7 Cara Menjadi Travel Influencer Sukses Lengkap untuk Pemula!

cara menjadi travel influencer

Cara menjadi travel influencer sukses bisa dikatakan susah-susah gampang.

Butuh proses yang cukup panjang agar kamu menjadi profesional. Selain passion, kamu juga membutuhkan berbagai cara menjadi influencer wisata untuk membantu pembelajaran.

Travel influencer saat ini termasuk pekerjaan yang banyak diimpikan. Selain mendapatkan penghasilan yang besar, kamu bisa berjalan-jalan ke berbagai destinasi luar negeri dengan bebas.

Namun untuk menggeluti bidang ini kamu harus memahami cara menjadi travel influencer yang baik agar tidak mengalami kesalahan saat bekerja.

Bagaimana Cara Menjadi Travel Influencer yang Berkualitas?

Tampak menyenangkan bukan berarti tidak membutuhkan skill apapun. Seorang travel influencer dituntut untuk menguasai beberapa skill sekaligus.

Seperti kemampuan berbahasa, public speaking, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang memiliki keinginan besar untuk mencoba pekerjaan ini, berikut adalah tips lengkapnya.

1. Kuasai Beberapa Bahasa Asing

Cara menjadi travel influencer yang pertama adalah kamu harus belajar dan menguasai bahasa asing. Setidaknya kamu bisa Bahasa Inggris dan bahasa lokal dari negara yang hendak kamu jadikan tujuan destinasi. Misalnya Jepang, Korea Selatan, Belanda, dan lain sebagainya.

Pastikan agar kamu benar-benar fasih dalam mengucapkan kalimat menggunakan bahasa asing. Ini karena kamu tidak pernah tahu bagaimana karakter orang yang kamu hadapi. 

Belajar bahasa saat ini tidak lagi sulit. Ada banyak di luaran sana tempat kursus bahasa asing yang dapat kamu datangi. Apabila tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke tempat kursusnya, kamu bisa mengambil kelas online. Asah terus skill berbahasa untuk memudahkan kamu berkomunikasi.

2. Perkuat Kemampuan Public Speaking

Public speaking merupakan kemampuan berkomunikasi di depan umum dengan baik dan fasih. Tanpa skill ini, kamu tidak bisa menjadi travel influencer yang berkualitas karena yang customer kamu butuhkan adalah penjelasan. 

Bayangkan saja, apa jadinya jika kamu tidak bisa melakukan apa yang mereka inginkan? Pastinya mereka akan kecewa.

Kemudian, dibalik itu semua, kamu juga harus bisa bagus dalam semua hal yang berkaitan dengan komunikasi. Baik itu secara verbal atau public speaking, tulisan, maupun gambar. Oleh karena itulah, tidak semua orang mampu menjalani pekerjaan yang satu ini dengan baik.

Maka dari itu, selagi belajar bahasa asing, kamu bisa mempelajari pula konsep public speaking yang bagus. Cara menjadi travel influencer pada poin ini termasuk skill yang penting untuk dikuasai.

3. Manfaatkan Sosial Media Terutama Instagram

Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki akun di sosial media. Terutama aplikasi Instagram yang dimanfaatkan oleh para pencari cuan untuk memasang portofolio mereka. Banyaknya pengguna sosial media saat ini harus dimanfaatkan untuk menjadi platform promosi bisnis, tak terkecuali travel influencer.

Kamu bisa mendesain akun sosial media terutama Instagram dengan menarik dan tentunya unik. Dengan begitu, orang-orang akan tertarik untuk mengikuti akun yang kamu miliki. Selain itu, jangan lupa untuk membuat postingan dengan rapi agar followers kamu tidak merasa bosan untuk menikmati karyamu.

4. Buatlah Konten yang Berkualitas

Cara menjadi travel influencer yang berikutnya adalah buat konten yang berkualitas. Pekerjaan yang satu ini tidak jauh dari gambar dan video. Oleh karena itu, kamu harus mengasah skill mengambil gambar atau take video dengan baik. 

Skill ini juga bisa dikatakan sangat penting untuk dikuasai. Para customer biasanya akan memilih influencer wisata yang memiliki portofolio bagus. Dalam artian, kamu bisa berkomunikasi dengan baik, mengambil gambar berkualitas, membuat caption menarik, dan pandai berbahasa asing.

5. Gunakan Tagar saat Post Konten

Hashtag atau tagar mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu kamu mempromosikan konten yang diunggah. Adapun fungsi dari tagar ini adalah memudahkan orang lain menemukan postingan pengguna, menambah followers, bahkan meningkatkan engagement di postingan seperti like, komen, dan lain-lain.

cara menjadi travel influencer dengan memanfaatkan tagar harus kamu sertai strategi yang ampuh. Jika kamu melihat ada akun yang menggunakan tagar dengan jumlah lebih banyak dari 5, itu salah besar. Karena dalam tekniknya, jumlah maksimal tagar dalam satu postingan berjumlah 5 saja.

Selain itu, pastikan agar kamu memakai tagar yang sesuai dengan postingan. Jika hari ini kamu posting gambar destinasi alam di negara Indonesia, maka tagarnya pun harus yang berkaitan dengan gambar tersebut. Carilah tagar tentang traveling yang paling populer di tahun ini agar kamu bisa memperoleh lebih banyak followers.

6. Jalin Hubungan yang Baik dengan Followers

Ketika kamu sudah dikenal baik oleh banyak orang, bukan berarti menjadi pribadi yang lebih tertutup. Dalam artian kamu mengurangi intensitas berkomunikasi dan berinteraksi dengan followers. Percayalah, sikap tersebut yang akan membuat followers kamu kabur dan merasa kurang dihargai keberadaannya.

Padahal kamu butuh mereka untuk menjadi testimoni tentang hasil gambar yang kamu ambil. Oleh karenanya, lakukan cara menjadi travel influencer dengan tetap menjalin hubungan baik bersama followers, terutama mereka yang memiliki pekerjaan atau ketertarikan yang sama. 

Sekali-kali kamu bisa bertanya kepada followers tentang pendapat mereka terhadap suatu destinasi.

Kembangkan pula koneksi dengan para influencer wisata lainnya agar kamu mendapatkan pengalaman yang lebih luas dari mereka yang sudah lebih dulu menekuni bidang ini. 

Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan kolaborasi dengan mereka. Setidaknya ada relasi kerja yang bisa mengajak kamu menekuni hobi sekaligus mencari cuan.

7. Sabar dan Konsisten untuk Belajar

Cara menjadi travel influencer yang terakhir adalah sabar dan konsisten untuk terus belajar. Tidak ada orang yang dilahirkan dengan kemampuan sempurna. Kalaupun ada, jumlahnya sangat sedikit dan perlu diasah untuk memperdalam skill tersebut. 

Tidak semua orang sukses di dunia ini adalah mereka yang pintar. Banyak orang sukses yang dulunya sering membolos kuliah, tidak mengerjakan PR, menunda pekerjaan, dan lain sebagainya. 

Tapi kuncinya, mereka mau sabar, pantang menyerah, dan konsisten untuk belajar hal yang mereka inginkan. 

Menjadi travel influencer kelihatannya mudah. Kamu hanya perlu melakukan komunikasi, menjadi membagikan wawasan wisata, dan mendapat penghasilan. Tapi itu semua tidaklah selalu benar. Setiap pekerjaan ada tantangannya masing-masing. 

Misalnya saja tiba-tiba followers kamu turun dan mendapat hujatan dari netizen karena menilai gambar yang kamu posting tidak baik. Itu bisa saja kamu alami dan pasti akan mengguncang mental jika tidak siap.

Maka dari itu, kamu harus sabar untuk menekuni bidang ini jika ingin sukses. Buat dirimu berkualitas dan jadikan omongan pedas mereka sebagai motivasi untuk kamu terus tumbuh. 

Tetaplah mengikuti jadwal post dan strategi yang sudah dibuat. Jangan ragu untuk melangkah karena setiap kegagalan pasti ada kesuksesan yang menanti.

Siap Mencoba Cara Menjadi Travel Influencer?

Cara menjadi travel influencer di atas harapannya akan membantu kamu untuk belajar. Tidak ada kata tidak mungkin saat kamu mau mencoba.

Jika kamu terus belajar mengasah skill, maka suatu saat pasti keinginan terbesarmu akan tercapai.

Semoga berhasil!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, social media influencer dan yang lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password