Cara Menjadi YouTuber Pemula, Sukses dengan Modal HP!

cara menjadi youtuber

Dengan semakin berkembangnya teknologi, cara mendapatkan uang juga semakin berkembang. Salah satu cara yang kini banyak orang gunakan untuk mendapatkan uang adalah dengan memanfaatkan YouTube dan menjadi seorang YouTuber.

Bagaimanakah cara menjadi YouTuber yang sukses?

Menjadi YouTuber ternyata tidak harus memiliki peralatan modal yang mahal seperti alat perekam, lampu sorot, dan sebagainya. Kamu ternyata bisa menjadi seorang YouTuber hanya dengan bermodalkan smartphone atau HP saja.

11 Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Berikut ini adalah beberapa cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang sukses dan bisa kamu terapkan.

Untuk kamu yang masih pemula dan sangat tertarik menjadi seorang YouTuber hanya dengan bermodalkan smartphone, simak penjelasan ini yuk!

1. Menentukan Niche atau Kategori Target Pasar

Cara menjadi YouTuber pemula yang pertama adalah menentukan niche atau target pasar yang sesuai dengan keinginan kamu. Langkah awal ini akan menentukan keberhasilan kamu dalam beberapa langkah selanjutnya. Hal ini juga akan lebih menghemat tenaga, karena kamu akan fokus pada suatu target pasar tertentu.

Pilihlah niche atau target kategori pasar yang tidak akan pernah habis untuk dibahas seperti gadget, fashion, kecantikan, musik, dan niche lainnya. Hal ini akan membuat kamu tetap konsisten dan tidak akan bingung dalam menentukan konten seperti apa yang akan kamu buat nantinya.

2. Menentukan Target

Langkah atau cara menjadi YouTuber pemula yang berikutnya adalah menentukan target. Ketika akan menjadi seorang YouTuber, kamu harus menentukan target seperti apa yang ingin kamu capai terlebih dahulu. Apakah target kamu adalah jumlah subscriber tinggi, jumlah like yang tinggi, atau dikenal oleh banyak orang.

Kamu juga harus menentukan target dalam kurun waktu tertentu. Seperti misalkan dalam hitungan minggu atau 6 bulan, berapa jumlah subscriber dan like yang akan kamu targetkan. Dengan melakukan hal ini, apabila target kamu tidak tercapai, maka kamu bisa kembali melakukan evaluasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga:   Ide Konten TikTok Tanpa Wajah yang Mudah Dilakukan

3. Membuat Perencanaan Konten Video

Setelah kamu menentukan niche dan target, langkah yang selanjutnya adalah membuat perencanaan konten video. Pada tahap ini cukup penting karena kamu perlu menentukan audiens seperti apa yang ingin kamu raih. Mulai dari usia, jenis kelamin, jam berapa biasanya para penonton aktif, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa mengamati kompetitor atau YouTuber lainnya yang sesuai dengan niche kamu. Amati, tiru dan modifikasi sesuai dengan keinginan kamu. Kamu juga mulai mencari kata kunci apa yang relevan dengan niche kamu untuk mendapatkan ide konten seperti apa yang akan kamu buat.

4. Membuat Akun Channel YouTube

Jika pada beberapa tahap sebelumnya adalah tahap perencanaan, lalu selanjutnya adalah tahap pelaksanaan. Tahap pelaksanaan yang pertama adalah tentunya membuat akun channel YouTube. 

Cara membuat akun channel YouTube cukup mudah. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui akun email dan membuat channel sendiri.

Pada tahap ini, kamu perlu memasukan nama channel YouTube kamu. Gunakanlah nama channel yang unik dan mudah diingat. Kamu juga perlu menggunakan banner yang menarik pada channel YouTube kamu. Selain itu juga ada beberapa informasi yang perlu kamu masukan seperti deskripsi, info kontak, dan lain sebagainya.

5. Menggunakan HP dengan Kualitas Kamera yang Cukup Baik

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP selanjutnya adalah menggunakan HP dengan kualitas kamera yang cukup baik. Kamera HP yang baik merupakan modal paling penting agar kamu sukses menjadi seorang YouTuber.

Pilihlah kamera HP yang mampu menghasilkan kualitas rekaman yang sesuai standar dan cukup baik. Contoh kamera HP yang berkualitas baik adalah seperti mampu menghasilkan hasil rekaman dengan kualitas 1080p.

6. Membuat Konten Video yang Menarik

Langkah yang selanjutnya adalah membuat konten video yang menarik. Dengan memiliki tahap perencanaan dan peralatan yang baik, maka langkah untuk membuat konten video yang menarik tentunya akan lebih mudah untuk kamu lakukan.

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan dalam membuat konten video menarik adalah membuat sapaan dan salam khusus pada awal video. Bentuk pembukaan ini akan menjadi ciri khas dari channel YouTube kamu.

7. Menggunakan Aplikasi Editing yang Ramah untuk HP

Setelah membuat konten yang menarik, cara menjadi YouTuber pemula modal HP selanjutnya adalah menggunakan aplikasi editing yang ramah untuk HP.

Baca Juga:   5 Instagram Metrics untuk Mengukur Performa Akunmu

Editing juga merupakan tahap penting yang harus kamu lakukan agar hasil akhir dari video yang nantinya tayang di channel YouTube kamu menjadi menarik.

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi editing melalui HP yang bisa kamu gunakan, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Sebagai pemula, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi editing gratis. Lalu jika kamu sudah merasa cukup mahir dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan fitur berbayar tambahan lainnya.

8. Membuat Jadwal Upload Konten Video

Setelah kamu terbiasa membuat konten yang menarik dan menggunakan aplikasi editing video di HP, mulailah untuk membuat jadwal upload konten video di channel YouTube kamu. Dengan melakukan tahap ini, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Beberapa keuntungannya adalah seperti dapat lebih teratur dalam proses mengembangkan channel YouTube kamu, mulai dari tahap perencanaan, mencari ide, sampai upload video. Penonton akun channel YouTube kamu juga akan dapat dengan mudah mengetahui kapan akan ada konten video terbaru.

9. Harus Konsisten

Cara menjadi YouTuber pemula yang sukses adalah konsisten. Konsisten adalah salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan banyak orang. Beberapa tahap yang telah disebutkan sebelumnya akan percuma jika kamu tidak konsisten.

Konsisten memang bukanlah hal yang mudah, seringkali mungkin kamu akan merasa lelah karena hal lain yang mengganggu kamu untuk mengembangkan channel YouTube. Namun dengan komitmen yang kuat, kamu tentunya dapat melakukan hal ini dan terus bisa mengembangkan channel YouTube kamu.

10. Melakukan Promosi

Cara menjadi YouTuber pemula yang sukses selanjutnya adalah melakukan promosi. Promosikan channel YouTube kamu di beberapa media sosial lainnya seperti Instagram, TikTok, dan yang lainnya. 

Mulailah promosi ke beberapa teman dekat kamu. Pada tahap ini, kamu juga harus melakukan efisiensi biaya promosi.

Hal yang perlu kamu perhatikan pada tahap ini adalah tetap konsisten dalam memberikan konten video yang menarik secara rutin sambil melakukan promosi. Kamu bisa memanfaatkan beberapa tools atau alat promosi seperti YouTube Ads, dan lain sebagainya.

11. Melakukan Analisa

Tahap yang terakhir dalam cara menjadi YouTuber pemula yang sukses adalah melakukan analisa. Analisa menjadi tahap terakhir dan harus kamu lakukan. Meskipun merupakan tahap akhir, tapi analisa bisa menjadi acuan kamu dalam memperbaiki dan mengembangkan channel YouTube pada waktu selanjutnya.

Kamu dapat melakukan analisa berdasarkan rentang waktu target yang telah kamu terapkan sejak tahap awal perencanaan dalam menjadi seorang YouTuber. Dalam melakukan analisa ini, kamu harus menggunakan bantuan tools agar mendapatkan data-data yang lebih akurat.

Baca Juga:   Tingkatan Influencer Berdasarkan Subscriber YouTube

Tertarik Menerapkan Cara Menjadi YouTuber?

Itulah beberapa langkah atau cara menjadi seorang pembuat konten YouTube. Mulai dari tahap perencanaan yang terdiri dari menentukan niche atau kategori pasar dan menentukan target yang ingin kamu capai ketika menjadi YouTuber. Pada tahap ini kamu juga harus membuat perencanaan konten yang tepat.

Lalu setelah tahap perencanaan, masuklah pada tahap pelaksanaan. Pada tahap ini kamu bisa mulai dengan membuat akun channel YouTube. Lalu, kamu bisa mulai menggunakan HP dengan kualitas kamera yang cukup baik dan membuat konten yang menarik.

Pada tahap pelaksanaan ini, kamu juga harus menggunakan aplikasi editing yang ramah untuk HP agar hasil video kamu lebih menarik. Sebagai pemula, gunakanlah aplikasi editing gratis terlebih dahulu sambil mempelajari aplikasi tersebut.

Terdapat juga tips yang perlu kamu lakukan agar sukses menjadi seorang YouTuber. Beberapa tips tersebut adalah seperti membuat jadwal upload konten video, dan harus konsisten dalam mengembangkan channel YouTube. Pada tahap pelaksanaan ini, kamu juga bisa mulai melakukan promosi channel YouTube kamu.

Pada tahap akhir, kamu bisa mulai melakukan analisa sesuai dengan rentang waktu pada tahap penentuan target sebelumnya. Setelah mengetahui semua cara tersebut, mulailah untuk menjalankannya dan kamu akan sukses menjadi seorang YouTuber.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, YouTube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password