Cara Mengembangkan Akun IG dengan Pinterest, Mudah!

cara mengembangkan akun ig dengan pinterest

Cara mengembangkan akun IG dengan Pinterest ternyata mudah dan bermanfaat.

Baik untuk keperluan bisnis maupun hanya memenuhi branding pribadi sebagai influencer.

Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara mengembangkannya.

Yuk, simak bersama!

Apa Itu Pinterest?

Pinterest adalah media sosial populer untuk mengoleksi berbagai kreasi visual seperti Instagram. Meskipun hampir sama dengan Instagram, Pinterest sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda. Jika penggunaan Instagram untuk kebutuhan personal, maka Pinterest untuk berbagi inspirasi atau informasi melalui foto, video, dan GIF.

Hal itulah yang membuat Pinterest memunculkan foto atau video secara random pada halaman kamu khususnya bagi pengguna yang baru pertama kali mengaksesnya. Pinterest menawarkan fitur menarik untuk kebutuhan bisnis maupun menyalurkan hobi penggunanya. 

Selain itu, akun Pinterest juga bisa terhubung dengan IG sehingga akan menjadi peluang untuk meningkatkan jumlah followers kamu. Selebihnya, kamu akan mengetahui penjelasan spesifiknya pada artikel kali ini.

Cara Mengembangkan IG dengan Pinterest

Berikut ini cara yang bisa kamu aplikasikan untuk mengembangkan akun Instagram melalui Pinterest:

1. Hubungkan Akun IG dengan Pinterest

Menghubungkan akun Instagram dengan Pinterest membuat kamu bisa mengakses kedua akun secara bersamaan. Setelah akun tersebut berhasil kamu hubungkan, profil Pinterest akan tampil pada setiap konten Instagram kamu. 

Hal ini merupakan cara yang tepat untuk menjangkau lebih banyak orang yang mengunjungi profil Pinterest dan Instagram kamu secara otomatis. Aktivitas konten pada akun Instagram yang umumnya tidak bertahan lama pada explore pengguna lain, akan tetap bertahan selama terhubung dengan Pinterest.

Misalnya saat kamu mengakses akun IG dan memberikan pin pada salah satu konten melalui Pinterest. Pin tersebut mungkin akan disimpan oleh pengguna lain dan tersebar pada Pinterest. Kemudian akan ada banyak pengguna yang melihat dan membuka profil akun IG kamu. Jika tertarik, mereka pasti akan langsung mengikuti akun milikmu.

2. Posting Konten ke Instagram, lalu Sematkan ke Pinterest

Cara mengembangkan akun IG dengan Pinterest selanjutnya yaitu memposting konten yang menarik melalui Instagram terlebih dahulu. Setelah itu konten tersebut di sematkan ke papan Pinterest sesuai topik yang relevan agar lebih mudah ditemukan pengguna.

Baca Juga:   8 Cara Kreatif Posting Carousel Instagram, Mana yang Ingin Kamu Coba?

Untuk melakukan ini, caranya mudah, kamu hanya perlu masuk ke profil IG, lalu buka konten tertentu untuk copy URL. Setelah itu paste URL pada papan Pinterest untuk menyematkan konten tersebut. Kemudian tunggu hingga kamu melihat traffic pengunjung Pinterest meningkat.

Salah satu kunci keberhasilan menggunakan Pinterest adalah kualitas konten, bukan kuantitas. Sehingga kamu perlu memperhatikan setiap konten yang akan kamu posting agar lebih menarik dan sesuai dengan tema pada papan Pinterest.

3. Perhatikan SEO saat Posting Konten

Pinterest bisa menjadi seperti mesin SEO jika kamu menggunakannya dengan benar. Caranya adalah dengan menambahkan kata kunci yang relevan sesuai topik dan spesifik untuk bisnis kamu. Lakukan riset target kata yang akan audiens cari sebelum memposting foto atau video.

Kamu juga harus memasukkan kata kunci SEO pada judul pin di Pinterest agar bisa masuk ke hasil pencarian dari audiens. Selain judul, kamu juga wajib memasukkan kata kunci dalam deskripsi pin sebelum mencantumkan beberapa tagar yang relevan dengan konten kamu. 

4. Posting Video IGTV Ke Pinterest

Cara mengembangkan akun IG dengan Pinterest juga bisa kamu lakukan dengan memposting IGTV ke Pinterest. Video adalah konten yang sering muncul secara random pada Pinterest, sehingga banyak pengguna akan mengunjungi akun kamu. 

Selain mengunjungi akun kamu, kemungkinan besar pengguna juga akan menyimpan pin video ke salah satu papan mereka untuk dilihat maupun dibagikan kepada pengguna lain. Cara ini sangat efektif untuk mengembangkan akun IG melalui aktivitas pengguna yang tertarik dengan video di Pinterest.

Namun kamu perlu mengingat bahwa Pinterest hanya mengizinkan video dengan durasi maksimal 15 menit. Jika durasi IGTV lebih dari itu, kamu bisa memangkasnya terlebih dahulu.

5. Bagikan Cerita Instagram sebagai Pin

Tidak seperti fitur Facebook Stories, tidak ada cara khusus untuk memposting cerita Instagram ke Pinterest secara otomatis. Maka dari itu, kamu harus lebih kreatif mencari caranya sendiri. 

Cara membagikannya yaitu dengan mengetuk tombol elipsis pada sudut kanan bawah cerita Instagram lalu klik “Save”. Kamu akan memilih salah satu opsi untuk mengunduh cerita menjadi file MP4.

Namun elemen interaktif dari fitur cerita Instagram seperti stiker tidak akan bisa diklik pada Pinterest. Jadi, lebih baik kamu menghapusnya terlebih dahulu sebelum mengunggah ke Pinterest.

Baca Juga:   SEO Pinterest: 10 Tips untuk Meningkatkan Traffic

6. Temukan Audiens Kamu

Audiens merupakan salah satu elemen penting dalam strategi marketing. Jika kamu berhasil menarik perhatian dengan menyuguhkan konten menarik sesuai target audiens, maka kemungkinan besarnya akun Pinterest kamu akan dikunjungi secara rutin dan berinteraksi dengan pin.

Cara mengembangkan akun IG dengan Pinterest bisa kamu lakukan dengan fokus terhadap upaya untuk meningkatkan jumlah pengguna yang melakukan pin pada postinganmu. Semakin banyak jumlah pengguna yang melakukan pin, maka semakin besar kemungkinan akun Pinterest maupun Instagram bisa berkembang.

Terdapat dua cara menemukan audiens yaitu dengan mencari pengguna lain dalam Pinterest dan mencari brand sukses sesuai niche kamu, kemudian follow para followers mereka. Hal ini bertujuan agar pengguna yang kamu follow akan berminat membuka akun dan mengikuti kamu kembali. 

Kemudian cara kedua yaitu mencari board yang sudah memiliki banyak followers dan berkaitan dengan niche kamu. Sama seperti cara pertama, lakukan follow sebanyak-banyaknya terhadap followers board tersebut. Hal ini akan membangun target audiens pada Pinterest dan Instagram secara bersamaan.

7. Bergabung dengan Grup Board Pinterest

Grup board pada Pinterest adalah cara terbaik agar kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain. Grup board ini merupakan tempat orang bisa memasukkan pin dalam board tersebut sehingga konten kamu bisa lebih terkenal.

Setelah bergabung ke komunitas board, kamu bisa menambah jumlah followers dan mengembangkan hubungan dengan audiens lebih cepat. 

Terutama jika kamu aktif dalam komunitas tersebut, pengguna lain akan lebih mudah untuk mengenali dan tertarik melihat konten-kontenmu. Selanjutnya, mereka juga tak akan ragu melakukan pin serta melihat board pada Pinterest kamu.

Setelah tertarik melihat konten dan melakukan pin, maka biasanya pengguna lain akan mengikuti akun Pinterest kamu. Secara otomatis akun IG yang terhubung juga bisa menjadi populer dan lebih berkembang oleh banyaknya jumlah followers yang aktif berinteraksi dengan kamu sebagai pemilik akun.

Lalu apakah kamu sudah mengerti cara bergabung dengan grup board? Caranya cukup mudah hanya dengan PinGroupie, lalu masukkan kata kunci pada kolom yang tersedia. Setelah itu akan muncul beberapa grup board yang berhubungan dengan kata kunci tersebut, sehingga kamu bisa memilih salah satunya.

8. Perhatikan Kualitas Gambar

Cara mengembangkan akun IG dengan Pinterest yang tidak kalah penting adalah kualitas gambar. Gunakan gambar terbaik untuk mengoptimasi pin kamu sehingga banyak pengguna yang tertarik dan ingin berinteraksi lebih dalam dengan akun Pinterest maupun IG.

Baca Juga:   Jenis Konten Instagram yang Paling Menarik Perhatian Audiens

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat maupun memilih gambar dalam Pinterest. Pertama, perhatikan ukuran dari gambar yang kamu gunakan, pilih format vertikal atau memanjang ke bawah, bukan memanjang ke samping. Ini karena pengguna Pinterest biasanya mengakses gambar tersebut melalui smartphone.

Kedua, gunakan gambar menarik yang tetap berkesan unik dan berbeda dari pengguna lain. Gunakan warna yang cerah pada gambar, pilih background yang sesuai konteks dan topik, hindari menggunakan background warna putih. Kemudian gunakan red tones pada gambar dan buatlah gambar menjadi lebih terang.

Kamu juga bisa menambahkan logo untuk akun Pinterest dengan gambar berkualitas tinggi, sederhana, dan mengandung teks dalam gambar tersebut.

Yuk Terapkan Cara Mengembangkan Akun IG dengan Pinterest!

Instagram dan Pinterest adalah dua platform media sosial untuk memuat konten-konten visual. Jika digunakan bersama, tentu akan membantu kamu dalam mengembangkan akun IG. Kamu bisa mendapatkan banyak pengikut yang berinteraksi melalui konten menarikmu. 

Tetapi, tetap ingat satu hal, bahwa jangan hanya mengumpulkan jumlah penggemar dan pengikut. Jika kamu memang ingin akun IG lebih berkembang melalui Pinterest, maka kamu perlu terlibat dengan audiens. Beri alasan yang tepat kenapa audiens harus mengikuti akun kamu dengan menyajikan konten-konten unik dan bermanfaat.

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah paham cara mengembangkan akun IG dengan Pinterest?


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password