Contoh Kuis Instagram Story yang dapat Menarik Followersmu

contoh kuis instagram story

Sebagai penggiat social media, tentunya contoh kuis Instagram Story bisa jadi cara menarik untuk meningkatkan interaksi dengan followers.

Dengan kuis ini, kamu juga bisa menarik lebih banyak followers.

Simak contoh kuis Instagram story yang bisa kamu coba untuk meningkatkan interaksi pada akun kamu di bawah ini!

Contoh Kuis Instagram Story yang Menarik untuk Inspirasimu

Instagram menyediakan banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan followers.

Berikut ini 10 contoh kuis Instagram Story yang bisa kamu coba gunakan:

1. Konten Ask Me Anything

Konten Ask Me Anything adalah sebuah konten yang menggunakan konsep QnA (Question and Answer). Pada konten ini, kamu bisa membuka kepada konsumen untuk bertanya pada kamu. 

Ketika konsumen sudah bertanya, kamu bisa share kembali pertanyaannya dengan membuat Instastory baru untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Kamu juga bisa langsung menjawab pertanyaan konsumen melalui direct message. Konten ini pun bisa kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah interaksi dan meningkatkan peringkat Instagram Story dari postinganmu.

2. Gunakan Sticker Polling

Sticker polling adalah salah satu sticker quiz yang sudah ada cukup lama di Instagram. Kamu bisa gunakan ini untuk membuat polling kecil-kecilan di pagi hari. Misalnya, buat pertanyaan sederhana seperti:

  • Apakah cuaca akan cerah hari ini? Ya atau Tidak
  • Minuman favorit kamu? Latte atau Cappuccino 

3. This or That

Contoh kuis Instagram Story selanjutnya adalah permainan “This or That”. Ini adalah variasi dari kuis polling, namun bisa jadi variasi jika kamu bingung harus membuat polling apa lagi.

Ide Instagram Story ini adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak penayangan dan keterlibatan. Berikan 2 pilihan gambar kepada followers kamu dan gunakan Stiker Poll. 

Misalnya, kamu upload foto Pizza dan Burger bersebelahan, kemudian kamu buat pilihan “This or That” menggunakan sticker polling.

4. Permainan Tebak-tebakan

Selanjutnya, contoh kuis yang seru dan menyenangkan adalah permainan tebak-tebakan. Gunakan “Question Box” dan minta followers kamu untuk menebak sesuatu. Kamu bisa mengajak followers menebak apa yang akan kamu lakukan selanjutnya atau produk apa yang akan kamu launching selanjutnya.

5. Buat Kuis dengan Pilihan Ganda

Ini adalah salah satu contoh kuis yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan lebih banyak interaksi. Kamu bisa membuatnya dengan pertanyaan yang menyenangkan atau serius. Berikut cara pembuatannya:

  • Gunakan Stiker “Quiz”.
  • Berikan beberapa pilihan jawaban potensial.
  • Tentukan satu jawaban yang benar.
  • Biarkan followers bermain dan tebak apa jawaban yang tepat. 

6. Kuis Tentang Bisnis Kamu

Contoh kuis Instagram Story yang kamu bisa buat selanjutnya adalah “Get to know me” atau kuis yang mengajak followers kamu untuk menebak tentang bisnismu. Kamu bisa berikan hadiah untuk mereka yang bisa menjawab dengan benar atau menjawab benar paling banyak dari sekian kuis Instagram Story yang kamu buat.

Beberapa contoh pertanyaan yang bisa kamu ajukan dan berikan pilihannya, yaitu:

  • Kapan tanggal launching bisnis kami?
  • Apa produk pertama kami?
  •  Apa warna produk pertama kami?

7. Konten True or False

Salah satu contoh kuis lainnya yang dapat kamu buat adalah kuis true or false. Untuk game ini, kamu bisa menggunakan stiker “Poll” atau stiker “Quiz”.

Gunakan stiker “Quiz”, jika kamu ingin menunjukkan jawaban yang sebenarnya setelah followers memilih opsi yang kamu sediakan. Tetapi, jika kamu mengajukan pertanyaan untuk bersenang-senang dan hanya ingin melihat pendapat orang, kamu bisa gunakan stiker “Poll”.

Kamu bisa melakukan permainan “true or false” tentang menggunakan fakta-fakta menyenangkan tentang produk atau layanan kamu.

8. Konten Teka-teki

Konten teka-teki adalah contoh kuis lainnya yang bisa kamu coba. Kamu bisa buat susunan huruf acak yang berisikan sejumlah kata. Kemudian, ajak followers kamu untuk menebak kata-kata apa saja yang ada di dalamnya.

Kamu juga bisa minta mereka mengetik kata apa yang mereka lihat pertama kali. Gunakan sticker “Ask Me Anything”, agar followers lebih mudah mengetikan jawaban mereka.

9. Emoji Poll

Contoh kuis Instagram Story selanjutnya adalah emoji poll. Dengan kuis emoji poll, kamu bisa mengajak followers untuk mengukur seberapa besar minat mereka terhadap hal yang kamu bagikan di Instastory. 

Misalnya, kamu mengunggah foto pantai, lalu tambahkan emoji poll dengan pertanyaan “Siapa yang lebih suka berlibur ke pantai?”.

10. Konten Kuis Mengisi Puzzle

Kamu bisa upload gambar puzzle dengan satu potong yang hilang. Kemudian, buat pilihan gambar yang sekiranya cocok untuk mengisi puzzle yang hilang tersebut.

Tambahkan keterangan A, B, C untuk masing-masing pilihan. Kamu juga bisa gunakan sticker quiz, agar followers lebih mudah menjawab pertanyaanmu.  

Keuntungan Menggunakan Kuis Instagram

Instagram menyediakan banyak stiker yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan interaksi di akunmu. Menggunakan stiker quiz di Instagram memiliki banyak keuntungan, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Keterlibatan Followers dengan Konten

Saat pengguna berinteraksi dengan salah satu story di akun kamu, mereka pun akan mengirimkan sinyal ke algoritme Instagram. Sinyal ini kemudian digunakan untuk memberi peringkat story lebih tinggi. Contoh kuis Instagram Story yang bisa kamu gunakan untuk ini adalah stiker “Ask Me Anything”.

Semakin banyak keterlibatan yang kamu dapatkan, semakin tinggi peringkat story kamu. Oleh karena itu, buatlah pengikut kamu tidak hanya sekedar melihat konten kamu, tetapi juga berinteraksi dengannya.

2. Dapatkan Business Insight

Untuk usaha kecil yang tidak mampu membayar riset pasar yang mahal, ini adalah fitur yang hebat. Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat, kamu bisa mendapatkan ide bagus tentang preferensi followers terkait produk atau layanan kamu.

3. Memberi Edukasi Tentang Bisnis Kamu

Stiker kuis Instagram Story juga dapat digunakan untuk membantu audiens mengenal bisnis kamu. Mengajukan pertanyaan yang secara khusus terkait dengan bisnis kamu, dapat membantu followers kamu lebih mengenal bisnis kamu lebih dalam.

4. Menjalankan Promosi

Stiker kuis adalah cara yang berguna untuk membangun kegembiraan seputar kampanye dan peluncuran produk baru, serta promosi yang mungkin kamu jalankan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menawarkan hadiah kepada mereka yang menjawab dengan benar.

5. UGC

Banyak brand sudah menggunakan UGC atau user generated content untuk menciptakan lebih banyak interaksi, terutama di Instagram Stories mereka, dimana postingan hanya bertahan 24 jam sebelum menghilang. Oleh karena itu, tidak mencerminkan profil pengguna secara permanen.

Contoh kuis Instagram Story yang bisa kamu gunakan adalah stiker “Your Reply”, dimana kamu bisa menjangkau lebih banyak orang untuk ikut membuat konten Instastory bersama kamu.

Gunakan Kuis Instagram Story untuk Menarik Followers!

Itulah contoh kuis Instagram Story yang bisa kamu coba gunakan untuk menarik followersmu.

Kombinasikan juga kuis dengan postingan video, foto, reels, dan Instastory lainnya, agar followers tidak bosan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password