15 Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest dengan Mudah

15 Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest

Sebagai pengguna aktif Pinterest, apa kamu sudah tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari Pinterest? Siapa sangka platform ini bisa kamu jadikan sebagai ladang cuan yang menguntungkan buat menambah pemasukan?

Hal ini bukan kabar burung semata, lho. Karena pada dasarnya platform ini menjadi rujukan banyak orang sebagai ladang inspirasi dan ide menarik. Bahkan hampir semua aspek bisa kamu dapatkan di Pinterest, mulai dari ide konten, desain rumah, konsep event, resep makanan dan masih banyak lagi.

Berdasarkan fenomena tersebut, ada peluang besar yang bisa kamu gali untuk mendapatkan pundi-pundi uang melalui Pinterest dengan mudah. Itulah sebabnya banyak pengguna Pinterest memanfaatkan peluang tersebut dengan mempelajari aplikasi ini lebih dalam supaya bisa menghasilkan uang.

Namun sayangnya, dari sekian banyak pengguna Pinterest, masih banyak dari pengguna yang belum mengerti atau memahami betul, bagaimana cara mendapatkan uang dari Pinterest. Maka dari itu artikel ini akan membahas 15 cara mudah menghasilkan uang dari platform ini.

15 Tips dan Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest

Selama memakai Pinterest, biasanya kamu menggunakan aplikasi tersebut untuk apa? Mengunduh gambar atau cuma scroll-scroll saja? Wah, kamu rugi! Padahal aplikasi ini sebenarnya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan cuan, lho!

Ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan, bahkan beberapa mungkin sudah pernah terpikir atau bahkan sudah kamu lakukan. Penasaran? Nah, berikut adalah 15 tips dan cara mendapatkan uang dari Pinterest dengan mudah yang bisa kamu lakukan:

1. Menentukan Niche 

Hal paling penting saat kamu membangun sebuah akun Pinterest, adalah dengan menentukan niche pasar yang ingin kamu jalani. Karena dalam membangun sebuah usaha yang menghasilkan kamu harus memiliki tujuan.

Begitu pula dengan platform ini, kamu tidak bisa asal asalan buat konten tanpa arah yang jelas. Bayangkan jika di hari pertama kamu membuat konten tentang desain interior, hari kedua kamu membuat konsep tentang jajanan kekinian. Kemudian di hari berikutnya kamu bahas yang lain lagi, pastinya pengunjung akan bingung.

Kamu bisa memfokuskan pada satu bidang, semisal kamu membuat animasi. Saat kamu sudah menentukan niche, maka kamu juga akan lebih mudah dalam menentukan target pasar. Bukan cuma itu, kamu juga akan bagaimana treatment yang dibutuhkan, seperti apa kebutuhan target kamu. Ini menjadi langkah awal cara mendapatkan uang dari Pinterest

2. Menggunakan Akun Pinterest for Business

Cara pertama yang paling sering digunakan adalah menggunakan akun Pinterest business. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna akan mendapatkan banyak privilege, dari pada hanya menjadi pengunjung biasa atau ghost account di platform Pinterest.

Fitur “Pinterest for Business” membantu banyak pengguna khususnya para content creator, bisnisman, maupun pengguna fitur ini dalam bentuk apapun, untuk bisa lebih kooperatif dalam menarik minat pengunjung yang dapat menjadi konversi atau terjadi transaksi.

Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan banyak hal melalui perluasan layanan, terutama dalam mengumpulkan audiens dan konten yang lebih terarah. Pengguna akun Pinterest business juga dapat memantau perkembangan akun melalui layanan yang diberikan.

Baca Juga:   Apa Itu Pay Per Impression dan Bagaimana Contohnya?

Pinterest menciptakan fitur ini, guna menumbuhkan semangat juang dan juga tingkat keaktifan dari para kreator Pinterest business. Pada fitur ini para pengguna juga bisa menjual konten atau desain yang diposting secara berulang, sehingga memungkinkan untuk pengguna tersebut mendapatkan passive income dari akun bisnisnya.

3. Membuat Konten Pilar

Sebagai langkah awal membangun akun bisnis kamu, ada baiknya konten pilar atau minimal 9 konten pertama yang kamu buat, harus bisa mencerminkan bisnis yang kamu jalani. Namun, membuat konten asal asalan pasti akan langsung menurunkan rate akun yang kamu bangun.

Maka dari itu, ada baiknya kamu mengeluarkan 3 masterpiece dan 6 konten pendukung yang menarik di awal. Hal ini cukup efisien untuk menarik minat audiens yang baru mengunjungi akun yang kamu buat.

Agar audiens lebih tertarik, kamu bisa buat konten yang edukatif dan informatif untuk menarik minat awal pengunjung. Sebisa mungkin jangan buat konten yang terlalu melenceng dengan niche bisnis kamu.

4. Desain Konten dengan Baik

Board board pada board konten juga harus kamu perhatikan. Cari desain konten yang sedang hits belakangan ini, gunakan board dan warna yang menarik, agar pengunjung lebih penasaran dengan isi konten kamu.

Jika skill desain kamu dirasa kurang mumpuni, maka kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pembuatan desain konten. Bahkan beberapa aplikasi tersebut menyediakan berbagai template menarik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Namun untuk board yang lebih menarik, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk mengedit ulang karena kebanyakan aplikasi gratis memiliki kualitas yang kurang maksimal. Jika kamu ingin akun terlihat lebih professional, maka kamu juga bisa memesan jasa pembuatan desain untuk akun kamu.

5. Melakukan Riset Pasar Sesuai Niche 

Jika konten kamu sudah terlihat baik, tidak ada salahnya untuk mulai meriset pasar pada niche yang kamu pilih dengan mengamati perkembangan tren dan kebutuhan pasar. Hal ini dapat membantu kamu menentukan ide konten maupun strategi kedepannya.

Banyak cara bisa kamu manfaatkan dalam meriset kebutuhan pasar. Salah satunya, kamu bisa meminta saran pada rekan bisnis maupun orang yang expert di bidangnya. Kamu juga bisa melihat tren melalui media sosial maupun perkembangan pengunjung pada board kamu.

Cara ini juga bisa kamu kombinasikan dengan memanfaatkan hashtag yang sedang populer. Namun ada baiknya kamu tetap memilih hashtag yang relevan dengan niche konten kamu. Penggunaan hashtag atau tag, membuat konten kamu lebih mudah dicari.

Usahakan tag yang kamu gunakan masih relevan atau dengan niche dan juga konten yang kamu buat. Kamu bisa memadukan konten, judul dan juga hashtag yang menarik untuk meningkatkan peluang konversi yang lebih besar.

6. Melakukan Riset Kompetitor

Cara mendapatkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah dengan melakukan riset persaingan pasar. Riset kompetitor bukanlah suatu kecurangan, hal ini bahkan sudah lumrah di dalam dunia bisnis. Kamu bisa meneliti strategi yang digunakan kompetitor, untuk menentukan langkah terbaik untuk kamu kerjakan.

Selain itu, dengan melakukan riset kompetitor, kamu akan lebih terpacu dan memiliki motivasi lebih untuk lebih baik dari pada kompetitor itu. Dengan begitu, usaha kamu dalam mengembangkan akun akan semakin besar.

Melalui riset kompetitor, kamu bisa mengevaluasi apa yang telah kamu kerjakan dan apa yang masih kurang untuk bisa diperbaiki. Hal ini dapat mengembangkan pola pikir dan sudut pandang kamu menjadi kreator yang berkualitas.

7. Jadwal Tema Konten 

Ada baiknya kamu menjadwalkan tema konten secara sistematis, dengan begitu board akun kamu akan terlihat lebih tertata. Misalnya, kamu membuat infografis di hari pertama, lalu konten edukasi maupun tutorial di hari kedua. Lalu hari berikutnya kamu bisa mengunggah produk.

Baca Juga:   7 Cara Meningkatkan Open Rate Email dalam Strategi Marketing

Banyak tatanan schedule yang bisa kamu gunakan, sesuaikan jadwal konten dengan niche dan habit yang telah kamu bangun. Dengan begitu, kamu bisa lebih menyesuaikan jadwal dengan aktivitasmu sendiri.

8. Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest Melalui SEO

Melakukan optimasi pada Google memerlukan tulisan atau artikel yang seo friendly. Karena pada dasarnya untuk memunculkan website pada top pencarian kamu harus sering membuat artikel yang di indeks ke google.

Kamu bisa memanfaatkan deskripsi diri pada profil akun kamu. gunakan strategi SEO seperti pemilihan keyword yang potensial sesuai niche yang kamu pilih. Tidak lupa kamu juga harus menggunakan keyword potensial pada board yang kamu susun sedemikian rupa.

Kamu bisa menggunakan ilmu copywriting untuk lebih menarik minat pelanggan. Banyak cara yang bisa kamu gunakan, seperti menggunakan bantuan sosial media atau situs web pribadi yang kamu punya.

Ilmu copywriting sangat membantu pengguna mengerti apa yang kamu jual dengan informasi yang singkat dan mudah dibaca. Dengan ilmu copywriting ini kemungkinan pengunjung meningkat juga akan semakin meningkat.

9. Kolaborasi dengan Perusahaan atau Brand

Jika kamu sudah merasa konten dan akun kamu sudah tertata, maka kamu bisa mengikuti langkah ini untuk tahap selanjutnya. Kamu bisa berkolaborasi dengan perusahaan atau brand untuk lebih mempublikasikan karya yang telah kamu buat.

Tips ini juga termasuk cara mendapatkan uang dari Pinterest yang jitu, loh. Banyak cara berkolaborasi dengan sebuah perusahaan atau brand, yang pertama adalah dengan membangun konten yang baik agar desainmu dilirik perusahaan atau brand. Kamu juga bisa menawarkan kerjasama dengan perusahaan atau brand incaran kamu.

10. Melakukan Promosi pada Media Sosial

Banyak cara untuk mempromosikan gambar atau konten, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok menjadi platform yang sangat cocok. Itu karena tersedia fitur promosi yang memudahkan kamu dalam menyebarluaskan akun kamu. 

Namun, kamu juga bisa menggunakan platform seperti Twitter untuk cara yang lebih mudah dan ampuh. Penggunaan media sosial memiliki banyak keunggulan, terutama dalam hal banyaknya pengguna. Lebih dari 80% pengguna internet memiliki dan menggunakan media sosial setiap harinya.

Agar pengunjung akun kamu lebih banyak, kamu bisa bekerjasama dengan influencer yang punya banyak followers, maupun konten sosmed yang menarik relate dengan konten kamu. Cara ini mungkin biasa kamu sebut dengan brand ambassador.

Tentunya langkah ini akan sedikit menguras dana jika influencer yang kamu pilih mematok fee yang besar. Namun, melihat dampaknya terhadap konten kamu, maka hal tersebut kiranya sepadan dengan dana yang kamu keluarkan. 

11. Promosi Produk Afiliasi

Cara mendapatkan uang dari Pinterest selanjutnya adalah dengan mengunggah, konten promosi afiliasi. Hal ini sangat cocok bagi kamu yang kini menggeluti dunia afiliasi. Pasalnya, Pinterest memberikan hak untuk mencantumkan link pada konten yang Kamu buat.

Kamu bisa mengunggah produk afiliasi yang Kamu kemas kembali menjadi konten yang sesuai dengan style konten kamu. Beberapa platform marketplace yang memiliki program afiliasi seperti Shopee, Bukalapak, Amazon, atau Tiktok bisa kamu promosikan di sini. 

Anda bisa menggunakan bantuan layanan link shortener untuk membuat link tautan afiliasi kamu lebih rapi dan menarik. Banyak link shortener atau URL shortener online yang bisa kamu gunakan dengan gratis seperti bitly, clicko, cuttly dan masih banyak lagi.

12. Optimasi Fitur One-tap Promote Pins

Pinterest menyediakan fitur iklan yang memungkinkan pengguna untuk iklan melalui sebuah pin promosi berbayar. Sistem akan mengoptimalkan konten yang kamu iklankan melalui tema, minat dan pengunjung yang potensial untuk promosi yang kamu lakukan.

Baca Juga:   Podcast adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Postingan yang kamu iklankan pada fitur one-tap promote pins akan muncul secara acak pada pengunjung potensial. Langkah yang tak kalah penting adalah menyiapkan tautan untuk meneruskan transaksi atau dikenal dengan konversi, yang mana konversi ini adalah proses pengunjung menjadi pelanggan.

Fitur ini memungkinkan penggunanya mendapat jangkauan audiens yang lebih luas. Pastinya sistem akan membantu kamu mengoptimalkan biaya yang telah Kamu keluarkan untuk melakukan promosi pada fitur ini.

13. Membuat Sayembara 

Ada juga cara mendapatkan uang dari Pinterest yang cukup unik dan banyak digunakan oleh kreator Pinterest untuk meningkatkan engagement rate dari akun yang kamu bangun. Kamu bisa membuat challenge untuk banyak orang maupun terbatas dengan embel embel hadiah.

Kamu bisa membuat peraturan yang kamu inginkan pada sayembara yang kamu buat. Seperti halnya mendaur ulang foto atau logo, tema postingan dengan like dan share terbanyak, dan masih banyak yang lainnya.

Pinterest sendiri telah mendukung kegiatan ini dengan fitur “Pin to Win” yang memungkinkan kamu membuat sayembara atau kompetisi yang diikuti pengguna Pinterest lainnya. Strategi ini tergolong sangat ampuh karena secara tidak langsung akun kamu akan semakin cepat dikenal dan peluang konversi juga semakin tinggi.

14. Memanfaatkan Re-Pin agar Tetap Aktif

Walaupun kamu sudah berniat untuk konsisten membuat konten setiap hari, namun terkadang ide malah sulit muncul. Hal ini memang sangat wajar karena masing-masing memiliki kelemahan. Namun, akun yang kamu bangun harus tetap aktif agar algoritma yang kamu bangun tetap berjalan.

Memanfaatkan re-Pin dari postingan orang lain bisa menjadi solusi untuk Kamu yang kehabisan ide tapi masih ingin aktif. Cara ini memang diperbolehkan dengan syarat mencantumkan sumber yang jelas.

Hal ini sangat membantu karena re-Pin tidak akan merusak algoritma yang selama ini kamu bangun. Dengan tetap aktif, potensi kehilangan pengunjung akan lebih kecil, karena kamu akan tetap terhubung dengan pengunjung atau followers akun bisnis Kamu.

15. Tetap Konsisten 

Langkah terakhir memang terlihat sepele, namun banyak orang yang sering lalai dalam hal ini, konsisten adalah sesuatu yang penting, apalagi dalam membangun akun bisnis Pinterest. Kamu harus konsisten dalam memilih niche dan juga upload konten secara rutin.

Jika kamu terus melakukan upaya tersebut dengan konsisten, maka habit dan kolam pengunjung yang kamu bangun akan semakin tertata. Dengan begitu, kemungkinan mendapat uang dari Pinterest juga akan semakin meningkat.

Kamu harus mencari motivasi tersendiri agar kamu tetap konsisten dalam melakukan aktivitas yang kamu jalankan. Bisa kamu lihat bahwa banyak orang yang gagal karena kurangnya konsistensi dalam diri maupun aktivitas yang dijalani.

Walaupun terkadang hasil dari usahamu belum terlihat namun dengan fokus pada satu niche yang kamu pilih. Tetap lakukan riset pasar, menetapkan jadwal yang teratur, serta melakukan strategi tertentu, dapat membantu kamu tetap konsisten.

Kesimpulan

Nah, begitulah beberapa tips dan cara mendapatkan uang dari Pinterest yang patut kamu coba. Platform ini bahkan membuat banyak fitur pendukung seperti Pinterest for business, one-tap promote pins, Pin to Win, re-pin dan beberapa fitur lain yang dapat kamu gunakan untuk lebih mudah menghasilkan uang. Tertarik untuk mencoba?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, social media influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password