Cara Menyimpan Video Dari Instagram Cepat dan Mudah!

cara menyimpan video dari instagram

Apakah kamu pernah mengirim suatu momen ke Instagram, terkhususnya video namun entah kenapa kamu tidak bisa menemukan video aslinya pada galeri mu? Atau, apakah kamu pernah melihat sebuah video yang ada pada Instagram dan ingin menyimpan video tersebut? Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan video dari Instagram yang bisa kamu lakukan.

Media sosial Instagram adalah sebuah media sosial yang selalu menjadi tempat untuk berbagi momen-momen indah milikmu. Momen-momen yang ada pada aplikasi berwarna pink putih ini seperti foto, maupun video. Selain momen-momen indah milikmu, kamu juga bisa melihat momen-momen yang teman-temanmu bagikan.


Ketentuan Video Instagram

Untuk menyimpan sebuah video, Instagram juga mempunya berbagai macam peraturan dan ketentuan-ketentuan khusus. Jika kamu ingin mengunggah sebuah video pada postingan akunmu, kamu hanya boleh memasukkan video berdurasi sekitar 1 menit saja, lebih dari situ, video kamu akan otomatis masuk ke IGTV.

Durasi video paling maksimal yang bisa masuk ke IGTV adalah 1 jam. Berikut adalah beberapa ketentuan-ketentuan untuk video yang akan kamu unggah, yaitu:

  • Durasi video paling minimal jika kamu ingin memasukkan videomu ke IGTV adalah sekitar satu menit, dan durasi paling maksimal adalah 1 jam. Namun ada perbedaan yang cukup besar yang disebabkan oleh perangkat yang kamu pakai untuk mengunggahnya. Jika kamu mengunggah video melalui perangkat seluler seperti ponsel, durasi yang bisa kamu pakai adalah sekitar 15 menit saja. Namun, apabila kamu mengunggah nya melalui laptop, durasi videomu bisa sampai 1 jam.
  • File video harus berbentuk MP4
  • Kamu dapat mengunggah video vertikal dengan format 9:16. Atau format horizontal dengan rasio 16:9.
  • Video yang kamu unggah harus memiliki frame rate sebesar 30 FPS paling minimal dengan resolusi 720 pixel.
  • Ukuran file yang paling maksimal jika kamu ingin mengunggah file 10 menit adalah kurang dari 650MB, sementara untuk video berdurasi 1 jam hanya sekitar 3,6 GB.
  • Untuk ukuran foto sampul yang akan kamu pakai untuk sampul videomu adalah 420 x 654 pixel. Jika kamu sudah memasukkan foto sampul pada videomu, maka kamu tidak bisa menggantinya lagi.
  • Harus mengikuti panduan komunitas yang Instagram pakai.
Baca Juga:   IG Ads vs Endorse, Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis?

Cara Menyimpan Video dari Instagram

Ada 3 cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan video dari Instagram ke perangkatmu. Berikut ini penjelasannya.

1. Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri

Yang pertama adalah menyimpan video dari Instagram ke galeri perangkat kamu tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Namun karena Instagram tidak mempunyai fitur download langsung yang bisa kamu pakai untuk mendownload video instagram ke galeri, kamu harus menggunakan bantuan website.

Banyak sekali website-website yang tersebar pada halaman internet yang menawarkan jasa layanan gratis untuk menyimpan video dari Instagram. Berikut ini adalah website-website tersebut.

Cara menyimpan video dari instagram melalui ketiga website tersebut juga hampir-hampir sama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pilih video yang ingin kamu simpan dari instagram.
  2. Salin link. Jika kamu sedang memakai aplikasi Instagram pada ponsel kamu, yang perlu kamu lakukan adalah mengetuk titik tiga vertikal yang ada pada pojok kanan postingan tersebut dan ketuk tombol salin link. Namun untuk kamu yang menggunakan browser laptop, kamu bisa tinggal salin link dari dashboard web.
  3. Buka browser yang ada pada perangkat kamu baik itu dari ponsel/HP, atau dari laptop.
  4. Ketik link website, kamu bisa memilih satu dari ketiga website yang telah penulis sebutkan.
  5. Tempelkan link video instagram yang sebelumnya kamu salin.
  6. Pilih opsi “Unduh MP4” atau download, tergantung pada website mana yang ingin kamu gunakan.
  7. Tunggu file nya terunduh.
  8. Setelah file nya selesai terunduh, kamu sudah bisa melihat video tersebut pada galeri ponsel kamu.

Sebagai informasi tambahan, pastikan memori perangkat kamu cukup untuk dapat mengunduh video instagram tersebut, karena jika memorimu penuh, video yang akan kamu unduh akan otomatis gagal dan tidak akan loading.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok dengan Mudah

2. Cara Menyimpan Video dari Instagram Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya, cara kedua yang bisa kamu pakai untuk menyimpan video dari Instagram adalah menggunakan aplikasi. Banyak aplikasi-aplikasi yang telah dirancang sedemikian rupa untuk mengunduh video dari Instagram. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa secara gratis kamu dapatkan dan kamu unduh dari playstore ataupun appstore.

Aplikasi-aplikasi yang disarankan untuk kamu unduh di Google Playstore:

Untuk langkah-langkah menyimpan video dari Instagram ke galeri menggunakan aplikasi sendiri cukup gampang dan mudah. Ketiga aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya menggunakan cara kerja yang sama. Berikut cara kerjanya:

  1. Buka toko untuk mengunduh aplikasi pada ponsel kamu, bisa App Store ataupun Play Store.
  2. Unduh salah satu dari ketiga aplikasi yang telah penulis sebutkan.
  3. Setelah aplikasi terunduh, buka Instagram dan cari postingan video mana yang ingin kamu unduh.
  4. Salin link postingan tersebut. Seperti cara sebelumnya, kamu bisa mengetuk ikon tiga titik yang ada pada pojok kanan postingan.
  5. Setelah link postingan video tersebut sudah selesai tersalin, buka aplikasi downloader yang baru saja kamu unduh.
  6. Pada kolom yang tersedia, ketuk dan tahan layar kamu sampai muncul tombol “Tempelkan”.
  7. Tempelkan link kamu pada kolom tersebut.
  8. Ketuk tombol download yang tersedia.
  9. Setelah video berhasil terdownload, video tersebut bisa langsung kamu lihat pada folder galeri milikmu.

3. Cara Menyimpan Video dari Instagram Dengan Musik

Selain dari postingan video, kamu juga bisa menyimpan video story instagram dengan musik. Seperti yang kamu tahu, Instagram mempunyai sebuah fitur untuk IG Story. Fitur tersebut memungkinkan kamu memasang sebuah lagu beserta lirik lagu tersebut ke story Instagram kamu dengan gampang.

Namun, saat kita ingin menyimpan video story Instagram yang memiliki fitur musik tersebut dengan cara biasa, video yang kita buat dengan fitur musik tersebut akan tersimpan dengan posisi mute. Itulah mengapa, penulis akan memberitahukan bagaimana cara menyimpan video dari instagram dengan musik yang bisa kamu pakai dengan gampang dan cepat.

Baca Juga:   Cara Lengkap Membuat Instagram Reels dengan Mudah

Kamu bisa menyimpan video tersebut dengan atau tanpa aplikasi, berikut langkah-langkahnya.

a. Menggunakan Aplikasi

Nama aplikasi yang akan kamu gunakan untuk ini adalah Story Saver. Sebuah aplikasi yang khusus untuk menyimpan video dari instagram story langsung ke galeri perangkat kita.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Story Saver pada App Store ataupun Play Store yang kamu miliki.
  • Sembari menunggu unduhan aplikasi story saver kamu selesai, masuk ke aplikasi instagram dan pilih video IG Story mana yang ingin kamu simpan.
  • Pilih tombol lainnya.
  • Pilih menu salin tautan yang ada pada bagian pojok bawah sebelah kanan postingan cerita yang sudah kamu unggah dan ingin kamu simpan tersebut.
  • Setelah aplikasi story saver selesai terunggah, buka aplikasinya dan masukkan link tautan video yang telah kamu copy sebelumnya.
  • Pilih tombol download.

Jika aplikasi tersebut mengharuskan kamu untuk masuk ke dalam akun Instagram, berarti kamu perlu masuk menggunakan username dan password kamu. Penting kamu ingat untuk berhati-hati dan selalu mengaktifkan menu login dua arah untuk semakin mengamankan akun Instagram kamu setelah menggunakan aplikasi ini.

b. Menggunakan Website.

Jika kamu yang tidak ingin mengunduh aplikasi apapun, kamu bisa memakai link website untuk mengunduh video. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Buka aplikasi Instagram dan masuk ke video IG Story yang akan kamu simpan.
  • Pilih tombol lainnya, dan ketuk tombol salin tautan.
  • Buka browser dan masuk ke situs bernama storysaver.net
  • Tempelkan link tautan yang telah anda salin
  • Pilih tombol download

Siap Mencoba Cara Menyimpan Video dari Instagram?

Seperti itulah 3 cara menyimpan video dari Instagram yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan cepat. Dengan ini, kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana cara menyimpan video yang kamu sukai ke galerimu. Semoga artikel ini dapat membantumu.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password