Contoh Cara Mempromosikan Produk di Social Media Paling Efektif

contoh cara mempromosikan produk

Terdapat banyak sekali contoh dan cara mempromosikan produk ke calon pembeli.

Namun apa kamu sudah mencoba menggunakan sosial media sebagai alat promosi kamu?

Jika belum, sebaiknya kamu memanfaatkan sosial media untuk promosi.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan nantinya!

Sosial Media Sebagai Wadah Promosi Produk Jualan

Mempromosikan produk melalui sosial media menjadi cara yang paling efektif untuk mendapatkan perhatian pembeli saat ini. Apalagi di masa pandemi, pembeli tidak dapat membeli produk tanpa menyentuh atau melihat produknya secara langsung. 

Hal ini sering menjadi kendala dan pelaku bisnis harus memutar otak untuk menjual produk-produknya.

Melansir dari CNBC Indonesia, saat ini pengguna internet di Indonesia sudah terbilang sangat tinggi karena sudah menyentuh kurang lebih 77 persen penduduk. Sekitar 210 juta penduduk Indonesia sudah secara aktif menggunakan internet.

Apalagi, rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 1-3 jam untuk berselancar di internet

Banyaknya penggunaan internet di Indonesia menjadikan ladang pasar yang baru untuk kamu yang ingin membuka usaha. Menggunakan cara promosi di internet atau sosial media akan membuat kamu bisa mendapatkan peluang keuntungan yang besar.

Apa Manfaat Promosi Melalui Sosial Media?

Sosial media dapat kamu jadikan proses untuk mengembangkan bisnis kamu demi meraih pasar yang lebih luas. Sebelum kamu memulai promosi melalui sosial media, sebaiknya kamu mengetahui manfaat sosial media terlebih dahulu.

1. Membentuk Interaksi dengan Pelanggan

Dalam dunia media sosial, banyak contoh pengguna media sosial melakukan berbagai cara interaksi untuk mempromosikan produk. Ini seperti halnya kamu sebagai pelaku usaha dapat berinteraksi dengan pelanggan. Terlepas dari mengenal satu sama lain atau tidak, pengguna yang tidak saling mengenal masih tetap bisa melakukan interaksi. 

Baca Juga:   Produk IG Post yang Cocok Untuk Kamu Promosikan!

Banyak interaksi yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis kamu. Seperti menanyakan ide-ide untuk produk baru, meminta saran, hingga menanyakan review produk setelah menggunakannya. Selain itu, kamu tentu akan mendapatkan kritik yang membangun untuk memperbaiki pelayanan usaha kamu.

2. Membangun Loyalitas Pelanggan

Dengan interaksi yang kamu buat melalui pelayanan dan produk terbaik, bukan hal mustahil untuk mendapatkan pelanggan setia yang akan senang membantu merekomendasikan bisnis kamu kepada kenalannya.

Kepuasan pelanggan akan produk kamu, dari segi harga maupun kualitas, menjadikan penilaian kepuasan tersendiri bagi konsumen dan membentuk rasa loyalitas akan komitmen terhadap bisnis kamu.

3. Mendatangkan Pelanggan Baru

Karena banyaknya pengguna internet di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia. Maka akan ada kemungkinan kamu bisa mendapatkan pelanggan baru yang tertarik dengan produk kamu. Dengan rajinnya kamu melakukan promosi, maka semakin sering kamu meningkatkan potensi tersebarnya produk kamu ke pelanggan baru. 

4. Meningkatkan Kesadaran Brand dan Produk

Menggunakan sosial media sebagai alat promosi, dapat membantu pengguna sosial media untuk lebih sadar dan mengetahui keberadaan brand produk yang kamu tawarkan. 

Dengan melakukan pemasaran media sosial yang tepat, dapat meningkatkan peluang brand kamu sehingga akan semakin dikenal dengan baik. Ini menjadi manfaat dari contoh cara mempromosikan produk di sosial media.

5. Mendapatkan Informasi Pasar yang Jelas

Promosi melalui media sosial bisa memberikan kamu akses informasi pasar yang jelas dan sesuai dengan target market kamu. Adanya interaksi bisnis antara pengusaha ke pelanggan dapat memberikan gambaran data terkait kebutuhan yang sedang diperlukan oleh pelanggan.

Contoh Cara Mempromosikan Produk di Sosial Media

Meskipun usaha kamu sudah mempunyai sosial media untuk aktivitas pemasaran, namun apakah sudah benar cara pemasarannya? Agar sukses memanfaatkan sosial media, berikut contoh dan cara mempromosikan produk di sosial media yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnis.

1. Menentukan Target Pembeli yang Tepat

Contoh cara mempromosikan produk dengan sosial media yang pertama tentu saja harus menentukan target pasar kamu. Sebagai contoh, kamu harus bisa membayangkan tipikal pembeli seperti apa yang cocok untuk produk kamu sebelum memasarkannya. 

Baca Juga:   Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnya! Kamu Wajib Tahu!

Hal ini dapat membantu kamu dalam merencanakan cara komunikasi yang tepat dengan konsumen-mu.

Kamu juga bisa memberikan strategi dari segi bahasa, visualisasi, dan penawaran yang interaktif dengan baik kepada pembeli yang sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

2. Menggunakan Platform Sosial Media yang Sesuai

Dengan adanya target pasar yang jelas, maka cara selanjutnya yaitu menentukan platform sosial media yang sesuai untuk target pasar kamu. Kamu bisa memberikan interaksi yang konsisten ke pelanggan dengan baik dan mendapatkan segmen audiens yang sesuai dengan cara ini.

3. Membuat Bisnis yang Mempunyai Ciri Khas

Cara mempromosikan produk yang bisa kamu coba selanjutnya adalah membuat profil sosmed kamu lebih menarik atau mempunyai ciri khas sebagai salah satu contoh strategi pemasaran. Hal ini berguna untuk bisnis kamu agar lebih mudah dikenali oleh para pelanggan maupun target pasar sasaranmu.

Dari segi tampilan visual, respon, desain produk, dan slogan brand kamu bisa menjadi ciri khas tersendiri sebagai pembeda dari kompetitor bisnis yang lain.

4. Membuat Jadwal Posting Konten dengan Konsisten

Konsisten memposting konten dapat menjadi contoh dari cara mempromosikan produk kamu di sosial media. Hasil dari postingan konten kamu tidak selalu ramai, namun kamu harus tetap berupaya secara bertahap untuk menjaga interaksi dengan pelanggan secara konsisten. 

Tak lupa kamu juga perlu terus belajar memperbaiki segala bentuk kesalahan yang pernah dialami.

Konten yang kamu posting lewat akun bisnis tidak hanya berupa ajakan untuk membeli produkmu secara terus-menerus. Kamu bisa memberikan konten edukasi dan informasi seputar kelebihan produk kamu, bagaimana produksi produk kamu, cerita orang-orang yang berperan pada bisnis kamu, dan sebagainya.

Konten ini bisa kamu kemas seunik mungkin untuk menarik pengikut baru dan agar bisa menjadi pelanggan baru di bisnis kamu.

5. Bikin Hashtag pada Konten Bisnis

Mungkin hashtag terdengar jadul untuk saat ini. Tetapi hashtag masih sangat berguna untuk mempermudah pelanggan mengenali konten produk kamu. Membuat hashtag yang menarik sama seperti membuat slogan untuk tren produk kamu sebagai upaya menarik perhatian audiens.

6. Mengedepankan Interaksi yang Menyenangkan

Mendapatkan komentar di sosial media merupakan hal lumrah. Pujian dan komplain dari pelanggan bisa saja terjadi kapan saja. Namun, kamu sebagai pelaku usaha harus dapat menerima dan menghargai interaksi tersebut serta memberikan tanggapan yang ramah dan sopan agar pelanggan segan atas pelayanan kamu.

Baca Juga:   Tren Influencer Marketing di Tahun 2021 untuk Pebisnis dan Marketer

Dengan cara memberikan pelayanan yang ramah dan sopan bisa menjadi salah satu contoh mempromosikan produk untuk memperoleh kepuasan pelanggan. Adanya kepuasan pelanggan dapat menjadikan salah satu dukungan untuk produk maupun brand agar lebih berkembang.

7. Memberikan Promo atau Diskon Khusus Follower

Hal ini bisa menjadi contoh cara untuk mempromosikan produk kamu dengan menarik, seperti pemberian diskon dan promo. Dengan menggunakan promo dan diskon menjadi cara paling mudah untuk menarik minat beli para pengguna sosial media.

Pengguna sosial media lebih tertarik melihat angka potongan harga di sebuah produk. Apalagi promo atau diskon ini bisa kamu olah untuk meraih followers baru untuk perkembangan akun bisnis kamu.

Sudah Paham Cara Promosi dengan Sosial Media?

Nah, itulah beberapa cara untuk melakukan promosi produk melalui sosial media yang bisa kamu lakukan dengan efisien agar bisnis kamu berkembang. Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mencoba secara bertahap agar tujuan bisnis bisa terealisasikan dan pastinya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Selamat mencoba dan semoga sukses!


Temukan informasi lainnya seputar social media influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password