Cara Public Speaking Tepat, Jadi Impactful Influencer!

cara public speaking

Bagaimana cara public speaking yang efektif?

Banyak yang menganggap berbicara di depan banyak orang itu mudah. Padahal ketika mereka melakukannya langsung, mereka akan mengakui bahwa tidak semudah seperti yang dikira. 

Bahkan tidak sedikit orang yang saking gugupnya sampai kehilangan semua materi yang sudah dia susun sebelumnya.

Padahal, untuk menjadi influencer yang berpengaruh dibutuhkan skill public speaking yang terasah.

Sekilas Tentang Public Speaking

Public speaking atau kemampuan berbicara di depan publik merupakan sebuah kemampuan dalam mengkomunikasikan, mempresentasikan, serta menyampaikan beragam informasi. Informasi yang kamu sampaikan tersebut secara satu arah di depan banyak orang. 

Memang terkesan mudah karena kamu hanya menyampaikan materi ke orang banyak. Akan tetapi, ketika benar-benar berada dalam situasi tersebut tiba-tiba rasa tegang dan kaku akan menguasai tubuh. 

Akibatnya, ide-ide yang kamu miliki mendadak hilang padahal sebelumnya kamu sudah mempersiapkannya dengan baik.

Maka dari itu, penting untuk mempelajari serta memahami bagaimana menjadi seorang public speaker yang kompeten. 

Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sehingga kamu benar-benar mampu menyampaikan pesan secara efektif dan mempengaruhi para audiens.

Cara Public Speaking untuk Menjadi Impactful Influencer

Berikut ini cara public speaking yang bisa kamu terapkan. Cara ini terbukti efektif untuk seseorang yang ingin menjadi tokoh berpengaruh atau influencer.

Ketika kamu berhasil menerapkannya, maka apa yang kamu sampaikan akan membuat orang percaya dan tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

1. Kuasai Materi

Cara pertama untuk menjadi seorang public speaker yang berhasil adalah dengan menguasai materi. Setiap influencer pasti memiliki materinya masing-masing. Sangat penting untuk menguasai materi tersebut sebelum kamu mulai menyampaikan isinya kepada orang lain.

Biasanya untuk benar-benar menguasai materi tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar. Namun ini akan lebih baik ketika kamu memang sudah memahami isi materinya. Jangan sampai kamu memaksakan untuk langsung menyampaikan materi tersebut sementara kamu tidak benar-benar menguasainya.

Khawatir ketika ada orang lain yang lebih paham. Kemudian dia akan bertanya padamu dan ternyata kamu belum bisa menjawabnya. Tentu ini hanya akan mempermalukan diri sendiri.

Baca Juga:   Apa itu Instagram Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Setelah menguasai materi, cobalah untuk berlatih menyampaikannya. Pastikan bahasa yang kamu gunakan mudah untuk mereka pahami. Perlu kamu tahu jika bahasa yang mudah dipahami bukan hanya bermanfaat untuk pemateri melainkan juga pendengar.

Usahakan untuk tidak memakai bahasa yang sulit mereka pahami. Perhatikan diksi yang kamu gunakan sehingga membuat audiens lebih mudah memahami dan mencerna informasi yang kamu sampaikan. Dengan begitu, public speaking yang kamu lakukan akan efektif dan kamu juga menjadi seorang influencer yang andal.

3. Pastikan untuk Rileks

Cara belajar public speaking berikutnya adalah kamu perlu memperhatikan bahasa tubuh agar tetap rileks. Mungkin sekilas sederhana, namun dapat memberikan dampak terhadap apa yang akan kamu sampaikan. Komunikasi fisik yang kamu lakukan secara baik akan memberikan dampak positif terhadap pesan yang kamu sampaikan.

Para pendengar akan mudah dalam menginterpretasikan pesanmu secara benar. Maka dari itu, penting untuk berlatih bahasa tubuh secara baik. Jangan lupa untuk membuat kontak mata dengan mereka sehingga memberikan kesan bahwa apa yang kamu mampu membuat mereka percaya.

Ketika berdiri, usahakan sikap tubuhmu rileks. Jangan sampai audiens mengira bahwa kamu tegang atau demam panggung. Jika memang harus, kamu bisa bergerak untuk membuat tubuhmu menjadi lebih rileks. Namun jangan terlalu bergerak kesana dan kemari agar audiens juga tidak bingung.

Selain itu, kamu perlu menghindari kebiasaan memasukkan tangan ke dalam kantong celana. Intinya, kamu perlu melakukannya serileks dan senatural mungkin. Jangan sampai karena terlalu tegang membuatmu lupa dengan apa yang ingin kamu sampaikan.

4. Perhatikan Nada Suara atau Intonasi

Selain diksi dan bahasa tubuh, cara belajar public speaking lain yang juga sangat penting yaitu intonasi. Intonasi yang baik akan memberikan dampak positif terhadap apa yang kamu sampaikan. Para audiens akan lebih mudah memahami pesan yang coba kamu sampaikan.

Terkadang kamu juga harus menjadi seperti aktor yang terlatih. Kamu harus menyampaikan pesanmu dengan rasa percaya diri. Kamu juga harus memastikan bahwa audiens yang duduknya di belakang tetap bisa mendengar dan mengikuti penjelasanmu.

Namun jangan sampai suaramu terlalu keras sehingga membuat mereka kurang nyaman mendengarnya. Selain itu, hindari berbicara cepat sehingga membuat setiap kata menjadi kurang terdengar secara baik. 

Biasanya rasa gugup akan membuat seseorang berbicara cepat. Maka dari itu, di sini ketenangan akan sangat kamu butuhkan.

Santai dan kamu akan bisa mengatur kecepatan berbicara. Kamu perlu tahu kapan harus berbicara cepat dan pelan-pelan. Kendalikan rasa gugup dan kecemasan dalam hatimu. Jangan sampai kamu kehilangan konsentrasi dan malah bingung terhadap apa yang ingin kamu sampaikan.

Baca Juga:   Keuntungan dan Cara Daftar LinkedIn Premium yang Perlu Kamu Ketahui

5. Latihan di Depan Cermin

Sebelum melakukan public speaking, memang ada banyak hal atau persiapan yang kamu lakukan. Beberapa orang berlatih di depan cermin dengan memperhatikan dirinya sendiri. Cara ini umum dilakukan, terutama bagi orang-orang yang belum terlalu berpengalaman dalam dunia public speaking.

Kamu bisa mencobanya dan sekaligus memperhatikan seperti apa ekspresi wajah dan tubuhmu ketika berbicara. Dari sini kamu juga bisa mengetahui kira-kira bagian mana yang perlu untuk kamu tingkatkan. Setelah itu, kamu bisa memperbaikinya hingga kamu benar-benar siap berbicara langsung ke audiens.

6. Kenali Audiensmu

Ketika berbicara sebagai public speaker, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai karakter serta latar belakang. 

Setiap audiens tersebut memiliki kemampuan masing-masing, termasuk dalam memahami materi yang kamu sampaikan. Untuk itu, cara belajar public speaking yang efektif adalah dengan mengenali audiens-mu.

Pastikan bahasa, konten, intonasi, serta bahasa tubuhmu sesuai dengan audiens. Tidak kalah penting, kamu juga perlu memahami alasan mereka mau dan harus mendengarkan apa yang kamu sampaikan. Tanyakan pada dirimu sendiri dan seolah-olah kamu juga bagian dari audiens tersebut.

Coba pikirkan apa yang kira-kira akan mereka dapatkan setelah mendengarkan penjelasanmu. Pastikan tujuan dan materimu bisa mereka pahami secara baik. Kamu juga perlu memberi tahu para audiens alasan mereka harus mendengar penjelasan atau materi yang kamu sampaikan.

7. Lawan Kekhawatiranmu

Ungkapan berbicara lebih mudah daripada melakukan memang tidak salah. Hal yang sama berlaku bagi seseorang yang ingin menjadi public speaker atau influencer. Banyak kekhawatiran yang muncul di kepala sehingga berpotensi mengakibatkan konsentrasi menjadi terganggu.

Sangat penting untuk mengatasi kekhawatiranmu tersebut. Kamu harus berusaha untuk tetap bersikap tenang ketika berbicara. Untuk itu, sangat penting memiliki persiapan yang matang sehingga kamu bisa lebih tenang. Cara lain yang dapat kamu coba adalah minum air putih sebelum memulai presentasi.

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Hal ini bertujuan untuk mengatasi rasa gugup serta konsentrasi menjadi meningkat. Ketika berhasil mengatasi rasa takut dan khawatir, kamu bisa lebih mudah dalam menyampaikan pesan ke audiens.

8. Jangan Bawa Catatan Kecil

Terkadang membaca catatan kecil juga perlu untuk membuat seseorang tidak lupa dengan apa yang dia sampaikan. Akan tetapi, banyak juga pemateri yang malah terlalu fokus dengan catatan yang dia bawa. Akibatnya apa yang coba kamu sampaikan malah terkesan kaku dan membuat suasana menjadi kurang rileks.

Baca Juga:   9 Cara Mengoptimasi LinkedIn Business Page Agar Makin Populer

Lalu bagaimana solusinya? Jadi, membuat catatan penting memang perlu. Namun usahakan untuk tidak membawa catatan tersebut ke atas panggung. 

Jangan sampai catatan kecil yang kamu miliki malah mengganggu efektivitas dalam menyampaikan pesan ke audiens. Penyampaian yang kaku membuat audiens tidak tertarik sehingga kemungkinan mereka tidak akan mendengarmu.

9. Nikmati Panggungmu

Cara public speaking berikutnya adalah dengan menikmati panggungmu. Di sini kamu merupakan aktor utama yang berusaha untuk menyampaikan pesan dan mempengaruhi audiens dengan pesanmu tersebut. 

Penting untuk menikmati peranmu agar para audiens tidak ragu bahwa apa yang kamu sampaikan memang benar.

Jangan sampai membuat audiens merasa bosan karena kamu kurang menikmati panggungmu tersebut. Ketika waktunya berbicara, lemparkan senyum kepada audiens. Senyum yang menandakan bahwa kamu memang benar-benar siap dan tidak gugup untuk menyampaikan materi.

Tidak ada salahnya untuk sesekali memberikan humor agar suasana lebih cair. Ketika kamu mampu menguasai dan menikmati panggung, kamu akan menjadi seorang public speaker yang andal. Materimu akan mudah tersampaikan dalam suasana yang santai.

Sudah Paham Cara Public Speaking yang Efektif?

Itu dia pembahasan seputar bagaimana cara belajar public speaking secara efektif.

Jadi ada beberapa hal penting untuk kamu perhatikan jika ingin menjadi influencer berpengaruh.

Dengan begitu, kamu bisa menyampaikan ide dengan berhasil dan membuat orang lain tertarik dengan pesan yang kamu sampaikan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan tips-tips lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password