Seberapa Penting Centang Biru pada Akun Instagram Influencer?

Seberapa Penting Centang Biru Instagram

Centang biru dalam Instagram biasanya dimiliki oleh akun-akun khusus seperti instansi dan lembaga resmi, produk bisnis tertentu, dan sosok publik figur. Tak sedikit kalangan pengguna Instagram yang ingin memiliki tanda serupa yang tersemat di samping nama akun mereka.

Mengapa orang-orang memiliki logo tersebut? Sebenarnya apa arti dari logo centang biru Instagram? Dan apa saja manfaat yang akan pengguna Instagram dapatkan jika berhasil mendapatkan logo tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Centang Biru pada Akun Instagram?

Centang biru atau lencana verifikasi dalam akun Instagram merupakan sebuah tanda yang menunjukkan keaslian dan kepopuleran akun tertentu. 

Tanda tersebut secara resmi akan dilimpahkan langsung oleh pihak Instagram kepada pemilik akun yang mengajukan permohonan verifikasi tersebut.

Dalam hal pengajuan permohonan verifikasi, pengguna Instagram perlu memenuhi semua syarat atau Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas dari pihak Instagram.

Adapun syarat utama yang harus pengguna Instagram penuhi jika ingin mendapatkan status verified antara lain:

  • Unik, syarat ini mengacu pada aspek-aspek yang membuat akun tersebut berbeda dari akun Instagram lainnya. Meski begitu, Instagram tidak akan menerima pengajuan lencana biru untuk jenis akun fitur, meme, atau jenis akun serupa lainnya.
  • Autentik, akun tersebut harus benar-benar asli dan bukan akun peniru ataupun akun palsu. Selanjutnya, isi konten di dalamnya juga harus memuat karya pribadi asli dan bukan karya milik orang lain.
  • Lengkap, akun Instagram harus memiliki data yang lengkap seperti informasi biografi unik, foto profil jelas, serta sudah mengunggah minimal satu postingan dalam akun tersebut. Syarat lainnya adalah akun harus bersifat publik (bukan private).
  • Terkenal, salah satu syarat untuk mendapatkan lencana verifikasi adalah dengan menjadi pihak yang telah dikenal oleh banyak masyarakat. Jika belum bisa jadi pihak yang terkemuka, maka akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan logo centang biru

Akun Instagram yang sudah memiliki logo lencana biru biasanya akan disebut sebagai akun Instagram verified. Setiap profil atau akun Instagram verified sudah dijamin keasliannya karena mereka telah mendapat verifikasi resmi dari pihak Instagram.

Baca Juga:   Tips Convert YouTube to MP3 dengan Mudah dan Cepat

Manfaat Centang Biru bagi Pemilik Akun Instagram

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa lencana verifikasi tersebut hanya bisa dimiliki oleh kalangan-kalangan tertentu termasuk golongan influencer. 

Sebenarnya seberapa penting logo centang biru tersebut bagi akun Instagram Influencer? Apa pula manfaat yang akan mereka dapatkan jika sudah memiliki tanda verifikasi tersebut? 

Ini dia manfaat yang akan kamu dapat jika sudah menjadi akun Instagram Verified:

1. Menunjukkan Keaslian Akun

Akhir-akhir ini sudah banyak kita temukan akun-akun Instagram palsu yang mengatasnamakan artis, selebriti, tokoh masyarakat, sampai dengan merek-merek ternama.

Hal ini tentu akan membuat khalayak pengguna Instagram bingung dengan status keaslian suatu profil tertentu. Banyaknya akun palsu tersebut juga dapat membuat para penggemar kesulitan dalam menemukan akun Instagram asli milik idolanya.

Maka dari itu, hadirnya logo centang biru ini dapat menunjukkan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi dan dijamin keasliannya oleh pihak Instagram secara langsung.

2. Menghindari Penipuan dan Peniruan

Umumnya, pihak-pihak yang bisa memiliki lencana biru hanyalah orang atau merek-merek tertentu yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Pihak-pihak tersebut merupakan objek yang sangat rawan disalahgunakan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Oknum-oknum tersebut umumnya kerap menargetkan akun-akun influencer atau brand terkenal guna mengelabui para pengguna Instagram. 

Pemberlakuan centang biru dalam akun sosial media ini bertujuan untuk menghindari adanya akun penipu maupun peniru. Sehingga kamu dan pengguna Instagram lainnya akan terhindar dari bahaya penipuan.

Baca Juga: Mengenal Personal Branding dan Pentingnya untuk Influencer

3. Menjaga Citra Brand dan Nama Baik Seseorang

Tidak sedikit akun-akun palsu Instagram yang kerap membuat ulah dengan tujuan untuk mencoreng citra dan nama baik pemilik akun aslinya. Namun dengan hadirnya logo lencana biru dalam Instagram, kejadian-kejadian merugikan tersebut  akan semakin berkurang.

Masyarakat umumnya akan paham bahwa akun-akun palsu tersebut hanya sedang berulah demi meraih tujuan sepihak. 

Selain itu, kebanyakan orang yang menemukan informasi hoax atas nama pihak tertentu biasanya akan melakukan cross-check ke sumber aslinya yakni di akun Instagram verified atau akun yang sudah mempunyai centang biru.

Terkadang pihak atau entitas yang bersangkutan juga kerap mempublikasikan kebenaran, melakukan konfirmasi, maupun klarifikasi terbuka di akun Instagram miliknya sendiri.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok dengan Mudah

4. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Pernahkah kamu merasa sulit untuk mempercayai suatu berita di Instagram jika tidak berasal dari sumber aslinya? Tidak hanya kamu saja kok, kebanyakan orang pasti akan merasakan hal yang serupa.

Namun sekarang, kamu tak perlu takut ‘dibohongi’ oknum lagi karena Instagram sudah menandai akun-akun terpercaya dan terkemuka dengan sebuah lencana birunya.

Centang biru adalah sebuah tanda dan sarana yang dapat menunjukkan kepada para pengguna Instagram bahwa pihak atau brand tersebut merupakan sumber asli, nyata, yang bisa dipercaya.

Peran dari lencana verifikasi ini sangat berguna untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan pengguna Instagram kepada orang atau entitas terkemuka lainnya. 

5. Meningkatkan Konversi Bisnis

Peran lencana biru Instagram dalam sebuah akun bisnis akan sangat berguna untuk menaikkan angka konversi bisnisnya. 

Bahkan akun-akun seperti malah dianjurkan untuk memiliki akun Instagram verified agar produk atau bentuk pelayanan mereka tidak disalahgunakan oleh akun kloningannya.

Jika akun tersebut sudah memiliki centang biru, umumnya orang-orang akan lebih percaya dan berani untuk melakukan konversi bisnis tersebut. 

Pengguna Instagram juga akan berpikir bahwa produk atau layanan yang mereka tawarkan telah diproduksi oleh entitas yang bisa diandalkan.

Dengan begitu, konversi penjualan maupun keuntungan bisnis pemilik akun tersebut akan semakin meningkat secara signifikan. 

6. Bisnis Endorsement

Salah satu manfaat dari kepemilikan centang biru pada akun Instagram adalah untuk membangun bisnis promosi pribadi dengan menjadi seorang endorser.

Tahukah kamu bahwa pemilik akun Instagram verified memiliki peluang yang lebih besar untuk ‘dilirik’ para pemasang iklan. Hal ini tentu menjadi kesempatan besar untuk menambah pundi-pundi rupiah secara mudah.

Pasalnya, biaya layanan endorse bisa sangat besar jumlahnya, tergantung reputasi dan jumlah pengikut akun verified tersebut. Semakin terkenal orangnya dan semakin tinggi jumlah followers-nya, maka tarif endorsement juga akan lebih tinggi nilainya.

Umumnya pihak-pihak yang ingin melakukan endorsement produk akan melihat performa akun-akun Instagram potensial sebagai salah satu bentuk strategi penjualan mereka.

Biasanya, pihak pemasang iklan akan mempertimbangkan akun-akun Instagram berlencana biru untuk mempromosikan produk mereka melalui layanan endorsement.

7. Meningkatkan Eksistensi Akun

Selain untuk meningkatkan kepercayaan publik, memiliki centang biru juga bermanfaat sebagai sebuah status dan simbol eksistensi akun tersebut. 

Dengan begitu, pengguna Instagram akan lebih mengakui keberadaan, reputasi, dan isi-isi konten dari akun verified tersebut.

Baca Juga:   Pengertian dan Cara Membuat Buyer Persona dalam Bisnis

Maka tak heran jika logo lencana biru ini kerap menjadi impian besar bagi pemilik akun yang sedang berkembang. Kepemilikan centang biru ini telah menjadi sebuah tanda keeksklusifan dan daya tarik yang fenomenal.

8. Meningkatkan Brand Awareness

Bagi pemilik akun bisnis, perusahaan, atau brand-brand tertentu, tanda centang biru akan menjadi sebuah strategi jitu untuk meningkatkan keuntungan bisnis tersebut.

Saat ini, kehadiran bisnis-bisnis online di platform sosial media Instagram sudah semakin marak jumlahnya. Media tersebut telah menjadi sarana yang mudah bagi masyarakat untuk mencari dan menemukan brand bisnis secara langsung.

Pemilik akun bisnis juga bisa mempromosikan, mengakrabkan diri, dan membangun brand awareness kepada khalayak publik melalui media sosial ini. 

Dengan begitu, masyarakat bisa lebih memahami dan mengenal brand bisnis tersebut secara langsung dan hampir tanpa perantara siapapun. 

Jika masyarakat sudah akrab dengan suatu brand, besar kemungkinannya mereka akan lebih memilih dan merujuk ke brand tersebut sebagai pertimbangan utamanya. 

Apalagi jika akun tersebut sudah menyematkan logo centang biru di akunnya, kepercayaan masyarakat terhadap brand tertentu akan semakin tinggi.

9. Merasakan Berbagai Fitur Eksklusif

Menjadi sebuah akun Instagram verified sudah pasti memiliki jumlah pengikut yang banyak. Akun-akun yang sudah memiliki puluhan ribu followers umumnya akan berkesempatan untuk merasakan fitur-fitur eksklusif seperti akses fitur Instagram Link di bagian Stories.

Fitur tersebut hanya bisa kamu gunakan jika sudah memiliki jumlah pengikut Instagram minimal 10.000 followers. Artinya, akun-akun yang sudah memiliki centang biru sudah pasti mampu memiliki privilege tersebut. 

Dan juga, tanpa harus menjadi akun Instagram verified pun kamu juga bisa merasakan fitur Link Sticker asalkan memenuhi batas minimal jumlah followers.

Sudah Tahu Apa Itu Centang Biru dan Manfaatnya?

Demikian ulasan tentang apa itu centang biru Instagram dan sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan. Semua pengguna Instagram memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengajukan rencana verifikasi untuk akun Instagramnya.

Hanya saja, pengguna tersebut perlu memenuhi seluruh Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas dari pihak Instagram serta 4 syarat utama yakni unik, autentik, lengkap, dan terkemuka. Apakah akun Instagram kamu sudah memenuhi kriteria tersebut?

Dapatkan berbagai tips maupun informasi seputar influencer, seperti social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password