Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis Agar Semakin Berkembang

cara menggunakan pinterest for business

Bagaimana cara menggunakan Pinterest untuk bisnis yang efektif?

Ternyata terdapat beberapa strategi yang bisa kamu coba dalam menunjang bisnis yang kamu jalankan. 

Pinterest memang selama ini telah berperan sebagai mesin pencari dengan konsep visual. Misalnya, kamu ingin menemukan seperti apa ide dari dekorasi rumah yang keren. Bisa juga ketika kamu ingin tahu apa tren fashion paling baru. Pinterest merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Akan tetapi, Pinterest juga  bisa kamu manfaatkan untuk membuat bisnismu semakin berkembang, asalkan kamu tahu bagaimana menerapkan strategi secara tepat. Berdasarkan survei dari Sprout Social, setidaknya ada 55% orang yang mengakses Pinterest untuk menemukan foto dari produk terbaru.

Pada Pinterest kamu juga bisa menemukan beberapa fitur. Salah satunya yaitu Pinterest Ads. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan promosi bisnismu. 

Maka dari itu, media sosial tersebut memang bukan sekedar untuk menemukan gambar. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menunjang bisnis yang sedang kamu jalankan.

Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis

Agar membuat bisnis semakin berkembang, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa cara menggunakan Pinterest untuk bisnis.

Kamu bisa mencoba menerapkannya sehingga produk yang kamu tawarkan akan memiliki lebih banyak peminat.

1. Buat Strategi Pemasaran

Cara menggunakan Pinterest untuk bisnis yang pertama kamu lakukan, yaitu susun strategi yang tepat untuk kebutuhan marketing Pinterest. Tidak jauh berbeda ketika menggunakan media sosial yang lain, kamu bisa mulai menentukan seperti apa strategi yang akan kamu terapkan nanti.

Jangan langsung melakukan pemasaran, sementara kamu belum memiliki strategi yang matang. Oleh sebab itu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

  • Menetapkan tujuan Specific, Measurable, Attainable, Relevant, serta Time-bound atau  yang disingkat SMART. Selain untuk memperoleh pengikut, mungkin kamu ingin mengarahkan pengguna agar masuk ke website yang kamu miliki. Hal ini berpotensi meningkatkan penjualan produk
  • Memperhatikan para pengguna Pinterest secara umum, termasuk demografi mengenai siapa saja orang yang berpotensi lebih besar untuk mengakses produk yang kamu tawarkan.
  • Tidak kalah penting, kamu juga perlu mempelajari siapa target Pinterest secara spesifik yang tertarik dengan produkmu. Dari sini, kamu bisa lebih mudah dalam memetakan orang yang benar-benar tertarik dan membeli produk yang kamu miliki.
  • Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan strategi apa yang diterapkan oleh kompetitormu pada media sosial Pinterest.
  • Mulailah untuk membuat konten sesuai produkmu ke dalam Pinterest.
Baca Juga:   Apa itu SEO YouTube? Pengertian dan Tips Mengoptimalkannya!

2. Buat Konten yang Menarik

Seperti yang kami jelaskan bahwa Pinterest merupakan sebuah platform visual. Jadi, kamu bisa memanfaatkan media tersebut secara efektif dalam menghasilkan sebuah konten visual yang berkualitas. Tentu saja konten yang kamu buat ini harus mampu menarik minat orang-orang untuk melihat dan membeli produkmu.

Data menunjukkan bahwa setidaknya ada 82% pengguna yang mengakses Pinterest melalui smartphone. Kamu perlu menghadirkan rasio dengan aspek 2:3, agar nanti gambar tidak pecah atau terpotong. Kamu juga perlu untuk mempertimbangkan kualitas dari konten yang kamu gunakan.

Hal yang tidak kalah penting, yaitu buat deskripsi sebaik dan semenarik mungkin. Tujuannya agar deskripsi tersebut mampu meningkatkan SEO serta mendorong para pengguna agar mau mengklik tautan.

Selain deskripsi, penggunaan judul juga menjadi sesuatu yang tidak boleh kamu abaikan. Pertimbangkan untuk menggunakan judul yang mampu memperkuat pesan visual yang coba kamu sampaikan. 

Pada konten tersebut juga perlu kamu sematkan logo. Tujuannya untuk memberikan informasi secara jelas mengenai produkmu. Para pelanggan juga tidak akan tersesat dalam memilih produk yang kamu tawarkan meskipun ada merek lain dengan isi yang sama.

Memastikan tautan yang kamu cantumkan berfungsi juga menjadi hal  yang tidak kalah penting. Pastikan bahwa link yang kamu sertakan tersebut berfungsi dan tidak mengarah pada pesan ‘404’. Selain itu, pastikan bahwa tautan tersebut prosesnya cepat, sehingga memberikan pengalaman yang terbaik untuk para pengguna.

Hal terakhir adalah kamu harus konsisten. Konsistensi perlu kamu lakukan agar mampu menjangkau audiens secara lebih luas. 

3. Coba Format Pin yang Berbeda

Cara menggunakan Pinterest untuk bisnis juga bisa dengan mencoba format pin berbeda. Media sosial ini bukan hanya sekedar untuk berbagi gambar atau foto. Kamu bisa memanfaatkan platform tersebut untuk menghadirkan video.

Sebuah video yang mampu mendorong para pengguna Pinterest untuk berbelanja produkmu. Memang setidaknya ada 80% pinner menemukan produk atau merek baru melalui Pinterest. Akan tetapi, kamu harus bisa berpikir lebih dari sekedar untuk mempromosikan produkmu.

Baca Juga:   Ketahui Ide Konten Instagram Reels Menarik Agar Dilirik Audiensmu!

Orang-orang yang mengakses Pinterest biasanya ingin memperoleh inspirasi. Setidaknya ada 85% orang yang mengatakan, jika mereka datang ke Pinterest karena ingin memulai proyek baru. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan postingan yang mampu memberikan inspirasi dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan untuk audiens.

4. Terapkan Strategi dengan Hati-hati

Setelah melalui tiga hal di atas, sekarang kamu perlu menerapkan strategi yang sudah kamu susun secara hati-hati. Perlu kamu tahu bahwa ada 97% pencarian Pinterest yang tidak bermerek. 

Konten yang kamu miliki mungkin mampu menjangkau pinner yang tertarik terhadap produk tersebut atau ingin mempelajari hal-hal baru.

Misalnya, kamu menghadirkan konten tentang Oreo dengan menyertakan pin yang bisa memberikan inspirasi untuk liburan musim panas. Itu artinya, kamu bisa menghadirkan sebuah konten yang menarik dengan menjelaskan manfaat yang bisa mereka dapatkan melalui produk yang kamu kemas dalam konten tersebut.

5. Optimalkan Pin untuk SEO

Pinterest juga merupakan sebuah mesin pencari. Jadi, pastikan bahwa pin bisnis yang kamu miliki mudah ditemukan pada pencarian tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci pada deskripsi.

Tidak kalah penting adalah kamu harus menghindari konten duplikat agar kualitas SEO Pinterest produkmu semakin meningkat. Jika melakukan hal ini, perlahan pengguna Pinterest akan mudah menemukan produkmu. Kemungkinan potensi untuk sering muncul di platform Pinterest juga semakin tinggi.

6. Coba Berbagai Pinterest Ads

Selanjutnya, cara menggunakan Pinterest untuk bisnis juga bisa dengan mencoba banyak iklan Pinterest atau Pinterest Ads. Platform ini memungkinkan para pengiklan agar bisa menargetkan iklan sesuai dengan kata kunci, lokasi, minat, usia, metrik, dan beberapa kategori yang lainnya.

Membuat target audiens secara lebih terperinci memungkinkan para pengiklan untuk bisa menjangkau grup Pinterest tertentu, termasuk di antaranya:

  • Orang-orang yang sudah mengakses website kamu.
  • Orang-orang yang telah berinteraksi dengan pin kamu.
  • Pengguna yang terlihat di dalam konten yang sama di Pinterest.

Jenis-jenis Pinterest Ads bermacam-macam. Kamu bisa membuat iklan dalam bentuk video, gambar, dan lain-lain yang kamu kemas untuk membuat pengguna Pinterest tertarik dengan iklan yang kamu hadirkan.

7. Lacak Metrik

Penerapan strategi Pinterest yang efektif harus berdasarkan data. Itu artinya, kamu perlu mengukur, melacak, serta menganalisis seperti apa metrik utama Pinterest. 

Baca Juga:   Ide Konten TikTok Tanpa Wajah yang Mudah Dilakukan

Kamu juga perlu memahami perilaku dari audiens untuk membantumu di dalam mengelola media sosial Pinterest, agar konten yang kamu miliki mampu bekerja dengan baik.

Melalui pelacakan metrik ini, kamu bisa tahu mana konten yang kurang menarik. Dari sinilah kamu bisa mulai melakukan evaluasi, supaya konten yang kamu miliki jadi lebih baik. 

8. Promosikan Profil Pinterest

Cara terakhir dalam menggunakan Pinterest untuk bisnis adalah mulailah mempromosikan profil Pinterest yang kamu miliki. Pastikan bahwa pengikutmu dari media sosial lain tahu bahwa kamu memiliki akun di Pinterest.

Kamu bisa menautkan akun Pinterest melalui website atau media sosial lain yang kamu gunakan untuk promosi. Bisa juga dengan menautkan link akun Pinterest melaui email marketing yang kamu lakukan. 

Hal ini kamu lakukan agar semakin banyak orang yang mengetahui bahwa kamu juga menawarkan produk di Pinterest. Sebuah cara yang sangat mudah, karena yang harus kamu lakukan cukup dengan menautkan link profil Pinterestmu.

Sudah Paham Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis?

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara menggunakan Pinterest untuk bisnis. Kesimpulannya, Pinterest merupakan media sosial yang bukan hanya untuk mencari gambar. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan bisnis.

Sekarang kamu bisa mulai menerapkan cara-cara yang sudah kami jelaskan. Supaya usaha yang kamu jalankan saat ini bisa mulai berkembang dan mampu bersaing.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, influencer marketing dan lain-lain hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password