Cara Sukses Menjadi Content Creator Instagram, Lengkap!

content creator instagram

Content creator Instagram tengah menjadi salah satu profesi yang digemari generasi masa kini. Walau tidak semua orang menganggap hal tersebut bisa menjadi pekerjaan utama, bukan berarti content creator tidak bisa menghasilkan uang yang banyak. 

Selama adanya konsistensi yang tinggi dan usaha, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tinggi dengan mencoba tips menjadi content creator Instagram berikut ini!

Tips Menjadi Content Creator Sukses Instagram

Menjadi content creator yang sukses di platform sebesar Instagram memang membutuhkan banyak effort. Oleh karena itu, berikut ini sejumlah tips yang bisa membantu branding kontenmu agar semakin cepat dikenal.

Simak bersama, ya!

1. Temukan Keahlian

Sesuai namanya, content creator, maka akan ada konten yang secara konsisten akan kamu buat. Oleh karena itu, penting untuk menemukan dimana bidang keahlian kamu. 

Kreator yang memiliki spesifikasi konten akan membuat kamu mudah menemukan audiens yang setia. Keahlian ini juga bisa berdasarkan minatmu, misalnya seperti beauty enthusiast, fashion, travel, kpop, hingga makanan.

2. Buatlah Akun Bisnis 

Setelah menentukan bidang yang akan kamu kreasikan, maka selanjutnya adalah membuat akun instagram khusus bisnis kamu sebagai kreator. Sekarang ini Instagram sendiri memiliki fitur akun bisnis yang telah dikategorikan seperti, blogger, kreator foto juga video, dan lainnya. 

Maka, untuk menunjukan identitasmu, kamu bisa memilih akun kreator. Dimana fitur ini nantinya akan banyak membantu kamu dalam mengorganisir akun Instagram.

Baca Juga:   Ukuran Video Tiktok Ideal dan Cara Agar Video Banyak Penonton

3. Lengkapi Profile-mu 

Setelah akunmu siap, kini saatnya mengutak-atik profil dan bio Instagram supaya menarik. Tujuannya adalah sebagai identitas diri. 

Sehingga, apabila ada orang lain yang belum tahu tentang dirimu, dia akan dengan mudah memahami bahwa kamu adalah seorang kreator bidang tertentu. Hal ini juga sangat membantu jika ada orang yang ingin melakukan kerjasama denganmu.

4. Percantik dengan Konten Menarik

Sebagai content creator Instagram, wajib hukumnya membuat konten-konten yang ada dalam instagram kamu menjadi menarik. Sebab, hal ini tujuannya untuk menarik minat audiens yang tertarik dengan konten serupa. 

Kamu bisa mempercantiknya dengan mengatur tema postingan, warna senada, konten dengan desain grafis menarik, atau caption yang lucu dan unik.

5. Buat Strategi Konten yang Tepat

Jangan lupa ketika ingin membuat suatu konten dan mempostingnya pada Instagram, kamu tetap membutuhkan strategi. Hal ini menjadi begitu penting supaya ketika sudah mulai memposting secara berkala,Instagram kamu tidak sepi. 

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik apa saja yang perlu kamu siapkan untuk konten. Pastikan semuanya terencana dengan baik.

6. Pastikan Konten Menarik dan Informatif

Pada dasarnya alasan audiens mengikuti sebuah akun di Instagram adalah karena mereka merasa bisa mendapatkan manfaat dari akun tersebut. Sehingga, saat kamu fokus dalam membuat konten yang menarik. 

Kamu juga perlu mengisi konten tersebut dengan informasi penting. Karena, konten informatif tersebut nantinya akan membuat kamu menjadi content creator Instagram yang eksklusif.

7. Temukan Audiensmu

Jika kamu sudah memiliki akun Instagram dengan unggahan yang selalu menarik setiap kali posting, tapi audiens-mu belum tepat, maka hal itu menjadi percuma. Sebab, audiens yang sesuai dengan konten memiliki ketertarikan dan keinginan untuk memberikan respon atau feedback pada kontenmu. 

Oleh karena itu, cara menemukan audiens adalah dengan menggunakan hashtag yang sesuai dan konsisten dalam mengunggah konten.

Baca Juga:   Rekomendasi Aplikasi untuk Content Creator, Mudah Digunakan!

8. Konsisten dalam Membuat Konten

Menjaga konsistensi dalam membuat konten juga menjadi suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, audiens juga mampu menilai apakah seorang kreator layak untuk terus diikuti atau tidak, tergantung dari konten yang kamu unggah. 

Konsistensi disini tidak hanya dari segi seberapa seringnya, tapi juga isi dalam konten apakah masih selalu relevan dengan audiens atau tidak.

9. Jaga Interaksi dengan Audiens

Sama halnya dengan melakukan sosialisasi secara langsung, dalam media sosial menjaga interaksi dengan audiens juga bagian dari sosialisasi. Sebab, mereka sangat berperan penting dalam mendukung branding dari tiap konten yang akan kamu unggah. 

Adanya interaksi yang baik dari kreator dan audiensnya akan memberikan kenyamanan kedua pihak dan saling menguntungkan dalam banyak aspek.

10. Jangan Lupakan Branding

Sebagai kreator, kamu juga memiliki produk digital berupa konten unggahan di Instagram. Maka, artinya produk digital milikmu juga membutuhkan branding supaya mendapatkan respon yang baik dan bisa menjangkau audiens yang jauh lebih luas lagi. 

Branding ini bertujuan memasarkan keahlian kamu dalam membuat konten. Bisa melalui postingan yang menarik, mengikuti campaign, atau melakukan kerjasama.

11. Optimalkan dengan SEO Copywriting

Banyaknya jumlah pengguna Instagram saat ini membuat semua orang bisa mengunggah segala hal. Artinya, selalu ada kemungkinan bahwa postingan kita sulit menjangkau orang banyak. 

Oleh karena itu, kamu juga bisa melakukan strategi pemanfaatan SEO copywriting. Sehingga, setiap caption dan tulisan apapun yang kamu unggah di Instagram bisa optimal. Ini akan sangat membantu menaikkan engagement postinganmu.

12. Lakukan Riset Keyword

Sebenarnya, mungkin masih banyak pengguna instagram yang tidak menyadari hal ini. Mengapa seorang content creator Instagram membutuhkan riset keyword

Hal ini bertujuan untuk menganalisis kata kunci apa saja yang paling sering dicari di Instagram. Keyword ini nantinya bisa menjadi poin dalam postingan konten, caption, hingga hastag.

13. Terus Update Informasi

Kamu tentu tidak ingin kontenmu lama kelamaan ditinggalkan oleh audiens karena kurang up to date bukan? Maka penting untuk terus mengupdate diri mengenai berbagai informasi, wawasan, dan juga mengikuti tren yang ada. 

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

Selama itu semua masih berhubungan dengan bidangmu, maka tidak ada salahnya mengikuti tren untuk meningkatkan engagement.

14. Kelola Akunmu dengan Baik

Selain membuat konten secara rutin, kamu juga perlu mengelola Instagram dengan baik. Bagi para content creator Instagram baru, mungkin hal ini masih bisa dilakukan sendiri. Seperti mengatur waktu posting, melihat jangkauan, dan terus berinteraksi. 

Sehingga dengan pengelolaan Instagram yang rutin, kamu juga bisa membaca kebiasaan audiens serta algoritma Instagram.

15. Menjaga Hubungan Sesama Kreator

Selain menjaga hubungan baik dengan para audiens, pahamilah bahwa hubungan dengan sesama kreator yang baik juga dibutuhkan. Sehingga, kamu bisa bertukar pikiran dengan mereka. 

Bisa jadi, kreator lain juga memiliki pengalaman yang sama dengan kamu. Ketika kamu terhubung dengan kreator lain yang berada dalam satu bidang yang sama, kamu bisa meminta saran dan bantuannya.

16. Jalin Kerjasama dengan Kreator Lain

Salah satu keunggulannya ketika kamu telah terhubung dengan banyak kreator lain adalah kamu akan semakin mudah menjalin kerjasama. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, sehingga baik kamu atau kreator lain akan mendapatkan engagement yang lebih luas lagi.

Sudah Tahu Cara Menjadi Content Creator Instagram?

Itu dia bebera tips untuk menjadi content creator Instagram yang baik.

Jika kamu sudah meyakinkan diri untuk fokus menjadi content creator di Instagram, maka dengan menerapkan tips di atas, akan banyak membantu kamu dalam membuat work plan

Adanya sejumlah rencana yang rapi, konsistensi yang tinggi, dan keinginan untuk terus belajar, maka kamu akan mampu mengembangkan branding diri secara profesional.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi tentang social media influencer, Instagram influencer dan influencer tips lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password