Panduan Lengkap Cara Upload Foto di Instagram Melalui PC

Menggunakan banyak gadget dalam mengakses media sosial memang menyenangkan. Terutama apabila kita dapat menggunakan media sosial melalui PC dengan layar lebih luas. Instagram adalah media sosial yang dapat kamu akses melalui gadget ini. Namun bagaimana cara upload foto di Instagram melalui PC?

Berikut adalah panduan lengkap cara upload foto di Instagram melalui PC. Yuk, simak penjelasannya!

Cara Upload Foto di Instagram Melalui PC

Instagram sebagai salah satu media sosial yang terkenal akan ketenaran fitur yang beragam memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Menggunakan Instagram di smartphone memang mengasyikkan, namun dengan menggunakannya di PC akan lebih memberi efek puas tersendiri. 

Berikut adalah panduan lengkap untuk menggunakan instagram melalui PC. Yuk, simak cara upload foto di Instagram melalui PC yang mudah di bawah ini!

1. Bukalah Browser untuk Membuka Instagram

Membuka media sosial melalui PC membutuhkan media, yaitu browser. Ada banyak macam browser yang dapat kamu gunakan selama membuka Instagram. Seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, hingga Opera. Gunakan salah satu browser favorit yang dapat membuat kamu enjoy saat menggunakannya. 

2. Membuka Laman Instagram Melalui Browser

Setelah membuka browser yang akan kamu gunakan, cara kedua untuk upload foto di instagram melalui pc adalah mengetik laman instagram di kolom alamat. Pastikan koneksi internet sudah stabil sehingga tidak memakan banyak waktu saat membuka laman ini. 

3. Login Menuju Akun Instagram

login akun instagram melalui pc

Langkah selanjutnya adalah login ke akun Instagram. Apabila kamu masih belum memiliki akun, kamu dapat mendaftarkan diri dengan menggunakan surat elektronik atau Facebook. Atau apabila kamu lebih menyukai daftar melalui nomor telepon, gunakan nomor yang valid untuk mendaftar di media sosial ini.

Bagi kamu yang sudah memiliki akun, kamu tinggal mengisi bagian kotak atas dengan username atau email. Kemudian ketiklah password akun Instagram dengan benar. Apabila kedua informasi yang kamu ketik valid, maka laman tersebut akan beralih menuju Home di Instagram.

4. Klik Tombol + di Ujung Kanan Atas

pilih fitur upload melalui pc

Cara upload foto di Instagram melalui PC yang keempat adalah mengklik tombol + di bar kanan atas laman Instagram. Di bar kanan atas ada 5 fitur yang ditawarkan oleh Instagram. Fitur berbentuk rumah merupakan home, ia adalah timeline dari media sosial ini.

Baca Juga:   5 Tips Instagram Story untuk Meningkatkan Reach dan Engagement

Fitur yang berupa gelembung adalah Direct Messages, ia dapat kamu manfaatkan untuk mengirim dan menerima pesan kepada sesama teman yang menggunakan media sosial ini. Kemudian tanda + yang dapat kamu gunakan untuk mengunggah foto. 

Di samping fitur tersebut ada Explore yang berguna untuk mengeksplorasi home. Dan ada fitur berbentuk tanda hati yang berisi notifikasi terbaru seperti pengikut dan like. Nah khusus untuk upload foto di Instagram, yang harus kamu klik adalah tanda + dimana fitur tersebut akan membantumu untuk mengunggah foto yang kamu ingin. 

tambahkan foto

Setelah mengklik fitur menambahkan foto, ini adalah tampilan yang akan muncul di layar komputer milikmu. Kamu dapat menarik sebuah foto dan meletakkannya di sana atau memilih foto melalui komputer. 

5. Memilih Foto yang Akan Kamu Upload

pilih foto yang akan di upload ke instagram melalui pc

Langkah selanjutnya dalam mengunggah foto di platform media sosial Instagram melalui PC adalah memilih foto. Seperti yang telah dijelaskan di langkah sebelumnya, kamu dapat memilih untuk menarik atau memilih foto dari komputer. 

Apabila kamu lebih memilih untuk mengambil gambar dari memori komputer, maka seperti inilah langkah yang harus kamu ambil. Carilah folder dimana kamu menaruh foto yang akan kamu unggah, kemudian klik foto tersebut dan klik Open.

6. Crop Foto Instagram yang Akan Diupload

Keenam, cara upload foto di Instagram melalui PC adalah menyunting foto yang akan kamu unggah di platform tersebut. Platform media sosial satu ini memberikan fitur sunting foto yang cukup banyak. 

Fitur pertama adalah Crop yang memperbolehkan penggunanya untuk memotong foto yang akan diunggah. Biasanya beberapa foto terlalu besar sehingga kurang estetik saat akan pengguna unggah. Maka dari itu Instagram memberikan fitur Crop. 

Apabila kamu ingin memotong gambar atau foto secara manual, maka lakukanlah seperti gambar di atas. Kamu cukup adjust foto tersebut dengan cara mempersempit gambar. Setelah selesai maka klik Next.

Namun apabila kamu terlalu malas melakukan Crop dengan cara manual, kamu dapat menggunakan fitur di gambar ini. Cukup klik ukuran yang kamu inginkan. Dengan cara upload foto di Instagram melalui PC yang keenam ini kamu dapat membuat dan memilih seperti apa ukuran foto yang akan kamu unggah. 

7. Memilih Filter dan Adjustments Foto

Kemudian, setelah memastikan foto yang kamu unggah memiliki ukuran yang tepat kamu dapat menggunakan fitur Instagram yang selanjutnya. Platform satu ini memiliki daya tarik yang kuat sebab foto yang terunggah memiliki keestetikan tersendiri dari setiap penggunanya. 

Oleh sebab itu Instagram menyiapkan fitur Filter yang dapat memberikan efek tertentu pada foto dan Adjustments yang berisi pengaturan tambahan. 

Baca Juga:   5 Tips Membuat Caption yang Dapat Meningkatkan Engagement

Instagram telah menyediakan berbagai macam filter yang dapat kamu coba satu persatu. Apabila kamu telah menentukan filter yang cocok, kamu dapat mencoba mengedit fotomu di fitur Adjustments. 

Namun filter bukanlah fitur yang harus kamu gunakan. Apabila kamu merasa foto tersebut sudah memiliki tone yang sempurna, kamu bisa langsung klik Next untuk melakukan langkah cara upload foto di Instagram yang selanjutnya. 

Berdampingan dengan fitur Filters, Adjustments berlaku bagi pengguna yang ingin mengedit foto mereka secara lanjut. Ada Brightness untuk mengatur kecerahan foto, Contrast yang berguna untuk mengatur bayangan, Saturation untuk pengaturan warna, dan pengaturan-pengaturan Adjustment lain di bawahnya. 

Gunakan langkah ini untuk mempercantik dan menyempurnakan foto yang ingin kamu unggah. Namun apabila menurutmu foto tersebut sudah sempurna, kamu tidak perlu menggunakan fitur ini dan klik Next saja. 

8. Menuliskan Caption Untuk Foto Instagram

Tulis Caption sebelum upload foto instagram melalui pc

Caption adalah kata, frasa, atau kalimat yang digunakan oleh pengguna yang mengunggah foto untuk mendeskripsikan keadaan dari foto tersebut. Sejatinya setiap foto atau gambar memang sudah memiliki makna masing-masing. 

Namun dalam media sosial, memberikan caption pada foto atau gambar yang akan diunggah akan memberikan kesan visualisasi yang baik. Maka dari itu, akan lebih baik apabila kamu memberikan caption pada foto yang akan kamu unggah. Tidak perlu menulis yang terlalu panjang maupun terlalu pendek, asalkan jelas dan padat.

Seperti contoh yang ada di atas, caption tidak perlu ditulis secara bertele-tele. Singkat namun jelas adalah cara yang benar dalam menulis caption di Instagram. Kendati demikian, ada beberapa orang yang suka menulis caption dengan cara mendeskripsikan gambar secara panjang dan detail.

Walaupun banyak kata dan terkesan memenuhi unggahan, namun cara ini juga masih beberapa orang gunakan. Biasanya untuk memberi motivasi maupun penjelasan atas beberapa kejadian di dalam foto. 

9. Memberikan Tag Teman dan Lokasi 

Yang membuat media sosial menarik adalah fitur pemberian tag orang lain dan lokasi dimana foto diambil. Cara upload foto di Instagram melalui PC yang kesembilan adalah memberikan tag teman dan lokasi. Biasanya foto yang pengguna bagikan kebanyakan adalah foto diri sendiri atau bersama orang terdekat.

Apabila kamu ingin memberikan Tag pada teman, kamu tinggal klik di foto yang kamu unggah dan mengetik username teman yang akan kamu tag. Tambahkan pula tag lokasi dimana kamu mengambil foto tersebut. 

Instagram memberikan fitur Add Location dengan jangkauan yang luas di seluruh dunia. Kamu tinggal mengetik lokasi mana dan Instagram akan memunculkan beberapa pilihan. Pilihlah mana yang paling cocok untuk mendeskripsikan dimana kamu mengambil foto yang kamu unggah.

Baca Juga:   Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Panduannya

Selain itu, ada Accessibility yang dapat kamu gunakan untuk mengatur akses orang yang melihat foto yang kamu unggah. Dalam fitur ini, kamu dapat menyalakan sesi komentar atau bahkan mematikannya apabila kamu merasa tidak nyaman mendapat komentar dari teman atau kolega. 

10. Upload Foto di Instagram Melalui PC

Setelah memastikan foto telah sempurna dengan atau tanpa Filter dan Adjustment dan pemberian caption serta tag, langkah selanjutnya adalah pengunggahan. Ini adalah cara upload foto di Instagram melalui PC yang sakral sebab apabila kamu tidak klik bagian ini, foto tidak akan terunggah. 

Mengunggah foto di Instagram memerlukan persetujuan pemilik akun. Maka apabila kamu tidak klik tanda Share di atas, foto tidak akan terunggah. Apabila kamu sudah merasa cukup dalam melakukan editing, klik Share maka fotomu akan Instagram proses untuk menjadi postingan. 

11. Berhasil Upload Foto di Instagram Melalui PC

Setelah kamu klik tanda Share di cara upload foto di Instagram melalui PC sebelumnya, kamu akan menemukan laman seperti di atas. Instagram akan membutuhkan beberapa waktu untuk mengunggah foto, terutama apabila dalam postingan terdapat foto yang jumlahnya lebih dari satu.

Maka bersabarlah hingga tanda laman di atas muncul di browser yang kamu gunakan. Apabila sudah muncul, maka unggahan foto milikmu telah berhasil terunggah di platform media sosial satu ini. 

12. Memeriksa Upload Foto di Profil Instagram

foto berhasil di upload di instagram melalui pc

Setelah melakukan langkah kesebelas dalam upload foto di Instagram melalui PC, kamu bisa memeriksa apakah foto memang sudah terunggah. Karena terkadang media sosial satu ini mengalami masalah yang menyebabkan kesalahan saat mengunggah foto. 

Jadi, pastikan foto yang sudah kamu unggah memang telah terunggah dengan cara memeriksa profil Instagram milikmu. Foto yang terunggah sudah pasti akan muncul di profil Instagram sebagai Post.


Kapan Mau Coba Untuk Upload Foto di Instagram Melalui PC?

Instagram sebagai salah satu platform media sosial selalu berkembang dan mencoba untuk mengerti permintaan penggunanya. Menyediakan Instagram melalui PC sangat membantu pengguna yang kurang merasa puas saat menggunakan smartphone. 

Kendati demikian, cara upload foto di Instagram melalui PC tidak begitu sulit untuk kamu praktikkan. Ikutilah cara yang sudah tersedia secara runtut dan pastikan tidak ada kesalahan sehingga foto yang kamu unggah aman dan tidak ada masalah. 

Jangan lupa untuk memberi caption yang menarik agar mereka yang melihat unggahan milikmu tertarik dan kamu bisa menambah pengikut. Semoga berhasil!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar social media influencer maupun influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password