Cara Menjadwalkan Live di Instagram dengan Mudah

Cara Menjadwalkan Live di Instagram dengan Mudah

Sekarang Instagram mempunyai tools terbaru yang berfungsi sebagai penjadwalan live instagram sampai 90 hari sebelumnya. Bagaimanakah cara menjadwalkan live di instagram sebelum hari yang kita inginkan?

Tools baru tersebut dinamakan Practice Mode yang memberikanmu pilihan untuk mengatur live beberapa hari sebelumnya. Artikel ini akan menjelaskan kepadamu cara menggunakan tools Practice Mode serta manfaatnya dalam membangun brand bisnis kamu. 

Cara Kerja Penjadwalan Live Instagram 

Mungkin kamu akan merasa heran, bagaimana caranya menjadwalkan acara live? Penjadwalan live instagram ini sama halnya dengan kamu menambahkan agenda kegiatan di aplikasi kalender. Sehingga, followers instagram kamu mengetahui jadwal tersebut dan mereka dapat meluangkan waktunya pada hari yang kamu tentukan.

Berdasarkan klaim dari pihak instagram, penjadwalan live ini bertujuan untuk membantu kamu dalam mendistribusikan dan penemuan acara live instagram milikmu. 

Kini, saat kamu mengetahui cara menjadwalkan live di instagram, kamu bisa membagikan pengingat dan hitung mundur langsung melalui fitur instagram stories, feed, dan juga profil. 

Baca Juga: Tips Instagram Story untuk Meningkatkan Reach dan Engagement

Instagram juga sudah memperkenalkan lencana baru berupa Live in Profiles yang memungkinkan follower atau pengunjung akun instagram kamu mengetahui kamu mempunyai acara live terjadwal.

Ketika pengguna instagram mengklik lencana tersebut, mereka bisa klik Remind me atau Ingatkan saya untuk berlangganan acara live di akun kamu. Kehadiran fitur ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan live instagram sampai 90 hari sebelumnya. Sehingga, kamu akan mempunyai banyak waktu dalam menyebarkan informasi tentang acara live instagram tersebut.

Cara Menjadwalkan Live di Instagram 

Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menjadwalkan acara live di instagram:

  • Buka fitur kamera instagram stories, kemudian geser ke tab Live. 
  • Pilih Schedule atau Jadwal yang terletak di panel samping. Masukkan informasi acara live kamu seperti judul video, tanggal dan waktu, produk yang kamu beri tag, kemudian pilih Schedule Live Video.
  • Berikutnya, kamu bisa tap ikon titik tiga untuk mengedit atau Share as Post.

Ketika kamu memilih untuk membagikan postingan, followers kamu bisa mendaftar untuk mendapatkan notifikasi dan pengingat. Sehingga, mereka nantinya akan menerima notifikasi ketika kamu melakukan live instagram.

Jika kamu ingin membagikan hitungan mundur untuk acara live instagram kamu pada fitur instagram stories, kamu bisa menambahkan stiker dan pilih Schedule atau Terjadwal.

Selain dapat menjadwalkan live instagram, kamu juga bisa menjadwalkan feed dan instagram stories. Fitur penjadwalan yang lain memungkinkan kamu untuk menjadwalkan dan melihat pratinjau beberapa hari sebelum konten kamu tayang. Meskipun tampak biasa, namun cara ini dapat mengubah kebiasaan lama.       

Apa Itu Practice Mode? 

Selain fitur penjadwalan live, instagram juga memperkenalkan tools Practice Mode. Practice Mode merupakan tools tambahan yang bagus untuk menunjang acara live instagram bisnis online kamu.

Setiap orang yang sudah pernah melakukan live instagram, baik secara sendirian maupun bersama orang lain. Mereka tahu bahwa dalam mendapatkan pencahayaan terbaik sampai memastikan koneksi jaringan yang bebas dari gangguan adalah tantangan tersendiri.

Bahkan seorang Adele, artis pemenang Grammy Awards juga mengalami masalah ketika melakukan live instagram baru-baru ini.

Itu hanyalah dari segi pengaturannya saja. Belum termasuk segala masalah yang bisa terjadi selama proses acara live di hari H. Tools ini akan membantu kamu untuk meminimalisirnya.

Menurut TechCrunch, Practice Mode memungkinkan kamu untuk bergabung dengan pengguna instagram lain sebelum acara live berlangsung. Tujuannya adalah untuk menguji koneksi internet, pencahayaan, serta mengelola persiapan sebelum acara live yang kamu butuhkan. 

Mempunyai kemampuan memasuki live instagram sebelum acara berlangsung dengan cara menjadwalkan live di instagram. Diharapkan bisa mengurangi masalah teknis yang akan terjadi dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Sekarang ini fitur live instagram sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan fitur ini mampu mendorong lebih banyak content creator dan brand untuk terlibat.

Jadi, bila kamu baru mengenal fitur instagram live, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu melakukan eksperimen. Demi memperkenalkan brand, meningkatkan angka penjualan, dan mengembangkan bisnis online kamu.

Tips Membuat Acara Live Instagram yang Menarik  

Bagi kamu yang menginginkan untuk mendapatkan banyak penonton saat melakukan acara live di instagram. Silahkan untuk melakukan beberapa tips berikut ini:  

1. Tentukan Konsep yang Ingin Kamu Sampaikan

Sebelum melakukan live instagram, kamu perlu menentukan konsep yang hendak disampaikan terlebih dahulu. Konsep yang akan kamu sampaikan sebaiknya mengandung SMART, yakni Specific, Measurable, Attainable, Relevant, serta Timely. Berikut ulasannya:

  • Specific: Tujuan spesifik yang ingin kamu peroleh dari acara live instagram. Misalnya, kamu ingin acara live ditonton oleh 400 akun pengguna instagram.
  • Measurable: Harapan terukur lainnya setelah melakukan acara live instagram. Contohnya, kamu ingin mendapatkan followers sebanyak 60 akun.
  • Attainable: Hindari menaruh harapan yang tidak rasional, misalnya mendapatkan followers hingga 1 juta akun setelah acara live instagram.
  • Relevant: Tentukan tujuan live instagram kamu yang sesuai dengan tujuan bisnis atau fokus utama kamu dalam membuat akun instagram.
  • Timely: Mempunyai tenggat waktu untuk pencapaian tertentu setelah melakukan live instagram. Misalnya, produk yang kamu tawarkan bisa terjual habis selama 2 hari setelah acara live yang kamu lakukan. 

Selain konsep SMART di atas, kamu juga perlu mengatur durasi, alur, topik, dan poin-poin penting yang akan kamu sampaikan pada sesi live instagram nantinya. Pastikan topik yang kamu pilih menarik dan sesuai dengan produk bisnis kamu.

2. Buat Pin Topik Menarik

Pada saat kamu akan membuat sesi live instagram, sebaiknya buatlah pin yang berisikan topik pembahasan. Tujuannya adalah sebagai acuan untuk para penonton supaya mereka bisa mengetahui gambaran umum dari isi live instagram kamu.

Buatlah topik yang menarik pada pin yang mampu memicu rasa penasaran penonton untuk masuk ke sesi live instagram kamu. Contohnya, live dengan influencer atau artis yang sedang hits beserta topik hangat. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan pin yang memuat pertanyaan dan dapat dijawab oleh setiap audiens.

3. Promosikan Sesi Live Instagram

Setelah kamu menyiapkan semua hal untuk acara live instagram kamu. Kamu bisa mengumumkan sesi live instagram tersebut dengan cara menjadwalkan live di instagram.

Promosi ini memuat tentang pengumuman yang berhubungan dengan waktu live, teman live kamu jika ada, dan melalui akun apa. Kamu dapat membagikannya melalui instagram stories dan feed instagram.

Supaya para followers akun kamu bisa mengetahui jadwal tersebut dan meluangkan waktu untuk menghadiri sesi live instagram kamu.

4. Ciptakan Engagement dengan Sesi Tanya Jawab

Live instagram mempunyai fitur komen yang memungkinkan para penonton untuk memberikan komentar secara real time ketika sesi live. Pada saat ada penonton yang memberikan komentar berupa sapaan atau pertanyaan. Sebaiknya kamu menyapanya balik atau menjawab pertanyaan mereka secara langsung.

Kamu juga dapat menyiapkan sesi tanya jawab ketika acara live instagram berlangsung. Sehingga, akan ada engagement yang bisa tercipta selama acara live instagram kamu dan menjadikannya nilai tambah.

5. Akhiri Live dengan CTA

Sebelum mengakhiri sesi live instagram, jangan lupa untuk menyampaikan CTA (Call to Action) kepada para penonton live. CTA merupakan ajakan untuk penonton live kamu agar melakukan sesuatu yang kamu harapkan.

CTA yang kamu sampaikan sebaiknya sesuai dengan tujuan awal sebelum kamu melakukan live. Contohnya, kamu hendak mendapatkan followers tambahan, karena tidak semua penonton adalah followers kamu. 

Nah, kamu bisa melakukan ajakan untuk mereka agar menekan tombol follow pada profile akun instagram kamu. Sehingga, tujuan awal kamu dapat tercapai sesuai harapan.

Siap Menerapkan Cara Menjadwalkan Live di Instagram?  

Baik, seperti itulah cara menjadwalkan live di instagram menggunakan tools Practice Mode yang sangat mudah. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips-tips di atas agar sesi live instagram kamu tampak lebih menarik.

Sehingga, acara live kamu banyak ditonton oleh para pengguna instagram selain followers kamu. Sebaiknya pilih isu yang cukup dekat dengan keadaan saat ini sehingga para penonton juga bisa related dengan pembahasan yang akan kamu sampaikan. Sudah siapkah kamu untuk melakukan live instagram?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar instagram influencer, marketing influencer, berita influencer, dan masih banyak lagi di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password