13 Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Mudah

cara meningkatkan jumlah pengunjung blog

Blog dengan jumlah pengunjung yang banyak merupakan impian semua blogger agar bisa menghasilkan uang. Oleh sebab itu, banyak blogger yang menerapkan berbagai cara untuk meningkatkan pengunjung blog miliknya.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara jitu untuk memperbanyak pengunjung blog milikmu. Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mengoptimasi blog agar dapat ditemukan oleh banyak pengguna internet.    


13 Cara Meningkatkan Pengunjung untuk Blog dengan Mudah

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbanyak jumlah pengunjung blog kamu: 

1. Melakukan Riset Keyword

Sebelum menulis artikel, sebaiknya kamu melakukan riset keyword dan topik yang sedang tren terlebih dahulu. Supaya kamu dapat menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi atau banyak orang yang mencarinya. Sehingga, blog kamu dapat berada di halaman pertama mesin pencari.

Apabila sudah berhasil menempati posisi teratas Google, peluang blog kamu memiliki banyak pengunjung sangatlah besar. Buktinya, situs web ranking pertama di Google meraih 33% trafik. Sedangkan ranking kedua dan berikutnya tidak mencapai 20 persennya.

Jika ingin melakukan riset keyword yang benar, kamu harus memperhatikan tingkat kesulitan, SERP-nya, volume pencarian, serta saran kata kunci. Setiap langkah tadi dapat kamu lakukan secara mudah melalui tools riset keyword. Misalnya Ubersuggest, Ahrefs, Google Trends, dan lain-lain. 

2. Gunakan Judul Unik

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog yang kedua adalah dengan membuat judul konten atau artikel yang unik. Karena, sebagian besar orang pasti membaca judul terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk klik suatu artikel pada halaman hasil pencarian.

Artinya, judul artikel kamu merupakan elemen terpenting yang pertama kali dilihat oleh calon pengunjung. Oleh karena itu, kamu harus membuat judul konten atau artikel yang unik dan menarik.

Berikut ini ada sejumlah tips untuk menciptakan judul artikel agar dilirik banyak orang:

  • Gunakan kata-kata sifat yang kuat, seperti kata jitu, terlengkap, ampuh, efektif, dan sejenisnya. Contoh judul artikel: Cara Paling Efektif Menghasilkan Uang dari Internet.
  • Pakai angka di awalan judul artikel berjenis listicle. Misalnya: 10+ Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah, Terbukti Ampuh.
  • Jangan terlalu panjang. Ciptakan judul maksimal 60 kata saja agar tidak terpotong pada halaman hasil pencarian Google.

Seperti itulah 3 tips menciptakan judul yang unik. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan judul dengan isi artikel blog kamu. Jangan sesekali menipu pembaca atau clickbait. Karena bisa mengakibatkan turunnya kredibilitas blog kamu. Sehingga, ranking blog kamu juga akan merosot.

3. Gunakan Strategi Internal Link

Internal link merupakan cara menautkan suatu link artikel yang berasal dari blog kamu yang termasuk ke dalam salah satu strategi SEO. Tujuannya aalah untuk membuat struktur blog supaya Google lebih mudah untuk memahaminya. Selain itu, kamu juga akan memudahkan para pengunjung blog untuk menemukan informasi lain yang mereka butuhkan.

Ada 2 cara untuk menautkan link pada artikel blog kamu seperti berikut ini:

  • Sisipkan langsung link artikel pada teks yang relevan.
  • Sisipkan internal link menjadi rekomendasi artikel. Contohnya, “Baca juga: 5 Cara Ampuh Membersihkan Komedo di Wajah(sisipkan internal linknya)”.
Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

Strategi internal link ini memungkinkan kamu untuk mengarahkan pengunjung dari artikel yang tinggi trafiknya ke artikel yang lebih rendah. Sehingga, akan memberikan keuntungan juga untuk kamu secara tidak langsung.    

4. Share Konten pada Postingan Media Sosial

Selain berupaya untuk meningkatkan pengunjung blog di Google, kamu juga bisa mencoba potensi trafik melalui media sosial. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Pasalnya, total pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia menduduki peringkat ke 4 di dunia. Bila kamu totalkan mungkin sekitar 170 juta lebih pengguna aktif.

Cara membagikan konten blog kamu jangan sembarang copas link saja. Kamu harus membuat suatu ringkasan artikel dari konten blog kamu untuk kamu bagikan pada postingan media sosial milikmu. 

Supaya lebih maksimal, kamu juga dapat membuat infograik agar postingan kamu lebih menarik. Karena, desain infografik yang menarik mampu mempermudah audiens untuk membaca artikel blog kamu dan berpotensi mengantarkan mereka ke blog kamu. 

5. Aktif pada Laman Situs Tanya Jawab

Kamu juga dapat mencari peluang trafik melalui situs tanya jawab sepertu Quora dan Brainly. Kuncinya, jika ada pertanyaan yang mampu kamu jawab menggunakan konten milikmu, langsung saja cantumkan linknya pada kolom jawaban di situs tersebut.

Oleh sebab itu, kamu harus aktif memantau setiap pertanyaan yang dapat kamu jawab serta mempromosikan artikel blog kamu. Jangan lupa untuk memberikan konten yang menjawab beserta jawabannya. Sehingga, kamu akan mendapatkan kesan sebagai seseorang yang ahli di niche blog kamu. Jadi, kamu juga berpotensi mendapatkan lebih banyak pengikut.   

6. Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Melakukan Blogwalking

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu berikutnya, yaitu melakukan blogwalking. Sesuai dengan namanya, blogwalking artinya aktivitas berkunjung ke sejumlah blog milik orang lain dengan tujuan khusus.

Cukup banyak keuntungan yang akan kamu rasakan saat melakukan blogwalking. Misalnya membangun networking, menemukan bahan evaluasi, mendapatkan ide konten, serta mempromosikan blog kamu.

Pada saat melakukan blogwalking, kamu harus mencari blog yang memiliki niche serupa denganmu. Contohnya, kamu mempunyai blog dengan niche kuliner, maka carilah blogger yang memiliki niche kuliner juga.

Kemudian, kamu bisa memberikan komentar pada konten blog tersebut. Tapi jangan hanya memberikan komentan “keren, bund” atau “artikelnya sangat related”. Usahakan kamu memberikan apresiasi pada poin yang menurut kamu sangat menarik pada artikel tersebut.

Sehingga, komentar kamu dapat ditanggapi oleh penjunjung lain atau pemilik blog tersebut. Cara ini memberikan kamu peluang untuk menjalin komunikasi yang baik antar blogger. Selain itu, kamu juga bisa membuat rencana kerja sama dalam hal promosi blog milikmu.

7. Pastikan Blog Mobile Friendly

Di zaman sekarang ini, kegiatan apa pun bisa kamu lakukan hanya dengan sebuah ponsel. Termasuk membaca artikel blog. Sebuah penelitian juga membuktikan 52% pengunjung berasal dari pengguna ponsel.

Kamu dapat mengeceknya terlebih dahulu tingkat responsif blog memakai situs Mobile-Friendly Test milik Google. Dari sanalah kamu dapat menemukan isu-isu dan informasi yang kamu temui saat loading halaman.

Oleh sebab itu, bila kamu ingin meningkatkan potensi trafik, kamu harus membuat blog yang bersifat mobile friendly. Apabila kamu memakai CMS WordPress, ada ratusan template mobile-friendly yang tersedia dan mampu membuat blog responsif. 

8. Ciptakan Konten Berkualitas Bagus

Konten yang berkualitas bagus juga berpotensi meningkatkan pengunjung blog kamu. Maksud dari konten berkualitas adalah artikel yang mampu menjawab pertanyaan si pencari informasi dan juga lengkap. Contohnya, kamu akan menulis artikel “cara menghilangkan jerawat”.

Baca Juga:   5 Web Builder Terbaik dan Gratis untuk Membuat Website

Kamu harus membahas secara detail mengenai langkah-langkah menghilangkan jerawat. Risetlah terlebih dahulu melalui artikel yang muncul di mesin pencari, khususnya pada halaman pertama dengan pembahasan yang serupa. Kemudian, tulislah artikel yang jauh lebih bagus.

Panjang artikel yang kamu terbitkan ternyata sangat menentukan ranking di Google. Bila jumlah kata artikel kamu sebelumnya hanya sekitar 300-an kata, maka sebaiknya kamu tambah lagi kuantitasnya.

Karena, berdasarkan Backlinko, panjang artikel blog si halaman pertama Google sebagian besar berjumlah 1447 kata. Walaupun faktanya seperti itu, kamu juga harus menyesuaikan dengan topik artikel yang kamu buat.

Contohnya, kamu membuat artikel tutorial pembuatan cake yang panjangnya sekitar 1000 kata. Artikel blog kamu tetap mendapatka peluang untuk muncul pada halaman pertama. Asalkan artikelnya lebih baik dan lengkap dibandingkan milik kompetitor.

9. Lakukan Newsjacking

Newsjacking merupakan suatu teknik memanfaatkan berita atau isu yang sedang populer untuk menarik minat audiens. Tetapi, pada teknik ini, kamu juga perlu menyisipkan opini atau gagasan pribadi.

Misalnya, niche blog kamu tentang review musik. Ketika musik video Wonderland Indonesia booming karena berhasil trending topic nomor 1 di platform YouTube. Kamu bisa memberikan opini pribadi yang berhubungan dengan musik video tersebut.

Jika kamu memanfaatkan kepopuleran musik video Wonderland Indonesia, blog kamu juga bisa turut viral. Karena sebagian besar orang akan mencari review musik video tersebut sebelum menontonnya.

Teknik ini juga akan berlaku pada channel YouTube. Salah satu yang sudah pernah melakukan teknik yang satu ini, yaitu channel Justin Burke. Ketika memanfaatkan kepopuleran musik video Wonderland Indonesia, video ini mampu meraih view sebanyak 787 ribu penonton YouTube.

Kuncinya, kamu harus terus update terhadap berita yang saat ini sedang viral. Jangan lupa juga untuk mengutarakan opini dan analisis terbaik kamu. 

10. Lakukan Link Building

Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog berikutnya, yaitu melakukan link building. Link building merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan link milik website lain yang akan mengarah pada website milikmu. Nama lain dari link ini adalah backlink.

Mencari backlink tidak bisa kamu lakukan secara sembarangan. Kamu perlu mencari backlink yang mempunyai trafik tinggi dan berkualitas baik. Karena, semakin banyak backlink milik website berkualitas di konten kamu. Google juga akan menilai blog kamu berkualitas.

Maksudnya, blog kamu akan menjadi acuan untuk website lain. Sehingga, Google akan mengutamakan blog kamu untuk muncul pada halaman pertama hasil pencarian. 

Berikut ini ada sejumlah cara untuk menemukan backlink berkualitas bagus:

  • Pilih website yang nichenya masih sesuai dengan niche blog kamu.
  • Domain authority tinggi.
  • Cara yang memiliki trafik tinggi.
  • Mempunyai rekam jejak outbound link cukup bagus.

11. Aktif pada Komunitas Facebook

Selain mempromosikan artikel blog kamu pada platform media sosial. Kamu juga dapat menyebarkan artikel pada komunitas atau grup di platform Facebook. Contohnya niche blog kamu tentang pariwisata. Kamu bisa bergabung dengan Komunitas Traveling Indonesia atau grup lainnya yang sejenis.

Tetapi, kamu harus berhati-hati saat promosi di suatu komunitas. Karena, Facebook mempunyai sistem filter yang lumayan ketat. Jika kamu secara terang-terangan melakukan pemaksaan kepada anggota komunitas tersebut untuk berinteraksi terhadap konten milikmu. Maka kamu akan dianggap sebagai spam.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan membagikan link di sebuah grup. Cobalah untuk aktif terlebih dahulu pada grup tersebut, misalnya menjawab beberapa pertanyaan dari anggota grup. Agar kamu dikenal sebagai orang yang bisa dipercaya dan expert oleh anggota grup tersebut.

Jadi, saat kamu mengirimkan artikel, potensi mereka akan berkunjung ke blog kamu menjadi lebih besar. Selain bergabung pada komunitas Facebook, kamu juga dapat membuat grup Facebook sendiri. Bila ingin grup kamu ramai, kamu dapat mempromosikannya melalui grup lain untuk bergabung pada grup kamu dengan iming-iming konten berkualitas atau ebook gratis. 

Baca Juga:   10 Pilihan CMS Terbaik Untuk Membuat Website Sendiri

12. Bagikan Melalui Email Marketing

Kamu juga bisa meningkatkan pengunjung blog dengan membagikan email marketing untuk menjadi sumber trafik tambahan. Strategi yang satu ini dipercaya 40 kali lebih efektif dibandingkan kamu memanfaatkan media sosial.

Sebelum mengirimkan email marketing, pastikan kamu telah mempunyai daftar email atau membangun email list pengunjung blog. Cara mendapatkan email list adalah dengan membuat formulir subscribe.

Tidak harus membuat formulir yang sangat panjang dan lengkap. Kamu bisa mencantumkan kolom username serta alamat email saja untuk berlangganan. Gunakan plugin Contact Form 7 untuk membuat formulir sederhana tersebut.

Apabila kamu telah mempunyai email list, kamu dapat segera membuat desain email marketing. Kamudian mengirimkannya memakai tool email marketing, contohnya Mailchimp. 

13. Optimasi Kecepatan Website

Menunggu loading dari suatu blog adalah hal yang paling membosankan dan mengesalkan. Fakta membuktikan, 53% orang cenderung meninggalkan blog saat loadingnya berlangsung selama lebih dari 3 detik.

Jika kamu ingin mengetahui kecepatan loading blog, kamu dapat memanfaatkan tool Google Page Speed Insight. Melalui tool tersebut kamu akan mengetahui waktu loading serta berbagai faktor yang mengakibatkan lambatnya loading blog kamu.

Ada beberapa cara jitu untuk mempercepat loading blog milikmu:

  • Optimasi Gambar: Terlalu banyak mengunggah gambar dapat mengakibatkan loading website kamu menjadi lambat. Terutama bila sizenya besar. Oleh karena itu, kamu harus mengompres gambar terlebih dahulu sebelum mengunggahnya. Usahakan untuk mengompres gambar di bawah 100 kb saja.
  • Batasi jumlah postingan pada halaman utama blog: Tata jumlah postingan yang ada pada halaman utama agar mempercepat loading. Cara menata jumlah postingan, yaitu dengan klik Settings, kemudian pilih Reading. Berikutnya masukkan jumlah postingan di Blog pages show at-most, lalu klik Save.
  • Gunakan server web hosting berkualitas: Kualitas server yang kamu gunakan bisa sangat berpengaruh terhadap performa blog. Pastikan kamu memilih hostng yang mempunyai Lite Speed web server, karena dianggap sebagai server paling cepat.
  • Hapus plugin yang tidak diperlukan: Jika kamu terlalu banyak menginstall plugin dapat mengakibatkan loading blog semakin lama. Maka, sebaiknya kamu menghapus beberapa plugin yang tidak begitu penting dan sudah tidak aktif lagi.
  • Update WordPress: Melakukan update WordPress nyatanya bisa membuat suatu perbaikan terhadap performa blog kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengupdate WordPress ke versi paling baru.             

Tingkatkan Jumlah Pengunjung Blog Untuk Meningkatkan Penghasilan

Itulah tadi 13 cara termudah dan paling ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog milikmu. Sehingga, juga bisa memperbesar peluang kamu untuk menghasilkan uang lebih banyak dari konten blog.

Karena blog yang memiliki banyak pengunjung pasti akan dilirik oleh beberapa perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan blog tersebut sebagai platform promosi bisnis yang sedang kamu jalani saat ini.

Jadi, bisa menghemat biaya marketing sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan dari blog tersebut. Tentunya akan sangat menguntungkan bukan? Baik untuk kamu maupun bagi bisnis kamu nanti ke depannya.  


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password