Cara Menggunakan Filter IG Untuk Konten, Gampang Banget!

Pada tahun 2017, pengguna Instagram di dunia sempat dihebohkan dengan kemunculan fitur baru pada Instagram Story, yaitu filter Instagram. Pada awalnya, filter Instagram hanya bisa dibuat dan dipublikasikan oleh tim kreatif Instagram sendiri. Namun, pada tahun 2019, cara menggunakan filter IG yang menyenangkan pertama kali dipopulerkan oleh seorang digital creator yang memiliki akun Instagram bernama @dvoshansky membuat filter AR bernama Flappy Bird. 

Hingga kini, pengguna Instagram masih bisa menggunakan berbagai macam filter IG yang berbeda di setiap Instagram Story secara cuma-cuma alias gratis. Bukan hanya untuk tujuan bersenang-senang atau mempercantik tampilan foto atau video Instagram Story, tapi filter AR IG juga berguna dalam urusan bisnis dan konten pemasaran. Wah bagaimana bisa?

Kali ini kami akan membahas secara lengkap apa sebenarnya filter Instagram itu dan apa manfaat yang bisa didapatkan darinya, baik dari sisi pembuat (creator) dan pengguna. Oh iya, kami juga akan berbagi cara menggunakan filter IG yang bikin konten kamu terlihat apik layaknya konten profesional. Pastikan kamu baca artikel ini sampai habis, ya!


Apa Itu Filter Instagram?

Filter IG atau Instagram filter adalah efek animasi wajah (kebanyakan) menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang bisa memberikan efek lapisan tak nyata pada foto dan video Instagram Story. Selain terdiri dari efek mempercantik foto dan video, filter Instagram juga ada yang bersifat interaktif dan menghibur layaknya bermain game dan quiz. Siapapun bisa menggunakan filter IG, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka semua tidak perlu membayar biaya sepeserpun kepada pemilik atau creator filter Instagram untuk bisa menggunakan filter sepuasnya.

Daripada kamu hanya membagikan foto dan video selfie atau konten fotografi lainnya apa adanya, terapkan cara menggunakan filter IG tertentu agar terlihat lebih menyenangkan atau lebih estetik. Hebatnya fitur Instagram ini juga memiliki potensi menjanjikan untuk urusan promosi konten produk branded. 

Filter Instagram merupakan perkembangan dan terobosan yang lebih canggih dari preset filter foto sesaat sebelum memposting foto di Instagram feed. Apabila filter foto hanya menambahkan warna berbeda pada foto, filter Instagram Story jauh lebih unggul dengan melibatkan efek AR untuk menambahkan dimensi baru ke foto atau video. 

Dulu pihak yang bisa membuat filter Instagram hanyalah tim kreatif internal Instagram dan itu pun tidak punya banyak variasi. Tapi pada tahun 2019, Instagram membuat keputusan bahwa pengguna Instagram dari bagian negara manapun bisa membuat filter atas namanya sendiri. Sejak itulah kamu bisa menemukan filter IG dengan beragam kreativitasnya yang dibuat oleh akun Instagram perseorangan atau akun bisnis besar. 

Baca Juga:   Ide Konten TikTok Bisnis yang Wajib Kamu Coba Sebagai Pebisnis

Fleksibilitas filter Instagram juga cukup mumpuni karena kamu bisa menggunakan filter pada semua fitur Instagram Story. Mulai dari Boomerang, Layout, Multi-Capture, Levels, Hands-Free, hingga bahkan Live Instagram dan Reels.

Berkat keberadaan serta cara menggunakan filter IG yang mudah dan gratis, Instagram semakin populer dan konsisten mendapatkan pengguna baru setiap harinya. Alhasil Instagram telah mencatat jumlah pengunduhan pada Google Play Store lebih dari satu miliar kali.


Manfaat Filter Instagram

Ada banyak alasan bagi sebuah brand untuk membuat filter Instagram-nya sendiri. Bukan hanya sekedar memfasilitasi pengguna Instagram lainnya untuk bersenang-senang, tapi dengan pengguna menerapkan cara menggunakan filter IG yang tepat, kamu sebagai creator filter IG akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

  • Meningkatkan Awareness

Secara tak langsung, filter AR khusus dapat membantu creator dalam upaya meningkatkan brand awareness dengan cara yang lebih kreatif. Creator Instagram bisnis bisa mempromosikan produk atau layanannya dengan lebih mudah menggunakan sebuah efek filter yang menyenangkan. 

Beberapa pelaku bisnis membuat konten promosi melalui filter yang bersifat interaktif seperti quiz atau tebak-tebakan. Harapannya mereka bisa meningkatkan ketertarikan pengguna Instagram dengan mudah dan sekaligus menemukan audience leads baru yang ingin mengetahui lebih banyak tentang produk atau layanan kamu.

  • Meningkatkan Engagement

Apakah saat ini kamu sebagai pemilik bisnis sedang berusaha untuk meng-engaged followers Instagram bisnis? Membuat dan menyebarkan filter Instagram bisa menjadi jawabannya. 

Sebab efek filter bisa menonjolkan brand personality saat berinteraksi dengan followers. Maksudnya, apabila kamu membuat filter Instagram, nama brand bisnis kamu akan tampil di layar Instagram Story pengguna yang menggunakan filter kamu. Tepatnya nama brand kamu akan muncul di bawah nama akun Instagram si pengguna.

  • Cara Menggunakan Filter IG Tetap dan Semakin Terdepan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa filter IG baru ada sejak 2017 dan baru terkenal pada tahun 2019. Itu artinya perjalanan kepopuleran filter Instagram masih panjang yang sayang banget jika tidak kamu manfaatkan dari sekarang. 

Sebab dengan filter Instagram, kamu punya pilihan cara untuk tetap terhubung dengan audience. Selain itu, filter Instagram dapat membantu brand atau nama kamu menjadi terdepan dalam hal berkreasi dengan teknologi baru. Strategi bisnis menggunakan fitur Instagram bukan hanya tentang menjual produk atau layanan, tetapi juga tentang nilai jangka panjang bisnis dari membangun kepercayaan.

  • Mendorong Organic Traffic

Kekuatan filter AR Instagram terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan exposure brand dalam waktu singkat. Bagaimana tidak, berawal dari 1 followers Instagram kamu yang menerapkan cara menggunakan filter IG lalu dilihat oleh 1000 followers-nya. 

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah

Kamu sebagai pemilik bisnis secara tak langsung sudah mempromosikan bisnis (soft selling) secara efektif ke 1000 calon pelanggan. Hal ini akan terus berlanjut hingga tak terhitung jumlah orang yang melihat lalu menggunakan filter bisnis kamu. Walaupun kami tidak bisa memastikan kamu bisa menjangkau ke lebih dari satu miliar pengguna Instagram.

  • Memperluas Sales Funnel Bisnis

Saat pengguna Instagram menerapkan cara menggunakan filter IG, secara tak resmi mereka menjadi brand ambassador bisnis kamu. Sebab ketika pengguna Instagram memakai filter IG kamu lalu menguploadnya di Instagram Story, mereka telah membagikan konten filter yang juga menjadi usaha promosi brand kamu ke followers mereka. Alhasil, kamu bisa membuat sales funnel kecil di seluruh platform untuk mendorong organic sales bisnis.

Kelima manfaat di atas adalah poin manfaat yang bisa creator dapatkan dari filter IG. Sedangkan bila dilihat dari sisi pengguna, manfaat dari cara menggunakan filter IG adalah sebagai berikut.

  • Mempercantik tampilan konten foto atau video tanpa perlu menggunakan aplikasi editing tambahan.
  • Meningkatkan daya personal branding yang lebih baik.
  • Tampil menarik tanpa dipungut biaya sepeserpun.
  • Alat atau media hiburan yang bisa mengobati kebosanan.

Cara Menggunakan Filter IG yang Mudah

Berdasarkan hasil data survei yang dilakukan oleh situs Napoleon Cat, hingga November 2021 sudah ada sekitar 91,01 juta pengguna Instagram di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 33,90 juta pengguna Instagram di Indonesia berasal dari kalangan pemuda berusia 18-24 tahun.

Walaupun mayoritas pengguna Instagram berasal dari masyarakat berusia produktif, tapi tak menutup kemungkinan pengguna Instagram di dalam dan di luar golongan usia tersebut tidak familiar dengan penggunaan filter IG. Itulah alasan yang mendasari kami untuk sekalian membahas cara menggunakan filter IG yang mudah. 

  • Cara Menggunakan Filter IG Melalui Fitur Instagram Story

Berhubung filter Instagram pertama kali bisa digunakan di fitur Instagram Story kami akan Jelaskan tahapan penggunaan filter IG langsung dari Instagram Story.

  1. Pertama-tama pastinya kamu harus membuka aplikasi Instagram melalui smartphone. Tunggu sampai laman Home atau Dashboard terbuka.
  2. Untuk menuju halaman Instagram Story, pilihlah icon kotak dengan tanda + di sebelah kanan atas layar lalu tekan menu bertuliskan “Story”.
    cara menggunakan filter ig menggunakan fitur instagram storyKamu juga bisa mengakses fitur Instagram Story dengan menggeser layar Home atau dashboard Instagram ke arah kanan. Dan voila! Kamu sudah sampai di halaman fitur Instagram Story.
  3. Pada halaman Instagram Story, kamu akan melihat berbagai tools di bagian bawah layar. Untuk mencari filter pertama kali, kamu geser tools-tools itu ke arah kanan sampai mentok hingga melihat tools bergambar kaca pembesar yang mana itu adalah tools Browse Effect.
    filter ig story
  4. Tekan tombol Browse Effect tersebut untuk melihat lalu memilih filter yang direkomendasikan Instagram.
    filter ig browse
  5. Kamu juga bisa mencari efek filter berdasarkan kata kunci tertentu sesuai keinginan. Disini kami contohkan untuk mencari filter Instagram dengan kata kunci cute.
  6. Apabila ingin segera menggunakan filter tersebut, Pilihlah tombol berikon kamera yang bertuliskan “Try It” ini.
    try it filter igJika kamu ingin menggunakan filter di waktu lain, kamu bisa menyimpan filter dengan cara klik tombol berikon arah panah ke bawah. Maka filter akan berhasil tersimpan dengan notifikasi seperti ini.
  7. Filter yang tersimpan akan diletakkan di samping kiri tombol kamera.
  8. Setiap kali akan menggunakan filter IG, kamu harus pastikan bahwa tombol kamera sudah tersetting dengan filter IG.
  • Cara Menggunakan Filter IG Melalui Akun Instagram Sang Creator

Jika kamu menemukan filter IG dari seorang creator dan kamu ingin menggunakan filter lain dari creator itu, kamu bisa ikuti langkah-langkah cara menggunakan filter IG berikut ini.

  1. Cari akun Instagram creator filter melalui menu Search. Lalu ketikkan nama akun Instagramnya di search bar.
    Cara Menggunakan Filter IG melalui instagram sang creator
  2. Saat sudah berada di halaman profil Instagram sang creator, pilih icon bergambar sparkling ini untuk masuk ke koleksi filter yang creator miliki.
    pilih menu filter di instagram creator
  3. Pilih filter sesuai selera. Cara simpan filter sama seperti poin cara menggunakan filter IG melalui halaman fitur Instagram Story.
  • Cara Menggunakan Filter IG Melalui Postingan Instagram Story Teman

Kadangkala filter Instagram yang digunakan teman terlihat bagus dan kamu Jika ingin menggunakan filter tersebut. Nah, daripada kamu repot melakukan dua cara menggunakan filter IG sebelumnya, ikuti langkah-langkah mudah dan cepat di sini.

  1. Tekan nama filter yang ada di pojok kiri atas layar Instagram Story.
    cara menggunakan filter ig melalui instagram teman
  2. Kamu bisa pilih antara Save Effect atau Try It.
  3. Jika pilih Save Effect, maka filter Instagram bisa kamu cari di laman Instagram Story kamu, sebelah kiri tombol camera.
  4. Setiap kali akan menggunakan filter IG, kamu harus pastikan bahwa tombol kamera sudah ter-setting dengan filter IG.
Baca Juga:   Rekomendasi Beauty Influencer untuk Instagram, Cantik dan Berprestasi!

Cara Menggunakan Filter IG Mudah Banget, Bukan?

Selain filter, Instagram selalu melakukan banyak terobosan baru di setiap kesempatan pembaruan sistem. Dan menurut kami, fitur filter AR adalah kemajuan terbesar dalam sejarah Instagram yang berkomitmen menjadi media sosial terbaik yang pernah ada.

Demikian artikel dari kami yang membahas seputar informasi sekilas, manfaat, dan cara menggunakan filter IG. Pastikan bahwa kamu menjadi pengguna media sosial Instagram yang bijak dan sesuai porsinya, ya! Spread positive vibes with Instagram!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar social media influencer maupun influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password