8 Cara Menjadi Beauty Influencer, Lengkap untuk Pemula!

cara menjadi beauty influencer

Bagaiaman sih cara menjadi beauty influencer yang sukses?

Hal ini pasti pernah terlintas di kepala masyarakat, khususnya anak muda zaman sekarang.

Banyak yang berminat untuk menjadi influencer terkenal dengan gaji yang fantastis, namun mungkin masih bingung mau mulai dari mana.

Yuk, simak ulasan tentang cara menjadi beauty influencer sukses!

Berikut informasinya untukmu.

Cara Menjadi Beauty Influencer Sukses, Semua Bisa!

Harus diakui bahwa profesi beauty influencer bukanlah pekerjaan mudah karena tugasnya bukan hanya sekadar live Instagram, mengunggah foto, dan membuat video.

Tugas influencer juga harus memikirkan konsep konten yang kreatif, unik, dan bisa menarik perhatian banyak orang. 

Konten kreatif dan menarik tidak hanya membuatmu mendapatkan like dan viewers yang sangat banyak, tapi kamu juga akan mendapatkan kepercayaan besar dari brand-brand ternama untuk bekerjasama. 

Nah, berikut ini kami rangkum cara menjadi beauty influencer yang bisa kamu coba.

1. Kenali Kemampuan dan Passion yang Kamu Punya

Sebelum memutuskan untuk menjadi beauty influencer, kamu harus mengenali kemampuan dan passion yang ada dalam dirimu.

Ada hal yang harus kamu tanyakan kepada diri sendiri, yakni “Apakah aku punya kemampuan untuk berbicara tentang kecantikan dan memiliki ilmu serta passion yang dapat dibagikan?” 

Setelah bertanya seperti itu, kamu akan lebih mengenal diri sendiri dan memudahkan kamu untuk mantap mengambil pilihan selanjutnya.

2. Memperbanyak Konten

Setelah mantap memilih menggeluti bidang beauty influencer, kamu harus segera mengeksekusi niat dan planningmu untuk memulai membuat video tentang kecantikan.

Cara menjadi beauty influencer selanjutnya yaitu perbanyak video yang membahas tentang review produk kecantikan, tips kecantikan, atau tutorial make up dalam media sosial kamu. Buatlah konten se-kreatif dan se-menarik mungkin karena itu bisa menjadi portofoliomu kedepannya.

Baca Juga: Ide Make Up Natural untuk Inspirasi Beauty Content Creator

Nah, dari beberapa portofolio yang sudah kamu buat itulah yang membuat brand kecantikan akan menilai kemampuan dan profesionalitas yang kamu punya untuk mempromosikan sebuah produk.

Tentu saja, melalui portofolio juga akan meningkatkan kredibiltasmu sebagai beauty influencer. Semakin banyak dan profesional konten yang kamu buat, akan banyak orang yang mengikutimu dan banyak brand yang tertarik membuat kerja sama denganmu.

3. Pastikan untuk Konsisten 

Teruslah membuat konten secara konsisten. Kekonsistenanmu dalam membuat konten inilah yang juga akan menarik perhatian brand untuk mengajak kerja sama.

Konsisten dalam membuat konten mampu membuktikan bahwa kamu adalah influencer yang aktif, kompeten, dapat dipercaya, dan profesional.

Jika kamu jarang membuat konten, masyarakat dan brand akan menilaimu tidak aktif dan bisa membuat jangkauan audience-mu jadi kurang bagus. Ini tentu sangat berdampak pada penghasilanmu.

4. Buat Tampilan Media Sosial dan Konten yang Menarik

Cara menjadi beauty influencer selanjutnya adalah buat tampilan media sosial atau konten yang menarik. 

Penampilan visual memang terbukti mampu menarik perhatian banyak orang termasuk followers serta brand. Oleh karena itu, buatlah tampilan halaman media sosial yang se-kreatif dan se-menarik mungkin.

Gunakan tone warna yang sama dalam setiap foto atau kamu juga bisa membuat ciri khas warna sendiri agar halaman media sosialmu terkesan baik dan unik.

5. Tulislah Caption yang Relevan

Cara menjadi beauty influencer tidak hanya bertugas membuat konten berupa video dan foto, tapi juga harus pintar membuat caption konten yang bagus dan kreatif.

Selain untuk menarik audiens, caption juga berguna untuk menjelaskan postingan produk atau konten yang kamu upload di media sosial.

Tanpa ada caption, orang tidak akan paham makna dan tujuan konten yang kamu unggah. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar membuat caption konten yang kreatif, menarik, rapi, dan tentunya enak dibaca.

6. Bangunlah Interaksi Aktif dengan Pengikut

Alasan sebuah brand membuat kerja sama dengan para influencer adalah agar produknya semakin dikenal banyak orang. 

Oleh karenanya, kamu harus secara aktif berinteraksi dengan para pengikutmu agar mereka lebih percaya terhadap barang yang kamu promosikan. 

Kamu bisa aktif berinteraksi dengan cara sering membalas komentar atau live Instagram dan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang followers ajukan.

7.  Buatlah Konten yang Bersifat Soft Selling

Dalam membuat konten tentang kecantikan, tugas beauty influencer memang harus membagikan konten yang edukatif dan informatif. Namun, tugas utama lainnya dari seorang beauty influencer adalah mempromosikan produk yang sudah menjalin sebuah kerja sama. 

Buatlah review produk brand tersebut sekreatif, smooth, dan jujur, agar para audiens percaya bahwa produk yang kamu promosikan benar-benar bagus dan sangat recommended untuk dibeli.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Beauty Influencer untuk Instagram

8. Tetap Optimis dan Percaya Diri

Poin yang terakhir ini adalah cara jadi beauty influencer sukses yang penting kamu pahami dan perhatikan. Karena terkadang sebelum seseorang memulai usahanya, orang tersebut minder karena merasa tidak cantik.

Persoalan ini telah dijawab oleh Clarin Hayes, seorang beauty influencer yang sudah memulai karirnya sejak 2017. 

Clarin Hayes mengatakan untuk menjadi beauty influencer sukses, cantik bukanlah modal utama. Ini karena penilaian cantik sendiri sifatnya relatif dan setiap orang pasti memiliki aura kecantikan masing-masing.

Poin paling penting yang harus kamu miliki untuk menjadi beauty influencer adalah mempunyai kemampuan dan ilmu untuk kamu bagikan ke banyak orang.

Jadi, tak perlu merasa tidak cantik yang akhirnya membuatmu mundur atau ragu untuk menjadi influencer. Tetap optimis dan percaya diri dengan apa yang kamu miliki. 

Siap Mencoba Cara Menjadi Beauty Influencer Sukses?

Nah, itu dia rahasia sukses para beauty influencer.

Kunci utama dari cara-cara tersebut adalah konsisten, optimis, percaya diri, dan kenali diri sendiri. Karena tanpa keempat modal tersebut kamu tidak akan berkembang dengan maksimal.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar marketing influencer, social media marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password