Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi dengan Mudah

Cara Mendapatkan uang dari blog pribadi dengan mudah

Cara Mendapatkan Uang dari Blog – Profesi blogger memang semakin menarik. Dengan modal kemampuan menulis dan mengekspresikan diri kamu mampu mendapatkan uang, bahkan para blogger sukses dapat memiliki gaji di atas senior executive di perusahaan ternama!

Sebelum, mencoba keberuntungan dengan mendapatkan penghasilan dari blog pribadi. Kalian harus memperhatikan tips dan trik berikut:

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendapatkan Uang dari Blog?

Membuat blog itu mudah, siapa saja bisa memulai dengan berbagai platform yang tersedia secara gratis. Tetapi dari jutaan blog, bagaimana cara membuat blog kita menarik dan bisa mendapatkan uang? Ini dia berbagai hal yang harus kamu persiapkan dan cara mendapatkan uang dari blog.

Membuat Blog Menggunakan Platform Terbaik

Ada berbagai platform untuk memulai blog, dari platform gratis hingga berbayar. Kali ini kita akan membahas 3 platform blog yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. WordPress

Platform satu ini adalah salah satu platform blogging paling populer. Mudahnya untuk menambah plugin untuk menambah efektivitas website, komunitas yang besar, dan mudah dioperasikan menjadi salah satu kelebihan platform satu ini.

2. Wix

Platform blogging yang mulai populer akhir-akhir ini. Wix merupakan website building dengan sistem block builder. tidak dibutuhkan kemampuan web design tinggi hanya dengan drag and drop kamu bisa membuat blog yang menarik bagi pengunjung.

3. Buat Website Sendiri

Buat website sendiri? Tapi kan saya bukan orang IT. Pada saat ini tidak menjadi masalah karena banyak sekali jasa yang menyediakan pembuatan web sekaligus menjadi admin web. 

Blog bisa sesuai keinginan kamu dan tanpa batasan apapun. Ketika platform lain membutuhkan biaya lebih untuk upgrade fasilitas, membuat website atau blog sendiri hanya membutuhkan membayar biaya hosting, server dan domain yang tidak terlalu mahal.

Baca Juga:   12 Theme WordPress Gratis Terbaik yang Cocok untuk Blog

Tingkatkan Kualitas SEO Blog kamu

Ada dua cara mendapatkan traffic atau kunjungan pada blog: Organik dan anorganik. Cara yang kedua tentu saja dengan mendorong traffic melalui cara-cara seperti memasang iklan dan paid promote kepada platform lebih besar. Tetapi cara tersebut tidaklah efektif dalam jangka panjang karena kamu harus terus mengeluarkan uang untuk mendapatkan traffic pengunjung.

Cara mendapatkan traffic untuk jangka panjang adalah dengan meningkatkan kualitas SEO. SEO adalah akronim untuk Search Engine Optimization, semakin tinggi skor SEO blog kamu maka semakin tinggi pula artikel kamu akan muncul di halaman pertama search engine seperti Google, Yahoo! Dan Bing.

Jadi bagaimana cara meningkatkan SEO? Selain memiliki konten berkualitas, konten juga harus mengikuti berbagai syarat seperti persentase keyword, mudah untuk dibaca, dan berbagai faktor lain mempengaruhi SEO konten  kamu. Untuk lebih mudahnya, ada berbagai SEO tools yang bisa kamu coba seperti Yoast SEO dan Rankmath yang akan membantu kamu mendapatkan pengunjung dan menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari blog.


Tentukan Topik Blog

Blog juga harus memiliki niche sendiri. Bayangkan kamu menjadi seseorang yang sedang mencari informasi tentang sepakbola, apakah kamu akan lebih percaya melihat berita sepakbola di blog yang membahas sepakbola? Atau di blog yang membahas gosip selebriti? Memilih topik yang tepat menjadi salah satu kunci agar blog kamu menjadi pilihan.

Selain topik utama, menentukan sub-topic dan keyword juga menjadi faktor penting. Misalnya sudah memilih topik mengenai sepakbola, apakah mau membahas sepakbola lokal atau sepakbola eropa? Riset dulu topik dan keyword yang ingin kamu bangun untuk bloog. Menentukan topik yang cocok dengan kebutuhan para pembaca juga merupakan aspek penting dalam cara mendapatkan uang dari blog.


Naikkan Traffic Blog Kamu

Cara utama dalam menaikkan traffic blog adalah dengan kualitas dan kuantitas. Konten yang berkualitas tentu saja akan menjadi pilihan. Pada saat ini, pengguna internet sudah semakin paham akan hoax dan click bait. Konten berkualitas tentu akan lebih mudah viral karena pengguna internet akan merekomendasikan konten yang informatif kepada pengguna lain. 

Baca Juga:   Apa itu Bounce Rate? Pengertian dan Cara Mengoptimasinya

Menaikkan SERP blog. SERP atau Search Engine Result Page adalah cara menaikkan traffic dengan memviralkan konten kamu dengan menyebar link website ke berbagai tempat. Reddit, Quora, dan forum terkait adalah salah satu trik yang bisa kamu coba untuk menaikkan traffic blog kamu. 


Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi?

Setelah blog siap dan memiliki traffic yang cukup tinggi, saatnya mulai mencairkan pundi-pundi uang! Bagaimana caranya? Ini dia berbagai cara mendapatkan uang dari blog pribadi selain adsense.

1. Promosikan Produk Afiliasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan promosi pada produk afiliasi. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan produk berkualitas yang mungkin saja sedang ditawarkan oleh program afiliasi. Ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal.

2. Jual Space Iklan di Blog Kamu

Sama seperti billboard atau papan reklame, Blog kamu juga bisa menjadi tempat bagi berbagai macam bisnis dan produk menaruh iklan mereka secara virtual. Traffic yang tinggi, subscriber setia, dan konten sesuai adalah nilai lebih sehingga kamu dapat memasang harga yang lebih tinggi untuk space iklan di blog kamu. Ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan.

3. Tawarkan Jasa dan layanan Konsultasi

Blogger juga bisa menjadi influencer. Memiliki blog sukses dengan traffic yang tinggi bisa membuat kamu menjadi pembicara mengenai topik yang kamu kuasai, juga bisa membuka jasa dan layanan konsultasi untuk blogger yang lain. Raditya Dika juga memulai karirnya sebagai blogger sebelum terkenal seperti sekarang.

4. Membuat dan Menjual E-Book

Tulisan dalam blog kamu disukai banyak orang? Coba buat kompilasi artikel kamu dan buat E-Book! Selain pembaca setia, kamu juga bisa saja mendapat tawaran dari penerbit buku fisik, dari penulis blog menjadi penulis buku, kenapa tidak?

Baca Juga:   Perbedaan SEO dan SEM, dan Manakah yang Paling Terbaik

5. Tawarkan Jasa Content Placement

Page kamu sudah memiliki SEO yang baik dan muncul di halaman satu google? Atau mungkin kamu sudah menjadi blogger influencer yang memiliki ribuan subscriber? Satu lagi cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan menawarkan jasa content placement.

Content placement adalah iklan secara tidak langsung. Content placement bisa berupa adverticle, backlink website, dan press release. Konten akan ditaruh dengan tampilan menarik sehingga secara tidak langsung mempromosikan konten orang lain yang memakai jasa content placement di blog kamu.

6. Monetize Menggunakan Google Adsense

Cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menggunakan adsense. jika blog kamu sudah memenuhi syarat, paste kode HTML atau pasang plugin agar blog kamu dapat menghasilkan uang. 

Kekurangan adsense adalah sangat bergantung pada traffic yang tinggi. Rata-rata website harus memiliki 50 pengunjung per bulan atau 500 click iklan agar mendapatkan 100 USD,

Tetapi jangan khawatir, kamu hanya butuh waktu beberapa bulan untuk mendapatkan uang dari adsense  jika memiliki konten berkualitas disertai dengan skor SEO dan SERP yang bagus,

7. Mereview Produk

Pada masa pandemi, masyarakat cenderung memilih berbelanja di e-commerce maupun online. Kekurangan dari perilaku belanja seperti ini adalah pembeli tidak mampu melihat produk secara langsung. Maka satu-satunya cara adalah untuk melihat review produk yang ingin mereka beli di internet.

Kamu bisa membuka jasa review produk kepada toko atau penjual e-commerce. Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa membantu pembeli mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang lebih murah daripada membeli di toko offline.

Kesimpulan

Itu berbagai cara mendapatkan uang dari blog. Tidak hanya mendapatkan uang dalam waktu dekat, Blog juga bisa menjadi sarana investasi untuk kemudian hari. Bahkan 10 tahun dari sekarang akan masih ada yang mencari konten yang ada di dalam blog kamu dan uang akan terus mengalir dari blog.


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password