Cara Menggunakan Filter di TikTok untuk Konten, Mudah Banget!

cara menggunakan filter tiktok

Sebagai platform media sosial untuk membagikan sekaligus membuat video pendek, TikTok menyediakan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah filter atau efek yang membantu hasil video semakin apik. Cara menggunakan filter TikTok tidaklah sulit sehingga banyak orang menyukainya.

TikTok sendiri merupakan platform digital asal Tiongkok yang baru meluncur pada tahun 2016 lalu. Di Indonesia, jumlah pengguna TikTok membludak sejak masa pandemi. Berbagai kalangan mencoba menggunakan TikTok untuk menunjukkan kreativitasnya, termasuk dengan menggunakan filter.

Tidak sedikit pula yang hanya menjelajahi TikTok hanya untuk menikmati konten hasil karya para creator. Sebuah data menunjukkan bahwa pengguna TikTok setidaknya menghabiskan waktu sekitar 52 menit per hari untuk melihat-lihat video di platform tersebut.


Apa Itu Filter TikTok?

Membuat karya dan banyak orang yang menikmati hasilnya, apakah kamu juga menginginkan kondisi yang demikian? Hal tersebut bisa kamu capai dengan menjadi seorang content creator di TikTok.

Membuat konten dengan filter yang sedang populer di TikTok membantu videomu muncul di For Your Page (FYP) ribuan hingga jutaan pengguna media sosial ini.

Filter merupakan salah satu fitur pada TikTok yang memungkinkan penggunanya membuat video dengan efek tertentu. Misalnya, secara otomatis kamu bisa membuat video dengan latar sedang berada di dalam disko. Cara menggunakan filter TikTok yang satu ini sangatlah sederhana.

Contoh lainnya adalah menggandakan dirimu menjadi beberapa orang dan semuanya bisa mengikuti gerakan badanmu. Filter ini sempat populer di TikTok beberapa bulan lalu. JUmlah filter TikTok terus bertambah banyak dan semakin unik.

Ketika suatu filter menjadi populer, biasanya hampir setiap content creator langsung ikut-ikutan menggunakan efek tersebut. Tentu saja dengan editan tambahan sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Baca Juga:   Cara Menambah Followers Tiktok Cepat Tanpa Aplikasi

Dengan menggunakan filter Titkok, kamu tidak perlu mengedit video dengan rumit. Sebab, cara menggunakan filter TikTok terbilang mudah, bahkan jika kamu adalah pengguna baru di TikTok.


Bagaimana Cara Menggunakan Filter TikTok?

TikTok memanjakan penggunanya dengan menyediakan banyak filter yang mengesankan. Apabila kamu ingin mencoba membuat video TikTok yang unik dengan filter, simak berikut cara menggunakan filter TikTok.

Menginput Filter Saat Membuat Video

Terdapat dua cara menggunakan filter, cara pertama adalah dengan mencari dan menginput filter saat akan membuat video.

  1. Pertama, buka aplikasi TikTok dan tekan tombol “add” berupa ikon “+” yang letaknya ada di bagian paling bawah layar. Persis di antara tombol discover dan inbox.
    langkah 1
  2. Selanjutnya, klik “Effects” yang ada di sebelah kiri tombol untuk merekam atau tombol kamera.
    langkah 2
  3. Saat ini, kamu akan melihat berbagai pilihan efek yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten video yang mengesankan. Apabila kamu ingin menyimpan filter untuk kamu gunakan nanti, klik filternya lalu klik ikon simpan yang ada di bagian atas kiri.
    langkah 3
  4. Geser ke kiri dan kamu akan menemukan semakin banyak pilihan filter unik. Beberapa di antaranya mungkin sedang populer. Jika kamu sudah menemukan filter yang bagus, cara menggunakan filter TikTok selanjutnya adalah dengan menekan filter tersebut.
    langkah 4
  5. Selanjutnya, pada layar HP mu akan muncul sebuah perintah untuk membuat filternya aktif. Misalnya seperti pada gambar di bawah, kamu harus mengedipkan mata agar filter kaca mata hitam muncul.
    langkah 5
  6. Klik tombol rekam jika kamu sudah siap untuk membuat video dengan filter tersebut.
    langkah 6
  7. Apabila sudah jadi, klik ikon centang yang ada di sebelah kanan bawah. Lalu edit dengan fitur lain jika kamu menginginkannya, jika sudah klik tombol “Next”.
    langkah 7
Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Tanpa Tools, Dijamin Anti Ribet!

Sampai di sini konten video mu dengan filter sudah siap untuk kamu unggah. Lengkapi caption, tag, hingga tagar akan videomu semakin menarik.

Menggunakan Mesin Pencari

Cara menggunakan filter TikTok juga bisa kamu lakukan dengan cara lain. Namun cara ini bisa kamu gunakan jika kamu sudah mengetahui nama filter yang ingin kamu pakai. Misalnya sedang ada filter yang populer, kamu langsung bisa mencarinya dengan mesin pencari ini.

  1. Ketuk kolom mesin pencari yang ada di bagian atas lalu tuliskan nama filter yang sedang kamu cari. Jika sudah, klik tulisan “Search”.
    langkah 8
  2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di gambar bawah ini, kamu hanya perlu menekan ikon kamera yang ada di sebelah nama filter.
    langkah 9
  3. Saat ini, filter tersebut sudah terinput ke dalam proses merekam.

Setelah langkah di atas, silahkan lakukan perekaman video sebab filter sudah otomatis teraplikasi dalam hasil rekamanmu. Lakukan preview dan edit video kembali dengan fitur Titkok lainnya untuk menambah keunikan konten.


Cara Menggunakan Filter TikTok Orang Lain

Menjelajahi konten video pengguna lain di TikTok memang menyenangkan hingga terkadang membuat lupa waktu. Ada kalanya kamu menonton sebuah konten yang benar-benar menarik perhatian karena penggunaan filter tertentu.

Sehingga membuat kamu juga ingin menggunakan filter tersebut untuk membuat konten. Kamu tidak perlu mencarinya di daftar filter atau mencari menggunakan mesin pencari.

Hanya dengan beberapa ketukan, kamu sudah bisa mengaplikasikan filter tersebut ke video yang akan kamu buat. Berikut cara menggunakan filter TikTok dari konten lain.

  1. Jelajahi konten dan temukan konten dengan filter yang menarik.
  2. Selanjutnya ketuk filter yang ada di bagian atas username akun. Ikonnya berupa bintang bertongkat.
    langkah 10
  3. Setelah itu akan muncul filter beserta konten-konten lain yang memakai filter tersebut. Klik “Add Favorites” jika kamu ingin menyimpannya terlebih dahulu atau menunda pembuatan konten.
  4. Namun apabila kamu sudah siap membuat kontennya, klik tombol “Try This Effect” yang ada di bagian bawah.
Baca Juga:   Ide Konten 17 Agustus, Menarik untuk Hari Kemerdekaan!

Setelah langkah tersebut, filter yang tadinya digunakan oleh orang lain sudah siap kamu pakai untuk membuat konten. Klik ikon rekam untuk segera merekam konten video dengan filter tersebut. Sama seperti cara yang sebelumnya, biasanya akan muncul perintah tertentu untuk mengaktifkan efek.

Jangan lupa menentukan durasi waktu sebelum melakukan perekaman. Setelah itu kamu bisa mengeditnya dengan fitur lain, seperti teks. Cara menggunakan filter TikTok orang lain juga mudah seperti cara menggunakan filter yang lainnya.


Siap Membuat Konten dengan Filter yang Unik?

TikTok telah berhasil menarik perhatian banyak pengguna internet. Jutaan orang hadir di platform ini, baik hanya sebagai pengguna atau pun sekaligus menjadi content creator. Ketersediaan beragam filter, semakin mendorong orang untuk berpikir kreatif saat membuat konten.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jenis konten yang ada di platform ini. Kemudahan penggunaan berbagai fiturnya menunjukkan bahwa fitur ramah terhadap pengguna baik usia muda maupun usia dari generasi atas. Termasuk cara menggunakan filter TikTok yang sangat mudah.

Apabila terjun ke dunia content creator di TikTok, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk menggunakan filter. Mengaplikasikan filter yang sedang populer ke dalam kontenmu dapat mendukung konten mu tersebut masuk ke FYP dan kamu bisa menjadi content creator yang terkenal. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga: 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password