5 Contoh Campaign Influencer Marketing untuk Bisnis

Contoh Campaign Influencer Marketing

Contoh Campaign Influencer Marketing – Masih ingat adegan Cristiano Ronaldo yang menggeser botol Coca-Cola pada konferensi pers Euro beberapa waktu lalu? Dalam satu malam penjualan brand minuman bersoda tersebut menurun drastis, hingga merugi sebanyak 57 triliun. 

Sebagai seorang influencer besar kelas dunia, Ronaldo memiliki pengaruh yang begitu besar untuk sebuah brand. Besarnya pengaruh yang dimiliki, menjadi contoh baik bagi brand yang ingin melakukan kerjasama dengan campaign influencer marketing.

Mengenal Influencer Marketing

Influencer secara garis besar adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar terhadap audiencenya. Seorang yang berpengaruh setidaknya memiliki jutaan bahkan milyaran pengikut yang menaruh kepercayaan terhadap influencer tersebut. 

Setiap influencer memiliki berbagai skala pengaruh, baik mulai dari yang mikro hingga influencer premium dengan skala yang sangat besar.

Influencer marketing merupakan strategi bisnis untuk bertujuan untuk mendongkrak penjualan sebuah brand, menaikkan brand awareness dan brand building sesuai target pemasaran.

Seorang influencer telah memiliki audiencenya sendiri yang menaruh kepercayaan terhadap influencer tersebut, sehingga setiap apapun yang dilakukan influencer mampu memberikan pengaruh terhadap audiencenya. 

Influencer mampu menciptakan trendsetter terhadap pengikutnya atau bahkan orang-orang diluar lingkup audiencenya. Peluang inilah yang membuat para pemilik brand ingin bekerjasama menggunakan campaign influencer marketing sebagai strategi bisnis mereka.

Baca juga: Apa Itu Influencer Marketing, Beserta Manfaat dan Contoh Strategi


Contoh Campaign Influencer Marketing yang Sukses Menaikkan Penjualan Bisnis

Para pemilik brand menggunakan beberapa jenis campaign dalam setiap kolaborasinya dengan para influencer. Contoh campaign influencer marketing ini bisa berupa challenge, storytelling, product placement, promo dan review yang bertujuan untuk menciptakan brand building serta brand awareness

Beberapa campaign yang sukses dapat menciptakan trend baru dan channel takeover, seolah-olah brand tersebut mampu mengambil alih semua platform media sosial yang ada.  Berikut contoh influencer marketing yang berhasil meningkatkan penjualan brand.

  • BTS x McDonalds

Baru-baru ini McDonalds sempat menghebohkan dunia dengan kolaborasinya bersama BTS. Tidak tanggung-tanggung, McDonalds bekerjasama dengan boy group yang sedang naik daun ini dengan menciptakan inovasi baru yakni menu BTS Meals.

Baca Juga:   Net Promoter Score Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitung

Menu paket tersebut juga memiliki nuansa ala BTS dengan mendesain ulang kemasannya dengan logo McD dan BTS serta membubuhkan warna kuning dan ungu.

Pengaruh besar yang dari BTS sebagai salah satu boy group international, mereka mampu menggerakkan ratusan ribu fansnya, Army untuk membeli produk kolaborasi McDonalds tersebut. 

Seperti efek domino, penjualan McDonald’s di 50 negara pada setiap gerai-nya mengalami kenaikan signifikan hanya dalam hari pertama BTS Meals dirilis. Penjualan McDonald’s yang sempat menurun karena pandemi pun kembali mengalami peningkatan dengan influencer marketing ini. 

Sehingga tujuan peningkatan brand awareness pun berhasil, karena BTS Meals sempat menjadi viral dan takeover seluruh platform digital. 

Selain BTS, konsep campaign influencer marketing ini juga berhasil mendongkrak kesuksesan dalam kolaborasi lain seperti Tokopedia.                                                         

  • Tokopedia x Blackpink

Selama pandemi banyak masyarakat yang bergantung kepada platform e-commerce untuk membeli kebutuhan barang mereka. Hal ini menyebabkan persaingan antara e-commerce pun semakin ketat. Contoh yang paling sering yaitu kerjasama dengan campaign influencer marketing pun menjadi pilihan yang tepat. 

Tokopedia bergandengan tangan dengan Blackpink sebagai brand ambassadornya. Kerjasama ini bertujuan untuk memperkenalkan Tokopedia selaku brand Indonesia kepada para fans Blackpink yang berada di belahan dunia manapun.

Popularitas Blackpink sebagai girlgroup internasional asal Korea Selatan yang memiliki jutaan fans tersebar di puluhan negara ini mampu menciptakan pengaruh yang besar. Utamanya dalam brand building Tokopedia di kancah internasional serta menaikkan penjualan Tokopedia sesuai target pasar. 

Pemilihan waktu yang tepat oleh Tokopedia juga mempengaruhi penjualan bisnis mereka. Sebab, Tokopedia menghadirkan Blackpink sebagai brand ambassador tepat setelah lagu Blackpink ‘Pretty Savage’ rilis. 

Hal ini membuat begitu banyak fans blackpink didunia menonton performance ‘Pretty Savage’ versi Tokopedia di kanal Youtube. Maka, brand building Tokopedia terhadap pasar internasional pun tersampaikan dengan baik. Contoh campaign kolaborasi bersama Blackpink sebagai Influencer marketing ini menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga:   Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnya! Kamu Wajib Tahu!

Selain menentukan waktu campaign yang tepat, hal lain yang mampu menjadi kunci yaitu menggunakan inovasi tagline atau bahasa seperti kolaborasi Park Seo Joon bersama Blibli berikut.

  • Blibli x Park Seo Joon

Belum lama ini kamu mungkin sering melihat iklan Blibli dalam bahasa Korea oleh aktor papan atas Korea Selatan, Park Seo Joon. Inovasi baru Blibli ini pun menjadi banyak sorotan dan telah memiliki views jumlah besar di berbagai platform digital.

Blibli memilih Park Seo Joon sebagai influencer marketingnya untuk meningkatkan brand building di luar Indonesia, terutama Korea Selatan. Alih-alih meminta brand ambassador mereka untuk berbicara dalam bahasa Indonesia supaya masyarakat Indonesia tertarik, Blibli justru sebaliknya. 

Dengan tujuan memperkenalkan brand pada pasar Korea, iklan Blibli pun menggunakan bahasa Korea supaya lebih menarik. Hal ini memberikan kesan kepercayaan Park Seo Joon terhadap brand asal Indonesia ini.

Selain kolaborasi dengan Aktor luar negeri, contoh  campaign influencer marketing juga bisa memasukan konsep unik seperti kolaborasi Pevita Pearce dan Gopay berikut.

  • Gopay x Pevita Pearce

Kamu mungkin belum lupa dengan iklan Gopay yang sempat menarik perhatian masyarakat bersama Pevita Pearce. Sebagai aktris, tidak heran jika seorang Pevita Pearce mengiklankan sebuah brand. Tetapi Gopay memiliki inovasi sangat menarik dalam mengiklankan layanannya.

Aktris Pevita yang mulai membangun image superhero dalam sebuah proyek film ini, juga menjadi hero dalam iklan menarik dari Gopay. Brand Gopay yang bertujuan menyuarakan kemudahan layanan mereka untuk bermain game, menjadikan Pevita Pearce seorang hero dalam sebuah game aksi. 

Dalam iklan tersebut Gopay tidak lupa mencantumkan berbagai jenis game viral serta perpaduan dengan aksi menarik Pevita. Hal ini bertujuan untuk menarik para gamers untuk menggunakan layanan Gopay. 

Baca Juga:   Customer Journey: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya

Maka campaign ini menjadi contoh kerjasama dengan influencer marketing yang ini mampu menyampaikan secara efektif pada target audience dan pemasaran Gopay.

Bagi beberapa brand besar yang mampu berkolaborasi dengan influencer premium kelas atas juga dapat memberikan imbas yang begitu besar terhadap penjualan bisnis seperti kolaborasi berikut ini.

  • Shopee x Cristiano Ronaldo

Sebagai sebuah e-commerce besar, Shopee terkenal sering menggunakan marketing influencer sebagai strategi pemasaran mereka dengan menggandeng berbagai artis dan grup papan atas. 

Tetapi satu hal yang paling menghebohkan masyarakat yaitu Shopee menggandeng Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador mereka. Dalam iklannya, Cristiano Ronaldo yang berhasil melakukan goal pun berjoget shopee sebagai selebrasinya.

Adegan ini pun mendapatkan begitu banyak perhatian fans dunia. Sehingga, tujuan brand ini pun semakin terkenal secara internasional. Ronaldo juga tampak berbicara dalam bahasa Indonesia untuk memperkenalkan Shopee. 

Sehingga konsumen menjadi semakin yakin terhadap brand ini dan bagi audience yang awalnya tidak tertarik dengan belanja online pun jadi lebih tergerak untuk mencoba e-commerce ini. 

Selain itu hal ini juga menarik brand lain untuk bekerjasama dengan Sophee. Maka tujuan untuk meningkatkan penjualan brand juga tercapai dengan baik.

Beberapa contoh Campaign influencer marketing diatas merupakan contoh kolaborasi yang sempat viral dan mendapatkan banyak sorotan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tren Influencer Marketing di Tahun 2021 untuk Pebisnis dan Marketer


Sudah Tahu Campaign Influencer Marketing?

Melihat besarnya peluang yang ada dan manfaatnya, seperti contoh campaign kerjasama influencer marketing diatas menjadi andalan dalam strategi pemasaran sebuah brand

Dengan mengoptimalkan influencer generate content (IGC) mampu mempercepat branding bisnis, meningkatkan SEO, membangun kepercayaan dan menarik audience dengan efektif. Sehingga penting bagi pemilik brand memilih influencer yang tepat, sebelum bekerja sama dengannya. 

Setelah memilih influencer dan melakukan campaign menarik, maka penjualan bisnis akan semakin meningkat pesat!


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password