Begini Contoh Copywriting Menarik untuk Memikat Audiens dan Brand

contoh copywriting

Tahukah kamu bahwa penerapan metode copywriting yang baik mampu meningkatkan penjualan?

Rangkaian kata-kata yang tertarget mempunyai kekuatan untuk menarik pembaca ke website kamu dan menggerakkan mereka untuk melakukan apa yang kamu mau.

Bukan hanya itu, sebagai influencer kamu juga harus tahu bagaimana membuatnya lebih memikat.

Selengkapnya di sini.

Contoh Copywriting pada Headline Website

Dalam pembuatan copywriting headline, ada berbagai teknik yang dapat kamu terapkan untuk menarik perhatian pembaca.

Berikut ini adalah beberapa contoh copywriting pada headline website sesuai dengan kebutuhannya.

1. Benefit Headline

Pada dasarnya, pembaca lebih mudah terpikat terhadap keuntungan yang akan mereka dapat.

Kecenderungan ini bisa kamu manfaatkan dengan pembuatan headline yang fokus kepada keuntungan dengan teknik yang bernama benefit headline.

Akan tetapi, kamu harus memastikan kalau kamu sudah paham akan kebutuhan pembaca.

Sebagai contoh, ada dua copywriting dengan pesan yang sama, tapi punya gaya penyampaian berbeda.

Yang pertama adalah “Webinar: Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Strategi Efektif”.

Berbeda dengan pilihan kedua yaitu “Cara Selesaikan Pekerjaan Lebih Awal Agar Pulang Cepat.”.

Dari kedua contoh ini, pilihan yang kedua lebih menunjukkan manfaat.

Sedangkan, pilihan pertama lebih informatif. 

Yang terpenting adalah menggunakan copywriting dengan manner atau tone of voice sesuai pembaca dan brand yang sedang bekerjasama denganmu. 

Sebagai gambaran, berikut beberapa contoh penulisan copy yang bisa kamu coba.

  • Terbaru! Info Promo Handphone Murah 2022
  • 15+ Template Desain PPT Terbaik dan Menarik
  • 5+ Cara Mudah Mencapai 1000 Subscriber di YouTube
  • 10+ Cara Menjadi TikToker Sukses untuk Pemula, Lengkap!
  • Gugup Saat Interview? Yuk Atasi dengan 15 Tips Ini!

2. News Headline

Menarik perhatian pembaca juga bisa dengan menawarkan informasi terbaru yang sedang menjadi fokus publik.

Teknik ini dinamakan sebagai news headline, di mana biasanya berkaitan dengan berita, momen, trending, dan topik-topik yang sedang panas.

Akan tetapi, teknik ini sering tidak relevan ataupun terlalu berlebihan. Pembaca yang tertipu oleh headline pasti merasa kecewa.

Baca Juga:   Apa Itu Impression dan Pentingnya Dalam Digital Marketing

Bukankah kamu pasti juga merasa jengkel jika menerima barang online yang tidak sesuai dengan gambar yang kamu lihat? Penulisan copywriting juga serupa.

Jadi, pastikan kamu membuat news headline yang informatif dan berisi fakta tanpa menambahkan informasi yang berlebihan, misalnya

“Presiden Indonesia adalah Jokowi.” 

Berikut adalah contoh copywriting yang bisa kamu coba.

  • “Breaking News: Harga Timah Lompat 7%!”
  • “Elon Musk Berbagi Opini Tentang Resesi Amerika?”
  • “Disney Bujuk Damai Sama Johnny Depp Sebesar 4 Trilliun Rupiah?”

3. Selective Headline

Teknik selanjutnya adalah selective headline. Dalam menjangkau pembaca, usaha kamu bisa menjadi lebih ringan jika mempunyai target audiens tertentu.

Strategi ini sering digunakan oleh banyak brand karena lebih spesifik.

Berikut adalah beberapa contoh copywriting yang menarget audiens tertentu.

  • Khusus untuk Kamu yang Bekerja dan Tidak Ada Waktu Berolahraga
  • Hanya Sampai Jam 4 Sore! Daftar Sekarang untuk Tampil Keren di Kampus
  • Spesial untuk Kamu yang Mempunyai Masalah Jerawat
  • Webinar Gratis untuk Kamu yang Punya Kartu Kredit Bank A

4. Curiosity Headline

Teknik selanjutnya guna menarik perhatian para pembaca dengan membuat mereka penasaran adalah dengan menggunakan curiosity headline.

Copywriting ini sering digunakan di bisnis bidang pariwisata karena sangat efektif dalam meningkatkan rasa penasaran pembaca pada destinasi ataupun layanan travel.

Jadi, semakin misterius, copywriting headline akan semakin menarik. Berikut adalah beberapa copywriting contoh yang bisa meningkatkan rasa penasaran pembaca.

  • Ini Rahasia Sukses Bisnis Startup Tanpa Modal
  • Suami Maudy Ayunda Ternyata Bukan Sembarang Orang, Simak Latar Belakangnya!
  • Oalah, Ternyata Ini Suplemen Diet yang Tidak Buat Kamu Addicted
  • Wanita Ini Naik Berat Badan Akibat Mukbang?

5. Gimmick Headline

Yang kelima adalah gimmick headline. Teknik ini memerlukan kemampuan kamu dalam memaksimalkan gaya bahasa, pengulangan kata, pencampuran bahasa, permainan bunyi serta efek kejutan.

Banyak bisnis yang menggunakan teknik ini karena pembaca lebih nyaman mendengarnya. Akan tetapi, pemilihan kata juga harus relevan dengan tujuan konten.

Berikut adalah beberapa contoh copywriting yang memainkan kata dengan bahasa tertentu.

  • “New Taste for The New Happiness”
  • Menyesal Sekali! Baru Tahu Produk Ini Sekarang
  • Makan Kenyang, Tabungan Senang
  • Modal Gratis, Hasil Fantastis!

6. Question Headline

Question headline adalah teknik copywriting yang menggunakan pertanyaan relatable kepada pembaca dibandingkan pernyataan.

Baca Juga:   Instagram Marketing Tren di Tahun 2022 yang Wajib Dicoba

Akan tetapi, kamu harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pembaca sehingga mereka bisa merasa relevan dengan headline kamu dan tertarik untuk mencari jawabannya di website kamu.

Meskipun begitu, konten kamu harus menawarkan jawaban sesuai dengan copywriting headline. Ini adalah beberapa contoh yang benar dan bisa kamu aplikasikan ke headline kamu.

  • Ingin Jadi Translator Handal? Ketahui Dulu Hal Ini!
  • Merasa Malas Terus? Yuk, Ketahui Solusinya!
  • Gajimu Stuck? Mungkin Adalah Kesalahan yang Kamu Tidak Sadari

7. Contoh Copywriting Quotation Headline

Quotation headline adalah teknik yang menggunakan kutipan.

Umumnya, copywriting ini bertujuan untuk menyesuaikan bunyi rima dari rangkaian kata-kata. Kamu juga bisa membuat kutipan sendiri untuk dijadikan sebagai tagline unik dari brand atau website kamu.

Namun, penggunaan teknik quotation harus tetap relevan dengan konten kamu.

Contoh copywriting yang efektif dan inspiratif adalah sebagai berikut.

  • “Cantikmu Siap Hadapi Dunia”
  • “Always Listening, Always Understanding” 
  • “Mienya Kenyal, Kuahnya Juara!”

8. Command Headline

Teknik selanjutnya bukan bertujuan untuk memberikan kesan menyuruh, melainkan mendesak pembaca.

Jadi, mereka akan merasa kalau mereka akan menyayangkan kesempatan jika tidak mengikuti yang tertulis di command headline kamu.

Oleh sebab itu, headline harus dikemas sedemikian rupa dengan menawarkan nilai solutif.

Berikut ini beberapa contoh command headline untuk dicoba.

  • Gunakan Voucher Ini Sebelum Akhir Bulan Juni!
  • Tunggu Apa Lagi? Daftarkan Dirimu Supaya Bisa Ketemu BTS!
  • Jangan Sampai Waktu Scrolling Kamu Sia-Sia! Book Now!

9. Contoh Copywriting Claim Headline

Claim headline adalah headline yang menunjukkan kepercayaan diri kamu akan produk atau layanan pada website.

Akan tetapi, kamu harus menyesuaikan klaim kamu dengan kualitas produk juga agar para pembaca tidak merasa bahwa klaim kamu terlalu imajinatif dan mustahil.

Berikut beberapa contoh copywriting claim headline untuk inspirasi kamu.

  • Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing dalam Dua Minggu!
  • Otot Perut Lebih Kencang Setelah Menggunakan Alat Olahraga Ini
  • Sepatu Favorit Para Atlet NBA

10. You and I Headline

Teknik yang satu ini memberikan kesan friendly kepada para pembaca sehingga mereka merasa lebih dekat dengan komunikasi dua arah.

Oleh karena itu, kata-kata yang digunakan biasanya adalah kamu, kita, serta aku. Di bawah ini adalah contoh You and I headline yang bisa kamu tiru.

  • Aku sudah turun 5 Kilo, Kamu Kapan?
  • Selebriti dengan Style Keren yang Harus Kamu Follow
  • Sekolah yang Menjamin Kamu Sampai Dapat Kerja
Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Anti Ribet. Yuk, Simak!

11. Contoh Copywriting Teaser Headline

Teknik copywriting yang satu ini menggoda para pembaca.

Akan tetapi, kamu perlu mengingat bahwa kesan ini bukanlah bertujuan untuk meremehkan.

Untuk menghindarinya, berikut beberapa contoh copywriting teaser headline yang baik dan benar.

  • Buktikan Bakat Menyanyimu!
  • Yakin Bisa Hadapi Ujian Masuk PTN Tanpa Bantuan Bimbel A?
  • Yakin kebutuhan kalsium kamu terpenuhi?

12. Fear Headline

Yang terakhir adalah teknik copywriting yang efektif untuk menarik perhatian para pembaca, yaitu dengan menghadirkan ketakutan.

Namun, pengemasan copywriting bukanlah sekedar menakuti, melainkan memberikan peringatan, dan solusi melalui pelayanan ataupun produk kamu.

Berikut ini adalah copywriting contoh fear headline dengan efek menakutkan dan berbentuk warning yang bisa kamu tiru.

  • Waspada Gangguan Tidur Bisa Membawa Penyakit Berbahaya
  • Hati-hati dalam Membagikan Informasi Pribadi Online!
  • Jangan Tunggu Sampai Parah! Atasi Gejala Sakit Anda dengan Obat A

Contoh Copywriting Mana yang Akan Kamu Ikuti?

Itulah beberapa contoh copywriting yang bisa kamu terapkan untuk memikat audiens dan juga brand untuk bekerjasama denganmu.

Pastikan untuk menyajikan copywriting yang sesuai dengan cara berkomunikasi dengan target audiens dan juga brand-mu, ya!

Semoga bisa menjadi inspirasi dalam pembuatan headline di website atau brand bisnis kamu, ya!

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, social media marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password