Cara Menentukan Hashtag yang Tepat Untuk Social Media

cara menentukan hashtag

Ketika seseorang menerbitkan sesuatu di media sosial, entah itu sekedar gambar lucu atau sebuah informasi penting. Tentu mereka ingin postingan itu tersebar ke orang-orang yang membutuhkan, bahkan hingga viral.

Ternyata, satu kiat untuk mencapai hal tersebut adalah menerapkan cara menentukan hashtag yang tepat.

Cara Menentukan Hashtag untuk Social Media

Hashtag bisa dianggap sebagai salah satu teknik dalam SEO (Search Engine Optimization). Dan semua teknik SEO hanya berujung pada satu teknik, yakni mengakali algoritma.

Berikut kami bagikan cara untuk menentukan hashtag yang sedang populer.

1. Sering-sering Main di Media Sosial

Ini nampaknya tampil sebagai saran yang sangat ketara, tapi apa gunanya juga reinventing the wheel, bukan?

Maksudnya, cara menentukan hashtag yang paling efektif sejauh ini adalah dengan mengetahui apa yang sebenarnya sedang populer di media sosial, entah itu Twitter, Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya.

Kamu dapat mencari beberapa post viral dan coba untuk “menumpangi” hashtag post-post tersebut dengan mencantumkannya di post kamu. Kalau di Tiktok, mungkin yang paling sering adalah mencantumkan #fyp agar setidaknya konten kamu masuk dalam algoritma.

Namun, harus ada pertimbangan lain dari sekadar mencantumkan hashtag yang paling populer. Kamu harus memperhatikan juga berapa kali sebuah hashtag sudah tercantum dalam konten di media sosial.

Coba kita kembali lagi ke #fyp. Memang benar bahwa banyak post viral mencantumkan #fyp, tapi di titik ini kemungkinan kamu akan mengulang nasib mereka adalah sangat, sangat kecil. Mengapa demikian?

Saat artikel ini ditulis, #fyp sudah dipakai oleh 27 triliun video Tiktok. Dengan kata lain, hashtag ini sudah sangat oversaturated. Kemungkinan konten kamu akan dilihat orang dengan hashtag yang seluas ini akan sangat kecil, dan itu akan membuat upayamu jadi sia-sia.

Untuk mengakali hal ini, kamu harus riset lagi mengenai hashtag yang sedang ngetren di media sosial. Kalau sudah dapat, lihat lagi sudah berapa kali hashtag tersebut masuk jadi caption orang-orang. Kalau tidak terlalu banyak, kamu telah menentukan hashtag yang tepat.

Baca Juga:   7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Influencer dan Alasannya

2. Mengerucutkan Hashtag

Bagaimanapun, riset bisa tidak berhenti di sini saja. Kamu bisa mengerucutkan hashtag sebagai salah satu cara menentukan hashtag yang lebih optimal. Lantas, apa yang dimaksudkan “mengerucutkan hashtag”?

Jadi katakanlah kamu punya konten tutorial menjahit. Tentu secara insting kamu akan menggunakan hashtag semacam #tutorial, #tutorialmenjahit, dan sebagainya. Kamu bisa menjabarkan trik menjahit apa yang sedang kamu ajarkan di dalam konten kamu dan menjadikannya sebuah hashtag.

Jika kamu sedang menjahit celana jeans, berarti hashtag yang sesuai bisa jadi #menjahitjeans, #vermakjeans, #tipsdenim, dan banyak lainnya. Supaya kamu bisa menemukan audiens lewat topik yang jarang jadi perbincangan, tapi sebenarnya banyak orang yang perlu.

3. Melihat Post-post yang Sedang Ngetop

Salah satu fitur utama jika kita bicara soal media sosial yang bernama Instagram adalah adalah bagan “top” dan “recent”. Bagian ini bisa kamu akses jika mencari sebuah hashtag. Lantas apa sebenarnya cara menentukan hashtag yang bisa kamu aplikasikan untuk fitur “top” dan “recent” di Instagram ini?

“Top” berarti post yang menggunakan hashtag tersebut lagi viral atau memang memiliki banyak engagement, sedangkan “recent” berarti post dengan hashtag tersebut baru saja dipos dan belum ada engagement berarti.

Dari kedua bagian ini, kamu bisa mengecek hashtag yang relevan dengan hashtag yang sedang kamu gunakan. Dengan menggunakan hashtag-hashtag ini, kamu bisa meraih audiens lebih banyak lagi.

4. Lihat Hashtag Kompetitor

Memang tidak ada yang namanya kompetitor jika kita bicara soal menyebarkan konten di media sosial, namun tentu ada akun atau page yang akan meng-upload hal serupa dengan yang kamu sering post.

Fenomena ini bisa kamu gunakan sebagai keuntungan kamu. Caranya mudah sekali. Kamu hanya perlu mengamati hashtag apa saja yang “kompetitor” kamu gunakan di konten-konten mereka. Kamu tidak perlu meniru semua hashtag di konten mereka, hanya beberapa yang menurut kamu menarik.

Selain memperhatikan hashtag kompetitor, kamu juga bisa melihat jenis konten apa saja yang mereka upload, sehingga bisa meraih banyak perhatian. Kalau memang konten tersebut sesuai sama branding kamu, maka tidak ada salahnya membuat konten serupa dengan topik yang tentu saja berbeda.

5. Buat Tren Hashtag Sendiri

Selain meniru hashtag orang, cara menentukan hashtag lainnya yang bisa kamu terapkan untuk akun media sosial kamu yang sedang berkembang adalah membuat hashtag sendiri.

Baca Juga:   Net Promoter Score Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitung

Hashtag buatan kamu harus menjadi bagian dari apa yang namanya sebuah kampanye. Dan layaknya hashtag kebanyakan, kamu juga harus membuat konten yang cocok untuk menemani hashtag-hashtag tersebut.

Untuk hal ini, kamu tidak bisa hanya melakukannya sendiri, tetapi juga harus mengandalkan orang-orang seperti graphic designer, copywriter, dan bahkan marketing. Supaya hashtag yang kamu pilih nantinya akan berdampak besar.

Tidak hanya itu, hashtag original juga bisa jadi alat marketing tersendiri. Karena baik konsumen atau KOL (key opinion leader) yang memakai hashtag tersebut, secara tidak langsung juga akan memberikan promosi untuk produk atau akun media sosial yang sedang kamu bangun.

6. Menggunakan Layanan Riset Hashtag

Kalau dari dua tahap tadi kamu wajib untuk melakukan semua riset sendiri, kali ini kamu akan belajar menggunakan berbagai fasilitas di internet sebagai cara menentukan hashtag yang terbaik.

Seperti biasa, ada dua jenis layanan riset yang beredar di internet, yakni berbayar dan gratis. Untuk layanan berbayar, kamu bisa mencoba ritetag, iconosquare, dan hashtagify. Meski berbayar, namun ketiga website tersebut menyediakan free trial supaya kamu bisa tes dulu, apa website-nya akan cocok dengan kamu.

Bagi pemula, pasti lebih memilih website riset hashtag yang gratis dulu. Nah, bagi kamu yang aktif di Twitter, kamu bisa memakai TweetDeck sebagai pilihan pertama. Jika kamu ingin riset hashtag Instagram, kicksta hadir buat kamu, dan untuk Tiktok, analisa.io bisa jadi pilihan yang tepat.

Cara untuk menggunakan layanan riset hashtag ini tidak terlalu sulit. Di hampir semua website, kamu hanya perlu mengetik hashtag tertentu yang sedang kamu ingin cari tahu datanya. Selanjutnya, website akan memberikan data yang lengkap tentang seberapa populer sebuah hashtag.

Tentu fitur layanan hashtag analytics gratis tidak akan sebanyak yang berbayar. Pasalnya, layanan berbayar akan memberikan rekomendasi hashtag yang cocok dengan konten yang ingin kamu upload dan sebagainya. Meski begitu, layanan riset hashtag gratis tetap berguna kok untuk menentukan hashtag yang tepat.

7. Menganalisa Performa Media Sosial

Di saat ini, rasanya main media sosial tidak cukup jika tidak menganalisa performa dari konten kamu. Ternyata, ini bisa jadi salah satu cara menentukan hashtag yang cukup pamungkas.

Baca Juga:   Apa Itu Konten Pilar? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Setelah sudah riset, menentukan, dan meng-upload konten kamu di media sosial. Hal yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah membiarkan konten kamu “bertumbuh”, dalam artian melihat bagaimana netizen merespons konten kamu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat analisa performa dari konten.

Kata “analisa” mungkin membuat kamu ciut hati karena terkesan sulit dan sangat teknis, tapi sebenarnya tidak. Dengan melihat jumlah like dan share atau retweet saja, sebenarnya kamu sudah bisa melihat apa konten kamu sudah diterima dengan baik.

Jika engagement yang konten kamu dapatkan sesuai dengan ekspektasi, maka kamu menelaah apa saja yang membuatnya berhasil. Apa itu isi kontennya, waktu mengepos, namun yang terpenting tentu saja hashtag apa yang kamu gunakan di konten tersebut.

Pelajari hashtag yang ada di konten kamu, dan coba terapkan lagi di konten-konten berikutnya. Ada kemungkinan besar kalau kamu tetap menggunakan hashtag yang serupa, hasil engagement yang kamu dapatkan tidak akan jauh berbeda.

Selain itu, kamu juga dapat memilih hashtag yang unik agar dapat menaikkan awareness tentang akun dan konten yang kamu bikin.

Yuk, Tentukan Hashtag yang Tepat!

Sama seperti riset marketing pada umumnya, cara menentukan hashtag tidak bisa dilakukan sekali dua kali saja.

Kamu harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan tren. Semuanya dengan harapan agar akun media sosial kamu dapat menemukan potensial tertingginya.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, marketing influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password