Cara Menulis Artikel yang Benar dan Menarik

Cara Menulis Artikel dengan baik dan benar

Artikel merupakan salah satu media yang memberikan informasi dalam bentuk tulisan yang berisi ide dan tema tertentu. Namun tidak semua pembaca merasa puas saat membaca artikel sebab tidak semua artikel berkualitas. Bagi kamu yang ingin membuat artikel bagus, kamu harus mengerti cara menulis artikel yang benar

Berikut adalah tips dan trik yang dapat kamu lakukan sebagai cara menulis artikel yang benar. Yuk, simak penjelasan berikut ini!


Cara Menulis Artikel yang Benar dan Menarik

Artikel merupakan sebuah tulisan yang berisi informasi dimana karangan yang penuli tulis harus aktual dan terstruktur. Kebanyakan pembaca pasti mencari artikel dengan struktur dan isi yang menarik. Meskipun ada banyak gaya tulisan dalam penulisan artikel, yang terpenting adalah isi yang penulis tulis. 

Dalam penulisan artikel, berikut adalah cara menulis artikel yang benar dan menarik. 

1. Memilih Topik Artikel yang Benar dan Fokus Pada Objek

Tips pertama dalam menulis artikel adalah memilih topik dan berfokus pada objek. Sebuah tulisan yang baik harus memiliki topik dan ide tertentu. Cara menulis artikel adalah berfokus pada topik yang spesifik. Apabila artikel membahas tentang topik yang terlalu umum, maka bahasan pun akan menjadi lebih luas.

Mempersempit topik akan menjadikan artikel buatanmu padat dan tidak bertele-tele. Sebagai contoh, tema pembahasan hewan dapat kamu persempit dengan memilih hewan jenis apa yang ingin kamu bicarakan. Apabila kamu ingin membahas hewan yang bisa hidup di laut dan darat, maka tema yang kamu gunakan adalah amfibi. 

2. Menentukan Audiens Artikel

Artikel adalah sebuah karangan informatif yang dapat dibaca oleh seluruh kalangan atau golongan. Sebagai penulis artikel, kamu harus menentukan audiens yang akan membaca artikel buatanmu. 

Setelah menentukan tema, pastikan kamu mengerti untuk siapa artikel yang kamu buat. Menentukan audiens akan membantumu untuk menentukan gaya tulisan yang tepat. Apabila audiens yang kamu tuju adalah pelajar, maka gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami.

Namun apabila audiens artikel buatanmu ditujukan untuk para ahli atau orang dewasa, gunakan kata-kata dan gaya tulisan yang lebih formal. Kamu juga bisa menambahkan beberapa istilah-istilah yang berhubungan dengan tema yang kamu bahas. 

3. Melakukan Riset dan Informasi 

Cara menulis artikel yang benar adalah dengan melakukan riset dan mencari informasi terkait sebagai bahan utama topik artikel yang kamu bahas. Saat menulis artikel, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Jangan menulis artikel berdasarkan opini belaka.

Namun berfokuslah pada fakta atau kejadian asli yang benar-benar terjadi. Dengan melakukan riset dan mencari informasi terkait, kamu bisa menggunakan keduanya sebagai bahan artikel. Setiap riset yang lakukan juga wajib benar sumbernya. 

Lakukanlah riset melalui portal berita atau website yang terpercaya. Kemudian lakukanlah cross-check sembari memastikan bahwa berita tersebut benar adanya. Apabila riset dan informasi telah terkumpul, persiapkanlah tips dan trik selanjutnya.

Baca Juga:   8 Alternatif Google AdSense untuk Monetize Blogmu

4. Membuat Outline Artikel dan Draft

Menulis artikel secara penuh dalam sekali tulis sungguh tidak mudah untuk dilakukan, terutama bagi para pemula. Bahkan penulis yang sudah ahli pun masih membutuhkan outline artikel dan draft untuk kerangka. Outline adalah kerangka kasar yang penulis buat untuk membuat artikel secara utuh. 

Biasanya ia berisi ide pokok dari setiap paragraf yang akan ia tulis. Kamu dapat menggunakan cara keempat menulis artikel ini sebagai referensi. Sebab apabila kamu tidak mengerti apa yang akan kamu tulis, artikel tidak akan selesai dan ia tidak memiliki kesimpulan yang jelas. .

5. Menyunting Draft Artikel 

Tips yang kelima adalah melakukan penyuntingan untuk draft artikel yang telah kamu tulis. Ketika kamu telah selesai membuat outline, langkah selanjutnya adalah membuat draft tulisan. Draft tersebut dapat berupa tulisan yang sudah hampir jadi atau telah jadi. 

Suntinglah draft tersebut menurut outline yang telah kamu buat. Proses ini harus kamu lakukan agar kamu mengerti apakah kerangka dari artikel sudah sesuai dengan outline mulai dari pembuka hingga kesimpulan. 

6. Memeriksa Ulang Artikel

Cara menulis artikel yang keenam adalah melakukan pemeriksaan ulang artikel yang sudah kamu tulis. Biasanya, dalam proses penulisan akan ada kesalahan ketik yang berimbas pada ketidaknyamanan saat membaca. 

Memeriksa ulang artikel dapat kamu lakukan mulai dari judul, kalimat pembuka, setiap paragraf, hingga kesimpulan. Pastikan juga kamu telah menggunakan ketentuan bahasa yang benar. 

Apabila tulisan dalam Bahasa Indonesia, maka periksa juga PUEBI artikel tersebut. Apabila dalam Bahasa Inggris, periksa grammar dan segala kaidah yang digunakan dalam bahasa tersebut. 

7. Membuat Artikel dengan Gambaran Visual

Dalam tips yang terakhir, cara menulis artikel yang benar adalah dengan memberi tambahan gambaran visual. Visualisasi biasanya dibutuhkan untuk menambah kesan menarik dalam artikel. Ia dapat berupa gambar atau komik pendek yang mengilustrasikan tema dalam artikel. 

Biasanya tulisan saja kurang bisa menarik minat para pembacanya. Namun apabila kamu memberikan sentuhan visualisasi khusus, maka pembaca akan merasa lebih tertarik untuk membaca tulisan artikelmu.


Tujuan Menulis Artikel

Setiap tulisan memiliki kaidah penulisan masing-masing. Bahkan cara menulis artikel yang benar pun memiliki kaidah yang direkomendasikan bagi para penulis agar mereka aplikasikan saat menulis. Kaidah cara menulis artikel akan sangat berguna apabila diimplementasikan agar kualitas artikel lebih baik. 

Nah, dalam menulis artikel pun ada tujuannya. Berikut adalah tujuan-tujuan para penulis dalam menulis artikel.

1. Artikel Sebagai Pusat Informasi

Tujuan pertama dalam menulis artikel adalah memberikan informasi yang pembaca butuhkan. Tema yang tertulis dalam artikel ada banyak jenisnya, mulai dari artikel untuk informasi, artikel untuk berita, dan artikel-artikel yang lainnya. 

Kamu bisa menulis artikel untuk banyak tujuan. Seperti memberi informasi tentang berita terkini, tentang produk tertentu, atau bahkan opini dalam tema yang spesifik. Artikel sangat berguna bagi mereka yang suka mencari informasi penting melalui mesin pencari di internet. 

Artikel sebagai pusat informasi juga bermanfaat bagi para perusahaan atau brand tertentu yang ingin menjelaskan produk yang mereka jual. Biasanya artikel dengan tema ini akan sangat membantu para calon pelanggan yang ingin mengetahui kualifikasi produk yang akan mereka beli. 

2. Artikel dengan Tujuan Persuasi

Tujuan kedua yang penulis gunakan dalam cara menulis artikel yang benar adalah untuk melakukan persuasi. Biasanya artikel yang memiliki tujuan membujuk adalah artikel yang membahas tentang proses penjualan suatu produk atau kampanye dalam event tertentu.

Perusahaan sudah jelas memanfaatkan artikel sebagai tujuan persuasi untuk menarik minat pelanggan dalam membeli produk yang mereka jual. Sedangkan untuk tujuan kampanye biasa ditujukan bagi para aktivis-aktivis. 

Baca Juga:   15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

Sebagai contoh, kamu mengikuti sebuah kampanye untuk melakukan Go Green dengan cara menanam seribu pohon. Maka artikel yang kamu buat harus memiliki kesan menarik aktivis lain untuk mengikuti langkah yang kamu jalani. 

Tujuan persuasi akan membutuhkan kalimat dan gaya tulisan yang persuasif agar dapat menarik para pembacanya. Biasanya, penulis akan membubuhkan kalimat ajakan seperti ayo dan mari untuk membuat pembaca merasa tergerak hatinya dan melakukan apa yang kampanye tersebut gerakkan. 

3. Artikel dengan Tujuan Entertaining

Tujuan artikel yang terakhir adalah memberi kesan entertaining atau menghibur. Untuk artikel jenis ini biasanya berisi ide-ide tertentu atau memang ditujukan untuk menghibur para pembacanya. 

Untuk artikel dengan tujuan ini memiliki tema yang humoris. Bahkan bisa jadi penulis menggunakan gaya storytelling yang berguna untuk menceritakan sesuatu agar pembacanya terhibur. 

4. Artikel dengan Problem Solving

Tujuan keempat yang penulis lakukan dengan cara menulis artikel yang benar adalah sebagai problem solving atau pemecahan masalah. Artikel jenis ini biasanya berisi solusi-solusi atau saran dari para ahli khusus untuk kasus tertentu. 

Artikel dengan penyelesaian masalah bisa kamu temukan dengan tema kesehatan. Dari beberapa platform penyedia konsultasi dokter, artikel yang akan kamu baca pasti temanya tidak jauh dari kesehatan. Sebab di sanalah para pembaca atau pelanggan meminta saran atas masalah kesehatan tertentu.

Ketika itu, para ahli akan memberikan saran terkait masalah tersebut. Bisa jadi para ahli juga memberikan resep atau rekomendasi perlakuan yang harus pembaca lakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang sedang ia hadapi.


Manfaat Menulis Artikel

Selain memiliki tujuan yang bermacam-macam, artikel yang para penulis buat dengan cara menulis artikel yang benar juga memiliki manfaat. Tidak hanya para penulis yang merasakan manfaat tersebut, namun para pembaca pun mendapatkan manfaat pula. Berikut adalah manfaat dari menulis artikel. 

1. Membantu Untuk Lebih Kompeten dalam Menulis

Manfaat pertama dalam mengaplikasikan cara menulis artikel adalah membantu para penulis untuk berlatih dan menjadi kompeten. Menulis adalah sebuah hobi yang membutuhkan banyak latihan, apabila tidak penulis lakukan secara teratur maka kemampuan tersebut bisa berkurang bahkan hilang.

Namun menulis sebuah tulisan dengan banyak kata atau tema yang susah bukanlah merupakan pelatihan yang mudah. Artikel adalah salah satu jenis tulisan yang mudah penulis buat walaupun dengan jumlah kata yang tidak terlalu banyak. 

Kendati demikian, menulis akan membantu penulis untuk lebih baik. Terutama apabila sang penulis tidak malas untuk melakukan penyuntingan dan meminta feedback kepada mereka yang lebih ahli. Penulis akan mendapat kesempatan untuk berkembang dan menjadi lebih kompeten dalam bidang ini. 

2. Melatih Critical Thinking dalam Penulisan Artikel

Membuat artikel dengan tujuan menghibur atau membujuk bisa jadi lebih mudah sebab tidak memerlukan pemikiran yang mendalam. Namun apabila artikel yang penulis buat dengan cara menulis artikel yang benar memiliki tema yang cukup sulit, maka saat itulah penulis dapat melatih pikiran untuk lebih kritis. 

Andai kata sang penulis sedang membahas isu yang cukup kontroversial, seperti isu apakah hukuman yang tepat bagi para pelaku kekerasan seksual. Saat itu, para penulis harus melakukan riset mendalam sembari menggunakan kekritisan yang jelas dalam mengungkapkan opini.

Ia tidak boleh mengungkapkan sesuatu dengan cara yang sembrono. Penulis wajib memikirkan ulang apa yang akan ia tulis sebab artikelnya akan dibaca oleh banyak orang. 

3. Menyampaikan Ide Saat Menulis Artikel

Bagi penulis, membuat outline dan mulai menulis artikel adalah saat yang krusial. Sebab saat itulah kemampuan berpikir dan menulisnya akan diuji. Mulai dari bagaimana ia membuat kerangka yang apik, pemilihan tema yang menarik, penggunaan gaya tulisan yang unik, hingga penyelesaian yang cantik. 

Baca Juga:   7 Tips Menang Lomba Blog yang Perlu Kamu Tahu

Menyampaikan ide saat menulis adalah sebuah situasi dimana penulis harus menyampaikan apa yang ada di pikirannya sembari memikirkan kata mana yang cocok dalam menggambarkan ide tersebut. Apabila seorang penulis kekurangan kosakata, maka ia tidak akan dapat bisa menggunakan kata terbaik dalam artikel.

Dengan tips dan trik cara menulis artikel yang benar, penulis dapat mengimplementasikannya saat menyalurkan ide-ide yang unik dalam tulisan yang ia buat. Walaupun membutuhkan proses yang cukup rumit, namun menuangkan ide menjadi tulisan adalah sebuah kepuasan yang dapat menginspirasi banyak orang. 

4. Media Publikasi yang Manjur

Di era yang mengandalkan teknologi ini, menjadi seorang penulis adalah suatu prestasi yang membanggakan sekaligus bermanfaat. Sebab semua orang sedang bergantung pada teknologi. Begitu pula dalam membaca berita tertentu. 

Orang-orang akan membuka gadget dan mencari artikel terkait apa yang mereka cari. Tidak peduli bahasan yang sedang mereka cari, artikel adalah salah satu media yang akan mereka prioritaskan. Sebab kebanyakan artikel adalah faktual dan sudah jelas kebenarannya.

Mempublikasikan artikel adalah sebuah keharusan yang para pembaca cari. Ia juga media publikasi paling manjur yang akan muncul dalam mesin pencarian di internet. Maka dari itu, gunakanlah tips cara menulis artikel yang benar agar artikel milikmu dapat dibaca oleh banyak orang sekaligus bermanfaat bagi mereka yang membaca. 

5. Dampak Akademis Bagi Penulis

Seperti yang sudah tertulis di atas, artikel memiliki jenis dan tujuan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan manfaat penulisan artikel bagi para penulis. Salah satu jenis artikel yang memiliki dampak akademis adalah artikel akademik yang membahas tema tertentu. 

Tema-tema dalam artikel akademik dapat berupa artikel pendek sejenis skripsi, artikel atau jurnal penelitian tertentu, hingga artikel pelajaran yang dapat penerbit bukukan. Semua jenis artikel tersebut akan bermanfaat sebagai portofolio sang penulis.

Terutama apabila si penulis adalah tenaga pengajar yang harus menerbitkan tulisan dengan tema akademik setiap tahun. Dengan menggunakan tips cara menulis artikel yang benar, tidak hanya artikel dengan tema persuasi dan entertaining saja yang berguna bagi kehidupan.

Namun artikel dengan tema akademik juga sangat bermanfaat sebagai poin tambahan penulis dan bermanfaat pula bagi para pembacanya.


Yuk, Aplikasikan Cara Menulis Artikel yang Benar!

Artikel merupakan salah satu hasil tulisan yang penulis buat untuk tujuan yang bermacam-macam. Mulai dari tujuan memberikan informasi, tujuan persuasi, memberikan hiburan, hingga memberi rekomendasi dan saran. Semua artikel akan sangat bermanfaat bagi para pembaca dari berbagai kalangan.

Namun tidak semua artikel memiliki kerangka dan penulisan yang baik. Dengan menggunakan tips dan trik cara menulis artikel yang benar akan membuat tulisan artikel milikmu menjadi lebih berkualitas. Terutama apabila kamu ingin membuat tulisan yang dapat dibaca oleh semua orang. 

Pastikan kamu mengikuti semua aturan yang tips dan trik berikan agar proses penulisan tidak memakan terlalu banyak waktu. Lakukan juga riset yang mendalam apabila jenis artikel yang kamu buat harus jelas, faktual, dan mengikuti berita yang sesungguhnya.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan plagiasi agar kamu tahu apakah tulisan yang kamu buat asli dan tidak menyalin hasil tulisan penulis lain. Semoga berhasil!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, hingga blogger influencer hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password