Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Anti Ribet. Yuk, Simak!

Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Anti Ribet

Penggunaan instagram sebagai platform untuk mempromosikan produk usaha mampu memudahkan pelaku usaha untuk memperoleh banyak klien atau konsumen. Tentunya pemasaran produk melalui instagram ini juga memerlukan strategi dan taktik yang harus diterapkan.

Salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui adalah cara menjadwalkan postingan instagram yang mudah dan simpel. Sehingga kamu tidak perlu memikirkan kapan waktu posting yang pas dan mengaturnya secara manual. Kamu hanya perlu mengatur tanggal postingan ke feed atau IGTV instagram. Yuk atur waktu postingan instagram dengan cara anti ribet sekarang juga!

Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Mudah dan Cepat

Terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur jadwal postingan di instagram secara otomatis, yakni :

1.  Menjadwalkan Postingan Instagram dengan Access Creator Studio

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses creator studio. Kamu bisa mengakses platform tersebut melalui situs pencarian Google lalu terdapat dua pilihan creator studio yakni untuk facebook dan instagram. Saat kamu ingin memposting konten melalui instagram maka klik icon instagram pada creator studio tersebut.

Kamu perlu log in ke akun instagram yang kamu miliki untuk mengakses creator studio tersebut. Namun, ketika laptop atau device yang kamu gunakan telah tersambung secara otomatis ke akun Instagram yang kamu miliki. Maka kamu hanya perlu melanjutkan langkah berikutnya yakni pemilihan konten.

2. Menjadwalkan Postingan Instagram dengan Memilih Postingan

Cara menjadwalkan postingan instagram berikutnya yakni memilih konten yang ingin kamu posting di feed Instagram. Kamu bisa mengklik Create a Post pada bagian pojok kiri atas. Kemudian akan tampil folder penyimpanan file pada laptop dan pilih foto atau video yang kamu inginkan.

Baca Juga: Cara Menjadwalkan Live Instagram dengan Mudah

Tidak hanya untuk feed Instagram, tetapi creator studi ini memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk memposting konten di IGTV. Bahkan platform ini juga tidak memberikan pungutan biaya untuk menjadwalkan waktu posting di Instagram. 

Dengan ini kamu bisa mengontrol jadwal posting konten instagram secara gratis tanpa biaya apapun. Sehingga kamu juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk pemasaran produk usaha yang kamu miliki.

3. Buatlah Draft dan Unggah Postingan

Setelah memilih konten yang akan kamu posting di instagram maka buatlah deskripsi, hastag, dan mention beberapa pengguna lain atau brand perusahaan yang kamu miliki. Dalam hal ini kamu hanya perlu melakukan langkah yang sama seperti memposting konten pada umumnya.

Cara menjadwalkan postingan Instagram berikutnya adalah mengupload konten yang akan kamu unggah. Dan lengkapi konten tersebut dengan beberapa fitur instagram seperti pada umumnya.

4. Menjadwalkan Postingan Instagram Secara Otomatis

Kamu bisa mengklik icon arrow down pada bagian Publish yang terdapat pada pojok kanan bawah. Setelah itu klik Schedule untuk mengatur waktu unggah dari konten tersebut. Hingga langkah terakhir kamu bisa melakukan simpan draft postingan.

Untuk melihat berbagai macam postingan yang telah kamu jadwalkan, kamu bisa mengakses dashboard. Pada lama itu kamu bisa melakukan pengecekan ulang postingan sebelumnya atau postingan yang akan datang. Terdapat pula akses kalender yang semakin memudahkan kamu melakukan kontrol terhadap postingan Instagram.

Melalui creator studio kamu juga bisa melakukan pengecekan mengenai seberapa banyak viewers atau audiens yang menyukai postingan tersebut. Dengan kata lain creator studio ini memudahkan kamu untuk melakukan manajemen konten instagram.

Sehingga kamu hanya perlu membuat konten yang unik dan menarik. Tanpa harus melakukan penjadwalan secara manual untuk postingan Instagram tersebut.

Tips Mengoptimalkan Postingan Instagram

Tidak hanya cara menjadwalkan postingan Instagram yang perlu kamu ketahui. Tetapi kamu juga harus tahu bagaimana cara mengoptimalkan postingan instagram. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan viewers menemukan postingan yang kamu unggah.

1.  Buat Peta Konsep

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan untuk mengoptimalkan postingan instagram yakni membuat peta konsep. Komponen ini memiliki peranan penting dalam dunia marketing. Karena peta konsep membantu pelaku usaha dalam mengklasifikasikan postingan yang akan terupload secara berkala.

Melalui peta konsep, seseorang juga bisa menentukan jenis konten apa yang cocok diunggah pada waktu-waktu tertentu. Pada peta konsep ini tidak hanya terdapat jadwal posting atau jenis konten saja.

Tetapi kamu juga bisa menambahkan konsep dari masing-masing konten yang akan kamu posting. Bahkan kamu juga bisa memberikan space untuk catatan saat ada ide atau inovasi baru untuk konten instagram.

Dengan begitu, proses pembuatan konten hingga pengunggahan postingan instagram bisa lebih jelas.  Sehingga hal ini mampu mengoptimalkan pemasaran produk yang kamu jalankan.

2.  Buat Konten Inovatif dan Kreatif

Setelah kamu mengetahui cara menjadwalkan postingan instagram anti ribet dan peran penting peta konsep untuk pemasaran produk. Maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten yang inovatif dan menarik. Kreasikan kemampuanmu dalam memasarkan sebuah produk melalui foto atau video.

Kamu bisa mengambil potret produk dengan kombinasi pemandangan alam, atau pengaturan tata letak pada meja yang sudah dihias, dan lain sebagainya. 

Pastikan foto atau video yang kamu buat tidak monoton menyebabkan viewers merasa bosan. Kamu juga bisa menambahkan kata-kata pada konten yang kamu buat baik itu berupa tulisan deskripsi atau pada foto dan video.

3. Tambahkan Hashtag

Hashtag menjadi komponen penting dalam sebuah konten di media sosial. Hal ini karena hashtag memberikan kemudahan bagi para pengguna media sosial atau viewers untuk menemukan postingan yang kamu unggah. Hashtag berperan sama halnya dengan keyword yang seringkali muncul pada situs pencarian.

Tetapi sayangnya, beberapa pelaku usaha seringkali melupakan penambahan hashtag pada bagian deskripsi konten. Sehingga hal ini yang menjadikan pemasaran produk melalui media sosial kurang optimal. Kamu bisa menambahkan hashtag pada bagian deskripsi konten sesuai dengan jenis produk yang kamu miliki.

4. Beradaptasi dengan Tren

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai konten instagram mulai dari cara menjadwalkan postingan Instagram hingga tips mengoptimalkan konten. Maka hal lain yang tidak kalah penting untuk konten instagram kamu adalah penyesuaian konten dengan tren yang beredar di masyarakat.

Kamu bisa menyesuaikan tema konten dengan topik terkini yang bisa menarik perhatian banyak viewers. Seperti saat pembuatan konten produk berupa video, kamu bisa menggabungkan tema konten yang menegangkan hingga nantinya konten tersebut menjelaskan informasi mengenai produk yang kamu miliki.

Dengan kata lain, harus ada hal yang membuat viewers merasa tertarik sekaligus senang saat menonton konten yang kamu unggah. Dengan banyaknya jumlah viewers maka semakin banyak pula peluangmu untuk memperoleh banyak konsumen.

Baca Juga: Instagram Marketing Trend di Tahun 2022

5. Memonitoring dan Mengevaluasi Konten

Setelah kamu membuat konten dan melakukan penjadwalan postingan instagram. Maka langkah akhir yang perlu kamu lakukan adalah mengevaluasi konten instagram yang telah terposting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak viewers yang mengakses konten tersebut.

Apabila jumlah viewers pada sebuah konten masih berada dalam kisaran angka yang kecil maka kamu bisa mengevaluasi penyebab dari sedikitnya viewers konten tersebut. Kamu hanya memerlukan tambahan pada bagian deskripsi berupa keyword atau penambahan hashtag.

Kamu juga bisa melakukan evaluasi menggunakan aplikasi creator studio yang menjadi platform untuk menjadwalkan postingan instagram secara otomatis. Creator studio memberikan fasilitas berupa akses bagi para pengguna untuk mengetahui jumlah viewers dari postingan instagram.

Bahkan kamu juga bisa mengedit konten melalui platform ini. Sehingga kamu tidak perlu ribet saat melakukan evaluasi dan monitoring. Cukup melalui creator studi seluruh aktivitas mengenai pengunggahan feed instagram dapat teratasi dengan mudah dan cepat.

Siap Menerapkan Cara Menjadwalkan Postingan Instagram?

Setelah kamu mengetahui cara yang cepat dan mudah untuk menjadwalkan pengunggahan konten instagram. Apakah kamu tertarik untuk menerapkannya? Atau cara ini telah kamu ketahui terlebih dahulu sehingga kamu sudah menerapkannya untuk setiap postingan instagram? 

Namun, pastinya tidak  hanya cara menjadwalkan postingan instagram dengan cepat dan mudah yang perlu kamu ketahui. Tetapi hal yang berkaitan dengan cara mengoptimalkan konten pun harus kamu kuasai.

Ketika kamu telah menguasai kedua hal tersebut maka konten yang dihasilkan pun memiliki kualitas tinggi. Yuk buat dan atur postingan instagram kamu dengan cara yang cepat, mudah, dan simpel sekarang juga!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, instagram influencer, berita influencer, dan lain-lain di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password