Cara Meningkatkan Followers Pinterest, Cepat dan Efektif!

cara meningkatkan followers pinterest

Pinterest menjadi platform media sosial yang paling populer nomor dua setelah TikTok. Sebagai media sosial yang cukup populer, pastinya banyak yang ingin tahu bagaimana cara meningkatkan followers pinterest.

Nah, berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan agar followers pinterest meningkat.

Cara Meningkatkan Followers Pinterest

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar followers pinterest bisa meningkat dengan cepat.

Simak ulasannya di bawah ini.

1. Aktif dan Terlibat di Pinterest

Cara meningkatkan followers di Pinterest yang pertama adalah aktif dan juga terlibat di Pinterest. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan feed yang ada di Pinterest untuk mulai berinteraksi dengan orang lain.

Apabila kamu melihat postingan milik orang lain, jangan ragu untuk memberikan komentar. Komentar yang kamu berikan bisa berupa bentuk pujian terhadap karya yang mereka post di Pinterest.

Berdasarkan komentar tersebut, kamu akan mengenal si pembuat karya dan otomatis kalian akan saling mem-follow satu sama lain. Nah, dari sinilah kamu bisa mendapatkan followers tambahan di Pinterest.

Selain berkomentar, kamu juga bisa melakukan beberapa cara, seperti menyematkan postingan secara manual dan juga teratur. Kemudian kamu bisa membuka halaman “Explore” dan juga “Trending” untuk menyematkan kembali postingan yang kamu sematkan sebelumnya.

Selain itu, menyematkan pin orang lain secara manual juga akan membuat kamu menjadi terlihat lebih aktif di Pinterest. Lalu, dengan mengikuti apapun yang berada di “Board to Follow” yang sekiranya relevan dengan profilmu, juga akan menambah keaktifanmu di Pinterest ini.

2. Ikuti Followers Kompetitormu

Jika kamu hanya menunggu dan bertindak pasif dalam mengumpulkan followers, maka kamu membutuhkan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, cara meningkatkan followers Pinterest berikutnya ini mengharuskan kamu untuk memulai mengikuti orang lain terlebih dahulu.

Baca Juga:   Ini Ukuran Postingan di Facebook yang Perlu Kamu Perhatikan

Mengikuti orang lain bukan berarti kamu bisa mengikuti siapapun. Mulailah dengan mencari tahu siapa saja orang-orang yang menjadi kompetitor dan memiliki tema yang sama dengan profilmu. Setelah itu, perhatikan followers dari akun tersebut.

Setelah mendapatkan nama-nama followers-nya, sekarang saatnya kamu beraksi. Ikutilah beberapa followers dari akun kompetitor tersebut. Ketika mulai mengikutinya terlebih dahulu, followers itu akan secara tidak sadar mengecek profil Pinterest milik kamu. 

Karena memiliki ketertarikan terhadap akun kompetitormu, otomatis pengguna tersebut juga memiliki ketertarikan dengan konten yang kamu sajikan. Nah, dari sini pengguna Pinterest itu berpotensi untuk segera memberikan follow balik kepada akun Pinterest milik kamu.

3. Memanfaatkan Fitur Pencarian

Salah satu fitur paling bermanfaat yang ada di dalam Pinterest adalah fitur pencarian. Jika menggunakan fitur pencarian ini, kamu bisa memanfaatkan kata kunci yang paling populer dan sesuai dengan konten dari profil milik kamu.

Pada hal ini, kata kunci bisa menjadi alat untuk menyaring siapa saja pengguna yang cocok dengan konten milik kamu. Pernah mendengar mengenai SEO? Nah, SEO berperan sangat besar dalam hal ini.

Berdasarkan data dari Pinterest, ada sekitar 2 miliar lebih pencarian yang dilakukan setiap bulannya di Pinterest. Berdasarkan 2 miliar pencarian tersebut, terdapat 87% pinner yang melakukan pembelian karena Pinterest ini.

Nah, untuk bisa memanfaatkan fitur pencarian sebagai cara meningkatkan followers di Pinterest, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pertama, pastikan kamu memanfaatkan judul dan deskripsi pada board. Pastikan judul dan deskripsi itu kamu tulis secara detail dan menarik.

Kemudian, kamu juga perlu memberikan deskripsi terhadap pin yang ada di dalam profil milik kamu.

Hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah kata-kata yang kamu sertakan di setiap deskripsi dan judulnya. Pastikan kamu menyertakan kata kunci SEO dengan peringkat tertinggi yang relevan dengan konten yang kamu sajikan. Supaya kamu bisa muncul lebih mudah saat orang-orang melakukan pencarian.

4. Meningkatkan Followers dengan Fitur Sections di Pinterest

Di Pinterest, terdapat sebuah fitur baru yang bernama Sections. Fitur ini mampu mengkategorikan board yang kamu miliki ke dalam board. Sehingga, kamu bisa memiliki profil yang lebih rapi dan tampak lebih menarik. Cara ini dapat mempermudah peningkatan followers dari akun Pinterest milik kamu.

Baca Juga:   IG Story atau Post: Manakah yang Menghasilkan Engagement Terbaik?

Agar bisa memanfaatkan fitur yang satu ini, kamu bisa pergi ke menu board yang ingin kamu masukkan ke dalam Sections. Kemudian, klik tombol “Add Sections”. Lalu, buatlah sections yang kamu inginkan dan tambahkan kategori paling sesuai dengan isi dari sections tersebut.

5. Manfaatkan Pin yang Dipromosikan

Apabila kamu merupakan pengguna Pinterest yang menggunakannya untuk tujuan pemasaran, maka kamu pasti sudah memiliki akun bisnis. Nah, akun bisnis ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara untuk meningkatkan followers Pinterest.

Salah satu keuntungan menggunakan akun bisnis adalah mendapatkan promosi pin, sehingga harus kamu manfaatkan. Promosi pin ini adalah metode pemasaran bisa kamu lakukan dengan membayar iklan di Pinterest. Ketika melakukan pembayaran, kamu bisa mendapatkan eksposur dan visibilitas terhadap pin tersebut.

6. Meningkatkan Followers Pinterest dengan Hashtag

Salah satu fitur menarik yang ada di dalam Pinterest adalah hashtag. Adanya hashtag atau tagar ini, bisa kamu manfaatkan untuk mengelompokkan konten yang sudah kamu buat sebelumnya.

Kamu bisa memberikan sebuah hashtag yang sama untuk beberapa konten milikmu dengan topik yang relevan. Sehingga, konten milikmu akan terkait satu sama lain. Kemudian, pengguna lain juga bisa lebih mudah pada saat ingin melihat konten apa saja yang menggunakan hashtag tersebut.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan hashtag yang sedang populer pada saat itu. Semakin trending hashtag tersebut, maka akan semakin banyak juga orang yang melihat konten yang kamu sajikan. Pada hal ini, pastikan kamu tetap menyesuaikan hashtag tersebut dengan konten yang kamu sisipkan.

Kemudian, untuk bisa menggunakan fitur hashtag ini, kamu bisa melakukannya hanya dengan menambahkan tanda pagar (#) sebelum hashtag yang ingin kamu tambahkan. Setelah itu, kamu bisa meletakkannya tepat pada deskripsi board dari konten yang kamu unggah.

7. Gunakan Akun yang Lebih Lama

Pinterest memiliki sistem yang unik. Semakin lama umur akun Pinterest yang kamu miliki, maka akan semakin mudah pula segala perizinan terkait aktivitas yang ingin kamu lakukan di Pinterest. Contohnya seperti perizinan untuk membuka akun bisnis baru.

Baca Juga:   Ukuran Ideal Postingan di LinkedIn yang Wajib Diketahui

Semakin lama umur dari akun Pinterest milik kamu, maka Pinterest akan menganggap bahwa akun milik kamu ini merupakan akun yang bisa dipercaya. Karena menaruh kepercayaan yang tinggi, perizinan untuk membuka akun bisnis baru akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Setelah memiliki akun bisnis, sekarang kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara meningkatkan followers di Pinterest. Apabila melakukan cara yang tepat, kamu bisa mendapatkan peningkatan followers secara cepat dan konsisten pula. 

Tentunya, kamu juga harus tetap melakukan usaha dan meluangkan waktu untuk mengurus akun Pinterest milik kamu ini. Agar tidak jalan di tempat.

8. Memulai Group Board Milik Kamu Sendiri

Di dalam Pinterest, ada sebuah fitur yang memiliki nama Group Board. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk menambahkan kontributor pada board yang kamu tentukan. Nah, fitur yang satu ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara untuk meningkatkan followers Pinterest.

Agar dapat menerapkannya pada profil akun Pinterest milik kamu, kamu bisa memulainya dengan menggunakan board milik kamu sendiri. Kemudian, setelah membuat board, kamu bisa menekan tanda plus untuk menambahkan kontributor pada board tersebut.

Pada kondisi ini, pastikan kamu menuliskan dengan jelas aturan apa saja yang ada di dalam group board tersebut. Tuliskan secara rinci mengenai hal itu pada deskripsi board-nya. Pastikan juga kontributor menyetujui aturan tersebut, sehingga kontributor tidak bisa bertindak sesuai kemauannya sendiri.

Cara Meningkatkan Followers Pinterest Sangat Mudah Bukan?

Itu dia beberapa cara meningkatkan followers Pinterest yang cepat, mudah dan efekti.

Apabila kamu mengikuti beberapa cara di atas, kamu bisa meningkatkan jumlah followers yang kamu miliki.

Semakin tinggi jumlah followers yang kamu miliki, semakin mudah pula konten kamu dilihat oleh orang-orang.

Oleh karena itu, segera lakukan satu per satu cara meningkatkan followers Pinterest di atas, agar followers kamu bisa meningkat lebih cepat!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, blogger influencer dan influencer marketing hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password