Content Placement: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Content Placement - Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Saat ini ada berbagai cara untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan pasar dalam dunia digital marketing. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan blog. Cara memanfaatkan blog ini adalah dengan cara melakukan kerja sama dengan pemilik blog tersebut atau lebih sering dikenal dengan content placement pada sebuah blog.

Content placement pada blog ini ternyata cukup menjanjikan mengingat tingginya kebutuhan untuk mencari informasi dalam internet. Tertarik untuk memanfaatkan atau menggunakan content placement pada sebuah blog? Simak terlebih dahulu informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Content Placement?

Ketika memulai sebuah bisnis, maka pemasaran adalah salah satu hal utama yang harus kamu perhatikan. Salah satu cara pemasaran yang kini dianggap penting bagi sebuah bisnis adalah digital marketing.

Dalam strategi digital marketing hal utama yang harus miliki adalah sebuah website. Untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan pasar dengan menggunakan website ini adalah dengan memanfaatkan content placement pada sebuah blog.

Content placement adalah sebuah bentuk kerjasama antara pemilik blog atau website dengan sebuah brand, perusahaan atau pihak lainnya yang sedang membutuhkan media pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka.

Bentuk kerjasama ini adalah dengan cara membuat atau memberikan konten yang berisi informasi tertulis oleh pemilik blog tersebut mengenai sebuah brand, perusahaan atau pihak lainnya di dalam sebuah blog atau website.

Konten yang dibuat ini bersifat promosi dan akan menguntungkan pihak yang menggunakan jasa pemasaran pada sebuah blog ini. Hal tersebut karena blog tersebut tentunya sudah memiliki jumlah kunjungan yang cukup banyak. 

Baca Juga:   Manfaat Blog dalam Kehidupan Sehari-hari yang Jarang Diketahui

Dengan banyaknya orang-orang yang berkunjung ke blog tersebut, maka akan semakin banyak juga orang-orang yang membaca konten atau informasi yang berisi tentang sebuah brand, perusahaan atau pihak lainnya tersebut.

Manfaat Content Placement

Ada beberapa manfaat dari cara atau strategi pemasaran yang satu ini. Manfaat tersebut tentunya akan menguntungkan bagi sebuah bisnis yang menggunakan cara atau strategi pemasaran ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat content placement yang akan diterima oleh sebuah bisnis yang menggunakan cara atau strategi pemasaran ini

1. Meningkatkan Jumlah Kunjungan 

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan jumlah kunjungan ke website bisnis miliki sebuah brand, perusahaan, atau pihak lainnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menempatkan link pada blog tersebut ke website bisnis milik mereka.

Dengan adanya link atau tautan yang mengarah ke website bisnis brand, perusahaan atau pihak lainnya tersebut, orang-orang yang berkunjung ke blog tersebut juga akan bisa mengunjungi website bisnis kamu.

2. Meningkatkan Reputasi dan Brand Awareness

Manfaat yang kedua adalah meningkatkan reputasi dan brand awareness dari sebuah brand, perusahaan atau pihak lainnya. Reputasi dan brand awareness adalah suatu hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan dan menjangkau pemasaran yang lebih luas dari sebelumnya. Bentuk kerjasama ini dianggap efektif mengingat sebuah bisnis tentunya memiliki target pasar tersendiri yang dapat disesuaikan dengan pemilihan blog sesuai dengan bisnis mereka

3. Meningkatkan Posisi Website untuk Pencarian Google

Strategi pemasaran ini ternyata juga bisa meningkatkan posisi website bisnis kamu terhadap suatu kata kunci pencarian atau keyword di Google. Dengan semakin banyak dan berkualitasnya link yang mengarah ke website kamu, maka posisi website kamu juga tentunya juga akan semakin meningkat.

Strategi pemasaran ini juga sering juga sebagai optimasi off-page dalam dunia SEO atau Search Engine Optimization. Optimasi off-page juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengoptimasi sebuah website bisnis.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Traffic Website atau Blog dengan Mudah

4. Content Placement Lebih Murah

Dalam melakukan pemasaran secara digital atau digital marketing ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan dan salah satunya adalah content placement. Cara ini dianggap lebih murah jika membandingkannya dengan cara pemasaran digital lainnya seperti Google Ads atau yang lainnya.

Harga untuk melakukan strategi pemasaran ini juga cukup bervariasi atau beragam dan bisa kamu sesuaikan. Karena ini adalah bentuk kerjasama, maka untuk harga juga berdasarkan hasil kesepakatan bersama kedua belah pihak. Perbedaan harga strategi ini tergantung dari kualitas blog tersebut dan panjang artikel atau informasi yang ingin disampaikan pada blog tersebut.

5. Dapat Bertahan Lebih Lama

Saat melakukan strategi pemasaran ini manfaat lainnya adalah hasil yang akan kamu rasakan akan dapat bertahan lebih lama. Hal tersebut karena saat sebuah blog sudah membuat sebuah konten promosi untuk sebuah brand, perusahaan pihak lainnya, maka konten promosi tersebut akan terus ada dalam blog yang menjadi tempat promosi mereka.

Strategi pemasaran ini juga lebih efektif jika membandingkannya dengan cara pemasaran lainnya seperti Google Ads. Hal tersebut karena saat kamu menggunakan layanan Google Ads maka hasilnya yang akan kamu rasakan tergantung dari seberapa lama kamu menggunakan layanan tersebut pada sebuah kata kunci pencarian atau keyword.

Cara Melakukan Content Placement

Setelah mengetahui pengertian dari content placement dan juga manfaatnya, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara melakukan content placement in. Cara melakukan content placement ini cukup mudah.

Caranya adalah dengan langsung menghubungi pemilik dari blog yang akan kamu gunakan sebagai media content placement kamu. Pada sebuah blog biasanya sudah terdapat beberapa informasi mengenai pemilik blog tersebut seperti email atau nomor telepon yang dapat kamu hubungi.

Baca Juga:   6 Platform Terbaik untuk Membuat Blog dengan Mudah 

Dalam melakukan content placement ini sebaiknya kamu juga memperhatikan beberapa hal. Beberapa hal tersebut adalah seperti DA atau Domain Authority dan PA atau Page Authority dari blog tersebut. Semakin tinggi nilai atau skor DA dan PA dari sebuah blog, maka akan semakin baik juga hasil yang bisa kamu dapatkan.

Selain DA dan PA kamu juga harus memperhatikan isi dari blog tersebut apakah sesuai dengan bisnis atau tidak. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki bisnis yang bergerak di bidang perjalanan wisata, maka carilah blog-blog yang membahas tentang pariwisata atau hal lainnya yang terkait dengan perjalanan wisata.

Apakah Content Placement adalah Strategi yang Tepat?

Itulah informasi lengkap tentang content placement. Sebuah bentuk kerjasama antara pemilik blog dengan sebuah brand, perusahaan atau pihak lainnya yang membutuhkan media promosi untuk mengembangkan bisnis mereka.

Apakah content placement adalah pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis? Jawabannya adalah tentunya saja sangat tepat. Apabila kamu sudah memiliki sebuah website bisnis, content placement ini adalah jawaban yang tepat untuk mulai mengembangkan website bisnis kamu.

Strategi pemasaran ini juga sangat efektif untuk sebuah bisnis baru dan juga sebuah website baru. Hal tersebut karena content placement lebih murah jika membandingkannya dengan cara pemasaran lainnya. Selain itu hasil strategi pemasaran ini juga bisa kamu rasakan dalam waktu yang cukup cepat dan dapat bertahan lebih lama.

Semoga informasi mengenai content placement tersebut dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis kamu. Gunakan strategi pemasaran ini dengan tepat agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password