Cara Mengganti Nama di Instagram dengan Cepat dan Mudah

Cara Mengganti Nama di Instagram dengan cepat dan mudah

Apakah kamu seorang pengguna media sosial yang aktif di Instagram? Apakah kamu merasa bosan dengan identitas lama kamu di Instagram dan berniat mengubahnya? Tidak banyak orang yang tahu cara mengganti nama di Instagram, salah satunya karena para pengguna IG itu memang bukan orang-orang yang handai dalam urusan TIK. Tetapi kamu jangan khawatir, karena artikel ini akan menuntun kamu dalam urusan penggantian nama IG kamu dengan panduan petunjuk bergambar.


Apa Itu Username Instagram?

Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum kenal sama media sosial yang bernama Instagram. Jika sudah kenal, mungkin karena kamu hanya sekadar coba-coba saja. Sebelum kamu belajar tentang cara mengganti nama di Instagram, baca dulu penjelasan singkat ini.

Aplikasi media sosial Instagram, singkatannya IG dengan huruf kapital, merupakan aplikasi berbagi foto dan video, dimana kamu bisa mengambil foto dan video, mengeditnya dengan fitur seperti filter dan komentar. Kamu lalu bisa membagikannya ke orang-orang yang ada di internet, baik itu di media sosial lain di dalam aplikasi Instagram itu sendiri. Platform Instagram berbeda dengan media sosial lainnya seperti Facebook dan WhatsApp, karena IG hampir sepenuhnya berbentuk media visual. Tulisan-tulisan di Instagram kebanyakan berupa komentar saja.

Popularitas aplikasi Instagram datang dari kegunaannya dalam mengambil, mengedit, membagikan, dan memajang foto-foto para penggunanya. Selain foto, pengguna IG juga bisa mengambil, mengedit, dan mengunggah video livestream dan iklan. Semua foto dan video yang pernah kamu ambil itu nantinya akan terkumpul dalam suatu album koleksi yang bisa kamu lihat dan bagikan setiap saat.

Para pengguna IG seringkali tidak memakai nama asli mereka di Instagram. Mereka akan menggunakan username sebagai identitas kedua di media sosial. Apa itu username Instagram? Username Instagram adalah nama yang akan kamu pakai untuk menentukan alamat akun IG. Username berfungsi sebagai tanda pengenal spesial milikmu, sekaligus membedakan antara akun IG kamu dari akun orang lain di aplikasi Instagram. Salah satu cara mengetahui yang mana username di aplikasi itu adalah dengan melihat nama yang didepannya ada tanda “@”. Username di IG contohnya bisa seperti “@BudiBandung” atau “@Maya1010”. Jika nama akun itu memakai simbol, contohnya misalkan seperti ini; “@$tephanie292” atau “@JoniXSampurn0”, tetapi macam-macamnya tergantung selera pengguna.

Baca Juga:   Cara Membuat Instagram Music dengan Mudah untuk Story

Apakah sekarang waktunya belajar cara mengganti nama di Instagram? Belum, sebab kamu harus tahu pentingnya membuat dan mengelola username di aplikasi IG.


Pentingnya Nama (Username) di Instagram

Siapa yang menggunakan media sosial tentunya ingin agar orang-orang melihat akunnya, tak terkecuali pengguna aplikasi Instagram. Inilah mengapa pengguna IG perlu membuat username sebaik mungkin. Username di Instagram adalah identitas kamu, dan identitas yang paling mudah orang lihat adalah identitas yang unik, berbeda, dan menarik perhatian banyak orang.

Jika kamu berniat membuat username IG yang unik, usahakan agar nama akun tersebut tidak menggunakan nama asli kamu, melainkan nama panggilan atau nama kecil. Kamu dapat menggunakan simbol-simbol atau angka untuk melengkapi nama akun itu, seperti bulan dan tahun kelahiran kamu. Boleh juga menggunakan tanggal kamu mulai membuat akun di Instagram sebagai pengingat.

Nama kota tempat tinggal boleh kamu masukkan sebagai perpanjangan username Instagram kamu. Mengapa harus demikian? Karena di Instagram ada banyak orang yang bisa saja bernama sama dengan kamu; sebagai contoh, nama depan kamu adalah Agus, dan di Instagram ada pengguna-pengguna lain bernama Agus yang jumlahnya bisa sampai dua ribu orang! Supaya orang lain tahu ini Agus siapa dan isi kontennya apa, usahakan agar username kamu dibuat seunik mungkin.

Menggunakan nama akrab atau nama panggilan untuk username kamu juga berfungsi sebagai pengaman identitas diri. Di internet banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang bisa saja mencuri identitas diri kamu; dengan menulis nama panggilan sebagai username, kamu paling tidak sudah mengamankan akun kamu dari tangan usil para pencuri data di internet.

Jika kamu seorang agen pemasaran yang berniat berjualan melalui Instagram, nama akun yang unik dapat meninggalkan kesan positif bagi calon konsumen. Para calon konsumen ini akan mencari siapa pedagang yang paling kreatif dan memikat hati, dan pedagang yang menjajakan barangnya di Instagram harus kreatif pula dalam berjualan. Foto-foto produk yang rapi, bersih, dan jelas terbaca memang sangat penting untuk menarik perhatian konsumen, tetapi apa yang akan mereka lihat pertama yakni nama si penjualnya. Username seorang agen pemasaran sebetulnya bisa menggunakan nama perusahaan atau bisnis tempat mereka bekerja, tetapi jika si penjual barang bekerja secara perseorangan / tanpa naungan perusahaan, maka mereka lebih baik menggunakan username yang mudah konsumen ingat.

Baca Juga:   Download Video Reels Instagram Ternyata Mudah! Begini Caranya

Username seorang pengguna Instagram memiliki kegunaan lainnya, yaitu untuk mengetahui kegiatan-kegiatan si pengguna yang telah lalu, atau yang biasa orang sebut timeline. Dari rekaman timeline ini, kamu bisa melihat dan mengingat kembali apa-apa saja aktivitas yang kamu lakukan saat mengakses aplikasi Instagram. Apabila kamu atau kenalan kamu ada yang mengubah username mereka, dengan bantuan timeline itu, kamu dapat melihat kembali nama-nama lama sebuah akun di Instagram.


Cara Mengganti Nama di Instagram

Setelah kamu membaca tentang aplikasi Instagram, username pengguna di IG serta pentingnya memiliki username yang unik dan berkesan, sekarang kamu akan belajar cara mengganti nama di Instagram bagi mereka yang sudah bosan dengan nama lama akunnya.

Berikut langkah mengganti nama di Instagram dengan mudah dan cepat:

  • Langkah pertama yaitu dengan melakukan log in atau masuk ke akun Instagram kamu. (Kamu sudah harus punya akun di IG kalau kamu berniat mengubah identitas kamu di aplikasi itu)
  • Begitu kamu berhasil log in, berikutnya kamu perlu mengklik ikon profil IG yang terletak di bagian kanan bawah di layar utama IG. 
  • Kamu akan masuk ke halaman profil Instagram kamu. Di bawah foto profil kamu ada tombol edit profil. Tergantung dari bahasa dan setting yang kamu pakai di smartphone kamu, menu tersebut bisa juga bertulisan “sunting profil” seperti ini:
    Cara Mengganti Nama di Instagram
  • Pada menu edit profil, kamu akan mendapat beberapa pilihan untuk mengganti nama akun IG kamu (hanya jika kamu sudah pernah mengganti username kamu sebelumnya), atau kamu bisa mengetikkan username baru. Apapun username baru yang kamu hendak gunakan, jangan sampai nama akun tersebut sama dengan nama akun orang lain.

  • Begitu kamu membuat atau memilih username baru yang masih tersedia, kamu harus mengklik done di pojok kanan atas layar untuk mensahkan username itu sebagai identitas kamu yang baru di Instagram.
Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Tanpa Tools, Dijamin Anti Ribet!

Pada menu edit profil, kamu juga dapat mengubah beberapa informasi mengenai akun kamu. Contohnya adalah website pribadi, biografi singkat, alamat e-mail, nomor telepon, serta foto profil.

Di beberapa kesempatan, boleh jadi ada dari kamu sekalian yang punya akun Instagram sampai lebih dari satu. Untuk mengganti username di akun-akun Instagram cadangan itu, kamu tinggal ikuti saja petunjuk yang telah tertera sebelumnya. Sekali lagi, ingat! Nama akun tersebut harus unik, tidak boleh ada akun yang bernama sama supaya nanti kamu dan orang lain tidak salah mencari orang di IG.


Dan itulah artikel mengenai Instagram, pentingnya mempunyai username IG yang unik, serta cara mengganti nama di Instagram beserta gambar-gambar petunjuknya. Jangan lupa untuk memperhatikan tata caranya dengan seksama supaya kamu tidak salah tekan tombol di layar smartphone kamu. Terima kasih atas perhatiannya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar social media influencer maupun influencer marketing tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password