Cara Mengubah Story Instagram Menjadi IG Reels dengan Mudah

cara mengubah stroy instagram menjadi IG reels

Belum lama Instagram memperkenalkan fitur terbaru mereka yang memungkinkan untuk mengubah Story Instagram menjadi IG Reels dengan cara yang mudah.

Meskipun tidak ada pengumuman resmi dari pihak Instagram, namun kamu bisa mengeceknya sendiri melalui postingan Story Instagram mereka pada awal Maret 2022 yang lalu.   

Cara ini juga dinilai efektif dan lebih mudah untuk berpromosi bisnis.

1. Apa Itu Story Instagram?

Sebelum membahas tentang cara mudah mengubah Story Instagram menjadi unggahan IG Reels. Alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari Story Instagram atau Instagram Stories.

Seperti yang sudah kita ketahui, story Instagram adalah sebuah fitur yang memungkin kamu untuk mengunggah video atau foto dan nantinya akan menghilang secara otomatis setelah 24 jam penayangannya.

Fitur ini sama halnya dengan Snapchat, video dan foto yang kamu share pada akun Instagram hanya bersifat sementara dan tidak bisa kamu lihat lagi setelah 24 jam. Selain itu, konten yang kamu share pada Story Instagram juga tidak bisa muncul pada Instagram Feed maupun Profil Grid kamu.

2. Apa Itu Instagram Reels?

Setelah mengetahui pengertian tentang Story Instagram, berikutnya kamu juga harus memahami apa itu Instagram Reels sebelum berpindah ke cara mengubah Story Instagram menjadi IG Reels.

Melansir dari situs resmi Instagram, IG Reels atau Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat unggahan video berdurasi 15 detik. Dilengkapi dengan pilihan efek, audio, serta tools kreatif lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa merekam atau menggabungkan beberapa klip untuk bisa menjadi sebuah video yang utuh. Apabila kamu mempunyai akun Instragram yang terkunci atau private, maka hanya pengikut kamu saja yang bisa melihat unggahan Instagram Reels kamu.

Baca Juga:   Cara Live di TikTok Dengan Mudah Untuk Menarik Banyak Penonton

Seperti halnya TikTok yang mempunyai fitur for you page atau FYP, dengan fitur tersebut, Instagram juga telah menyesuaikan laman explore untuk menjelajah postingan Reels.

Kamu akan dapat melihat konten Reels pada bagian sisi atas laman explore dan juga bisa scroll ke bagian bawah untuk menonton konten lainnya seperti di aplikasi TikTok.

3. Fitur Convert to Reel

Fitur baru yang memberikan kamu cara untuk mengubah Story Instagram menjadi IG Reels ini bernama Convert to Reel. Dengan adanya fitur ini, kamu dapat membuat kreasi terbaru dalam pembuatan konten di platform Instagram.

Karena jenis konten yang satu ini akan diputar secara berulang-ulang, maka diperlukan beberapa detik untuk mengubah Story Instagram kamu dengan kurator secara cermat menjadi Reels.

Kamu juga bisa mengedit Reels jenis ini seperti halnya Reels lainnya. Kamu bisa mengedit durasi klip, menambahkan konten dari rekaman kamera, menghapus klip, dan memilih audio tambahan yang berbeda.

Tak hanya menjadi alat repurposing yang canggih, namun juga bisa mempersingkat waktu pengeditan. Karena Instagram secara otomatis mampu menyelaraskan video kamu dengan musik yang kamu pilih.

Fitur terbaru Instagram ini mungkin tidak tersedia untuk semua akun. Apabila kamu belum dapat mengaksesnya, maka bersabarlah. Fitur Convert to Reels ini adalah cara lain untuk mendukung kamu membuat konten berjenis Reels.

Jadi, bila kamu mempunyai Story Instagram keren yang tersembunyi, sekaranglah saatnya untuk kamu menghidupkan fitur Reels pada akun Instagram pribadimu.

4. Cara Mengubah Story Instagram Menjadi IG Reels

Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengubah Story Instagam supaya menjadi unggahan IG Reels:

Pilih postingan Story Instagram 

ig reels 1

Pertama-tama yang perlu kamu lakukan adalah memilih postingan.

Dalam hal ini, manakah yang hendak kamu ubah menjadi Reels, kemudian tap pada Story IG tersebut.

Pilih Opsi “Convert to Reel”

ig reels 2

Berikutnya, saatnya untuk mengconvert.

Caranya, tap pada ikon titik tiga, lalu pilih opsi “Konversikan ke Gulungan” atau “Convert to Reel” atau langsung tap icon Reels (Create).

Pilih Audio yang Sesuai

ig reels 3

Kamu bisa mendapatkannya melalui kolom pencarian, musik yang tersimpan, atau dari saran. Nantinya Instagram akan secara otomatis menyesuaikan klip kamu dengan audio yang kamu pilih.

Baca Juga:   Apa Itu Engagement Rate Dalam Social Media, Influencer Wajib Tahu

Edit Reels Sesuai Selera

ig reels 4

Kamu bisa menyusun ulang Story IG kamu, menambahkan klip baru dari rekaman kamera ponselmu, mengubah durasi video, atau menghapus klip yang tidak kamu butuhkan.

Setelah kamu selesai melakukan pengeditan dan puas akan hasilnya, tap tombol “Selesai’ atau “Done”.

Kemudian, kamu dapat menambahkan efek, closed captions, teks, GIF, atau memakai tools gambar untuk menyempurnakan proses editing Reels IG kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan keterangan, unggah atau pilih foto sampul, lalu tap terbitkan.    

ig reels 5

Voila, prosesnya sudah selesai!

5. Fitur IG Reels

Setelah mengetahui cara mengubah Story Instagram menjadi IG Reels, kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur pendukungnya. Karena fitur IG Reels juga memiliki sejumlah fitur atau tools pendukung yang cukup mumpuni untuk membuat konten kamu lebih menarik. Simak ulasan fitur-fiturnya di bawah ini!

Audio  

Fitur ini memungkinkan kamu untuk memakai dan mencari lagu dari koleksi musik milik Instagram. Tetapi, kamu juga bisa memakai audio asli olahan kamu sendiri dengan cara merekam Reels.

Ketika mengunggah Reels yang kamu sematkan audio asli milikmu, nantinya audio tersebut akan bertuliskan nama kamu sebagai pembuatnya. Apabila akun kamu merupakan akun publik, pengguna lain dapat membuat Reels memakai audio kamu dengan cara memilih “Gunakan Audio” dari fitur Reel yang telah kamu buat. 

Hitung Mundur dan Timer  

Fitur yang satu ini bermanfaat untuk kamu bisa merekam klip tanpa memegang ponsel secara terus menerus. Jadi, kamu hanya perlu menekan tombol record atau rekam, kemudian akan tampak hitungan mundur pada layar. Jangan lupa untuk memilih waktu hitungan mundur sebelum kamu memulai perekaman. 

Pengaturan Kecepatan  

Kamu dapat memperlambat atau mempercepat bagian dari audio atau video yang sudah kamu pilih setelah berhasil mempraktikkan cara mengubah Story Instagram menjadi IG Reels. Ini bisa membantu kamu untuk membuat video dengan gerakan lambat atau sesuai dengan irama. 

Kemudian, Reels juga bisa kamu rekam dalam bentuk serangkaian klip, memakai upload video dari galeri, atau sekaligus klip dalam jumlah banyak.

Baca Juga:   Perbedaan Impression dan Reach di Sosial Media

Reels Visual Replies  

Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa membalas komentar dari pengikut akun kamu pada Reels memakai video. Reels Visual Replies diklaim sebagai teknik jitu dalam membangun hubungan dengan para followers kamu. Karena, kamu dapat membuat konten berdasarkan komentar dari para followers Instagram kamu.

Efek AR  

Apabila ingin merekam sejumlah video dengan efek berbeda, kamu bisa memilih salah satu efek yang berasal dari galeri creator di seluruh dunia atau Instagram. Agar konten kamu tampak lebih menarik.

Menggabungkan Sejumlah Klip secara Sejajar  

Kamu bisa membuat sejumlah klip berdasarkan klip sebelumnya. Cara ini pastinya akan memudahkan kamu untuk melakukan transisi. Contohnya berganti kostum atau yang lainnya, sebab mengetahui posisi objek sebelumnya.

Reels Collab Tag  

Fitur ini berguna untuk merilis postingan dan Reels bersama creator lainnya. Oleh sebab itu, fitur ini dinamakan collaboration atau Collab. Collab Tag sendiri merupakan cara terjitu bagi kamu yang ingin meningkatkan jumlah views dan engagement untuk sebuah Reels atau post.

Tips Memanfaatkan IG Reels Bagi Content Creator atau Marketer

Setelah mengetahui informasi mengenai IG Reels dan sukses menerapkan cara mengubah Story Instagram menjadi IG Reels. Sekarang kamu juga harus melakukan beberapa tips jitu dalam memanfaatkan fitur IG Reels, baik untuk promosi produk maupun branding diri kamu sendiri.

Pastikan merilis konten yang bersifat informatif dan orisinal, bukan plagiat.

Biasakan juga untuk mengunggah konten behind the scenes seperti kegiatan liburan kamu, bahan produk, cerita bisnis, atau proses pengolahan produk bisnis milikmu.

Jangan sampai ketinggalan tren Reels, cobalah untuk mengikuti sesuatu yang sedang tren saat ini agar postingan kamu mendapatkan banyak penonton.

Selain itu, tunjukkan produk bisnis kamu dengan jelas dan tambahkan caption relevant yang menarik.

Sudah Siap Untuk Mengubah Story Instagram Menjadi Reels?

Nah, itulah informasi singkat mengenai cara mengubah Story Instagram menjadi IG Reels, lengkap dengan pengertian, fitur pendukung, dan lainnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk aktivitas promosi atau branding bisnis kamu, ya!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan lain-lain hanya di influencer101

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password