Cara Mendapatkan Uang Dari Live TikTok dengan Mudah

Cara Mendapatkan Uang dari Live Tiktok

Cara mendapatkan uang dari live TikTok tidaklah mustahil. Berawal dari pengembang asal Cina yang bernama Zhang Yiming, aplikasi ini menarik minat masyarakat cina pada tahun 2016 dan menembus angka 100 juta pengguna. 

Kesuksesan ini membawa aplikasi ini berakuisisi dengan satu perusahaan dari Amerika Serikat. Keduanya sepakat untuk mengubah nama aplikasi menjadi TikTok untuk terdengar tidak asing di telinga dunia.

Semenjak itu, kepopuleran aplikasi ini mulai meroket, termasuk di Indonesia sekitar tahun 2018. Namun, aplikasi ini sempat tidak diperbolehkan dan diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Meskipun begitu, TikTok kembali berjaya dan mencapai sekitar 22,2 juta pengguna di Indonesia semenjak diperbolehkan kembali.

Kepopuleran social media ini telah mendapatkan perhatian seluruh dunia. Perhatian ini menciptakan peluang bisnis. TikTok bukan lagi sebagai sarana hiburan. Pembuatan video singkat bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal termasuk untuk menambah pemasukan kamu.

Platform ini bisa dijadikan ladang untuk kamu meraih keuntungan yang melimpah. Dunia kini sudah berubah. Bahkan, banyak orang yang menjadikan TikTok sebagai tempat pekerjaan utama.


Cara Mendapatkan uang dari live TikTok dengan Mudah

Cara mendapatkan uang dari live TikTok membutuhkan pemahaman terlebih dahulu. Kamu harus mengerti dan memahami bagaimana cara TikTok bekerja untuk memberikan penghasilan. Ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu pahami dan ikuti:

1.Paid Promote

Apakah kamu pernah melihat video seseorang atau influencer terkenal yang memperkenalkan suatu produk? Mereka tidak mempromosikan produk atau jasa itu secara belaka.

Perusahaan paham akun TikTok para influencer dilihat dan diikuti banyak orang. Perhatian ini menciptakan audiens untuk para perusahaan yang tertarik. Oleh sebab itu, banyak bisnis yang rela membayar influencer, selebriti, dan pengguna yang mempunyai banyak pengikut demi memperluas pasar.

Inilah adalah salah satu cara mendapatkan uang dari live TikTok. Jadi, kamu akan dibayar oleh suatu brand untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Perusahaan biasanya akan membuat kesepakatan dengan kamu dan menopang biaya konten kamu untuk kegiatan promosi.

Namun, kamu harus mempunyai banyak pengikut untuk mendapatkan kesempatan ini. Mengapa pengikut itu sangatlah penting? Perusahaan yang membayar kamu tentu ingin produk atau jasa mereka menggapai audiens yang lebih luas. Kalau kamu tidak mempunyai pengikut banyak, tentu perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan dari membayar kamu.

Baca Juga:   TikTok Affiliate Program : Pengertian, Syarat, Dan Cara Ikutnya

Kamu perlu meningkatkan pengikut terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Kamu bisa meningkatkan frekuensi kamu mengunggah video yang menarik, membuat konten secara berkala, dan bahkan mengikuti challenge yang lagi terkenal.

2. Gift Atau Donasi

Cara mendapatkan uang dari live TikTok kedua adalah menerima donasi dari penonton. Pernahkah kamu menonton pengguna TikTok yang kamu gemari live dan melihat ada animasi atau emoji diberikan oleh seseorang? Itu adalah pemasukan.

Pembuat konten seringkali tidak mendapatkan apapun dari membuat konten selain perhatian. TikTok menawarkan fitur untuk mengekspresikan apresiasi penggemar pembuat konten saat mereka live.

Para penggemar diberikan kesempatan untuk menunjukkan rasa terima kasih dan suka mereka kepada pembuat konten melalui donasi. Mereka bisa membeli koin dan memberikannya kepada pembuat konten yang mereka apresiasi. Koin itu akan muncul sebagai animasi atau emoji. Koin yang diberikan nanti dapat kamu tukarkan menjadi keuntungan atau uang.

Bagaimana kamu bisa mendapatkan donasi dari penonton? Biasanya mereka memberikan hadiah karena menyukai konten video. Jadi, kamu harus menciptakan dan mengunggah video-video yang menarik dan bermanfaat. Kenapa? Karena koin ini hanya bisa diberikan oleh penonton dan pengikut kamu.

3. Buat Konten Duet Yang Menarik

Konten duet mungkin masih terdengar asing, tapi ini merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari live TikTok. Apakah itu konten duet? TikTok menawarkan kesempatan kepada pembuat konten untuk berkolaborasi dengan pembuat konten lain.

Bagaimanakah caranya? Hal ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencari konten untuk duet di kolom pencarian. Setelah kamu sudah memilih, kamu bisa mengunduh video itu dan memodifikasinya. Kalau video itu untuk duet bernyanyi, kamu bisa menambahkan suara kamu dan effect lainnya.

Setelah itu, kamu bisa mengunggah konten duet kamu. Apakah keuntungan dari berkolaborasi dengan pembuat konten lain? Keuntungan pertama adalah kamu tentu bisa menjangkau lebih banyak penonton, apalagi kalau yang membuat konten duet adalah pembuat konten yang cukup dikenal.

Kamu bisa mendapatkan banyak pengikut jika konten duet yang kamu ciptakan bagus. Selain itu, konten duet bisa menciptakan engagement yang lebih lagi sehingga akun TikTok kamu bisa mendapatkan kepopuleran yang lebih.

4. Jualan Secara Live

Cara mendapatkan uang dari live TikTok dengan mudah lainnya adalah dengan berjualan. Jika kamu mempunyai usaha produk tertentu, kamu bisa mempromosikannya sendiri melalui live TikTok.

Bagaimana cara berjualan melalui TikTok? TikTok mempunyai fitur untuk konten marketing. Kamu bisa memanfaatkannya dan menargetkan video kamu ke target audiens sesuai dengan produk kamu.

Baca Juga:   Bahaya Beli Followers di IG Bagi Engagement Follower Kamu!

Contohnya, kamu bisa memperjualbelikan produk kecantikan dengan mengatur ke siapa saja video kamu akan terlihat. Fitur ini mirip dengan Instagram Ads and Facebook Ads dimana algoritmanya bisa menopang dan menguntungkan iklan kamu.

Di Facebook Ads dan Instagram Ads, kamu dapat mengatur pada jam berapa iklan kamu mau ditayangkan dan ke pengguna yang berumur apa saja. TikTok Ads pun serupa. Jadi, iklan produk kamu akan lebih terarah dan bisa diperhitungkan pengeluaran yang mampu kamu bayar.

Kalau iklan kamu dilihat banyak orang, otomatis penjualan produk kamu berkesempatan untuk meningkat.

5. Menjalankan Misi Dari TikTok

TikTok menawarkan kesempatan kepada pengguna melalui tantangan setiap harinya. Kamu bisa menyelesaikan misi-misi yang muncul dan mendapatkan hadiah berupa koin. Kamu nanti bisa mengkonversi hadiah koin menjadi uang. Jika kamu sudah mengoleksi 10 koin, maka kamu bisa mendapatkan uang 1 rupiah.

Apa saja misi-misinya? TikTok selalu menghadiahkan pengguna yang berhasil mengundang teman untuk mengunduh TikTok. Kamu bisa menemukan tautan undangan di bagian atas dari halaman profil kamu.

Selain itu, aplikasi ini memberikan koin gratis melalui misi menonton video selama 30 menit. Jika misi ini bisa kamu selesaikan, kamu bisa mendapatkan hingga 7000 koin!

6. Mengelola Akun TikTok Sebagai Admin

Era digital telah menguasai dunia bisnis. Banyak perusahaan yang ingin menjangkau lebih banyak audiens dengan memanfaatkan social media. TikTok merupakan salah satunya. Namun, perusahaan umumnya menginginkan seorang ahli untuk mengelolanya demi kelancaran bisnis dan mengurangi pengeluaran.

Mereka bersedia untuk menawarkan keuntungan lebih bagi kamu yang mahir mengelola akun TikTok mereka. Jadi, kamu bisa menawarkan jasa kamu dan mendapatkan uang melalui jalan ini.

Namun, usahakan untuk mempersiapkan portfolio terlebih dahulu. Perusahaan akan ragu akan keahlian kamu jika tidak ada bukti. Bagaimana cara menunjukkan portfolio? Kamu bisa membuat konten-konten menarik sendiri di akun pribadi kamu. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan jika kamu sudah pernah mengikuti pelatihan resmi.

7. Menjadi Influencer yang Terkenal

Apakah kamu pernah mendengar nama Addison Rae? Dia adalah seorang remaja dari Amerika Serikat yang mempunyai pengikut lebih dari 80 juta orang. Melalui konten-konten menarik yang ia bagikan, remaja ini berhasil dimahkotai sebagai influencer TikTok yang sukses.

Forbes pun membuktikan bahwa Addison adalah pembuat konten TikTok dengan penghasilan yang sangat tinggi. Remaja ini telah aktif menjadi pembuat konten sejak 2019.

Dalam kurun waktu satu tahun, ia telah menerima penghasilan sekitar 5 juta dolar Amerika Serikat. Penghasilan Addison dalam satu tahun adalah sekitar 73, 5 miliar di dalam rupiah.

Baca Juga:   Pengertian dan Cara Membuat Buyer Persona dalam Bisnis

Di Indonesia juga ada TikTokers atau influencer dengan penghasilan fantastis. Salah satunya adalah Ria Ricis. Nama ini mungkin sudah tidak terdengar asing di telinga pengguna tik tok.

Ria ricis mempunyai pengikut yang mencapai 12,7 juta. Setiap konten dari Ria Ricis bisa menerima beratus juta komentar dari penggemar pembuat konten TikTok ini. Dia sudah berkecimpung lama di dunia social media ini dan telah membagikan sekitar 900an video menarik.

Perhitungan kasar dari pendapatan setiap video Ria Ricis bisa menginjak angka 1441,24 Dolar sampai 3603,11 dolar. Bagaimana? Apakah penghasilan kedua pembuat konten ini memotivasi kamu?

Kamu bisa mengikuti jejak Addison dan Ricis. Namun, kamu harus berusaha dan bersabar. Addison tidak langsung mendapatkan hasil besar, tapi perlahan dan pasti. Kamu bisa membagikan konten-konten menarik dan bermanfaat untuk akhirnya kamu bisa menjadi influencer terkenal seperti Addison.

8. Menjadi Penyedia Jasa Jual Beli Akun TikTok

Inilah cara mendapatkan uang dari live TikTok yang terakhir. Pengguna baru TikTok pasti merasakan kesulitan meningkatkan jumlah pengikut dan menetapkan minat spesifik pada akun itu. Semuanya butuh usaha keras dan waktu yang terbilang lama. Pengguna baru harus sangat bersabar dan tetap membagikan video menarik.

Banyak perusahaan yang ingin segalanya efisien. Mereka menghindari membuang waktu dan mengusahakan pengeluaran lebih sedikit. Mengapa? Proses yang lama membutuhkan biaya yang terus menerus.

Oleh sebab itu, kamu bisa mengambil kesempatan di peluang ini dengan menjual akun TikTok. Apa yang harus kamu lakukan? Pertama-tama kamu harus menumbuhkan engagement dan jumlah pengikut pada akun TikTok.

Setelah itu, kamu perlu membangun komunitas dan minat supaya akun sudah memiliki audience yang berminat. Selanjutnya, kamu bisa menawarkan akun itu kepada perusahaan bergerak di bidang yang sama.

Contohnya, perusahaan produk kecantikan tentu akan ingin akun TikTok yang sudah mempunyai audiens yang berminat pada make up dan skin care.

Tertarik Mencoba Cara Mendapatkan Uang Dari Live TikTok?

Pengguna tik tok sangatlah banyak. Peluang ini bisa kamu ambil dengan menciptakan konten menarik dan bermanfaat. Hasil tidak akan langsung terlihat. Semua influencer dan pembuat konten terkenal tentu pernah melewati masa-masa yang sedang kamu alami.

Namun, usaha mereka telah terbayarkan. Kamu juga bisa. Lambat laun, usaha kamu pasti akan terbayar. Koten kamu akan menarik perhatian orang. Dan kamu bisa mempunyai pengikut yang banyak pula.

Dengan begitu, kamu bisa mulai mendapatkan keuntungan. Semua butuh proses. Jadi, jangan menyerah dan tetap berusaha ya!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password