Cara Meningkatkan Traffic Website atau Blog dengan Mudah

cara meningkatkan traffic website

Salah satu indikator dari sebuah website adalah jumlah pengunjung. Semakin banyak jumlah pengunjungnya maka semakin baik juga website tersebut. Itulah mengapa banyak orang mencari cara meningkatkan traffic website. Selain itu, cara meningkatkan traffic blog ini juga akan berpengaruh dengan apakah blog tersebut bisa menghasilkan uang atau tidak.


Cara Meningkatkan Traffic Website

Untuk banyak alasan, traffic yang tinggi memang menjadi incaran banyak orang yang memiliki website atau blog. Satu diantara sekian banyak alasan adalah karena dengan traffic yang tinggi maka akan semakin banyak juga website kita menghasilkan uang. selain itu, banyak orang yang mencari cara meningkatkan traffic website untuk membuat websitenya menjadi terpercaya.

Masih banyak alasan lainnya mengapa seseorang ingin traffic websitenya meningkat. berikut adalah cara meningkatkan traffic website yang bisa kamu coba lakukan

1. Menggunakan Keyword yang Tepat

Jika kamu ingin mendatangkan banyak traffic, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyediakan apa yang mereka butuhkan. dalam hal ini, maka cara meningkatkan traffic website pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menggunakan keyword yang tepat. Keyword adalah apa yang mereka butuhkan, nantinya, kamu akan mengembangkan apa yang mereka butuhkan ini menjadi sebuah konten.

Artinya, ketika kamu akan membuat konten maka kamu tidak bisa hanya bermodalkan ide saja. tanpa melakukan riset keyword yang tepat maka konten kamu akan sulit untuk Google temukan.

Untuk bisa menggunakan keyword yang tepat, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset keyword. Riset keyword ini bertujuan untuk melihat apa yang sedang banyak orang cari. Selain itu, riset ini juga bertujuan untuk melihat seberapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut. untuk bisa mendapatkan hasil yang tepat, kamu bisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan riset keyword ini.

2. Menargetkan Long Tail Keyword

Masih berkaitan dengan keyword, ketika akan menggunakan keyword maka akan ada dua jenis kata kunci yang bisa kamu gunakan. yang pertama adalah short tail keyword, ini merupakan kata kunci pendek yang biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. dan yang kedua adalah long tail keyword, yaitu kata kunci yang biasanya terdiri lebih dari tiga kata.

Long tail keyword ini biasanya menargetkan kata kunci yang lebih spesifik. secara volume, long tail keyword ini jauh lebih rendah dari short tail keyword. namun tingkat persaingannya juga jauh lebih rendah.

Memenangkan persaingan di long tail keyword ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kami nantinya. ketika banyak orang yang menggunakan kata kunci dengan detail dan spesifik maka long tail keyword ini akan unggul.

3. Mengoptimalkan LSI Keyword

Berkaitan dengan keyword, ketika kamu melakukan riset keyword maka kamu akan mendapatkan banyak sekali ide yang bisa kamu gunakan. sayangnya, beberapa tools riset keyword biasanya hanya memberikan kata kunci dengan variasi yang terbatas. Tools tersebut akan menyeragamkan banyak variasi kata kunci serupa menjadi satu kata kunci saja.

Hal ini akan menjadi masalah karena tidak semua orang menggunakan kata kunci yang persis sama, semakin banyak orang yang mencari maka akan semakin banyak juga variasi kata kunci atau persamaan kata yang mereka gunakan. Di sinilah peran LSI keyword akan kamu perlukan.

Baca Juga:   Jenis Jenis Blog dan Contohnya yang Bisa Menginspirasi

LSI keyword merupakan kepanjangan dari Latent Semantic Indexing. Dengan mengoptimalkan LSI keyword ini maka kamu akan mendapatkan kata kunci dan juga variasi katanya yang saling berhubungan secara semantik. untuk mencari LSI keyword ini maka kamu bisa menggunakan LSIGraph ataupun LSIKeywords.

4. Buat Artikel dengan Lengkap

Cara meningkatkan traffic website lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten atau artikel dengan lengkap. Dalam hal ini maka akan berkaitan juga dengan panjang artikel yang kamu buat. Google atau mesin pencari akan melihat jika semakin panjang sebuah artikel maka akan semakin lengkap isinya. Nantinya, Google akan lebih merekomendasikan artikel yang lebih lengkap tersebut.

Sebenarnya, hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah lengkap. semakin lengkap tentu akan semakin baik. sementara masalah panjang artikel akan menyesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan.

5. Membuat Judul yang Menarik

cara meningkatkan traffic blog yang juga perlu kamu perhatikan adalah masalah judul. Elemen judul dalam sebuah artikel memang memiliki peranan penting. Judul adalah pertama yang akan orang lihat dari sebuah artikel. Inilah mengapa cukup penting untuk menggunakan judul yang menarik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan judul yang menarik.

yang pertama adalah kamu bisa menggunakan judul berupa daftar atau listicle, misalnya 20 cara membuat judul yang baik. yang kedua, kamu perlu mengutarakan dengan jelas apa yang kamu bahas dalam artikel tersebut. Fungsi dari membuat judul seperti ini adalah memberikan gambaran kepada pembaca tentang isi artikel.

cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk membuat judul yang menarik adalah dengan menggunakan kata sifat yang cukup kuat. Beberapa kata sifat yang bisa kamu gunakan contohnya adalah ampuh, efektif, terbaik, dan lainnya. Kata-kata ini bisa mempengaruhi pengunjung untuk membaca konten yang sudah kamu buat.

6. Gunakan Visual yang Menarik

hal lain yang juga bisa menjadi cara meningkatkan traffic website kamu adalah dengan menggunakan gambar pendukung. tentu akan menjadi membosankan jika artikel panjang yang kamu buat jika tidak ada gambar atau elemen visual lain. Menggunakan gambar pendukung juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari bounce rate yang tinggi.

Bounce rate sendiri merupakan penilaian dari berapa jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website atau blog tanpa membaca artikel sampai selesai. semakin tinggi bounce rate maka biasanya akan mempengaruhi penilaian Google. Bounce rate yang tinggi mengindikasikan jika artikel yang kamu buat tidak cukup baik. hal ini akan membuat ranking website kamu pada mesin pencari akan turun dan hal ini akan berpengaruh dengan jumlah traffic.

Dengan menambahkan elemen visual, selain berfungsi sebagai cara agar pengunjung tidak bosan, hal ini juga bisa kamu jadikan sebagai elemen pendukung untuk artikel kamu. Nantinya, kamu bisa memasukan gambar, infografik, ilustrasi, atau visual menarik lainnya. elemen ini bisa membantu kamu untuk menjelaskan isi dari artikel kamu kepada pengunjung.

yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan elemen gambar ini adalah masalah tata letak. karena sifatnya yang merupakan elemen pendukung, maka pastikan letaknya tidak mengganggu elemen utama. dalam hal ini kamu perlu memastikan jika gambar pendukung ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Kamu juga perlu memastikan jika gambar pendukung ini cukup jelas dan mudah untuk pengunjung pahami maksud dan konteksnya.

Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

7. Menambahkan Video

Selain menggunakan gambar pendukung, cara meningkatkan traffic website lainnya yang bisa kamu buat adalah dengan menggunakan video. Sebenarnya, fungsi dan peran dari video dan gambar ini sama saja. Hanya, jika menggunakan video maka kamu bisa menambahkan penjelasan dengan lebih jelas dan detail. Bahkan, menggunakan video juga bisa membantu kamu untuk mempertahankan pengunjung lebih lama berada di website kamu.

Semakin lama pengunjung berada di situ maka akan semakin baik. Hal ini juga akan berpengaruh dengan penilaian mesin pencari, yang ujungnya juga bisa meningkatkan traffic dari blog kamu.

Sama halnya dengan penggunaan gambar pendukung, maka penggunaan video juga perlu memperhatikan masalah tata letak. pastikan penempatan video yang kamu gunakan tidak mengganggu konten utama.

8. Tingkatkan Kecepatan Website

selain masalah konten, jika kamu mencari cara meningkatkan traffic website maka kamu juga perlu memperhatikan masalah pengalaman atau experience dari pengguna. Jika pengguna puas dengan website kamu maka mereka juga akan kembali mengunjungi website. Ini juga merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan traffic website kamu.

Salah satu cara yang perlu kamu lakukan untuk membuat pengunjung kembali lagi adalah dengan meningkatkan kecepatan website kamu. Pengunjung tentu akan malas jika mereka harus menunggu lama ketika membuka sebuah halaman website. Oleh karena itu, semakin cepat waktu loading dari website kamu maka akan semakin baik.

Kecepatan loading ini juga akan berpengaruh dengan banyaknya halaman yang akan terakses. ketika loading website kamu cukup cepat, maka besar kemungkinan pengunjung juga akan membuka halaman lain yang ada pada website kamu.

9. Membuat Website Menjadi Responsif

Selain masalah kecepatan, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah memastikan website kamu responsif. Maksudnya, pastikan jika website yang kamu punya bisa dibuka di semua perangkat, baik desktop maupun mobile. Fakta jika semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile juga tidak bisa kamu kesampingkan.

Itu artinya, kamu juga perlu memperhatikan tampilan website ketika dibuka pada perangkat mobile. Jangan sampai tampilan website tersebut menjadi tidak nyaman ketika dibuka pada perangkat mobile.

10. Memaksimalkan Internal Link

hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website adalah dengan memaksimalkan internal link. Penggunaan internal link selain membantu pengunjung untuk mencari keterkaitan dengan artikel lain, juga akan membantu mesin pencari untuk memahami konteks dari artikel yang kamu buat.

11. Memaksimalkan Media Sosial

Salah satu faktor lain yang juga bisa membantu cara meningkatkan traffic website atau blog yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial. Caranya adalah dengan menambahkan tombol share ke media sosial pada setiap konten yang kamu buat. nantinya ketika ada pengunjung yang tertarik maka mereka bisa membagikan konten kamu tersebut ke media sosial milik mereka. ini akan menjadi semacam promosi gratis yang juga bisa mendatangkan banyak traffic untuk website kamu.

Untuk bisa memaksimalkan hal ini, maka pastikan jika tombol share ke sosial media yang akan kamu gunakan terlihat dengan jelas oleh pengunjung. Meski demikian, pastikan juga jika penempatannya tidak mengganggu isi artikel atau konten lainnya.

12. Update Konten Lama

Cara meningkatkan traffic website lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan update pada konten lama. Pada dasarnya, tujuan update ini adalah melakukan evaluasi terhadap konten yang sudah pernah kamu buat. Nantinya dengan melakukan evaluasi ini maka kamu bisa melihat konten mana yang menghasilkan performa baik dan mana yang tidak.

Baca Juga:   Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang Perlu Kamu Tahu

Dengan melakukan evaluasi ini juga kamu bisa melihat apa penyebab konten tersebut tidak begitu maksimal performanya. Setelah itu, kamu bisa memperbaiki kesalahan tersebut dan melakukan update ulang konten kama tersebut. Dengan melakukan update ulang ini juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan traffic dan membuat website kamu tetap melakukan update dengan berkala.

13. Memperbaiki SEO

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berbicara masalah meningkatkan traffic adalah SEO. Ini merupakan cara yang akan membuat website kamu berada pada posisi yang baik pada mesin pencari. Dengan SEO yang baik maka posisi website kamu akan lebih mudah untuk ditemukan ketika dicari pada mesin pencari.

SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah SEO on page dan yang kedua adalah SEO off page. SEO on page merupakan cara untuk melakukan optimasi pada konten. Intinya, SEO on page merupakan langkah membuah sebuah konten sesuai dengan aturan agar SEO.

Pada SEO on page maka kamu akan berkaitan dengan hal seperti penggunaan kata kunci, title tag, meta description, Alt text gambar, dan lainnya. sementara untuk SEO off page, merupakan cara untuk melakukan optimasi website yang kamu lakukan dari luar. Untuk melakukan optimasi SEO off page ini maka kamu akan berkaitan dengan hal seperti backlink atau juga share di sosial media.

14. Menggunakan Email Marketing

Hal lain yang juga cukup efektif untuk kamu gunakan sebagai cara meningkatkan traffic blog adalah dengan menggunakan email marketing. Dalam penggunaan email marketing ini maka tujuannya adalah membuat orang yang pernah berkunjung ke website kamu kembali mengakses website kamu di lain waktu.

Penggunaan email marketing ini bisa kamu buat dengan memberikan informasi jika ada update terbaru, atau mengirimkan jika ada materi promosi, atau yang lainnya. Penggunaan  email marketing ini cukup efektif terutama jika website yang kamu miliki merupakan website bisnis. Selain merupakan salah satu cara meningkatkan traffic blog, cara ini juga efektif untuk menjaga hubungan antara kamu dengan pelanggan.

Untuk mulai menggunakan email marketing ini, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih layanan email marketing. Saat ini, ada banyak layanan email marketing yang bisa kamu gunakan, contohnya adalah MailChimp atau Constant Contact. Kedua layanan tersebut memiliki versi gratis dan juga berbayar. jika kamu masih ragu, maka kamu bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu.


Mengapa Meningkatkan Traffic Menjadi Penting?

Itulah cara meningkatkan traffic website yang bisa kamu gunakan. Mungkin kamu akan bertanya mengapa meningkatkan traffic perlu dilakukan? Salah satu alasannya adalah semakin tinggi traffic website atau blog yang kamu punya maka semakin besar juga penghasilan yang bisa kamu dapatkan. Hal ini jika berkaitan dengan AdSense dan iklan lainnya.

selain itu, dengan banyaknya traffic yang kamu hasilkan, hal tersebut juga membuktikan jika website atau blog kamu terpercaya. Website yang emmiiki banyak traffic maka akan muncul pada halaman pertama mesin pencari. Bisa saja hal tersebut menjadi sumber referensi untuk orang lain.

website dengan traffic tinggi akan jauh lebih terpercaya. selain itu, dengan traffic yang tinggi maka website atau blog kamu juga akan semakin mudah untuk ditemukan pada mesin pencari.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, blogger influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password