Cara Menentukan Rate Card Instagram, Influencer Wajib Tahu!

cara menentukan rate card instagram

Sudah tahu cara menentukan rate card Instagram? Rate card merupakan informasi seputar harga yang biasanya dimanfaatkan para influencer ketika memberikan informasi ke brand. Seperti yang kita tahu, influencer memang berperan penting untuk mempromosikan sebuah produk melalui media sosial.

Bukan hanya tentang harga, rate card tersebut juga merupakan gambaran demografis. Kemudian, ada juga yang mencantumkan engagement rate, ketentuan, kebijakan, maupun pilihan paket (bundle) posting sampai dengan hasil campaign yang sebelumnya pernah digunakan influencer tersebut pada brand sebelumnya.

Begini Cara Menentukan Rate Card Instagram

Berikut ini cara menentukan rate card Instagram yang bisa kamu terapkan sebagai seorang influencer:

1. Mencari Tahu Audiensmu

Sebagai langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu siapa yang kira-kira akan menjadi audiensmu. Misalnya, kamu membuat sebuah konten yang membahas kehidupan sebagai seorang ibu. 

Jika kamu mempunyai jumlah followers mencapai 50.000 serta engagement-nya juga cukup tinggi, baik pada Story maupun Post. Selain itu, audiens yang kamu miliki pun juga cukup tersegmentasi. 

Ini akan menjadi nilai lebih untuk kamu saat bekerja sama dengan perusahaan rumah tangga atau produk bayi yang ingin produknya dipromosikan secara tersegmentasi. Misalnya, suplemen bagi ibu, alat-alat kebersihan bayi, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Jumlah Followers

Cara kedua untuk bisa menentukan rate card, yaitu melalui jumlah followers pada akun Instagram milikmu. Sekarang kamu perlu menghitung ada berapa banyak pengikutmu saat ini. Apakah jumlahnya lebih dari seribu? Atau malah di atas puluhan ribu?

Ketika akun Instagram kamu jumlah followersnya ribuan dan aktif, maka kamu sudah tergolong sebagai nano influencer. Berikut ini cara membuat harga rate card tersebut:

  • 3.000 sampai dengan 50.000 followers, artinya harga rate card milikmu berada di angka Rp805.000,00 sampai dengan Rp1.000.000,00.
  • Jika followersmu di bawah 100.000, maka untuk harganya kurang lebih Rp5.400.000,00.
  • Sementara, jika jumlah followersmu 100.000 sampai 800.000, harga rate card-nya, yaitu Rp8.500.000,00 sampai Rp10.000.000,00.
  • Jumlah followers lebih dari 1.000.000, maka harga rate card-nya Rp15.000.000,00 dan bisa lebih.

Secara umum, untuk rate card pada influencer Instagram berkisar di angka Rp350.000,00 sampai Rp12.000.000,00. Ini berlaku untuk postingan di Feed, IG Story, Instagram Swipe Up, maupun Instagram Video.

3. Berdasarkan Instagram Generator

Jika cara menentukan harga rate card Instagram di atas masih belum membuatmu puas, kamu dapat memanfaatkan Instagram Generator. Nanti kamu perlu mengakses website influencermarketinghub.com. Melalui situs tersebut, kamu bukan sekadar bisa melihat seperti apa pertumbuhan akunmu. 

Kamu juga dapat mengetahui harga per postingan, keakfitan para followersmu pada setiap unggahanmu alias engagement.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah. Cukup masuk ke website nya. Kemudian, klik Instagram Money Calculator. Masukkan nama akun yang akan kamu cari. Tidak perlu menunggu lama, kamu akan mendapatkan data seputar akun tersebut.

4. Berdasarkan Cost Per Action

CPA merupakan tarif yang kamu tentukan berdasarkan tindakan yang nantinya akan dilakukan oleh audiens di akun Instagram kamu. Contohnya, mengisi kuesioner, mengunduh layanan, membeli produk klien, dan lainnya.

Jadi, kamu akan mendapatkan imbalan jasa dari klien hanya apabila audiens melakukan suatu tindakan tertentu. Misalnya, kamu menetapkan tarif Rp5.000,00 untuk setiap audiens yang bersedia mengisi kuesioner yang kamu posting di Story IG milikmu.

Namun, cara ini dinilai kurang efektif, karena tidak semua audiens mempunyai waktu luang untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Sehingga, imbal jasa kamu pun menjadi tidak pasti.

5. Berdasarkan Cost Per View

Cara menentukan rate card Instagram berikutnya adalah dengan berdasarkan pada Cost Per View atau CPV. CPV maksudnya adalah kamu menentukan tarif sesuai jumlah rata-rata viewers pada postingan feed, story, maupun reels akun Instagram kamu.

Tarif standar pasaran CPV saat ini adalah Rp100,00 hingga Rp1.000,00 per view. Rentang tarif tersebut tergantung dari berbagai aspek jumlah rata-rata viewers postingan konten Instagram kamu dan aspek pendukung lainnya. 

Misalnya, kamu memiliki rata-rata jumlah viewers sebanyak 40.000 views. Maka, kamu dapat menetapkan tarif rate card mulai dari Rp4.000.000,00 hingga Rp40.000.000,00 per postingan.

Selain dari jumlah rata-rata viewers, aspek lain yang akan mempengaruhi rendah hingga tingginya tarif CPV kamu adalah keunikan, personal brand value, dan juga niche kamu. 

Contohnya, kamu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh influencer lainnya, baik itu dari personality kamu, maupun dari konten yang kamu buat. Maka, kamu bisa memasang tarif CPV yang tinggi, karena klien tidak akan menemukan konten yang serupa dengan konten kamu pada influencer lainnya.

Selain itu, apabila kamu mempunyai target pasar atau niche yang sangat spesifik dan jarang ditemukan pada influencer lainnya. Hal ini juga akan meningkatkan rate card CPV kamu. 

Contohnya, kamu adalah influencer dengan niche audience berkebutuhan khusus. Maka, klien yang menjual produk penunjang konsumen berkebutuhan khusus akan langsung menawarkan kerjasama denganmu. 

Karena tidak semua influencer bisa memasarkannya. Maka dari itu, kamu bisa menetapkan tarif yang cukup tinggi kepada klien.

Aspek yang terakhir adalah personal brand value yang artinya kepribadian atau personality kamu dinilai cocok dengan brand yang akan kamu promosikan. Misalnya, kamu adalah influencer yang memiliki batita. Maka, personality kamu ini cocok untuk brand susu formula khusus batita.

Nah, produsen susu formula batita yang sedang mencari jasa influencer, pasti akan menempatkan kamu dalam list yang akan mereka ajak kerja sama. Oleh sebab itu, aspek ini juga dapat membuat tarif rate card CPV kamu menjadi tinggi.

6. Membuat Desain Menarik

Langkah terakhir, kamu perlu menghadirkan sebuah rate card yang memiliki desain menarik serta mudah saat klien membaca dan memahaminya. Sebagai seorang konten kreator, kamu perlu mencantumkan tarif secara jelas, kemudian mendesainnya berdasarkan brand image kamu atau niche kamu.

Hal ini dapat mempermudah perusahaan yang ingin bekerja sama denganmu nantinya. Karena, mereka bisa langsung mengetahui melalui informasi yang kamu cantumkan. Setelah itu, perusahaan akan mulai  bernegosiasi hingga nanti akan muncul kesepakatan antara perusahaan dengan kamu, sebagai influencer.

Contohnya, kamu adalah influencer yang memiliki niche sepak bola. Maka, kamu bisa mendesain rate card kamu dengan foto menggunakan kaos bola dan mencantumkan tarif berdasarkan jenis konten serta tools Instagram yang akan kamu gunakan untuk memposting.

Sudah Paham Cara Menentukan Rate Card Instagram?

Seperti itulah cara menentukan rate card Instagram. Jadi, dalam menentukannya ada beberapa pertimbangan yang mesti kamu perhatikan.

Setiap influencer memiliki harga atau rate card yang berbeda-beda. Maka, saat ini kamu sudah dapat menentukan harga jasa kamu sendiri.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password