Bagaimana Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Pemula?

Algoritma Linkedin - Cara Kerja dan Tips Menarik Audiens

Media sosial LinkedIn sering dimanfaatkan oleh para profesional untuk menjangkau banyak koneksi. Selain itu, ternyata LinkedIn juga memiliki keunggulan untuk strategi branding perusahaan dengan menggunakan LinkedIn Page. Buat Anda pengguna baru, kali ini kami akan menjelaskan cara menggunakan LinkedIn untuk pemula yang efektif untuk membangung branding perusahaan Anda.

Penjelasan Singkat Mengenai LinkedIn

LinkedIn adalah media sosial khusus profesional yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan, menjalin hubungan profesional dan meningkatkan keterampilan yang kamu butuhkan.

Pada dasarnya, media sosial LinkedIn ini hampir sama seperti Facebook, namun platform ini memiliki tujuan khusus untuk keperluan bisnis dan profesional untuk meningkatkan koneksi. Selain itu, platform ini sangat berguna juga untuk Anda yang ingin menunjukkan keahlian dan keterampilan secara spesifik.

Selain profil individu, kamu juga bisa membuat LinkedIn Page khusus untuk perusahaan. Biasanya, perusahaan mengandalkan LinkedIn untuk memperluas jaringan, meningkatkan brand awareness, dan lain-lain disini.

Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Pemula

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, LinkedIn adalah media sosial yang ideal untuk meningkatkan personal brand dan company brand. Sebelum menggunakan LinkedIn untuk meningkatkan strategi brand awareness, kamu harus mengerti penggunaan dasar terlebih dahulu.

1. Buat Akun Pribadi di LinkedIn

membuat akun pribadi di linkedin

Sumber: LinkedIn / Alt Text: Cara Mendaftar LinkedIn

Sebelum membuat LinkedIn Page untuk perusahaan, kamu harus memiliki akun pribadi terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat LinkedIn:

  • Pertama, kunjungi laman LinkedIn.
  • Pada menu di halaman pertama, klik “Join Now” untuk membuat akun.
  • Lengkapi form pendaftaran dan klik “Agree & Join.”
  • Kamu juga bisa membuat akun secara langsung dengan klik “Continue With Google.”
  • Lengkapi kolom “First Name” dan “Last Name” dan lakukan security verification.
  • Setelah itu, tulis pekerjaan kamu saat ini dan nama perusahaan kamu dan klik “Continue.”
  • Setelah itu, LinkedIn akan mengirimkan email verification ke alamat email yang kamu daftarkan. Masukkan nomor verifikasi tersebut dan klik “Continue.”
  • Selesai.
Baca Juga:   Ukuran Ideal Postingan di LinkedIn yang Wajib Diketahui

2. Buat LinkedIn Page Untuk Perusahaan

cara menggunakan linkedin untuk membuat linkedin page perusahaan

Setelah berhasil membuat akun pribadi, sekarang kamu sudah bisa membuat LinkedIn Page untuk perusahaan. Berikut adalah caranya:

  • Pada halaman pertama, kata “Work” yang terletak di pojok kanan atas.
  • Lalu klik “Create a Company Page.”
  • Setelah itu, pilih jenis page yang sesuai dengan keperluan kamu.
  • Lalu, lengkapi profil company page secara lengkap lalu centang kotak “Verify” dan klik “Create Page”
  • Company page sudah jadi.

3. Cara Mendapatkan Koneksi

mendapatkan koneksi

Ada banyak cara menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan koneksi. Pada halaman pertama, lihat menu di bagian atas dan klik “My Network.”

LinkedIn akan memberikan rekomendasi network berdasarkan pekerjaan, alumni universitas, perusahaan, dan lain-lain. Selain itu, LinkedIn juga akan memberikan saran perusahaan, teman, newsletter hingga grup apa saja yang sekiranya sesuai dengan referensimu.

Perlu kamu ketahui, LinkedIn memiliki dua opsi untuk menghubungkan kamu dengan pengguna lainnya, “Connect” dan “Follow.”

Connect adalah undangan untuk menerima koneksi dari kedua belah pihak. Jika kita ibaratkan dengan media sosial Facebook, “Connect” sama seperti “Add Friend.” Dengan begitu, kamu bisa melihat aktivitas mereka dan bahkan berbincang bersama mereka.

Follow adalah mengikuti pengguna. Kamu bisa melihat semua aktivitas mereka tapi kamu tidak terhubung secara langsung. Sistem “Follow” ini hampir sama seperti media sosial “Twitter,” kamu hanya mengikuti aktivitas mereka saja, tapi tidak bisa mengirim direct message kepada mereka.

Lalu, bagaimana cara menemukan koneksi yang sesuai dengan referensi kamu? Biasanya, pengguna LinkedIn mengandalkan fitur yang bernama “Group.” Kamu bisa mencari “Group” yang sesuai dengan keahlian atau minat, misal kamu tertarik dengan “Digital Marketing” kamu bisa tulis kata “Digital Marketing” di kolom pencarian.

Hasil pencarian tersebut akan menampilkan profil member yang bekerja di bidang digital marketing atau perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Kamu bisa scroll kebawah lagi untuk menemukan “Group” yang berhubungan dengan digital marketing.

Baca Juga:   Faktor Penting dan Ide Cover Foto LinkedIn Ideal untuk Brand Kamu

Dari sinilah, kamu bisa menemukan orang-orang yang memang ahli di bidang digital marketing. Atau kamu juga bisa langsung follow seorang tokoh yang kamu idolakan. Misal, kamu senang dengan Neil Patel, kamu bisa langsung menuliskan nama dia di kolom pencarian lalu klik “Follow” untuk mengikuti aktivitas beliau.

follow koneksi di linkedin

4. Buat Konten yang Menarik

Sama seperti media sosial lainnya, LinkedIn memiliki beberapa fitur seperti LinkedIn Stories, interactive polls, dan quick reactions. Fitur tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten menarik yang menarik perhatian orang-orang.

Ada banyak jenis konten yang bisa kamu buat di LinkedIn kamu untuk mendapatkan audiens. Salah satunya adalah:

Membagikan Portfolio

membagikan portfolio

Konten ini sangat bagus jika kamu merupakan seorang fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan. Misal seperti contoh gambar diatas, pengguna LinkedIn tersebut membagikan SEO Portfolionya saat sedang magang di suatu perusahaan.

Nah, disinilah ajang pamer keterampilan dan keahlian kamu dimulai. Dari konten seperti ini, kamu akan menemukan orang-orang yang ahli di bidangnya. Biasanya, mereka akan memberikan masukan dan berdiskusi di kolom komentar. Jika beruntung, mungkin saja perusahaan yang kamu incar melirik portfolio kamu dan mengundang kamu untuk melakukan interview pekerjaan disana.

Update Berita Perusahaan

update berita perusahaan

Kalau konten yang satu ini sangat cocok diunggah di LinkedIn Page perusahaan. Konten-konten seperti pencapaian, produk baru, kegiatan sosial, dan lain sebagainya merupakan konten branding yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan konsumen.

Semakin banyak penghargaan atau kegiatan lainnya yang mereka bagikan di media sosial, kredibilitas perusahaan tersebut juga akan meningkat karena konsumen percaya bahwa perusahaan tersebut aktif dan terus berkembang di industri mereka.

Konten Edukasi

melihat konten edukasi di linkedin

Konten menarik yang mendatangkan banyak audiens dan engagement selanjutnya adalah edukasi. Siapa sih yang tidak suka menambah wawasan? Konten-konten seperti ini cukup ramai dicari oleh orang-orang apalagi mereka yang sedang mengasah keterampilan mereka.

Kamu bisa coba membuat konten edukasi atau sharing ilmu atau ketertarikan kalian akan suatu hal di LinkedIn pribadi kamu dan membagikannya di profil kamu. Jangan lupa juga untuk menambahkan hashtag di post tersebut supaya kontek kamu bisa menjangkau audiens lebih banyak lagi.

Baca Juga:   Apa itu LinkedIn? Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

5. Cara Menggunakan LinkedIn Untuk Mencari Pekerjaan

Untuk kamu yang masih belum paham cara menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan pekerjaan, kamu wajib banget simak penjelasan yang satu ini.

LinkedIn memiliki fitur yang bernama “Jobs” yang dimana kamu bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu. Carilah menu “Jobs” yang terletak di bagian menu atas. Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman baru yang menampilkan daftar lowongan pekerjaan.

Disana, kamu akan melihat beberapa lowongan pekerjaan yang sesuai dengan profil LinkedIn kamu. Apabila kamu tidak menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, kamu bisa menuliskan jenis pekerjaan tersebut di kolom pencarian.

Misal, kamu ingin menjadi seorang “UX Writer,” maka tulis “UX Writer” pada kolom pencarian. Jangan lupa juga untuk menetapkan lokasi yang sesuai dengan tempat tinggal kamu.

Setelah itu, kamu akan melihat daftar lowongan kerja yang berhubungan dengan “UX Writer.” Kamu tinggal pilih lowongan mana yang sekiranya setara dengan keahlian yang kamu miliki saat ini.

mencari pekerjaan

Perlu kamu ketahui, LinkedIn memiliki dua cara untuk melamar pekerjaan, “LinkedIn Easy Apply” dan “Apply.”

“Easy Apply” merupakan cara termudah untuk melamar kerja secara langsung di LinkedIn.  Ini berarti, kamu hanya perlu mengunggah CV dan Portfolio kamu di profil LinkedIn.

Sedangkan opsi “Apply” adalah cara melamar pekerjaan di luar LinkedIn. Ini berarti, kamu bisa diarahkan langsung ke website perusahaan, website penyedia informasi lowongan pekerjaan seperti Indeed, Jobstreet, dan lain-lain.

Sudah Paham Cara Menggunakan LinkedIn?

LinkedIn adalah media sosial yang tepat untuk kamu yang ingin mencari koneksi atau memperluas wawasan. Bahkan, beberapa dari mereka yang baru membangun bisnis, bisa mendapatkan klien pertama mereka dari media sosial ini. Semoga artikel cara menggunakan LinkedIn untuk pemula ini bermanfaat untuk kalian.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, influencer marketing, social media influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password