Cara Menjadwalkan Live Streaming YouTube dengan Mudah

Cara Menjadwalkan Live Streaming YouTube dengan Mudah

Saat ini, melakukan live streaming  atau siaran langsung seringkali dilakukan para influencer untuk para pengikutnya. Tujuannya sendiri bermacam-macam, untuk berinteraksi secara real time dengan pengikut hingga keperluan para streamer. Salah satu platform yang menyediakan fitur siaran langsung adalah YouTube. Bagaimana cara menjadwalkan live streaming YouTube?

Simak selengkapnya di bawah ini!

Syarat Live Streaming di YouTube

Sebelum kamu bisa melakukan siaran langsung di YouTube, akunmu harus memenuhi beberapa persyaratan dari YouTube. Persyaratannya adalah:

  • Pastikan channel YouTube kamu memiliki setidaknya 1.000 subscriber. Tetapi, kamu juga bisa melakukan siaran langsung dengan minimal 50 subscriber melalui ponsel. Namun, jumlah penonton tentu akan dibatasi maksimal 75 penonton.
  • Selain itu, akun YouTube kamu sudah terverifikasi. Kalau belum verifikasi melalui youtube.com/verify. Verifikasi tersebut khusus untuk memverifikasi akun bukan untuk mendapatkan lencana centang pada nama channel.
  • Jika ini adalah kali pertama kamu melakukan live streaming, kamu harus menunggu 24 jam agar dapat memulai live streaming.
  • Tetapi bila kamu pernah live streaming sebelumnya, pastikan kamu tidak mendapatkan pembatasan live streaming dalam 90 hari terakhir pada akunmu.
  • Pastikan konten live streaming yang akan kamu lakukan tidak melanggar pedoman komunitas dari YouTube. Apabila kamu melanggarnya maka channel YouTube akan terkena pembatasan melalui teguran selama 14 hari.
  • Jika akunmu terdaftar dengan data pribadi berusia 13-17 tahun, maka live streaming akan disetel tidak publik. Tetapi bila terdaftar berusia 18 tahun lebih maka setelan privasi menjadi publik.
  • Terakhir, bila kamu menggunakan ponsel pastikan sudah Android 5.0+ atau iOS 8+.

Nah, itu dia persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum kamu dapat mulai menjadwalkan live streaming di YouTube. 

Cara Menjadwalkan Live Streaming di YouTube

Untuk melakukan siaran langsung kamu dapat melakukannya melalui perangkat komputer dan ponsel. Dari perangkat ponsel sendiri kamu bisa menggunakan Android maupun iPhone. Pastikan aplikasi YouTube sudah terinstall pada perangkatmu. Ini dia cara menjadwalkan live streaming YouTube. 

Baca Juga:   6 Tools YouTube Gratis yang Harus Digunakan Para YouTuber

1. Melalui Android dan iPhone

Berikut adalah cara menjadwalkan dan melakukan siaran langsung melalui aplikasi YouTube pada ponsel baik Android maupun iPhone.

  • Buka aplikasi YouTube pada ponselmu.
  • Klik menu “+” pada bagian bawah.

klik menu + pada bagian bawah

  • Kemudian, akan muncul pilihan seperti di atas. Pilih “Go Live”.
  • Sesuaikan setelan privasi live streaming menjadi publik, tidak publik, atau pribadi.

mengatur waktu di youtube

  • Untuk menjadwalkan live streaming di lain waktu klik “Opsi lainnya” lalu pilih waktu dan tanggal sesuai yang kamu inginkan. 
  • Untuk mengatur fitur live chat, monetisasi, hingga pembatasan usia kamu bisa memilih “Tampilkan lebih banyak” dari menu “Opsi lainnya”.
  • Ketika kamu ingin memulai siaran langsung yang sudah terjadwal, pilih “Kalender” pada menu “Live streaming” dan pilih live stream yang sudah kamu jadwalkan dan mulai dengan memilih tombol “Live streaming”.
  • Jika kamu ingin melakukan siaran langsung dari tampilan layar ponselmu, klik “Buat channel” dan bagikan layar.
  • Setelah kamu selesai melakukan siaran langsung, klik “Selesai”. Video rekaman siaran langsungmu akan tersimpan otomatis pada arsip streaming di channel-mu. Kamu bisa mengubah pengaturan privasi atau menghapus arsip tersebut kapan saja.

2. Melalui ReplayKit iOS

Selain melalui aplikasi YouTube, khusus untuk iOS 10.2+ dapat melakukan siaran langsung menggunakan ReplayKit. Contoh aplikasi yang didukung adalah Mobile Legends: Bang bang, Procreate, dan Asphalt 8: Airborne. Berikut adalah cara memulainya:

  • Buka aplikasi yang ingin digunakan dan disiarkan langsung
  • Klik menu untuk live streaming dan pilih YouTube
  • Ikuti langkah-langkah untuk menyiapkan siaranmu.
  • Klik “Live streaming” dan kamu bisa menggunakan aplikasi sekaligus menyiarkannya melalui YouTube.

Kamu juga bisa menjadwalkan siaran langsung dalam bentuk cuplikan promosi atau membagikan tautan siaran setidaknya 48 jam sebelum kamu mulai agar pengikutmu dapat menontonnya. 

3. Melalui Komputer

Kamu juga bisa melakukan siaran langsung YouTube melalui komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website YouTube melalui browser kamu.
  • Kemudian masuk ke YouTube Studio menggunakan akun YouTube kamu.
  • Di bakan kanan atas, pilih menu “Buat” yang terdapat gambar kamera.
  • Lalu, pilih “Live Streaming”
  • Klik pada “tab Kelola”.

atur jadwal streaming di youtube

  • Kemudian, pilih “Jadwalkan streaming” dan sesuaikan pengaturan waktu dan tanggal dengan keinginanmu.
  • Ketika kamu mau memulai siaran langsung sesuai jadwal yang sudah kamu tentukan, pilih acara terjadwal pada menu “Live Streaming” dan kamu bisa langsung melakukan siaran langsung.

Nah, itu dia cara menjadwalkan live streaming YouTube melalui komputer. Kamu bisa menggunakan webcam atau menggunakan Encoder YouTube untuk melakukan siaran langsung gaming, menggunakan audio dan video eksternal, serta pengaturan produksi siaran tingkat lanjut seperti penggunaan banyak mikrofon dan kamera dalam satu waktu.

Apa Itu Encoder?

Encoder adalah sebuah software yang berfungsi untuk membantu kegiatan siaran langsung. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketika kamu menggunakan encoder maka kamu dapat menyiarkan tampilan layar saat kamu bermain game, kemudian menggunakan banyak kamera dan mikrofon dalam satu waktu, juga menggunakan peralatan eksternal. 

Baca Juga:   Fitur Collaboration Instagram: Cara Menggunakan dan Manfaat.

Biasanya para game streamer menggunakan encoder untuk melakukan siaran langsung. Contoh software encoder adalah Open Broadcaster Software, Stage Ten, dan Streamlabs OBS. Kamu harus terlebih dahulu menginstal software tersebut sebelum kamu menggunakan perangkat eksternal lainnya.

Kelebihan Live Streaming di YouTube

Setelah kamu memahami cara menjadwalkan dan cara melakukan siaran langsung di YouTube, sekarang kamu perlu mengetahui apa saja kelebihan melakukan siaran langsung melalui YouTube. Berikut adalah kelebihannya:

1. Waktu Tidak Terbatas

Siaran langsung pada platform Facebook dan Instagram terdapat batasan waktu, yaitu 4 jam. Berbeda dengan kedua platform tersebut, YouTube tidak membatasi durasi siaran langsung. Dengan begitu, YouTube memberimu keuntungan. Hal yang membatasi durasi siaran langsung hanyalah faktor eksternal seperti baterai ponsel atau paket internet.

2. Otomatis Tersimpan

Ketika kamu melakukan siaran langsung melalui YouTube, video siaran tersebut akan otomatis tersimpan pada channel-mu. Berbeda dengan Facebook dan Instagram Live yang terdapat batasan waktu untuk menonton ulang siaran. Selain itu, pengguna akan diminta untuk memilih menyimpan atau menghapus video siaran tersebut. Berbeda dengan YouTube yang otomatis tersimpan dan dapat mengatur pengaturan privasi atau menghapusnya.

3. Optimasi Kualitas Video Otomatis

Salah satu keunggulan menggunakan YouTube untuk siaran langsung adalah adanya optimasi kualitas video otomatis bagi para penonton. Biasanya, platform lain akan tetap menampilkan video sesuai kualitas dari pelaku siaran sehingga penonton cukup terkendala untuk menonton dengan kualitas internet buruk. YouTube akan membantu para penonton tetap dapat menonton dengan menyesuaikan kualitas video dengan kualitas internetnya.

4. Bisa Mendapatkan Uang

Sudah bukan rahasia lagi kalau YouTube adalah salah satu platform yang dapat membantumu menghasilkan uang. Kamu bisa mendapatkan uang melalui monetisasi iklan yang terpasang selama kamu melakukan siaran langsung. Selain itu, kamu dapat mengatur kapan iklan tersebut muncul misalnya di awal siaran atau di tengah-tengah siaran.

Cara Mempromosikan Live Streaming YouTube

Terdapat banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan perhatian penonton siaran langsung. Berikut adalah cara mempromosikan siaran langsung di YouTube:

1. Buat Video Cuplikan

Promosi yang satu ini dapat kamu lakukan sebelum acara berlangsung. Kamu dapat membagikan video cuplikan channel atau teaser yang mempromosikan acara siaran langsungmu.

2. Membagikan Tautan Siaran Langsung

Pastikan kamu membagikan tautan siaran langsung sekitar 48 jam sebelum acara mulai. Kamu dapat membagikan tautan melalui akun media sosial atau melalui blog yang akan menampilkan konten siaran milikmu.

3. Buat Bagian Live

Kamu juga dapat menampilkan siaran langsung yang akan tayang dengan banner yang sudah kamu gunakan di channel YouTube kamu. Untuk dapat membuatnya, klik untuk membuat “Bagian Live”. Dengan begitu penonton akan tahu kapan kamu akan melakukan siaran langsung.

Baca Juga:   Karakter Pengguna TikTok Beserta Minatnya

4. Buat Klip Sorotan

Promosi yang satu ini dilakukan ketika kamu sedang melakukan siaran langsung. Klip sorotan dari siaran langsungmu ini akan muncul pada feed subscriber. Tak lupa kamu juga dapat memperbarui banner video klip sorotan tersebut dengan menyesuaikan waktu dan tanggal di dalamnya.

5. Unggah Arsip Siaran Langsung

Terakhir, promosi yang dilakukan setelah acara berlangsung yaitu mengunggah arsip siaran langsung sehingga kamu bisa menarik banyak perhatian penonton yang tidak dapat menonton pada waktu real time.

Tips Lancar Live Streaming di YouTube

Supaya siaran langsung mu lancar, kamu dapat mengikut tips di bawah ini:

1. Pastikan Menggunakan Jaringan yang Dapat Diandalkan

Pertama, pastikan kamu menggunakan jaringan yang cukup stabil. Sesuaikan kualitas video dengan kekuatan bandwith internet kamu. Jika kualitasnya terlalu besar maka akan terjadi buffering. Gunakan jaringan 4G LTE+ atau Wi-Fi. Jika kamu menggunakan ponsel, pastikan untuk membersihkan cache yang menumpuk terlebih dahulu.

2. Siapkan Dua Jam Sebelumnya Terutama Bila Menggunakan Encoder

Kedua, jika kamu hendak melakukan siaran langsung menggunakan encoder, pastikan kamu menyiapkan konfigurasinya setidaknya dua jam sebelum memulai siaran. Lalu, kamu bisa mulai encoder 15 menit sebelum siaran. Alangkah lebih baiknya bila kamu melakukan uji coba failover encoder untuk melihat terlebih dahulu.

3. Memastikan Peralatan untuk Siaran Langsung Sudah Siap Pakai

Ketiga, pastikan semua peralatan atau perangkat yang akan kamu gunakan dalam kondisi siap pakai. Misalnya seperti peralatan encoder, webcam, atau mikrofon. Semua peralatan harus dicek terlebih dahulu kondisinya sebelum kamu benar-benar menggunakannya untuk kebutuhan siaran langsung.

4. Perhatikan Keamanan Siaran Langsung

Terakhir, pastikan untuk memperhatikan keamanan siaran langsung. Kamu tidak boleh membuat konten yang melanggar pedoman komunitas dan kebijakan YouTube seperti tindakan kekerasan atau hate speech. Selain itu, pastikan untuk berhati-hati ketika memberikan informasi pribadi selama siaran berlangsung. 

Tak lupa juga kamu dapat membatasi siapa saja yang dapat menonton siaran langsung melalui menu privasi. Jika terdapat pengguna yang membuat ketidaknyamanan di live chat kamu bisa memblokirnya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka siaran langsungmu akan aman.

Tertarik Melakukan Live Streaming di YouTube?

Setelah mempelajari cara menjadwalkan live streaming YouTube hingga tips agar siaran langsung lancar, pastikan agar kamu selalu mematuhi kebijakan pengguna dan pedoman komunitas dari YouTube. Tak lupa kamu juga harus memiliki setidaknya 50 subscriber terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi terkait influencer, youtube influencer, berita influencer, marketing influencer, dan lain lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password