7 Tips dan Cara Mendapatkan Job Content Placement

7 Tips dan Cara Mendapatkan Job Content Placement

Sebagai seorang pembuat konten, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan job content placement. Karena banyak pemilik bisnis yang menginginkan website toko online nya dikunjungi oleh banyak pembeli.

Demi mewujudkannya, maka link website bisnis mereka harus berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Nah, inilah yang menjadi tugas utama ketika kamu mengerjakan job content placement.        

Apa Itu Content Placement

Content placement adalah salah satu tren strategi marketing pada bisnis online dengan mengaplikasikan teknik SEO website terupdate. Harusnya praktisi pemasaran dan humas memahami tren ini pada digital marketing

Menurut bahasa, content placement sendiri terdiri atas 2 kata, yakni content dan juga placement. Content merupakan informasi yang disediakan oleh media elektronik atau website. Sedangkan placement maknanya adalah penempatan. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa content placement adalah penempatan konten.

Berdasarkan praktis dan istilahnya, content placement, yaitu publikasi konten berbentuk artikel pada laman blog atau website orang lain. Tujuan utamanya adalah untuk membangun backlink dan juga reputasi online.

Pada sebuah artikel nantinya akan ada link atau tautan yang mengarah pada website kamu sebagai backlink. Ini adalah salah satu faktor dalam teknik SEO yang cukup penting untuk sebuah web.

Content placement sangat identik dengan paid post, advertorial, dan juga sponsored post. Ciri utama artikel yang tergolong content placement, yakni memiliki link yang akan menuju ke brand, laman website, atau produk tertentu.

Tips Mendapatkan Content Placement 

Berikut ini ada beberapa cara supaya kamu mendapatkan job content placement:

Baca Juga:   Cara Daftar AdSense untuk Blog dan Syarat Lengkapnya

1. Meningkatkan Otoritas Blog

Nilai otoritas sebuah blog merupakan faktor penting yang mampu membuat artikel kamu tampil di halaman pertama mesin pencarian Google. Oleh sebab itu, semakin tinggi nilainya maka akan semakin besar pula kemungkinannya.

Cara meningkatkan otoritas blog yang bisa kamu lakukan ada 3 jenis, yaitu blogwalking, membuat artikel berkualitas, dan juga menulis artikel review dari website dengan nilai otoritas tinggi. 

Blogwalking adalah kamu melakukan kunjungan ke beberapa blog, kemudian memberikan komentar pada artikel mereka dengan harapan bisa menjalin kerjasama. Khususnya untuk blog yang mempunyai nilai otoritas tinggi dengan banyak pengunjung. 

Pemilik bisnis online pastinya tidak akan ragu menggunakan jasa content placement pada blog yang selalu tampil pada halaman pertama Google. Karena peluang produk mereka akan dilirik oleh calon pembeli juga cukup tinggi.

2. Rutin Update Artikel

Cara mendapatkan job content placement yang kedua adalah dengan rutin mengupdate artikel di blog kamu. Misalnya, kamu rutin posting artikel setiap hari atau 2 hari sekali atau seminggu sekali.

Kamu bisa mengatur sendiri jadwal posting artikel, asalkan dengan jadwal yang konsisten bukan sesuai mood. Karena jika kamu rutin posting artikel secara konsisten, calon klien juga akan yakin akan keseriusan kamu dan menganggap kamu profesional.

Rutin update artikel juga pastinya berpengaruh terhadap trafik kunjungan warganet ke blog milikmu. Semakin bagus trafiknya dan stabil, maka semakin yakin juga calon klien untuk menggunakan jasa penempatan konten di artikel kamu.

3. Aktif pada Blogger Gathering

Biasanya para blogger memiliki komunitas sesuai domisili tempat tinggal mereka agar lebih mudah bersosialisasi. Selain itu, komunitas ini juga bisa untuk meningkatkan personal branding kamu di kalangan para blogger.

Baca Juga:   10 Beauty Influencer Indonesia yang Populer dan Menginspirasi

Apabila semakin kuat personality kamu dalam komunitas, maka peluang kamu untuk mendapatkan job juga cukup besar. Karena para blogger lain pasti akan memberikan kamu informasi tentang job terbaru yang sesuai dengan niche blog kamu.

Gathering para blogger ini juga bermanfaat sebagai wadah saling berbagi ilmu dan juga trik untuk meningkatkan kualitas artikel maupun blog milik kamu. Jadi, kamu akan semakin berkembang dan lebih mudah untuk menemukan klien baru juga.  

4. Gabung pada Komunitas Blogger di Platform Media Sosial

Bergabung di dalam komunitas para blogger secara online di media sosial juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan job content placement. Karena media sosial mempunyai peranan penting pada dunia digital.

Sebagian advertiser biasanya mencari penulis artikel melalui komunitas blogger untuk memasarkan produk mereka. Blogger yang intens meng-influence pembaca dan rutin berpromosi umumnya akan lebih mendapatkan perhatian.

Oleh sebab itu, semakin kamu aktif pada forum diskusi online, maka semakin besar pula kemungkinan calon klien akan memilih untuk menggunakan jasa kamu. Lain halnya jika kamu pasif, maka pembentukan personal branding kamu juga menjadi kurang maksimal.

5. Buat Halaman Khusus

Kamu bisa menambahkan halaman khusus yang berisikan informasi bahwa blog milikmu menerima job content placement. Berdasarkan segi layout halaman, blog kamu akan tampak profesional dengan adanya halaman tersebut.

Halaman khusus ini berisikan data diri kamu, statistik blog, kualitas blog, dan juga grafik pengunjung blog kamu. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan daftar prestasi yang pernah kamu terima sebagai pembuat konten dan gambar yang menampilkan sejumlah brand yang pernah menggunakan jasa kamu. 

Agar klien semakin yakin untuk memilih kamu sebagai tempat untuk menaruh link website bisnis atau toko online mereka. Apabila saat ini kamu belum memilikinya, maka segeralah untuk membuatnya.

Baca Juga:   Apa itu Bounce Rate? Pengertian dan Cara Mengoptimasinya

6. Bergabung dalam Situs Penyedia Job Content Placement

Cara berikutnya untuk mendapatkan job content placement adalah dengan bergabung di dalam situs khusus yang menyediakan jasa content placement. Pada saat ini cukup banyak situs penyedia content placement.

Kamu bisa mengunjungi salah satunya kemudian melakukan pendaftaran sebagai influencer atau blogger. Apabila blog atau portfolio kamu dinilai bagus oleh orang yang akan menggunakan jasa kamu. Maka besar kemungkinan untuk kamu mendapatkan job tersebut.

Beberapa situs penyedia content placement terpercaya seperti Sosiago.id, Rajabacklink.com, Eleve.id, Blogpartner.id, dan juga Hiip Indonesia. Selain kelima situs tersebut, sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam menerima job. Jangan sampai kamu melakukan pekerjaan yang merugikan dirimu sendiri alias tidak mendapatkan bayaran.

7. Aktif di Media Sosial

Kamu juga harus aktif mengisi timeline di akun media sosial milikmu, seperti instagram, twitter, maupun facebook. Ketika calon klien melihat engagement dan komunikasi kamu baik pada setiap postingan. 

Maka calon klien akan semakin yakin bahwa blog kamu juga mempunyai interaksi yang baik. Jangan lupa untuk memasang widget instragram pada halaman blog kamu. Supaya akun kamu bisa terpantau maksimal oleh calon klien di blog milikmu.

Apabila kamu belum mengetahui cara memasang widget di halaman blog. Kamu bisa mencari tutorialnya melalui mesin pencarian Google.

Yuk, Segera Dapatkan Job Content Placement!  

Baik seperti itulah pengertian, tips, serta cara-cara untuk mendapatkan job content placement yang bisa kamu coba. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan penghasilan dari menulis artikel dan menautkan link bisnis milik orang lain. 

Jangan lupa untuk meningkatkan personal branding kamu dan meningkatkan kualitas blog serta artikel! Agar semakin banyak job yang bisa kamu dapatkan.

Dapatkan informasi maupun tips seputar influencer, blogger influencer, berita influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password