5 Tips Menjadi Content Planner Instagram yang Baik

Instagram merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis. Dalam praktiknya, terdapat pekerjaan bernama content planner Instagram yang menjadi nakhoda dalam memproduksi konten di platform tersebut. Mereka akan merancang dan memastikan bahwa eksekusi konten berjalan sesuai rencana.


Daftar Isi

Apa itu Content Planner Instagram?

Content planner adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam membuat perencanaan konten secara menyeluruh sebagai bagian dari strategi content marketing. Jadi, content planner Instagram sendiri adalah orang yang merencanakan setiap pembuatan konten yang akan diunggah di media sosial Instagram.

Sama seperti di media lainnya, perencana konten Instagram tidak melakukan perencanaan seorang diri. Mereka akan bekerja sama dengan content creator, content writer, copywriter, content strategist, graphic designer, bahkan social media admin.

Nantinya, content planner IG akan membuat topik berdasarkan strategi konten hingga memilih jenis konten kemudian mengaturnya ke dalam kalender editorial. Jadi, orang yang terlibat dalam pembuatan konten akan mengetahui tugas dan tenggat waktunya masing-masing.


Tugas Content Planner Instagram

Sebenarnya, jenis content planner ini sama seperti yang lainnya. Hanya saja, pembedanya adalah tanggung jawab mereka yang lebih fokus pada perencanaan untuk platform media sosial Instagram daripada yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa tugasnya:

1. Menyusun Perencanaan Konten

Content planner IG tentu harus membuat rencana konten yang akan dipublikasikan. Oleh karena itu, sebagai seorang content planner kamu harus memastikan bahwa rencana tersebut sudah matang. Sebab, content planner harus mempersiapkan beberapa konten dalam waktu tertentu agar nantinya tidak berantakan dan terstruktur.

Biasanya, penentuan jangka waktu tersebut akan berdasarkan riset yang telah dilakukan sebelumnya oleh content strategist. Selain itu, content planner juga harus memikirkan pesan apa yang ingin perusahaan sampaikan serta seperti apa bentuk penyampaiannya.

Content planner IG juga perlu merencanakan pembuatan konten seperti apa yang cocok untuk memperingati acara besar. Seperti hari libur nasional, acara internasional, hingga ulang tahun perusahaan.

2. Membuat Kalender Editorial

Setelah merencanakannya dengan matang, sebagai content planner Instagram kamu harus membuat dan menyusun kalender editorial. Nantinya, kalender editorial akan memberikan gambaran tentang pekerjaan dan tanggung jawab orang yang bekerja sama dengan kamu secara jelas.

Misalnya, kapan desainer grafis harus menyerahkan desain kontennya atau kapan deadline untuk konten reels harus tayang. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kelalaian yang bisa saja terjadi dan persiapan yang matang dalam pembuatan konten.

3. Memastikan dan Mengawasi Perencanaan Berjalan Lancar

Tak hanya melakukan perencanaan, content planner IG juga harus memastikan bahwa pelaksanaan pembuatan konten telah sesuai rencana. Karena itu, content planner harus senantiasa mengawasi setiap konten yang telah mereka buat.

Pengawasan ini sangat penting untuk keperluan evaluasi konten. Karena melalui evaluasi mereka dapat meninjau apakah audiens telah menerima konten dengan baik. Selain itu, melalui evaluasi ini akan terlihat sejauh mana dan sebaik apa akurasi konten yang kamu rencanakan.

Jadi, content planner IG harus memperhatikan bentuk penyampaian pesan yang ada dalam konten, apakah sudah sesuai ekspektasi atau belum.


Tips Menjadi Content Planner Instagram yang Baik

Agar dapat menjadi content planner yang baik, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan, antara lan:

1. Menentukan Tujuan

Content planner IG harus menentukan tujuan yang jelas dan sesuai dengan apa yang ingin perusahaan capai. Ketika tujuan sudah ditetapkan dengan jelas, hal ini dapat membantu kamu untuk bisa terus fokus sampai akhir pembuatan konten

Oleh karena itu, pastikan tujuan konten yang ingin kamu raih sudah jelas, apakah untuk mengedukasi audiens, meningkatkan brand awareness, dan lain sebagainya. Selain itu, tujuan lain yang dapat kamu capai adalah menambah followers Instagram, mencapai target penjualan produk, dan lainnya.

2. Selalu Melakukan Riset

Seorang content planner Instagram yang baik harus selalu melakukan riset terhadap topik yang ingin dirinya jadikan sebuah konten. Riset akan membantu kamu untuk menentukan beberapa hal, seperti isi konten hingga kata kunci seputar topik tersebut.

Jika konten yang kamu sajikan cukup informatif dan menarik, tentu saja engagement audiens di Instagram juga akan ikut meningkat.

3. Mengenali Audiens dengan Lebih Baik

Bagian penting dari perencanaan konten di IG adalah mengenali audiens. Oleh karena itu, sebagai content planner yang baik, kamu harus mencari tahu dengan siapa dirimu berkomunikasi. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuka kolom “followers” Instagram dan melihat berbagai profil pengikut.

Selain itu, kamu juga dapat melihat Insight Instagram. Mulailah untuk melihat semua unggahan, kemudian urutkan berdasarkan komentar, dan klik postingan yang paling banyak dikomentari. Cara ini akan membantu kamu untuk mengidentifikasi siapa yang aktif terlibat dengan konten.

Melalui insight, kamu juga akan melihat demografis dari mayoritas audiens, berapa saja usianya, hingga jenis kelaminnya. Ketika sudah mengetahui siapa yang menjadi audiens konten, kamu bisa menargetkan market yang sesuai dengan lebih mudah.

4. Selalu Mengikuti Tren

Sebagai content planner Instagram yang baik, kamu harus mampu mengikuti dan memahami tren yang tengah terjadi di dunia maya. Hal tersebut sangat penting, karena dapat bermanfaat untuk kebutuhan pemasaran dan promosi produk.

Kamu dapat memanfaatkan topik yang sedang tren di media sosial dan menjadikannya sebuah rencana konten yang menarik untuk bisnis. Sebab, biasanya audiens sangat menyukai konten yang tengah populer atau viral. 

Misanya, ketika orang-orang di internet sedang membicarakan FIFA world cup, maka buatlah konten dengan topik seputar FIFA. Jangan lupa juga untuk menayangkan konten yang kamu buat ketika tren tersebut masih ada, baik itu lewat story atau feed Instagram. Sehingga kamu tidak akan kehilangan momen yang tepat.

5. Tidak Kehabisan Ide Kreatif

Instagram adalah platform media sosial yang menampilkan gambar dan video sebagai konten utamanya. Hal tersebut menuntut pengguna atau pelaku bisnis untuk terus berpikir kreatif dalam pembuatan konten. Berpikir kreatif akan menghasilkan ide-ide yang menghasilkan konten menarik.

Maka dari itu, seorang content planner harus memiliki kreatifitas yang tinggi. Karena kreatifitas inilah yang akan membantu kamu dalam merencanakan berbagai konten yang dapat menarik dan menumbuhkan rasa penasaran audiens.

Beberapa cara agar kamu tidak kehabisan ide kreatif adalah dengan memanfaatkan trending topik. Kamu juga bisa mempelajari konten dari kompetitor untuk mencari informasi. Selain itu, bertanya kepada konsumen tentang apa yang mereka sukai juga bisa kamu coba lakukan.


Sudah Tahu Cara Menjadi Content Planner Instagram yang Baik?

Itulah penjelasan mengenai tips menjadi content planner Instagram yang baik. Keberadaan content planner akan membuat konten kamu menjadi lebih jelas dan terukur. Selain itu, perencanaan konten yang dilakukan content planner juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk strategi marketing perusahaan. 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password