Cara Meningkatkan Traffic Website dari Instagram dengan Cepat

cara meningkatkan traffic website dari instagram

Sekarang, meningkatkan traffic website juga bisa dilakukan dari Instagram, lho.

Di bawah ini kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan traffic website dari Instagram dengan cepat.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website menggunakan media Instagram.

Cara Meningkatkan Traffic Website dari Instagram

Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur Instagram yang nantinya bisa menunjang aktivitas website.

Berikut ulasannya.

1. Gunakan Fitur Highlight Stories

Cara yang pertama yaitu dengan memanfaatkan fitur highlight stories pada Instagram. Fitur ini akan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menyimpan dan menampilkan stories tanpa ada batasan waktu. Biasanya setiap stories yang kamu upload akan hilang dalam 24 jam, tetapi highlight stories tidak.

Kamu bisa menemukan fitur ini ketika membuka profil dan akan terlihat kolom lingkaran stories yang bisa kamu isi dengan content. Tapi fitur highlight ini tidak dapat menampilkan semua video atau foto yang kamu pilih. Maka dari itu, kamu perlu menyusun content yang tepat untuk di-highlight dan mengarah ke website.

Misalnya kamu membuat atau menulis beberapa informasi mengenai isi dari website yang nantinya dapat menarik audiens. Setiap orang yang melihat isi highlight tersebut akan mencari tahu dan mengunjungi website kamu. Tentunya beberapa informasi yang menarik di dalamnya bisa dilihat oleh siapa saja dan kapan saja. 

2. Tambahkan Link ke Bio Instagram

Cara meningkatkan traffic website dari Instagram berikutnya yaitu dengan memasukan atau menambah link di bio. Salah satu cara ini mudah untuk kamu lakukan ketika orang lain membuka profil maka bisa melihat link yang tersedia. 

Namun pastikan link yang kamu letakkan sudah sesuai dan bisa orang membukanya. 

Baca Juga:   6 Tools YouTube Gratis yang Harus Digunakan Para YouTuber

Pada Instagram atau aplikasi media sosial lainnya biasanya terdapat perintah untuk mengisi bio agar orang lain lebih paham profil kamu. Biasanya, bio yang memuat suatu informasi bisa menjadi indikator akun tersebut sering aktif dan orang-orang lebih percaya. 

Langkah-langkah nya juga sangat mudah, kamu buka Instagram lalu klik profil di bagian pojok kanan bawah. Kemudian akan terlihat kolom “Edit Profil” setelah itu kamu klik dan akan muncul informasi profil yang bisa kamu ubah termasuk bio. Jika sudah menemukan kolom bio, kamu isi sesuai keperluan seperti link website.

3. Gunakan Instagram Shopping

Cara yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Fitur ini sangat menguntungkan jika kamu bisa menggunakannya secara maksimal dan melihat peluangnya dengan baik. Kamu yang memiliki toko online di website dan menjual produk-produk tertentu seperti pakaian bisa memakai Instagram Shopping. 

Fungsi dari Instagram Shopping sebenarnya hampir mirip seperti catalogue untuk mempermudah pengunjung melihat produk kamu. Cara penggunaannya nanti kamu mengupload foto tertentu dan menandai atau tag produk-produk yang terlihat di foto tersebut. 

Kemudian pengunjung yang akan mengklik foto tersebut akan mengetahui tag nama produk yang muncul dan mengarah ke website kamu. 

Namun perlu kamu tahu bahwa setiap satu kali upload foto atau video di Instagram Shopping hanya bisa 5 tag. Lalu kamu juga bisa menambah content sebanyak 20 postingan sehingga akun Instagram akan terkesan lebih interaktif. 

4. Manfaatkan Instagram Story

Untuk cara meningkatkan traffic website dari Instagram yang dapat kamu lakukan salah satunya dengan Instagram Story. Pastinya kamu yang aktif di Instagram sudah tahu dengan fitur ini. Instagram Story memungkinkan kamu untuk mengupload segala foto atau video dan dapat terlihat oleh followers

Akun Instagram yang memiliki followers banyak tentunya sangat berpeluang dalam menggaet audiens yang banyak juga. Pastikan story Instagram kamu jangan sampai terprivate dan biarkan semua followers dapat melihatnya.

Setelah itu kamu bisa membuat content berupa foto atau video yang bisa menggambarkan produk-produk yang ada. 

Baca Juga:   15 Tools Instagram Gratis Cocok Untuk Influencer Dan Pebisnis

Tapi ingat bahwa Instagram Story memiliki batasan waktu hanya 24 jam dan kamu harus memikirkan strategi yang tepat. Kamu bisa mengupload story dengan melampirkan link website pada jam yang tepat. 

5. Posting Konten Menarik

Selanjutnya yaitu memposting foto dan video di akun Instagram seperti biasa. Gunakanlah foto atau video yang dapat menarik perhatian audiens agar paham tentang produk kamu. Atur terlebih dahulu rencana atau konsep seperti apa yang ingin kamu buat saat mempostingnya nanti. 

Saat akan mengunggah konten di Instagram, kamu dapat memaksimalkan layanan yang tersedia yakni dengan memposting 10 slide foto atau video. Dampaknya, kamu bisa memberikan konten yang variatif sehingga audiens lebih tertarik. 

Kemudian kamu bisa menambahkan caption di bawah postingan tersebut dan memberikan link ke website. Postingan Instagram ini tidak memiliki batasan waktu seperti fitur story dan bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk menaikan traffic website

6. Gunakan Instagram Ads

Kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads sebagai cara meningkatkan traffic website dari Instagram. Pastinya, pengguna Instagram sudah tidak asing lagi dengan fitur satu ini terutama para pebisnis di luar sana. 

Biasanya mereka menggunakannya untuk mengiklankan produk agar mendapat pelanggan lebih banyak. Namun tidak hanya pebisnis yang ada di Instagram saja tapi juga pemilik toko di website bisa memanfaatkan Instagram Ads. 

Hasilnya, para audiens yang ada tidak hanya dari pengunjung organik website tapi juga melalui Instagram. 

Nantinya Instagram Ads yang kamu gunakan dalam menaikkan traffic akan muncul di beranda pengguna Instagram tanpa perlu menjadi followers. Kemudian kamu bisa menggunakan foto atau video yang menarik dan menambahkan caption yang relevan seperti memberi link website. 

7. Buat Konten IGTV

Cara meningkatkan traffic website dari Instagram bisa menggunakan fitur IGTV. Fitur ini sangat membantu pengguna Instagram dalam mengupload video dengan durasi yang cukup lama. Sehingga tidak perlu mengupload satu video menjadi beberapa potongan. 

Baca Juga:   Instagram untuk Affiliate: Pengertian, Tutorial dan Tips-Tips Jitu!

Ketika kamu menggunakan IGTV untuk meningkatkan traffic website perlu konsep yang matang. Kamu bisa menambahkan CTA pada judul postingan IGTV tersebut yang akan mengarahkannya pada deskripsi video. Pada deskripsi video nantinya, pengguna bisa melihat link yang kamu cantumkan.

Maka dari itu, kamu harus memikirkan bagaimana caranya agar orang-orang bisa terdorong untuk mengklik judul video tersebut. Namun kamu juga bisa menyisipkan keterangan link website di dalam video sehingga orang bisa melihat tanpa membuka deskripsi dahulu.

8. Manfaatkan Fitur Swipe Up

Kamu juga bisa menggunakan fitur Swipe Up yang ada di Instagram. Fitur ini memang pada dasarnya ada untuk memudahkan pemilik website menjamah pasar melalui Instagram. Alhasil, kamu akan lebih mudah dalam mencari audiens dan meningkatkan traffic website. 

Namun terdapat syarat umum yang harus kamu penuhi untuk menggunakan fitur ini. Syarat tersebut yaitu akun kamu harus memiliki jumlah followers lebih dari 10.000. Mungkin kamu yang sudah lama menjadi pengguna Instagram untuk memasarkan produk jualan pasti bisa memenuhi kualifikasi itu. 

9. Aktifkan Push Notification

Cara yang terakhir, kamu bisa mengarahkan pengguna Instagram untuk mengaktifkan push notification. Salah satu cara ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan traffic website kamu dari menggunakan fitur Instagram yang ada. Saat membuat sebuah konten baru, maka secara otomatis mereka akan segera tahu.

Gunakanlah kalimat persuasif yang tidak memaksa tapi bisa membuat pengguna mengaktifkan push notification. Bisa dengan bentuk teks, foto, atau akhir penjelasan video dalam mengajak orang mengaktifkannya. 

Sudah Tahu Cara Meningkatkan Traffic Website dari Instagram?

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website dari Instagram.

Fitur-fitur di dalam Instagram bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar. Contohnya Instagram Ads yang nantinya kamu harus mengeluarkan sedikit biaya tambahan. 

Pastikan untuk selalu konsisten, ya!

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password