Cara Promosi di TikTok Shop Agar Cuan Maksimal, Ini Triknya!

cara promosi di tiktok shop

Agar target penjualan terus meningkat, kamu perlu tahu cara promosi di TikTok shop, karena media sosial ini memiliki pengguna sangat banyak.

Meskipun Kominfo pernah memblokir platform ini karena dianggap alay dan banyak unsur negatif, namun tidak lama kemudian, Kominfo membuka kembali platform tersebut.

Sekarang, hampir semua lapisan masyarakat lintas generasi menggunakannya, jadi kamu bisa memanfaat TikTok untuk meraup cuan lebih banyak.

Tips Promosi di Tiktok Agar Untung Maksimal

Berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan dan branding produk yang kamu tawarkan di platform TikTok.

1. Pahami TikTok Lebih Dalam

Cara pertama promosi di TikTok shop, yaitu dengan mengenalnya lebih dalam lagi. Pada dasarnya, setiap media sosial memiliki segmentasi pengguna masing-masing. Kondisi tersebut akan memengaruhi style yang akan ditampilkan. 

Meskipun semua generasi menggunakan TikTok, namun yang paling dominan adalah generasi Z atau gen Z.

Nah, jika kamu sudah mulai mengenali style gen Z, tentu akan lebih mudah untuk membuat konten yang sesuai. Konten-konten yang banyak meramaikan TikTok, yaitu video kreatif, lucu, informatif dan penuh semangat. Kamu bisa mengumpulkan ide-ide kreatif untuk membuat konten promosi yang fresh, unik, dan menarik.

2. Gunakan Akun Bisnis

Supaya usahamu terlihat lebih profesional, sebaiknya gunakan akun bisnis. Untuk menggunakan akun bisnis cukup mudah, karena hanya tinggal install aplikasi TikTok. Isikan semua biodata lengkap dan kamu akan diarahkan ke akun bisnis.

Temukan opsi “Kelola Akun saya”, kemudian kamu bisa menuliskan informasi bio secara singkat dan jelas. Tambahkan pula foto, supaya pengguna TikTok mudah mengenalinya. Nah, kamu pun sudah bisa menerapkan cara promosi di TikTok Shop.

3. Buat Konsep Konten

Agar konten yang kamu buat lebih fokus dan terarah, maka tentukan konsep terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyampaikan semua informasi atau poin-poin penting dengan baik dan tidak ada yang terlewatkan. Selain itu, membuat konsep terlebih dahulu juga bisa meningkatkan kualitas konten.

Misalnya, kamu menentukan untuk mengunggah konten 3 kali dalam seminggu. Kamu bisa membuat konsep tema untuk masing-masing hari, sehingga tidak membosankan. 

Dengan menyajikan konsep konten yang beragam, followers-mu juga antusias menantikannya. Berikut merupakan inspirasi jenis konten yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Review Produk

Cara promosi di TikTok shop bisa dengan membuat konten review produk. Melalui konten ini, followers dan viewers bisa mendapatkan informasi produk secara detail. Alhasil, mereka yang sudah melihat video tersebut akan penasaran dan membeli produk yang kamu review.

  • Tutorial

Untuk konten hari berikutnya, kamu bisa membuat tutorial. Misalnya, produk yang kamu tawarkan adalah paket skincare. Agar para calon konsumen bisa menggunakan produk dengan baik dan mendapatkan hasilnya, kamu bisa memberikan video tutorial.

Konten ini tentu sangat membantu, terutama bagi mereka yang masih baru dalam menggunakan skincare. Kamu bisa membuat video cara menggunakan paket skincare dengan urutan yang benar.

  • Edukasi

Untuk menarik perhatian pengguna TikTok, kamu juga bisa membuat konten edukasi. Menyambung poin sebelumnya, yaitu mempromosikan produk skincare, maka kamu bisa menyajikan konten cara merawat kulit kering, sensitif, atau berjerawat.

Cara promosi di TikTok shop menggunakan konten edukasi juga bisa menginformasikan hal-hal yang bisa merusak kesehatan kulit, Dos & Don’ts saat menggunakan skincare, dan lain-lain. 

4. Coba Sesuatu yang Sedang Viral

Selain membuat konten yang berkualitas dan memiliki fokus tujuan, kamu juga bisa mengkolaborasikan dengan sesuatu yang sedang viral. Hampir setiap bulan atau periode waktu tertentu, platform video singkat ini memiliki trend sound, efek, dan juga filter tersendiri.

Apabila video yang kamu buat menggunakan fitur-fitur yang sedang viral tersebut, maka konten kamu akan lebih mudah masuk di FYP dan pencarian. Alhasil, akan semakin banyak yang mengunjungi akun bisnismu dan melihat konten promosi lainnya. Engagement rate dan followers akun kamu pun juga akan meningkat drastis.

5. Gandeng Influencer

Cara promosi di TikTok shop yang juga ampuh mencuri perhatian, yaitu menjalin kerjasama dengan influencer yang sedang viral dan memiliki banyak followers. Mengingat ada sangat banyak influencer TikTok, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan produkmu dan influencer tersebut aktif serta memiliki engagement yang baik. 

Kamu yang menjual produk skincare atau make up, bisa menggandeng influencer yang selalu membuat konten kecantikan. Jika produk yang kamu tawarkan adalah makanan atau alat masak, akan lebih tepat bekerjasama dengan influencer konten memasak.

Para followers akan lebih mudah percaya dan mau membeli produk dari influencer yang sesuai dengan tema konten mereka. Karena, memilih influencer sesuai dengan produk yang ditawarkan, bisa lebih mudah mendapatkan target market dan target audience yang tepat.

6. Manfaatkan TikTok Ads

Supaya promosi lebih maksimal dan mencapai jangkauan yang luas, kamu bisa memanfaatkan layanan TikTok Ads. Kamu bisa memilih sendiri jenis iklan yang ingin kamu gunakan seperti berikut:

  • In-Feed Video

Cara promosi di TikTok shop agar bisa dengan mudah masuk For Your Page atau FYP, yaitu menggunakan iklan In-Feed Video. Video yang masuk FYP tentu akan lebih mudah viral dan disaksikan oleh jutaan pengguna TikTok. Dengan demikian, branding produk pun memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan hingga luar negeri.

  • Brand Takeover

Jika kamu mendaftarkan produk pada layanan ini, maka ketika pengguna TikTok membuka aplikasi tersebut, akan langsung muncul produkmu. Memasang iklan dengan layanan ini juga akan membuat produk lebih mudah dikenali, karena muncul satu layar penuh.

  • Hashtag Challenge

Kamu juga bisa menggunakan hashtag challenge sebagai cara promosi di TikTok shop. Buat hashtag semarik mungkin, agar banyak mengikuti hashtag yang kamu buat. Apabila semakin banyak pengguna TikTok yang menggunakan hashtag challenge tersebut, maka video promosimu juga lebih mudah muncul di halaman Discovery.

7. Maksimalkan Fitur Stitch

Aplikasi TikTok melengkapi fitur edit video yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Agar kamu bisa membuat konten promosi yang menarik dan viral, kamu bisa menggunakan fitur Stitch. Contoh video stitch yang pernah viral, yaitu video melempar kuas make up.

Pengguna TikTok lainnya membuat video untuk menyambung konten tersebut dengan menangkap kuas make up. Selanjutnya, mereka menggunakan transisi dengan penampilan yang sudah cantik dan full make up. 

Siap Coba Cara Promosi di TikTok Shop di Atas?

Itu dia cara promosi di TikTok shop yang bisa segera kamu coba agar produk bisnis kamu laris dan mendatangkan banyak cuan.

Selain itu, kamu juga perlu tahu prime time mengunggah konten sebagai strategi promosi di TikTok, supaya banyak yang melihat videomu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar Social Media Influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password