Cara Menjadi Copywriter Handal, Sihir Audiensmu Sekarang Juga!

cara menjadi copywriter

Cara menjadi copywriter memerlukan kombinasi keahlian dari berbagai bidang. Faktanya, copywriting bukan hanya perkara tulis-menulis.

Ada banyak aspek yang harus kamu latih jika ingin menjadi copywriter yang ‘menjual’.

Kabar baiknya adalah siapa saja bisa menjadi copywriter profesional, termasuk kamu!

Apa itu Copywriter?

Copywriter adalah orang yang menulis teks untuk merangsang audiens melakukan sesuatu, aktivitas ini berhubungan dengan penulisan copy untuk materi publisitas atau iklan persuasif untuk berbagai media.

Walaupun terdengar sederhana, langkah menjadi copywriter nyatanya tidak semudah yang kamu kira. Bahkan untuk membuat sebuah copy yang hanya terdiri dari beberapa kata saja, seorang penulis bisa menghabiskan waktu berhari-hari.

Tingkat kesulitan inilah yang menjadikan profesi ini prestigious dan banyak dicari. Tidak seperti ilmu eksak yang sifatnya baku, ilmu copywriting sangat dinamis dan terus berkembang. Oleh karena itu, salah satu cara menjadi copywriter adalah dengan terus belajar dan berlatih..

Keahlian yang Wajib Dimiliki Copywriter

Agar dapat menjadi seorang penulis copy yang handal, setidaknya ada 3 keahlian dasar yang wajib kamu pelajari, yaitu:

1. Kemampuan Menulis

Cara menjadi copywriter pertama ialah melatih dasar kepenulisan. Di dalamnya termasuk membaca, menulis, dan menyunting. Tiga aktivitas ini akan menjadi rutinitas kamu sebagai penulis copy. Namun, dalam menulis copy kamu memerlukan level menulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teks lain.

2. Ilmu Pemasaran

Sebuah copy ditulis untuk memasarkan barang atau jasa. Oleh karena itu, kamu juga harus menguasai ilmu pemasaran. Tugas kamu tidak hanya menulis teks yang menarik, tetapi juga menjual sesuatu dengan teks tersebut.

3. Psikologi Marketing

Pemasaran sangat erat kaitannya dengan psikologi. Contohnya, penambahan kata ‘karena’ dalam kalimat mampu meningkatkan persuasi hingga 60%-94%. Data ini menjadi contoh bagaimana satu kata saja bisa sangat mempengaruhi pikiran dan tindakan orang lain. Oleh karena itu, kamu wajib mempelajari psikologi marketing.

Baca juga:

Cara Menjadi Copywriter

Setelah mengetahui bidang keahlian yang harus kamu kuasai. Sekarang kamu akan memasuki bagian yang paling penting, 5 langkah menjadi copywriter yaitu:

1. Melatih Kemampuan Copywriting Dasar

Cara atau langkah menjadi copywriter pertama tentunya berhubungan langsung dengan copywriting. Ada banyak jenis copy seperti teks landing page, Call to Action (CTA) dalam artikel, email penawaran, dan masih banyak lagi. Setiap jenis copy memerlukan strategi tersendiri. Kamu harus mulai mempelajarinya dari sekarang.

2. Memahami Tugas dan Tanggung Jawab Copywriter

Menulis copy bukanlah garis finish bagi seorang penulis. Lebih jauh, kamu harus bisa menjelaskan alasan di balik teks yang kamu tulis. Setelah itu, kamu juga harus bisa monitoring, melaporkan, dan mengevaluasi performa copy. Agar dapat menjalankannya, ada banyak indikator yang harus kamu pertimbangkan.

3. Menentukan Niche

Seorang penulis dituntut untuk mampu bekerja secara fleksibel. Namun, akan lebih baik jika kamu fokus ke suatu bidang (niche). Misalnya, kamu  memusatkan perhatian ke pemasaran produk fashion. Sehingga, kosakata dan strategi copy yang kamu latih pun terfokus untuk menjadi spesialis fashion copywriter.

4. Memahami Metode POWER

Cara menjadi copywriter keempat adalah memahami metode POWER yang dikembangkan oleh Dean Rieck. Penjelasan dari metode ini adalah:

4.1. Prepare (Persiapan)

Sebuah copy yang baik harus melalui persiapan yang matang. Beberapa informasi yang harus kamu siapkan sebelum menulis copy, antara lain:

  • Deskripsi
  • Tujuan
  • Keunggulan
  • Harga
  • Manfaat
  • Garansi
  • Prospek
  • Media pemasaran

4.2. Organize (Pengelompokan)

Setelah menyiapkan semua informasi di atas, langkah selanjutnya adalah mengelompokkan informasi tersebut. Kamu tidak perlu menjelaskan semuanya secara rinci seperti pada teks deskripsi produk. Kamu hanya harus mengambil informasi utama yang perlu kamu tonjolkan.

4.3. Write

Informasi utama yang sudah kamu susun akan menjadi materi copy. Pada tahap ini, kamu bisa mulai menulis copy mulai dari headline, body, hingga CTA. Jangan puas hanya dengan satu draft saja. Cobalah untuk bereksperimen dengan beberapa draft copy sebelum memilih yang terbaik untuk dipublikasikan.

4.4. Edit

Salah satu cara menjadi copywriter profesional adalah berani meminta pendapat. Draft yang kamu buat tidak bisa langsung kamu publish. Akan lebih baik jika kamu meminta pendapat dari tim ataupun divisi lain kemudian melakukan editing. Tujuannya adalah untuk mematangkan copy agar lebih persuasif.

4.5. Review

Tahap terakhir dalam metode POWER adalah mengulas alias review. Pada tahap ini, kamu bisa mengulas kembali copy yang sudah kamu buat. Kamu bisa melakukan penyesuaian agar copy lebih tepat sasaran. Sekilas, review hampir sama dengan editing, tetapi dilakukan pasca publikasi.

5. Mengembangkan 6 Skill Utama Copywriting

Setelah menguasai metode POWER ala Dean Rieck, langkah menjadi copywriter selanjutnya adalah mengembangkan 6 skill utama copywriting dari Jacob Millen. Keenam skill tersebut terbagi berdasarkan jenis copy, yaitu:

5.1. Headline

Headline termasuk bagian terpenting dalam copywriting. Sebuah headline yang kuat akan menarik perhatian audiens untuk membaca informasi selanjutnya. Begitu juga sebaliknya, headline yang lemah akan langsung diabaikan. Oleh karena itu, salah satu langkah yang tidak boleh kamu lewatkan adalah belajar menulis headline.

5.2. Value Proposition

Cara menjadi copywriter yang handal adalah dengan berlatih menulis value proposition. Dalam copywriting, value proposition adalah teks singkat yang menjelaskan 3 hal, yaitu:

  • Produk apa yang kamu tawarkan?
  • NIlai apa yang terkandung dalam produk tersebut?
  • Siapa saja yang perlu menggunakan produk tersebut?

5.3. Landing Page

Perusahaan yang menjalankan digital marketing pasti mempunyai website. Dalam sebuah website, salah satu bagian terpentingnya adalah landing page. Halaman ini berisi penawaran produk/jasa secara rinci. Sebagai penulis, kamu harus bisa merangkai copy yang kuat untuk materi landing page agar visitor tertarik membeli.

5.4. Email

Sejauh ini, pemasaran via email terbukti cukup efektif. Penghasilan melalui email ditaksir mencapai 11 miliar USD pada akhir 2023. Angka sebesar ini membuktikan bahwa email marketing memang potensial. Oleh karena itu, cara menjadi copywriter adalah melatih email copywriting. Karena akan banyak yang memerlukannya.

5.5. Iklan

Pemasaran pastinya berkaitan erat dengan iklan. Salah satu langkah menjadi copywriter pun adalah menulis teks iklan. Tantangan besar saat menulis iklan adalah ruang teks yang terbatas. Kamu harus bisa menarik perhatian, menyampaikan informasi, sekaligus merangsang penjualan hanya dalam beberapa kata.

5.6. Script Video

Sejak era YouTube, tren pemasaran menggunakan video berkembang sangat pesat. Format teks pemasaran untuk video pun berbeda dari jenis copy lain. Oleh karena itu, sebagai penulis copy kamu harus bisa membuat script video yang mampu menghasilkan penjualan.

Siap Mempraktikkan Cara Menjadi Copywriter?

Profesi copywriting adalah peluang yang menjanjikan untuk ditekuni.

Karena dengan menjadi penulis copy, kamu berpeluang untuk mendapatkan penghasilan besar di bidang pekerjaan yang keren dan menyenangkan.

Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mempraktikkan cara menjadi copywriter yang baik dan benar?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password