Bagaimana Cara Menggunakan LinkedIn Story untuk Bisnis?

Cara Menggunakan LinkedIn Story untuk Bisnis - Lengkap

Saat ini fitur story menjadi pilihan utama yang paling digemari oleh para pengguna media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun Tiktok. Hal inilah yang membuat LinkedIn juga menyediakan fitur story tersebut. Lalu apakah kamu sudah mengetahui cara menggunakan LinkedIn story, terutama untuk mengembangkan bisnismu? Tenang saja, artikel ini akan memberikan penjelasan selengkapnya.

Promosi Menggunakan LinkedIn Story

Memanfaatkan story pada LinkedIn sangat memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan para audiens jika mampu membagikan informasi penting dan update secara rutin. Bukan hanya membagikan cerita saja, tetapi kamu juga perlu menggunakan nya sebagai media promosi bisnis dengan gaya baru.

Salah satu alasan story menjadi lebih populer dari postingan pada feed karena story identik dengan hal-hal yang bersifat ringan, receh, dan spontan. Hal itu membuat pada audiens merasakan unggahan asli tanpa adanya unsur yang dibuat-buat. Berbeda dengan postingan pada feed, yang pada umumnya sudah diatur konsepnya sedemikian rupa, seperti menyeragamkan tema hingga berisi materi kerjasama dengan brand tertentu yang lebih membosankan bagi pada audiens.

Melalui story, audiens akan melihat konten yang lebih original, ringan, dan akan hilang setelah 24 jam tayang, sehingga tidak akan membosankan. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan story LinkedIn sebagai media promosi bisnis.

Berbagi Tips Profesional

Seperti yang banyak orang ketahui, LinkedIn merupakan platform media sosial yang berfungsi untuk membangun jaringan dengan profesional. Oleh sebab itu, jika kamu seorang pebisnis, kamu memang perlu mengetahui cara menggunakan LinkedIn story agar brand dari bisnismu dapat dikenal oleh para profesional.

Kamu bisa memulainya dengan cara membagikan sedikit informasi terlebih dahulu tentang produkmu, kemudian menunjukkan lokasi kantor untuk mengelola bisnismu, hingga berbagi tips tentang layanan bisnis kamu. 

Baca Juga:   Ukuran Ideal Postingan di LinkedIn yang Wajib Diketahui

Beberapa contoh konten yang bisa kamu bagikan pada story antara lain seperti acara kantor yang menyenangkan, tips-tips menarik atau simple hacks, mengulas sebuah topik yang sedang trending, atau bahkan bisa memberikan rekomendasi tentang buku maupun film yang kamu tonton untuk para audiens LinkedIn.

Bagikan Testimoni dari Para Pelanggan

Fitur story LinkedIn bisa kamu gunakan untuk meyakinkan calon klien agar tertarik dengan bisnis yang sedang kamu kembangkan. Caranya bisa dengan menawarkan produk-produk bisnismu, promosi, maupun layanan yang kamu berikan untuk bisnismu. 

Unggah semua testmoni terbaik dari para pelanggan atau klien yang pernah menggunakan dan bekerjasama dengan bisnis kamu. Buatlah testimoni semenarik mungkin dengan memanfaatkan aplikasi editing berupa foto maupun video yang berisi template atau gambar gerak untuk menambah estetika tampilan story.

Promosi dan Launching Produk

Hampir semua orang menyukai informasi berupa berita-berita terbaru dan masih kekinian. Namun bagi seorang pebisnis, tentu saja hal yang paling menarik adalah informasi seputar bisnis. Oleh sebab itu, cara menggunakan LinkedIn story bisa dengan membagikan konten kisah lucu maupun kejadian unik seputar bisnis dan dunia kerja.

Kamu juga bisa memanfaatkan story LinkedIn untuk mengumumkan saat launching produk bisnis, beserta penjelasan mengenai layanan produk dan promo-promo menarik yang sayang jika sampai terlewat oleh pelanggan maupun calon pelanggan. Hal itu tentu sangat menarik perhatian para audiens untuk lebih mengetahui tentang bisnismu dan akhirnya bisa menjadi pelanggan yang menggunakan produk dari kamu.

Adakan Q&A Agar Lebih Menyenangkan

Sama halnya seperti instagram yang mengadakan Q&A untuk meningkatkan engagement, LinkedIn juga bisa melakukan hal yang sama. Q&A adalah question dan answer dimana para audiens akan bertanya sedangkan host akan menjawab. Kamu tidak perlu mengadakan sesi tanya jawab dengan materi yang terlalu berat, cukup yang ringan tetapi seru. 

Cara ini terbukti cukup untuk membangun kedekatan kamu dengan audiens LinkedIn jika kamu bisa melakukannya secara rutin. Selingi kegiatan Q&A dengan tema seputar produk pada bisnis kamu. Hal ini bertujuan agar para audiens mengajukan pertanyaan apapun tentang produkmu dan ingin mengetahuinya lebih dalam dengan menjadi pelanggan.

Baca Juga:   Keuntungan dan Cara Daftar LinkedIn Premium yang Perlu Kamu Ketahui

Berbagi Aktivitas Terbaru

Cara menggunakan LinkedIn story agar berpengaruh pada peningkatan bisnismu yaitu dengan menciptakan konten receh, menarik perhatian, spontan, tanpa persiapan apapun. Oleh karena itu kamu jangan ragu untuk membagikan momen spontan tentang bisnis maupun suasana kantormu. Contohnya suasana saat makan siang bersama karyawan, briefing pagi, dan masih banyak lagi.

Namun kamu harus tetap menjaga citra bisnis saat membagikan sesuatu di story LinkedIn. Jangan sampai hal yang kamu posting menurunkan citra sehingga menyebabkan kepercayaan pelanggan berkurang. Ciptakan suasana kantor tetap positif, hubungan antar karyawan terjaga dengan baik, serta hindari masalah internal apapun. Dengan vibes positif, maka setiap postingan yang kamu unggah juga akan secara otomatis memberikan kesan positif.

Jelajahi dan Terlibat dengan Story pada Akun Lain

Menjelajahi story lain bertujuan sebagai riset agar kamu mendapatkan inspirasi tentang konten. Lihatlah apa saja yang dibagikan dan jenis konten apa saja yang menarik bagi para audiens. Kamu juga perlu bergabung dalam percakapan melalui story tersebut untuk melihat konten apa yang berhasil menarik audiens dan konten apa yang terlihat biasa saja bagi para audiens.

Selanjutnya kamu bisa menduplikasi ide konten akun lain dengan versi yang lebih baik dari kamu, sehingga lebih banyak audiens yang tertarik atau bahkan memilih menjadi pelangganmu.

Ceritakan Produk dan Ajarkan Keterampilan

Cara menggunakan LinkedIn story agar lebih menarik dan mengundang para audiens untuk selalu menunggu storymu, ceritakan tentang kelebihan produk bisnis. Selain itu, buatlah video pendek yang berisi pelatihan keterampilan sesuatu yang menarik. Misalnya saja kreatifitas dalam mengedit video, membuat kerajinan bunga yang berasal dari kertas. Dengan demikian, audiens pasti akan tertarik dan menunggu storymu selanjutnya.

Perkenalkan Rekan Kerja atau Klien

Gunakan story untuk mengenalkan rekan kerja maupun klien agar mereka menyapa dan ikut berbagi pikiran tentang produk. Hal ini bertujuan untuk memberikan bukti sosial atau validasi tentang bisnis kamu sehingga tercipta lebih banyak kepercayaan dengan para audiens. Kamu bisa mengenalkan rekan kerja atau klien secara rutin setiap seminggu sekali dengan konten lain yang lebih beragam dan menarik.

Baca Juga:   Tips Membuat Konten Menarik di Linkedin, Semakin Berkualitas!

Bagikan Pengalaman Pencapaian Bisnis

Cara menggunakan LinkedIn story bisa dengan membagikan konten video yang berisi pengalaman menarik hingga kamu bisa mendapatkan pencapaian dalam bisnismu. Hal ini akan menarik bagi para audiens dan membuat mereka ingin mengetahui lebih tentang produk pada bisnismu.

Cara Memposting Story LinkedIn

Seperti pada story media sosial lain, story LinkedIn muncul pada bagian atas halaman berbentuk lingkaran. Terdapat fitur stiker, tag, teks, maupun fitur lain, durasi video atau foto yang kamu posting maksimal adalah 20 detik. Story yang telah kamu unggah, akan secara otomatis hilang setelah 24 jam. Berikut ini cara menggunakan LinkedIn story yang perlu kamu coba :

  • Buka aplikasi LinkedIn kemudian ketuk foto dan tanda plus yang berada pada sudut kiri atas halaman.

cara menggunakan linkedin story untuk bisnis

  • Rekam video maupun foto secara langsung, ketuk tombol volume untuk mematikan suara.
  • Unggahlah video atau foto yang sudah berhasil kamu rekam.
  • Pilih stiker jika kamu ingin menggunakannya, seperti stiker Pertanyaan Hari Ini untuk menjawab berbagai pertanyaan dari para audiens yang melihat story kamu.

memilih stiker di linkedin story

  • Tag atau mention pengguna yang berhubungan dengan storymu dengan simbol ‘@’.

cara mention koneksi di linkedin

Sudahkah Kamu Mengerti Cara Menggunakan LinkedIn Story?

Story LinkedIn memang menjadi salah satu perkembangan media sosial baru-baru ini. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pebisnis seperti kamu untuk meningkatkan performa bisnismu melalui konten menarik atau terhubung dengan para profesional. Kamu pasti lebih mampu bersaing dengan kompetitor jika rutin membuat konten menarik di berbagai platform media sosial.

Namun, fitur story LinkedIn ini hanya ada pada ponsel aplikasi smartphone, sehingga jika kamu ingin mencobanya, download terlebih dahulu LinkedIn pada android atau iOS. Kemudian mulailah dengan strategi dan rencana tindakan untuk melakukan promosi, berikan konten yang unik, menarik, dan kreatif. Jika kamu tidak ahli dalam membuat konten, berikan saja kepada jasa pembuat konten atau content creator agar desain kontenmu tidak terlihat kaku.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, berita influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password