan hasil yang menarik, hal tersebut akan membuat para calon pelanggan lebih mudah memahami produk yang kamu pasarkan. 

Selain itu, para calon pelanggan tersebut berpotensi akan menjadi pelangganmu. Jadi, tujuan adanya video pemasaran ini yaitu meningkatkan minat serta menggugah rasa penasaran audiens.

Contoh Video Marketing yang Sering Digunakan

Sebelum membuatnya, penting memahami apa saja contoh video marketing.

Setiap video pemasaran yang dibuat pasti mempunyai kelebihan serta kekurangannya. 

Jadi melalui pemahaman  tersebut, kamu bisa memilih contoh mana yang menurutmu paling sesuai. Ketika video tersebut sudah selesai kamu buat, kamu bisa menguploadnya untuk menarik minat para pelanggan.

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Live di Instagram dengan Mudah

1. Video Demo

Jenis video marketing yang pertama yaitu video demo, yakni merupakan sebuah video yang di dalamnya terdapat penjelasan tentang cara kerja layanan atau produk tertentu. Pada video tersebut juga ada yang berisi penjelasan tentang bagaimana cara mempraktikkan sesuatu.

Tujuan dari pembuatan video demo yaitu agar bisa menekankan nilai tambah dari brand atau produkmu. Sudah banyak contoh video demo yang bisa kamu temukan, terutama di platform YouTube.

2. Video Event

Ketika ada perusahaan maupun tempat usaha yang berencana mengadakan seminar, diskusi produk, kegiatan sosial, dan sebagainya, maka itu termasuk contoh video event. Kamu bisa melakukan tugas marketing melalui contoh video event tersebut. 

Tugasmu adalah bisa mengemas video event yang berlangsung agar memberikan kesan marketing yang pas. Jadi para penonton video tersebut akan menikmati acara yang berlangsung sekaligus memahami apa yang coba kamu tawarkan kepada mereka.

3. Video Pendidikan

Tujuan video ini yaitu mendidik para pemirsa tentang hal-hal baru. Bisa juga bertujuan memberikan pengetahuan atau informasi dasar terkait subjek tertentu. Informasi yang tersaji melalui video akan berguna untuk bisnis serta brand kamu.

4. Video Merek

Selain ketiga jenis video pemasaran di atas, masih terdapat contoh lainnya yaitu video merek. Kamu bisa memanfaatkan jenis video tersebut jika ingin melakukan evaluasi serta memahami mengapa para audiens memerlukan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Banyak video dari berbagai merek ternama yang di dalamnya terdapat pesan bagaimana produk yang ditawarkan tersebut mampu menjadi solusi. Jadi, video ini mengandung pesan bagaimana peran produk maupun layanannya mampu mengatasi masalah yang ada di masyarakat.

Penerapan Video Marketing dalam Dunia Baranding

Video marketing sendiri sudah banyak digunakan oleh brand-brand tanah air. Salah satunya adalah video Shopee yang merayakan Hari Ibu. Mereka membuat tagar #SambutHarapan. Konten tersebut dibuat dengan memanfaatkan animasi.

Baca Juga:   Rekomendasi Tools Social Media Marketing, Tingkatkan Performa!

Sebuah video yang mengisahkan wanita hamil dalam kondisi pandemi serta krisis ekonomi. Dia takut mengatakan ke suaminya bahwa dia tengah mengandung. 

Akan tetapi, bersamaan dengan Kotak Shopee, maka kampanye video pemasaran tersebut menunjukkan sang ibu menyambut harapannya melalui hashtag #SambutHarapan sebagai kabar bahwa ibu tersebut akan bahagia nanti.

Bagaimana Cara Membuat Video Marketing? 

Setelah memahami contoh video marketing, sekarang tiba waktunya membahas bagaimana cara membuat video marketing.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

1. Jadwalkan Video Melalui Metodologi Inbound

Cara pertama yaitu membuat video pemasaran melalui pendekatan inbound. Cara ini merupakan metodologi pemasaran serta penjualan yang bertujuan agar bisa menarik pelanggan melalui beragam konten. 

Proses ini dilakukan dengan mengadakan interaksi secara relevan serta memberikan manfaat kepada audiens secara signifikan.

Video yang kamu hadirkan harus bisa membuat pada audiens sadar tentang tantangan atau kendala yang mereka alami. Setelah itu, produk yang kamu tawarkan tersebut mampu menjadi solusi yang nyata. 

Biasanya konten yang kamu buat bermula dari persepsi audiens, menilai sikapnya di masa lalu, kemudian memberikan jalan keluar melalui produk atau layananmu.

2. Membuat Storyboard 

Sekarang kamu harus mulai membuat contoh video marketing dengan menyusun skrip atau storyboard. Buatlah daftar tentang poin-poin penting yang akan kamu sampaikan pada video tersebut. Kemudian sajikan pesanmu secara logis sehingga mampu tersampaikan secara baik ke audiens.

Tidak lupa pilih juga pembicara yang menarik secara tampilan dan cara penyampaian. Ini bertujuan untuk membuat audiens tertarik dengan speaker tersebut sehingga mau menonton video sampai selesai.

3. Siapkan Tempat Rekaman

Sekarang tiba waktunya kamu mulai mempersiapkan lokasi untuk mulai melakukan perekaman. Kamu perlu memperhatikan tempat kamu merekam video tersebut. Selain itu, siapkan peralatan seperti tripod, lampu, mikrofon, dan lain-lain.

Kamu bisa membuat daftar peralatan apa saja yang harus ada di ruangan. Selain itu, penting juga memahami cara memanfaatkan alat-alat tersebut. Berkaitan dengan lokasi, pilihlah tempat yang cocok dengan konten video yang kamu buat. Buat audiens nyaman menonton video marketing yang kamu buat.

Baca Juga:   7 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Menunjang Konten Video Kamu

4. Rekam Lalu Edit Video

Cara membuat contoh video marketing selanjutnya yaitu mulai proses perekaman serta edit video. Ini menjadi salah satu faktor yang menjadi penentu apakah videomu akan menarik minat banyak audiens atau tidak. Maka dari itu, kamu harus bisa mengedit video tersebut dengan hasil terbaik.

Tidak ada salahnya menambahkan beberapa efek jika diperlukan. Gunakan template video untuk membuat video pemasaranmu tambah keren. Banyak template yang tersedia dan dapat kamu gunakan secara gratis.

5. SEO Video

Langkah terakhir adalah mulai menerapkan SEO video. Jangan melewatkan tahapan yang satu ini, terutama jika produkmu tertuju pada audiens dalam jumlah besar. Kamu harus mampu membuat mereka menjadi pelangganmu. Untuk itu, sangat penting melakukan optimasi terhadap video marketing tersebut.

Apakah Sudah Terinspirasi dengan Contoh Video Marketing di Atas?

Itulah informasi tentang contoh video marketing lengkap dengan cara membuatnya.

Video pemasaran adalah strategi yang ampuh di era digital seperti sekarang. Pastinya, pemasaran melalui video ini mampu membuat usahamu semakin berkembang.

Kamu bisa mengaplikasikan trik ini untuk membuat konten video di social mediamu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan lain-lain hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password