Cara Menjadi Influencer Sukses untuk Pemula di Era Modern

Cara Menjadi Influencer Pemula

Cara Menjadi Influencer – Influencer memiliki artian paling sederhana yakni seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain. Tentunya, seorang influencer harus memiliki kemampuan untuk membaur bersama orang lain dengan baik. Artinya seseorang tersebut harus mampu bersosialisasi dengan orang banyak tanpa terkecuali. Namun, bagaimanakah cara menjadi influencer terkenal yang bisa kamu lakukan dengan mudah? Simak penjelasan berikut ini!


Cara Menjadi Influencer Sukses yang Bisa Kamu Coba

Beberapa cara sukses untuk menjadi influencer terkenal, antara lain :

1. Cari Hal yang Kamu Sukai dan Minati

Menjadi influencer berarti kamu mampu untuk memberikan pengaruh terhadap orang lain baik itu dari segi life style, mindset, ataupun hal lain yang berhubungan dengan kehidupan orang lain. Tentunya perubahan tersebut harus mampu membawa orang lain untuk masuk kedalam kebaikan.

Langkah awal sebagai cara menjadi influencer yakni dengan mencari hal yang kamu sukai dan minati seperti hobi ataupun kegiatan lain yang mampu mendorongmu untuk melakukan hal positif. Kamu juga bisa memadukan hal tersebut dengan kondisi lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengeksplorasi kegiatan unik dan seru yang mampu menarik minat banyak orang untuk menonton postingan yang nantinya akan kamu upload pada akun media sosial.

Hal yang menyenangkan juga dapat kamu sajikan dalam video vlog dengan menunjukkan kepada audiens suatu hal unik dan berkesan.

Baca juga: Jenis-jenis Influencer Beserta Contohnya! Kamu Wajib Tahu!

2. Cara Menjadi Influencer dengan Menentukan Niche

Cara menjadi influencer  selanjutnya adalah seseorang perlu menentukan niche atau topik dari konten yang akan di upload. Hal ini berperan penting bagi seorang pemula yang akan menjadi influencer. Karena konten media sosial yang terupload akan berpengaruh terhadap banyaknya followers.

Baca Juga:   Net Promoter Score Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitung

Umumnya, audiens akan menyukai konten media sosial dengan topik yang jelas dan menarik. Oleh karena itu, kamu perlu menentukan topik yang mampu menyajikan konten yang menarik. Artinya, topik yang kamu angkat tidak bersifat acak dan tidak jelas.

Tidak hanya dari segi niche, seorang influencer juga perlu menata posisi postingan hingga sedemikian rupa yang mampu menampilkan kesan estetik. Hal inilah yang nantinya akan menjadi daya tarik dari sebuah konten.

3. Pilih Platform yang Ingin Digunakan

Untuk menjadi seorang influencer tentunya kamu memerlukan suatu media atau perantara yang mampu mengantarkan namamu ke khalayak umum. Tentunya, hal tersebut dapat terjadi dalam waktu yang cepat. Sehingga kamu perlu memilih platform tertentu untuk memperkenalkan dirimu sendiri kepada semua orang.

Media sosial merupakan perantara yang saat ini berperan penting dalam dunia. Karena pengguna media sosial tidak terbatas oleh ruang dan waktu, kamu hanya memerlukan koneksi internet yang cukup dan stabil untuk bisa mengakses dan mengunggah konten media sosial baik itu berupa foto atau video.

Selain itu, jumlah pengakses dari media sosial juga tidak terbatas. Sehingga kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk memperbesar namamu di khalayak umum sekaligus memperbanyak interaksi sosial melalui media dalam jaringan.

Pemanfaatan platform lain seperti youtube juga mampu memperbanyak followers baik itu pada akun youtube maupun akun media sosial. Sehingga kamu bisa mengkolaborasikan konten media sosial dan konten youtube sebagai alternatif untuk menjadi seorang influencer terkenal.

Baca juga: Berikut Media Sosial yang Sering Digunakan Influencer

4. Menjadi Influencer dengan Memprioritaskan Konten

Cara menjadi influencer selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu mengutamakan konten. Tentunya, semua influencer akan memprioritaskan konten yang nantinya akan menjadi topik utama atau sarana untuk memperkenalkan diri pada orang lain.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Specialist, Tugas, dan Gajinya

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terkait dengan konten yang akan kamu buat adalah kualitas dari konten tersebut. Seperti kualitas gambar atau video yang nantinya akan kamu unggah. Foto atau video yang berkualitas tentunya dapat terlihat secara jelas dan tidak pecah. Sehingga audiens akan tertarik untuk melihat konten yang kamu upload.

Semakin tinggi sikap loyal yang kamu miliki dalam membuat sebuah konten maka semakin banyak pula followers yang akan kamu miliki. Tidak hanya dari segi tampilan, tetapi juga dari segi isi konten. Sebagian besar kalangan masyarakat memiliki sifat sangat aktif dalam mengomentari sebuah konten.

Oleh karena itu, untuk memberikan kesan baik kepada audiens tentunya kamu perlu memerhatikan secara cermat isi konten yang akan kamu buat. Sehingga tidak akan menimbulkan kontroversial pada kalangan masyarakat.

5. Dengarkan Audiens Kamu

Mendengarkan pendapat orang lain merupakan salah satu cara menjadi influencer yang dapat kamu lakukan, Hal ini nantinya akan berkaitan dengan konten yang akan kamu buat. Terkadang banyak dari audiens akan memberikan saran terhadap sebuah postingan. Atau ada pula audiens yang akan meminta kamu untuk membuat konten yang berhubungan dengan suatu hal.

Dengan adanya saran-saran tersebut, kamu bisa lebih mengeksplor diri untuk membuat konten yang sesuai dengan keinginan audiens. Sehingga secara tidak sadar kamu telah melakukan promosi diri kepada audiens dan membuat namamu semakin melejit tinggi pada kalangan masyarakat.

6. Konsisten

Sikap yang konsisten merupakan suatu hal yang penting ketika kamu berniat untuk menjadi seorang influencer. Artinya, untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum tentunya kamu perlu proses pengenalan yang terjadi sesering mungkin.

Proses pengenalan itu dapat kamu lakukan melalui unggahan konten pada sosial media yang menjadi platform pilihanmu. Dalam mengunggah suatu konten, kamu perlu konsistensi yang tinggi. Walaupun dalam satu hari kamu hanya mengunggah satu postingan berupa foto atau video.

Hal itu sebenarnya telah mampu menarik audiens untuk mengenal lebih banyak tentangmu. Sehingga semakin tinggi sikap konsisten yang kamu miliki maka peluangmu untuk memperluas namamu pada khalayak umum pun semakin besar.

Baca Juga:   7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Influencer dan Alasannya

Baca juga: Apa Itu Engagement Rate Dalam Sosial Media? Influencer Wajib Tahu

7. Kolaborasi dengan Influencer Lainnya

Cara menjadi influencer selanjutnya yang sering terjadi adalah dengan melakukan kolaborasi dengan influencer lain. Seperti halnya ketika kamu masih menjadi seorang pemula dalam dunia maya maka kamu bisa melakukan kolaborasi dengan influencer yang sudah ada dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Sehingga dari hasil kolaborasi itu, audiens akan penasaran dengan identitasmu dan akhirnya mulai mengikuti akun sosial media yang kamu miliki.

8. Interaksi dengan Audiens

Seorang influencer yang banyak disukai oleh audiens adalah influencer yang interaktif. Artinya, seseorang yang nantinya akan memberikan pengaruh terhadap orang lain itu mampu bersosialisasi secara luas dengan khalayak umum.

Dengan kata lain, kamu harus memiliki sifat yang ramah terhadap orang lain. Hal ini nantinya yang akan menjadi point tambahan dan mampu manampilkan kesan baik bagi kamu.

9. Perluas Networking

Memperluas networking sama halnya dengan kamu melakukan kolaborasi dengan influencer lain. Namun, networking dalam hal ini tidak hanya mencakup influencer lain tetapi juga mencakup pihak-pihak tertentu yang nantinya mampu membantu kamu untuk memperluas namamu pada khalayak umum.

Baca juga: Berapa Penghasilan Influencer Berdasarkan Jenisnya?


Sudah Tahukah Cara Menjadi Influencer Sukses?

Uraian tersebut merupakan cara menjadi influencer terkenal yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal maupun langkah lanjutan untuk menjadi lebih maju lagi. Menjadi seorang influencer tentunya kamu harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan orang lain terhadap apa yang kamu sampaikan.

Selain itu, berikan hal paling terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan dirimu pada khalayak umum. Sehingga hal itu akan mendorong audiens untuk mengenal dan menyukaimu. Selamat bersenang-senang dan semoga sukses!


Dapatkan berbagai informasi terbaru seputar berita influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password