Bagaimana Cara Meningkatkan Pendengar Podcast dengan Efektif?

meningkatkan pendengar podcast

Ada banyak cara meningkatkan pendengar podcast yang bisa kamu lakukan. Saat ini jumlah podcast di Indonesia semakin meningkat. Setiap bulan, setidaknya lebih dari 20% para pengguna Spotify mendengarkan podcast

Membuat podcast mungkin tidak sulit bagi kebanyakan orang. Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana podcast tersebut tetap bertahan. Kamu harus bisa menghadirkan podcast dengan konsep dan tema yang menarik untuk membuat orang tertarik mendengar podcast-mu.

Begini Cara Meningkatkan Pendengar Podcast yang Efektif

Podcast merupakan sebuah konten berupa audio yang memiliki serangkaian episode. Kamu bisa mengunduh dan mendengarkannya baik melalui komputer maupun smartphone. Namun ada juga podcast yang hadir dalam bentuk audio dan video seperti yang sering kamu temukan di YouTube.

Seorang podcaster harus selalu menghadirkan sesuatu yang menarik bagi para pendengarnya. Hal ini bertujuan agar audiens merasa podcast tersebut menghadirkan sesuatu yang bermanfaat. Sebaliknya, ketika podcaster membawakan topik yang kurang bermanfaat atau bahkan tidak berkualitas, para pendengarnya akan mulai berkurang.

Ada beberapa cara untuk bisa membuat pendengar podcast-mu semakin banyak. Berikut adalah cara atau tips yang bisa kamu terapkan.

1. Perbanyak Kategori

Seorang podcaster itu harus kreatif. Kamu harus bisa memanfaatkan kreativitas dengan menghadirkan lebih banyak kategori sehingga bisa menarik lebih banyak pendengar. Melalui cara ini, podcast yang kamu miliki juga lebih mudah untuk muncul di pencarian.

Contohnya, kamu sekarang fokus menghadirkan podcast seputar travelling. Kamu juga dapat menambahkan kategori lainnya misalnya kuliner, olahraga, tips gaya hidup, dan sebagainya. Semakin banyak kategori yang kamu hadirkan, kamu bisa memperoleh pendengar yang lebih banyak.

Para pendengar pun bisa berasal dari berbagai kalangan. Mungkin di awal kamu sedikit mengalami kesulitan. Akan tetapi, kamu bisa merasakan hasilnya setelah berhasil menambahkan beberapa kategori. Kemudian kamu dapat mengecek kategori mana yang memiliki jumlah pendengar yang banyak. 

2. Hadirkan Konten Podcast Berkualitas dan Berkelanjutan

Cara meningkatkan pendengar podcast juga dapat kamu lakukan dengan selalu menghadirkan konten yang berkualitas. Meskipun saat ini jumlah pendengar podcast-mu belum banyak, kamu harus selalu memberikan konten yang berkualitas secara konsisten pada mereka.

Kamu juga harus tetap konsisten sehingga para pendengar podcast-mu sekarang tidak beralih ke podcaster lainnya. Melalui cara ini, perlahan jumlah pendengar di podcast-mu akan mulai bertambah. 

Selain itu, konsistensi menjadikan podcast yang kamu bawakan memiliki reputasi yang baik. Orang-orang akan menganggap podcast-mu lebih kredibel sehingga menjadi pilihan utama daripada kanal podcast yang lainnya.

3. Cara Meningkatkan Pendengar Podcast, Memilih Hosting Terbaik

Bukan hanya fokus pada materi saja, sebuah podcast berkualitas juga ditentukan melalui platform yang tersedia. Host podcast harus mempunyai jaringan yang cepat, ruang penyimpanan fleksibel, serta bandwidth yang cukup.

Sebenarnya, banyak platform gratis yang menawarkan layanan podcast. Namun, kamu sebaiknya memilih hosting yang berbayar. Alasannya karena hosting berbayar mempunyai fitur yang lebih banyak.

Beberapa hosting podcast tersebut seperti PodBean, Soundcloud, Libsyn, BuzzSprout, Fireside, Spreaker, Simplecast, dan lain-lain. Tinggal pilih hosting terbaik yang menghadirkan fitur sesuai kebutuhan kamu.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Ketika kamu selesai membuat konten, jangan lupa membagikannya ke media sosial. Jangan lupa membuat caption yang menarik, hashtag, maupun alasan mengapa orang-orang harus mendengarkan podcast-mu. 

Kamu juga harus memanfaatkan kecanggihan aplikasi desain seperti Canva, Adobe Spark, dan lain-lain. Tujuannya untuk menghadirkan kutipan desain yang menarik. 

Di samping itu, biasanya host podcast sudah menyediakan fitur berupa autoshare, salah satunya yaitu Spreaker. Melalui fitur tersebut, kamu dapat membagikan podcast-mu melalui laman Soundcloud, Facebook, Tumblr, Youtube, dan Twitter.

5. Melibatkan Audiens

Melibatkan audiens juga menjadi salah satu cara meningkatkan pendengar podcast. Kamu bisa membentuk para pendengar yang setia melalui interaksi yang kamu lakukan dengan mereka. Ketika audiens merasa dilibatkan, menandakan kamu menganggap mereka ada dan bukan sekadar menjadi pendengar saja.

Lewat interaksi yang kamu lakukan, kamu bisa memahami apa yang menjadi keinginan audiens, apa ekspektasi mereka, dan sebagainya. 

Untuk mengawalinya, kamu dapat mengajukan beberapa pertanyaan. Melalui jawaban audiens-mu tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai evaluasi untuk membuat konten yang menarik, berkualitas, dan fans service.

Jika perlu, kamu juga bisa membentuk komunitas melalui media sosial. Biarkan para pendengarmu berdiskusi kira-kira topik apa yang harus kamu bahas. Kemudian cobalah mengangkat topik tersebut untuk kamu bahas di kontenmu berikutnya.

6. Membuat Transkrip Audio

Membuat transkrip audio berbentuk teks dapat membantu peluang podcast-mu muncul di mesin pencarian. Lewat transkrip tersebut, kamu berusaha agar podcast milikmu mampu menjangkau semua kalangan. Bukan hanya dari Indonesia melainkan para pendengar yang berasal dari luar negeri

Selain itu, menulis transkrip audio juga membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran. Jadi, mereka tetap dapat menikmati konten yang kamu hadirkan. Adapun platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat transkrip yaitu Transcriber.

7. Cara Meningkatkan Pendengar Podcast dengan Berkolaborasi

Untuk cara yang satu ini sering menjadi pilihan untuk membuat sebuah podcast atau konten lebih terkenal. Para YouTuber juga melakukan hal yang sama, terutama ketika mereka baru merintis sebagai seorang konten kreator.

Kamu juga bisa melakukan kolaborasi bersama podcaster yang lainnya. Melalui kolaborasi tersebut kamu dapat menjaring para pendengar yang berbeda. 

Hal lainnya yang juga bisa kamu lakukan yaitu mengundang narasumber yang berkualitas. Seorang narasumber yang sekiranya mampu memberikan pengaruh terhadap topik yang kamu angkat. 

Coba temukan narasumber yang memiliki fans banyak dan sesuai dengan topik yang akan kamu bahas. Para fans pun akan penasaran karena di sana ada idola mereka.

8. Memaksimalkan SEO

Podcast bukan sekadar terkait konten audio. Sebuah podcast tentunya lebih dari itu di mana kamu harus memahami apa itu SEO dan mampu memaksimalkannya. 

Kamu bisa menyertakan keyword pada konten, deskripsi, judul, serta transkrip audio. Tujuannya untuk meningkatkan peluang podcast-mu muncul di posisi atas dari mesin pencari maupun suatu platform konten audio seperti iTunes.

Memang cara ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Akan tetapi, dengan konsistensi dalam menghadirkan kata kunci yang sesuai, maka kontenmu pun perlahan mengalami peningkatan. Secara bertahap, kontenmu akan perlahan muncul di mesin pencari.

9. Beriklan

Cara berikutnya untuk bisa menambah pendengar di podcast-mu adalah dengan beriklan. Cobalah letakkan beberapa iklan sesuai target pendengar. Kamu dapat memanfaatkan beberapa platform yang menawarkan periklanan online. Misalnya Reddit Ads, Google Ads, Facebook Ads, serta Stumbleupon Ads. 

Akan tetapi, sebelum mulai beriklan sebaiknya kamu tetapkan konten yang menarik serta bagus. Dengan begitu, pendengar akan merasa tertarik dan pada akhirnya mendengarkan kontenmu. Bisa jadi dari sini mereka akan semakin tertarik untuk mendengarkan podcast-mu yang lain.

10. Berikan Hadiah

Di awal telah menjelaskan bahwa cara meningkatkan pendengar podcast yaitu dengan berinteraksi. Namun cara tersebut juga bisa kamu beri sedikit tambahan dengan memberikan hadiah atau reward pada para audiens yang mau membagikan konten podcast-mu.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan mereka hadiah bagi yang memberikan rating bagus baik melalui iTunes atau platform yang lainnya. Cara ini efektif juga untuk meningkatkan antusiasme para pendengar. Namun tentu saja sebelum melakukan hal ini, pastikan konten yang kamu hadirkan menarik dan layak untuk dibagikan.

11. Jadilah Podcaster yang Berkualitas

Sebenarnya, untuk membuat jumlah pendengar podcast-mu meningkat harus kamu mulai dari dirimu sendiri. Di sini kamu berperan sebagai host atau pembawa acara yang akan membahas topik tertentu bersama narasumber.

Kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, kamu juga harus memahami topik yang sedang kamu bahas. Dengan begitu, pendengar akan menilai bahwa kamu memang mampu membawa topik dan mengajak narasumber untuk membahasnya.

Bayangkan ketika kamu terkesan kaku dan malah bingung ingin mengajukan pertanyaan seperti apa, audiens pun tidak akan tertarik sehingga perlahan akan meninggalkan podcast-mu.

Yuk, Coba Cara Meningkatkan Pendengar Podcast!

Sekian penjelasan seputar beberapa cara meningkatkan pendengar podcast secara efektif. Melalui cara-cara tersebut, kamu perlahan menjadi seorang podcaster yang andal. Konten-kontenmu pun akan selalu menarik dan membuat para pendengar selalu menantikan konten terbaru darimu.

Memang untuk mewujudkan hal ini memerlukan proses yang tidak instan. Tetap konsisten untuk menghadirkan konten yang berkualitas, maka jumlah penikmat podcast-mu akan perlahan meningkat.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, YouTube influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password