Cara Menjadi Blogger Sukses, Profesional dan Berpenghasilan

Cara Menjadi Blogger Sukses

Cara Sukses Menjadi Blogger – Menjadi blogger mungkin secara sekilas terlihat mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal-hal sederhana ini yang seringkali kamu lewatkan dalam perjalanan kamu menjadi blogger. 

Hal Dasar Sebelum Menjadi Blogger

Kamu pastinya sampai pada artikel ini dengan tujuan utama yaitu menjadi seorang blogger. Nah, sebelum kamu mulai menjadi blogger, ada beberapa hal dasar yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Hal – hal mendasar ini adalah kesalahan yang biasanya dialami oleh pemula pada awal mula memulai membuat blog. 

Apa itu Blog?

Kamu pastinya sudah tahu kurang lebih apa itu blog dan seperti apa bentuknya. Blog merupakan website yang memiliki berbagai informasi seperti artikel atau berita dengan media foto atau video yang selalu diperbarui secara rutin. Blog ini juga berasal dari singkatan “web log” dalam istilah internet yang berarti catatan informasi “log” dalam web.

Nah, pastinya yang muncul di pikiran kamu berikutnya adalah bagaimana caranya kamu akan menjadi blogger atau orang yang memiliki blog. Untuk menjadi blogger sangat mudah, kamu hanya perlu memiliki sebuah blog. Yang menjadi tantangan adalah menjadi blogger yang memiliki artikel berkualitas dan blog yang ramai dikunjungi.

Motivasi menjadi Blogger

Sebelum melanjutkan tentang blog dan blogger ini, kira – kira apa motivasi orang untuk memiliki blog? Blog memiliki banyak fungsi yang beragam. Kamu bisa mengembangkan tulisan kamu menjadi sebuah hobi ataupun sesuatu yang dibayar. Sebagai blogger, pastinya kamu ingin tulisanmu dibaca dan mendapatkan bayaran melalui blog. Tetapi tidak hanya sampai situ saja.

Mayoritas pembuat blog dan penulis blog pastinya ingin menjadi blogger yang sukses dan profesional. Mayoritasnya pun juga pasti berawal dari hobi menulis. tetapi , mayoritas blogger yang ada membuat blog sebagai alat ekspresi diri. Dari hal sederhana ingin mengemukakan pendapat, seseorang bisa termotivasi untuk memiliki blog. 

Riset Topik Blog

Ketika membuat sebuah blog, kamu pastinya memiliki keinginan untuk membahas sesuatu yang spesifik. Nah, hal tersebut harus kamu tentukan apakah hal tersebut akan menarik untuk dibahas ataukah hal tersebut akan bisa kamu kuasai. Yang pasti, kamu harus banyak melakukan riset untuk benar-benar paham dengan isi dari blog yang nantinya kamu buat.

Setelah kamu tau beberapa topik yang akan kamu bahas, kamu bisa mulai mengeliminasi beberapa pilihan yang sekiranya memiliki ancaman ataupun kekurangan. Seperti contohnya antara topik olahraga atau keterampilan. Kamu bisa melihat diantara dua topik ini topik mana yang bisa kamu kembangkan dan bisa kamu kuasai.

Baca Juga:   13 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Mudah

Tentukan Topik Blog

Setelah mengetahui pilihan topik yang akan kamu ambil, ada baiknya kamu menentukkan topik umum utama yang akan kamu bahas. Misalkan kamu bisa memulai dengan interest atau ketertarikan yang kamu mau. Kamu juga bisa melihat apakah topik tersebut bisa berkembang dalam waktu ke waktu.

Setelah menentukkan satu topik yang kamu ingini, kamu bisa mulai untuk melihat sub topik apa yang bisa kamu perluas. Hal ini sangat penting agar kamu bisa menguasai topik dan kamu bisa berkembang dengan sendirinya.


Tips Sukses Menjadi Blogger

Dengan pandangan yang kamu berikan secara daring, kamu bisa memberikan pandangan sesuai yang kamu ingini. Nah, disini letak tantangan yang kamu hadapi yaitu bagaimana tulisan yang kamu hasilkan dalam sebuah blog dapat diterima oleh masyarakat. Sering terjadi ketika seseorang memulai blog tetapi tulisannya tidak dibaca.

Penyebab dari tulisan blog yang tidak dibaca ini disebabkan bisa karena dua hal yaitu tulisan yang kamu tulis kurang bisa diterima atau tulisan yang kamu tulis kurang menarik oleh audiens. Selain itu, ada penyebab lainnya terhadap blog kamu yang sepi yaitu kurangnya pemasaran digital yang kamu lakukan.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menjadi blogger profesional dan sukses. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba!

Pastikan kamu sudah mempunyai Blog

Untuk memulai menjadi blogger, pastinya kamu bisa memulai dengan membuat blog terlebih dahulu. Untuk memiliki blog, kamu bisa menggunakan beberapa layanan blog yang ada seperti wordpress ataupun blogspot. Kamu bisa menggunakan kedua layanan tersebut dan membeli domain agar blog yang kamu miliki mempunyai ekstensi (dot)com. Hal ini bertujuan agar blog kamu memudahkan audiens mengingat nama blog yang kamu miliki.

Tingkatkan Skill Menulis

Mengisi blog dengan tulisanmu adalah salah satu kekuatan kamu pada perjalanan kamu menjadi blogger. Nah, sebagai blogger, kamu perlu untuk mengembangkan cara menulis dan skill kamu dalam menulis. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membuat tulisan yang kamu muat di blog yang kamu miliki dapat menarik dan mudah dipahami untuk audiens. 

Selain itu, mengembangkan skill menulis bisa menjadi sebuah skill yang mendorong agar kamu mempunyai daya jual dalam gaya bahasa kamu. Kamu bisa memiliki gaya bahasa yang berbeda dalam tulisan kamu. Sehingga, tulisan kamu mempunyai ciri khas unik.

Analisis Kebutuhan Audiens

Setelah kamu memiliki topik dan mulai memiliki audiens, kamu juga perlu melihat bagaimana perilaku dari audiens kamu. Kamu perlu melihat keperluan apa yang dibutuhkan oleh audiens dalam blog yang kamu miliki. Dari semua fitur yang ada pada blog, kamu bisa menunjukkan beberapa fitur agar membuat kenyamanan untuk audiens yang kamu miliki.

Baca Juga:   Ini Dia Tips Menjadi Travel Blogger Yang Populer

Selain itu, kamu juga perlu melihat apakah topik yang kamu bahas mulai berulang. Kamu perlu mempunyai topik-topik bahasan baru untuk audiens kamu. Hal ini bisa membuat audiens kamu tertarik lagi untuk membaca artikel yang kamu buat

Mempelajari SEO

Dalam menjadi blogger, kamu perlu diketahui ada beberapa ilmu digital marketing yang perlu kamu ketahui. Salah satu ilmu tersebut yaitu Search Engine Optimization atau SEO. SEO ini berfungsi untuk mengoptimalisasikan blog yang kamu miliki agar bisa mempunyai performa yang baik dalam search engine. Mayoritas audiens yang datang ke blog milikmu bermulai dari pencarian pada search engine.

Update dengan Hal Baru

Selain beberapa hal barusan seperti SEO dan bahasan topik baru, kamu perlu mengikuti perkembangan dari blog yang kamu miliki. Kamu harus secara terus menerus memperbaharui blog yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan supaya blog yang kamu punya tidak repetitif dan membosankan. Kamu bisa melakukan pembaruan juga pada fitur dalam blog yang kamu miliki.

Berpikir Kreatif

Nah, untuk mempelajari beberapa hal baru dan mempelajari cara penulisan tidaklah cukup untuk membuat blog yang kamu miliki bisa berkembang dengan efisien. Kamu perlu mempunyai cara berpikir yang kreatif. Maksudnya, kamu bisa melakukan proses pikir kreatif pada tulisan yang kamu punya atau fitur blog yang kamu miliki. Misalkan kamu bisa mengembangkan blog yang kamu miliki dengan fitur video ataupun komunitas.

Konsisten Maintain Blog

Setelah melakukan semua proses diatas, kamu memerlukan konsistensi dalam memelihara blog yang kamu miliki. Kamu harus secara berkala melihat blog kamu dan melakukan evaluasi dari apa yang sudah kamu lakukan pada blogmu. Dengan begini, kamu bisa memiliki blog yang terus menerus berkembang.

Kolaborasi dengan Blogger lain

Tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dalam melakukan sesuatu apalagi dalam kasus ini dengan blogger lain. Kamu bisa mengembangkan blog yang kamu miliki dengan melakukan kolaborasi tulisan dengan blogger lainnya. Misalkan kamu bisa membahas suatu fenomena sosial dengan blogger lain untuk mendapatkan dua sudut pandang berbeda.

Membangun Networking

Setelah memiliki blog yang stabil dan mempunyai audiens, kamu juga bisa melakukan networking. Dengan audiens yang kamu miliki dan beberapa orang yang terlibat lainnya, kamu bisa membangun sebuah komunitas pada sebuah blog. Networking ini sangat berguna nantinya untuk perkembangan blog yang kamu miliki. Seperti contohnya ketika kamu akan mengadakan acara, kamu bisa dengan mudah mengetahui yang mana audiensmu.

Baca Juga:   7 Skill Penting yang Harus Dimiliki Blogger Profesional Selain Menulis

Promosi Blog melalui Media Sosial

Sebagai blogger yang ingin dibaca tulisannya, tidak ada salahnya untuk melakukan promosi. Promosi yang kamu lakukan bisa kamu lakukan melalui media sosial. Hal ini bertujuan agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan audiens baru. Kamu bisa menjadikan blog kamu sebuah produk yang kamu promosikan pada akun media sosial kamu. Hasilnya, audiens akan dengan mudah melakukan identifikasi terhadap kamu dan blog yang kamu punya. Seperti contohnya kambing jantan dan Raditya Dika.


Keuntungan Menjadi Blogger Profesional

Dengan mengikuti langkah yang sudah kita bahas, kamu sudah bisa mulai menjadi blogger profesional. Menjadi seorang blogger profesional memanglah jalan yang panjang. Tetapi keuntungan menjadi blogger profesional sangat banyak. Salah satu contohnya adalah bisa menjadi sebuah portfolio menulismu.

Blog yang sudah kamu buat sebelumnya tidak hanya menjadi tempat kamu menulis. Kamu bisa menjadikan blog yang kamu buat menjadi tempat kamu membuktikan kemampuan kamu dalam menulis artikel. Kamu bisa menjadikan blog yang kamu miliki ke dalam resume kerja kamu. Tidak hanya untuk resume menulis tetapi juga sebagai professional blogger.

Selain itu, dengan topik yang kamu bahas dalam blog milikmu, kamu bisa mengasah pengetahuan kamu terhadap topik tersebut. Misalkan, kamu menggunakan topik olahraga dalam blog yang kamu miliki. Secara otomatis pasti kamu akan lebih paham secara mendalam terkait dengan topik olahraga yang kamu bahas dalam blog milikmu.

Dalam blog yang kamu miliki tadi, kamu juga bisa mulai menjadi ahli dalam topik yang kamu bahas. Hal ini diakibatkan karena kamu secara terus menerus memperbarui pengetahuan kamu terhadap topik tersebut. Selain itu, kamu juga secara terus menerus menulis topik yang sama dan melakukan research terhadap topik tersebut.

Nah, setelah memiliki blog yang sudah secara efisien berjalan tadi kamu pastinya akan mulai mendapatkan perhatian dari publik. Alhasil, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa orang yang ingin memasang iklan di blog milikmu. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang penulis yang berbayar untuk klien yang senang dengan tulisanmu.

Kesimpulan

Menjadi blogger atau pemilik blog yang profesional adalah jalan yang sangat panjang untuk kamu tempeh. Tetapi setelah kamu menguasai teknik dan cara untuk menjalankan blog dengan baik, pastinya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Sudah pasti jika ingin menjadi blogger yang profesional akan membutuhkan disiplin dan konsistensi dalam menjalankannya.

Untuk kamu yang ingin mulai menjadi blogger profesional, kamu bisa mengikut tips dan cara yang sudah tadi kita bahas. Sebaiknya, kamu mulai secepatnya!


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password